Bupati Depri Pontoh Canangkan Penanaman Pohon Kawasan Gunung Imokima

Written by  Gandhi Goma Aug 12, 2020

Sangkub, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh mencanangan penanaman pohon dalam rangka Pelestarian Lingkungan Hidup di Kawasan Gunung Imokima Kecamatan Sangkub. Rabu (12/08/2020).

Dikutip dari Bagian Humas Pemkab Bolmut, dalam sambutannya Bupati Bolmut mengatakan dampak dari Pemanasan Global Merupakan suatu kenyataan yang telah kita rasakan bersama seperti terganggunya ekosistem kondisi cuaca yang ekstrim.

Kegiatan Menanam pohon merupakan upaya yang harus kita dukung dan sukseskan bersama karena penanaman pohon akan memberi kontribusi untuk menurunkan tingkat emisi dalam mencegah terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor.

Kabupaten Bolmut sampai dengan saat ini telah berhasil melaksanakan beberapa kegiatan terkait dengan kepedulian pemerintah daerah dan masyarakat Bolmut terhadap tanggungjawab memelihara kelangsungan hidup manusia, yaitu kegiatan penanaman pohon dipesisir pantai, gerakan menanam mangrove, gerakan permpuan menanam dan memelihara pohon, penanaman pohon dipinggir sungai, kegiatan penanaman satu orang satu pohon, dan penanaman satu milyar pohon tinggkat Provinsi Sulawesi Utara.

Dirinya Berharap Dengan Dilaksanakannya Kegiatan Penanaman Pohon ini akan dapat memulihkan kerusakan sumber daya hutan yang rusak karena bencana banjir dan tanah longsor, sekaligus membangun budaya sadar untuk selalu menanam, menjaga dan memelihara yang dilaksanakan oleh seluruh komponen masyarakat, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa sehingga lingkungan kehidupan kita tetap berperan sebagai sistem kehidupan alam dan sumber kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat dipedesaan yang menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Bolmut.

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2017 memiliki hutan dengan luas 133.300.543 hektare.

Keberadaan hutan memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan langsung maupun tak langsung oleh makhluk hidup di seluruh dunia.

Meskipun begitu, masih saja ada oknum tidak bertanggungjawab yang mengeksploitasi hutan untuk kepentingan pribadinya tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi.

Berdasarkan data dari Global Forest Resources Assesment (FRA), Indonesia berada di posisi kedua yang mengalami kehilangan hutan tertinggi setiap tahunnya setelah Brasil.

Pembalakan liar, kebakaran hutan, perambahan hutan, dan alih fungsi hutan merupakan contoh kegiatan yang menyebabkan Indonesia kehilangan hutan seluas 684.000 hektare setiap tahunnya.

Reboisasi merupakan salah satu solusi dari hilangnya hutan di Indonesia dengan melakukan penanaman hutan yang baru pada wilayah-wilayah yang mengalami kehilangan tutupan lahan hutan.

Turut Hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, Ketua DPRD Bolmut Franky Chendra, Kapolres Bolmut AKBP. Eko Kurniawan S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Moch. Riza Wisnu Wardhana, SH. M.Hum, Kepala Pengadilan Agama Bolmut, Anggota DPRD Bolmut, Para Asisten Sekda, Para staf ahli Bupati, Pimpinan SKPD, Camat Sangkub, Serta Sangadi (Kepala Desa) Se Kecamatan Sangkub. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Sadis ! Hanya Soal Batas Tanah Leher Nyaris Putus

Sadis ! Hanya Soal Batas Tanah Leher Nyaris Putus

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Suatu peristiwa pembunuhan paling sadis terjadi di Desa Sonuo Dus...

DPS Pilkada Pilgub Sulut 2020 Menumpuk Permasalahan

DPS Pilkada Pilgub Sulut 2020 Menumpuk Permasalaha...

Bolmut, Sulutnews.com - Rapat koordinasi pengawasan DPS (Daftar Pemilih Sementara) berdasarkan hasil...

SMK 1 Kaidipang Siap Mengikuti Lomba Bersih & Sehat Tingkat Provinsi Sulut 2020

SMK 1 Kaidipang Siap Mengikuti Lomba Bersih &...

Kaidipang, Sulutnews.com - Kepala sekolah SMK 1 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)...

SMA 1 Bolangitang Ikut Lomba Sekolah Bersih & Sehat Tingkat Provinsi Sulut

SMA 1 Bolangitang Ikut Lomba Sekolah Bersih &...

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Lomba Sekolah Bersih & Sehat Tingkat Provinsi Sulawesi (Sulut...