Bupati Bolmut Depri Pontoh meletakan Batu Pertama Padat Karya KOTAKU di Desa Bolangitang II

Written by  Gandhi Goma Aug 13, 2020

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs H Depri Pontoh meletakan batu pertama pelaksanaan kegiatan pembangunan drainase dan jalan paving program "KOTAKU" di Desa Bolangitang Dua Kecamatan Bolangitang Barat Tahun 2020. Kamis (13/08/2020).

Program "Kota Tanpa Kumuh" (KOTAKU) merupakan salah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh yang dilaksanakan secara nasional di 34 provinsi yang menjadi basis penanganan pemukiman kumuh yangengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan, termasuk dari pemerintah pusat, kabupaten/kota, swasta, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

"Tujuan umum program ini adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman kumuh perkotaan untuk mendukung perwujudan pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan," ujar Depri Pontoh.

Ditambahkannya, tujuan umum ini terkandung 2 maksud yaitu :

Pertama, memperbaiki akses masyarakat terhadap infrastruktur dan fasilitas pelayanan di pemukiman kumuh perkotaan, dan

Kedua, adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perkotaan melalui pencegahan dan peningkatan kwalitas pemukiman kumuh berbasis masyarakat dan partisipasi pemerintah daerah.

Terdapat 8 indikator kriteria kumuh yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR yaitu, indikator bangunan gedung, indikator jalan lingkungan, indikator penyediaan air minum, indikator drainase lingkungan, indikator pengelolaan persampahan, indikator pengamanan kebakaran, dan indikator ruang terbuka publik.

 

Mewakili BPPW ( Balai Prasarana Pemukiman Wilayah) Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Kawasan Pemukiman Sulawesi Utara Ognerius Tindoilo, ST mengatakan Desa Bolangitang Dua dipilih sebagai lokasi Program Kotaku di Kabupaten Bolmut setelah melalui tahapan survey Tim Fasilitator Kotaku serta hasil rembug dan kesepakatan dari Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) dengan Ketuanya Vicky Kristianto, dengan menetapkan 2 kegiatan pembangunan drainase sepanjang 1.607 meter dan pembangunan jalan paving sepanjang 794 meter dengan total anggaran adalah Rp.1.088.954.000,- (satu milyar, delapan puluh delapan juta, sembilan ratus lima puluh empat ribu rupiah), terdiri dari sumber dana APBN sebesar Rp.995.000.000,- (sembilan ratus sembilan puluh lima juta rupiah), dan sumber dana swadaya  masyarakat sebesar Rp.93.954.000,- (sembilan puluh tiga juta, sembilan ratus lima puluh empat ribu rupiah) dengan waktu pekerjaan selama 90 hari.

"Masih banyak lagi program BPPW Sulut yang akan kita laksanakan di Kabupaten Bolmut, perlu ada pertemuan selanjutnya untuk program tahap berikutnya," ujar Ognerius Tindoilo.

Tim Program Kotaku Bolaang Mongondow, Koordinator Kota Frangky Van Pamelen, SE mengucapkan terima kapada Pemkab Bolmut, dan khususnya kepada Kepala Dinas Kawasan Pemukiman Dan Pertahanan Bolmut Dr. Hidayat Panigoro, M.Si yang terus-menerus melakukan koordinasi dan konfirmasi tentang program ini.

"Semoga program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) ini berjalan dengan sukses dalam melakukan perbaikan lingkungan kumuh dan tentunya dapat membawa manfaat dan berhasil guna bagi daerah dan masyarakat di Kabupaten Bolmut," harapan Depri Pontoh mengakhiri sambutannya...

Dengan mengucap bahasa adat Kaidipang Besar, Bintauna, Sanger Talaut, dan Minahasa; dalam arti saling ingat-mengingatkan dengan kabaikan yang banyak, saling mengasihi, dan saling mengingatkan...

"Terima kasih, syukuri mohuo-huo. Mopopiana, Mototabiana, Agu Mononandobana. Mototavia, Mososandova, Mopopiana, Mosombokoso momangu lipu. Somahe Kae Kahage, San Siote San Pate-Pate. Pakatiti Tuhema, Pakanandu Mangena, Pakatuan Wo Pakalawiren.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. H. Drs. Amin Lasena, MAP, Sekda Dr. Drs. H. Asripan Nani, M.Sc, Camat Bolangitang Barat Supriadi Goma, S.Pd, M.Pd, Sangadi (Kepala Desa) Bolangitang Dua Jemy Pangaila, Anggota BPD, dan masyarakat adat. (Advetorial; /Gandhi Goma)

Last modified on Thursday, 13 August 2020 08:16

Bolaang Mongondow Utara

Sadis ! Hanya Soal Batas Tanah Leher Nyaris Putus

Sadis ! Hanya Soal Batas Tanah Leher Nyaris Putus

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Suatu peristiwa pembunuhan paling sadis terjadi di Desa Sonuo Dus...

DPS Pilkada Pilgub Sulut 2020 Menumpuk Permasalahan

DPS Pilkada Pilgub Sulut 2020 Menumpuk Permasalaha...

Bolmut, Sulutnews.com - Rapat koordinasi pengawasan DPS (Daftar Pemilih Sementara) berdasarkan hasil...

SMK 1 Kaidipang Siap Mengikuti Lomba Bersih & Sehat Tingkat Provinsi Sulut 2020

SMK 1 Kaidipang Siap Mengikuti Lomba Bersih &...

Kaidipang, Sulutnews.com - Kepala sekolah SMK 1 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)...

SMA 1 Bolangitang Ikut Lomba Sekolah Bersih & Sehat Tingkat Provinsi Sulut

SMA 1 Bolangitang Ikut Lomba Sekolah Bersih &...

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Lomba Sekolah Bersih & Sehat Tingkat Provinsi Sulawesi (Sulut...