Pembukaan MTQ ke-VI Tingkat Kabupaten Boltim Meriah

Written by  Rifki Palengkahu Mar 12, 2020

BOLTIM, Sulutnews.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-VI tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) resmi dibuka oleh Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit, di Kecamatan Modayag bertempat di Lapangan Arjuna Desa Purworejo, pada Rabu malam, (11/03).

Acara pembukaan tersebut, berlangsung meriah dengan menampilkan pertunjukan seni bela diri pencak silat, tarian kolosal dan qasidah.

Kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Boltim akan berlangsung mulai tanggal 11 sampai 13 Maret 2020, dan mengusung tema.

"Dengan MTQ Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Kita Wujudkan SDM Yang Unggul Profesional Qur’ani Untuk Mewujudkan Indonesia Maju"di ikuti oleh 7 kafilah yang berjumlah 154 peserta dari tujuh kecamatan yang ada di Boltim.

Pembukaan MTQ di Boltim, diawali dengan pengibaran bendera Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) berikut laporan panitia yang disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan Boltim Priyamos, serta pelantikan dewan hakim oleh Wakil Bupati Rusdi Gumalangit dan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara (Sulut) yang dismpaikan oleh Kabag TU Aswin Kiay Demak, dan mengapresiasi kemeriahan acara pembukaan yang sudah seperti pembukaan MTQ tingkat Provinsi.

Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumlangit, pada kesempatan itu membacakan sambutan Bupati Boltim Sehan Landjar, yang sedianya MTQ ke-VI dibuka dengan resmi oleh Bupati.Dalam sambutan tersebut ia menyampaikan agar Al Qur’an dijadikan sumber isnpirasi dan ilmu pengetahuan.

"Keluhuran nilai-nilai ajaran Al Qur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh kembangkan, melalui proses pendidikan formal maupun informal,"tuturnya.

Disampaikannya juga, ucapan selamat datang kepada peserta lomba MTQ dari tujuh kecamatan.

"Selamat datang kepada anak-anakku peserta lomba yang merupakan utusan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Boltim,"ucapnya.

Kegitan MTQ, lanjut Wakil Bupati, memiliki daya tarik tersendiri dalam kehidupan masyarakat, karena acara keagamaan ini, selain menjadi media dakwah dan syiar agama, sudah berkontribusi juga dalam hal pembanhunan di daerah.

"Secara nyata sudah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah, dan mempunyai posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mentak spiritual akhlak bangsa," sebutnya.

Harapannya, kegiatan MTQ dijadikan sebagai wahana mencetak generasi Qur’ani yang mencintai Al Qur’an.

"Mencintai Al Quran dengan seni lagu dan tulisannya, mencintai isi dan kandungannya, mencintai tuntunan pengalaman nilai dan ajarannya, serta mencintai kandungan budaya islam yang ada di dalamnya," kata Rusdi Gumalangit.

Terkait penilaian lomba nantinya, para dewan hakim dapat memutuskan juara secara objektif, sehingga para peserta bisa menjadi qori’/qori’ah dan hafidz/hafidzah yang akan menjadi utusan di tingkat provinsi.

"Saya ingin berpesan kepada dewan hakim, untuk benar-benar memberikan penilaian dan memutuskan para juara secara objektif sesuai kemampuan peserta, dan kepad anak-anakku sekalian, selamat berlomba," ujar Wakil Bupati.

Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK Saat Menyalakan Obor Berbentuk Angka Romawi VI

Usai menyampaikan sambutan dan membuka dengan resmi MTQ ke-VI, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit menabuh beduk dan menyalakan obor bebentuk angka romawi VI sebagai penanda dibukanya pelaksanaan kegiatan tersebut. (Iki)