Pilgub dan Pilbup 2020, ASN Boltim Diminta Netral dan Profesional

Written by  Rifki Palengkahu Jun 23, 2020

Foto:Kaban BKPSDM / Reza Mamonto

Boltim, Sulutnews.com - jelang akan dihelatnya kontestasi politik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) serta Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) pada 9 Desember 2020 mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diminta netral dan profesional. Selasa (23/06)

Untuk melakukan pengawasan  terkait netralitas ASN pada ajang Pilgub dan Pilbup, Kepala Badan Kegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim Rezha Mamonto mengikuti Video Conference (Vicon) berkaitan dengan kerjasasama antara Bawaslu RI dan KASN tentang pengawasan netralitas ASN pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

Dikatakan Kepala BKPSDM Boltim, Reza Mamonto, dalam hal pengawasan terhadap netralitas pada Pilgub dan Pilbup, Bawaslu RI dan KASN telah bersepakat untuk mengawasi.

"Untuk itu, Bawaslu RI dan KASN bersepakat untuk melakukan pengawasan langsung terkait dengan netralitas ASN pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2020," katanya.

Lanjut kata Rezha, jika ada ASN yang melakukan tindakan melanggar apalagi terlibat politik praktis, maka akan dilakukan tindakan tegas sesuai regulasi yang berlaku.

"Itu masuk PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS dan PP 42 tahun 2004 tentang kode etik PNS, tentunya bagi ASN tetap menjaga netralitas, fokus dan profesional dalam melaksanakan tugas sebagai ASN," tutupnya. (Iki)