Foto: Bupati Boltim Sehan Landjar Foto: Bupati Boltim Sehan Landjar

COVID-19 Adalah Musuh Semua Anak Bangsa

Written by  May 17, 2020

Boltim, Sulutnews.com - COVID-19 atau virus corona adalah musuh seluruh anak bangsa. Covid-19 tidak hanya membunuh banyak orang, tapi lebih dari itu, virus ini dapat mencabik-cabik keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kita semua harus sadari bahwa meluasnya virus corona telah mengoyak perekonomian Indonesia. Sekarang ini Indonesia dilanda oleh krisis keuangan yang sangat dahsyat.

Baik pemerintah maupun rakyat, keduanya dalam keadaan kekurangan kemampuan ekonomi. Buktinya, Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri dalam surat keputusan bersama meminta agar pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia, untuk memangkas asumsi pendapatan dari dana transfer sebanyak 50%.

Ini membuktikan bahwa fiskal atau kemampuan keuangan negara sedang terancam. Hal ini tidak terjadi di masa krisis moneter 1999. Pada saat itu hanya negara yang keteteran karena ada segelintir oknum pengusaha yang meminjam uang sebagai dana talangan mereka kemudian tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Ketika itu rakyat Indonesia, terutama di kawasan Timur, semua memiliki kemampuan ekonomi yang kuat akibat harga kopra, cengkeh, jagung yang melonjak harganya hingga beberapa kali lipat, sehingga masyarakat tidak terpengaruh dengan krisis moneter pada saat itu. Namun untuk saat ini, negara dan masyarakat sama-sama tidak punya kemampuan keuangan.

Untuk itu, ada harapan besar, jangan lagi ada yang saling menyalahkan dan mencari kelemahan satu dengan lainnya. Saat ini negara menanti perjuangan semua elemen masyarakat. Saat ini negara kita harus diselamatkan dari ancaman masalah yang lebih berat, yaitu masalah sosial.

Jangan sampai rakyat terjepit dengan kebutuhan ekonomi. Karena manusia adalah bahagian dari spesies, namun dipakaikan akal oleh Allah SWT. Tapi jika manusia terhimpit oleh urusan perut, maka manusia akan menjadi pemangsa seperti hewan lainnya, membunuh, merampok hanya untuk mempertahankan hidup.

Kita semua adalah Patriot Bangsa, kita semua adalah penjaga kedaulatan bangsa. Mari kita sadari bahwa yang kita lakukan bukan hanya menghindarkan jangan sampai banyak orang yang meninggal dunia, tapi lebih dari itu, bahwa kita semua harus berjuang dengan segala upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona demi Indonesia yang kita cintai.

Bukan saatnya lagi kita bertanya apa yang akan diberikan negara pada kita saat ini, tapi tanyakan apa yang kita bisa berikan pada negara yang kita cintai. Jika kita menyadari maka tentu semua akan menjadi pahlawan bangsa dalam mempertahankan Indonesia yang kita cintai.

Jangan biarkan tantangan ini hanya menjadi tanggung jawab Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota. Mereka tidak akan mampu untuk mempertahankan kedaulatan bangsa tanpa dukungan semua anak negeri yang rela berkorban, baik moril maupun materil. Mereka tak akan mampu tanpa dukungan anak negeri untuk meningkatkan kedisiplinan dalam aktivitas sehari-hari, baik sekarang dan sampai beberapa bulan ke depan.

Jika kita mampu untuk melakukan hal ini maka bangsa ini (Indonesia) akan keluar dan luput dari kesulitan dan pasti akan berjaya kembali. Semoga. Salam, Anak Bangsa di Pojok Negeri, Sehan Salim Landjar SH, Bupati Bolaang Mongodow Timur, Sulawesi Utara. (Iki)