Foto: Bupati Sehan Landjar Foto: Bupati Sehan Landjar

Eyang: Selain Penebangan, Yang Paling Merusak Adalah Penambangan

Written by  Rifki Palengkahu Jan 13, 2020

Boltim, Sulutnews.com - Hal yang paling merusak alam di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menurut Bupati Boltim Sehan Landjar, selain dari penebangan liar (Ileggal Logging) adalah aktifitas penambangan ilegal. Hal ini diungkapkan Bupati Sehan Landjar saat menghadiri kegiatan Polri Peduli Penghijauan pada Jumat, 10 Januari 2020, terkait dengan kerusakan alam akibat penebangan atau pembalakan liar, ada hal yang paling merusak yaitu penambangan. "Selain penebangan, ada masalah yang paling merusak yaitu penambangan ilegal," ungkap eyang sapaan akrab Bupati Boltim. Senin (13/01)

Lanjutnya juga, terkait dengan penambangan, Sehan Landjar menyebut aktifitas tambang KUD Nomontang yang mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Desa Lanud Kecamatan Modayag, perlu ditindak sebab kerusakan alam yang terjadi di lahan seluas 200 Hektar yang dikuasai KUD, tidak jelas penanganan pasca tambangnya. "KUD Nomontang yang memegang IUP, ketika ada yang bekerjasama harus ada persetujuan dengan pemerintah, dalam hal ini pemrintah Provinsi.Kelihatannya yang terjadi adalah kerjasama orang per orang, dan tidak jelas juga siapa direkturnya, sehingga KUD Nomontang perlu diadili," ujar Sehan Landjar.

Diketahui, di beberpa lokasi dibawah naungan KUD Nomontang di Desa Lanud, mengakibatkan perubahan bentang alam, terdapat kubangan-kubangan tanah, serta struktur tanah menjadi labil dan bisa menyebabkan terjadinya longsor. Pengelolaan pasca tambang pun tidak jelas sehingga membuat kualitas lingkungan menurun.

Penyebab dari Deforestasi (proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya atau mengubah peruntukan lahan hutan menjadi non-hutan. Bisa juga disebabkan oleh kebakaran hutan baik yang disengaja atau terjadi secara alami) selain tindakan illegal logging adalah penambangan. (Iki)