Foto: Persawahan di Boltim Foto: Persawahan di Boltim

Pupuk Bersubsidi di Boltim Semakin Langka

Written by  Rifki Palengkahu Dec 26, 2020

Boltim,Sulutnews.com - Pupuk bersubsidi bagi para petani di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) semakin langka. Petani mulai kewalahan mencari pupuk bersubsidi yang dijual di Boltim. Hal ini diungkapkan salah satu petani yang ada di Boltim Wahidin, ia mengatakan, kami mulai kesulitan mendapatkan pupuk.

"Kami mulai kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi, apakah pemerintah tidak menyediakan atau apa?," ungkap Wahidin petani asal Buyat.

Lanjutnya juga, harusnya pemerintah dapat mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi, terangnya.

Terpisa, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boltim Mat Sunardi mengatakan, bahwa memang pupuk bersubsidi semakin terbatas. Pendistribusianya pun tidak dijual bebas.

"Hanya kepada petani yang masuk dalam RDKK. Itu pun sudah ada pembatasan sesuai dengan keberadaan lahan dibawah dua hektare," terangnya

Ia juga mengaku, pupuk bersubsidi untuk petani mulai dibatasi pemerintah.

"Memang pemerintah mulai membatasi produksi pupuk bersubsidi. Lama kelamaan akan habis dan semua petani akan menggunakan pupuk non subsidi," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boltim Sonny Warokka juga mengakui, bahwa kuota pupuk bersubsidi belum mengakomodir kebutuhan semua petani.

Tak heran, masih banyak yang mengeluh tak bisa mendapatkan pupuk bersubsidi disebabkan tidak masuk RDKK.

"Tapi soal sedikit banyaknya pupuk bersubsidi, sebetulnya distributor yang paling tahu. Akan tetapi, pemkab lewat Dinas Pertanian akan berupaya berkoordinasi dengan distributor, agar ada solusi pupuk bersubsidi dapat mengakomodir kebutuhan petani yang layak menerimanya," tutupnya. (Iki)