Foto: Ketua KPU bersama komisioner KPU Foto: Ketua KPU bersama komisioner KPU

Terapkan Prokes, KPU Boltim Terima Berkas Pendaftaran 3 Paslon Calon Bupati dan Wakil Bupati

Written by  Sep 06, 2020

Boltim, Sulutnews.com - KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) membuka dan menerima pendaftaran 3 pasangan calon (paslon) usulan partai politik (parpol), sejak dibuka pada Jumat 4 Sepetember 2020 ada satu paslon yang mendaftar pada hari itu, dan pada Sabtu 5 September 2020 ada dua paslon yang melakukan pendaftaran. Untuk jadwal pendaftaran sesuai tahapan yaitu 4-6 September 2020, dan dipastikan pada Minggu 6 September sudah tidak ada lagi paslon yang akan mendaftar, sebab parpol gabungan pengusul sudah terbagi pada 3 gi paslon yang sudah diterima pendaftarannya. Minggu (06/09)

Dalam proses pendaftaran di kantor KPU Boltim, diterpakan protokol kesehatan pencegahan covid 19 dengan ketat, dan untuk paslon harus memasukan hasil swab, apabila tidak ada hasil pemeriksaan swab, maka paslon tidak diperkenankan berada di lokasi pendaftaran. Areal kantor KPU pun di jaga oleh personel Polres Boltim secara berlapis, agar tidak terjadi kerumunan masyarakat.

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth saat konferensi pers mengatakan, terkait penerapan prokes pihaknya terus melakukan imbauan agar tetap disiplin dan di lokasi pendaftaran sudah ada perugas medis dan gugus tugas pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran covid 19.

"Terkait dengan prokes, kami terus mengingatkan dan sudah ada petugas dari dinas kesehatan yang berada di sini," ujarnya di Kantor KPU Boltim Tutuyan.

Semantara, Komisioner KPU Boltim Abdul Kader Bahmid juga menambahkan, stetelah berkas pendaftaran paslon dinyatakan lengkap dn diterima, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual serta pemeriksaan kesehatan bagi paslon sebelum ditetapkan sebagai calon.

"Kami juga akan melakukan penelitian secara faktual pada tahapan selanjutnya, dan bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan kepada paslon yang akan dilaksanakan di rumah sakit Prof Dr R D Kandow Manado," sebutnya.

Paslon pendaftar di hari pertama SSM OPPO Calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusulkan tiga partai politik yaitu Nasdem, PKB dan PBB adalah Sam Sachrul Mamonto (SSM) dan Oskar Manoppo (OPPO), adalah pendaftar pertama dan dinyatakan telah lengkap berkas.

Pasangan ini berkomitmen untuk membangun ibukota Boltim dengan sumberdaya alam dan potensi daerah yang sangat banyak. Hal ini disampaikan kedua paslon usai mendafar.

"Kami akan berkomitmen untuk membangun daerah ini, terutama menata ibukota Boltim agar menjadi simbol dari daerah ini," tuturnya.

Usai mendaftar kedua paslon ini melakukan deklarasi di lapangan pinogaluman Tutuyan yang dihadiri oleh ribuan masyarakat pendukung.

Pendaftar di hari kedua, AMA UKP, Paslon yang mendaftar pada hari kedua 5 September pukul 09.00 wita adalah Amalia Ramadhan S Landjar (AMA)  sebagai calon Bupati dan Uyun Kunaefi Pangalima (UKP) sebagai calon wakil Bupati. Kedua paslon ini diusul oleh PAN, Golkar, Demokrat dan Gerindra. Kedua paslon tidak diperkenankan pihak KPU Boltim berda di lokasi pendftaran sebab keduanya belum memasukan hasil swab pemeriksaan covid 19 sehingga hanya pengurus parpol pengusul yang berada di lokasi pendaftaran.

Parpol pengusul optimis pasangan AMA UKP akan memenangkan pemilihan pada bulan Desember mendatang.

"Kami pengurus parpol pengusul akan memenangkan pasangan Amalia dan Uyun Kunaefi Pangalima," ujar Ketua DPD PAN Boltim Syarif Mardjan. J

Pendaftar ketiga di hari kedua SB RG, Paslon yang diusul oleh PDI P, PKS dan Perindo adalah Suhendro Boroma (SB) sebagai calon Bupati dan Rusdi Gumalangit (RG) sebagai calon wakil Bupati, mendaftar pada pukul 15.30 wita.

Calon yang juga dikenal dengan singkatan BARU (Boroma Rusdi), menyampaikan dalam konferensi pers, bahwa jika terpilih pasangan ini akan mengangkat potensi sumberdaya alam dan memadukan sumber anggaran pembangunan dari APBD dan Pihak Swasta sebagai investasi.

"Untuk memajukan sebuah daerah kita tidak boleh hanya bergantung pada APBD sebab anggarannya terbatas sedangkan keninginan masyarakat sangat banyak, sehingga, kami akan memadukan APBD dan Dana dari swasta untuk kesejahteraan masyarakat. Itu salah satu dari visi misi kami," sebut Suhendro Boroma.

Pendaftaran di hari ketiga, hari katiga pendaftaran paslon usulan parpol atau gabungan parpol, pada Minggu 6 September 2020, sudah dapat diastikan tidak ada lagi pasangan Cabup dan Cawabup Boltim yang akan mendaftar, sebab parpol peraih kursi di DPRD sudah berkoalisi dan terbagi pada tiga paslon yang telah terdaftar, tahapan pendaftaran akan ditutup pada hari terakhir ini pukul 24.00 wita.(Iki)