Wabup Bolmut Amin Lasena Menjadi Mediasi Fasilitator Dua Koperasi TKBM

Written by  Gandhi Goma Jul 28, 2020

Boroko, Sulutnews.com - Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs H Amin Lasena, MAP menjadi fasilitator dan mediasi  Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Perintis Bahari dengan Koperasi Cahaya Bolmut Mandiri. Bertempat di ruang rapat Sekda Bolmut. Selasa (28/07/2020)

Pada prinsipnya  kedua koperasi ini tidak bertikai, hanya meminta pemerintah daerah memfasilitasi keberadaan masing-masing koperasi untuk bersama dengan perusahaan yang sedang bekerja dalam proyek pembangunan PLTU Binjeita Kecamatan Bolangitang Timur

Sambil menunggu rekomendasi hasil RDP bersama DPRD Kabupaten Bolmut maka pemerintah daerah mengundang instansi teknis dengan para pihak untuk duduk bersama mendengar dan mencari solusi positif terkait hal ini.

Berbicara tentang koperasi TKBM adalah berbicara tentang tiga hal berbeda yang digabung jadi Satu, yaitu koperasi, tenaga kerja dan bongkar muat.

"Tiga hal tersebut memiliki aturan tersendiri,masing masing menguatkan antara satu dengan yang lainnya serta aturan yang satu tidak boleh dipertentangkan dengan yang lainnya, melainkan harus dicari solusi penyelesaiannya" ungkap Asisten 1 Pemda Bolmut Rachmat Pontoh.

Menurut Kadis Perindagkop Dra Leyda Pontoh, MSc, kelembagaan koperasi diatur oleh undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang pokok pokok perkoperasian, sementara bidang ketenagakerjaan diatur oleh undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, dan unit usaha jasa bongkar muat diatur oleh undang undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran( Pasal 31 dan pasal 32 ).

Itulah tiga undang-undang pokok yang melandasi kegiatan usaha koperasi TKBM. Masih banyak aturan aturan pendukung yang dapat dijadikan dasar sebagai landasan kegiatan koperasi TKBM, tetapi yang pokok adalah tiga hal tersebut.

Dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 25 Tahun 2002 (“Kepmenhub”) disebutkan, bahwa TKBM adalah semua tenaga kerja yang terdaftar pada pelabuhan setempat yang melakukan pekerjaan bongkar muat di pelabuhan.

Namun menurut keterangan Roni Ilham sebagai staf administrasi dan umum PT PP Persero di PLTU Binjeita, jenis barang bongkar muat ini memerlukan penanganan dan peralatan khusus yaitu berupa tiang pancang beratnya kurang lebih 6 ton dan panjang 16 meter.

Peralatan bongkar muat dengan alat mekanik, meliputi ship side net, rope sling, wire sling, rope net, wire net, sling hambat, segel, lifting hook, pallet, forklift, grab, excavator, crane, dan wheel loader.

 

"Sehingga dengan demikian dibutuhkan keahlian khusus untuk itu. Apakah tenaga kerja lokal kita sudah siap kerja dengan peralatan mekanik. Kita butuh waktu untuk teknis pelatihan seperti itu" ungkap Roni Ilham.

Wabup Bolmut Amin Lasena berharap agar pihak perusahaan kontraktor proyek PLTU dapat memberdayakan Koperasi TKBM lokal.

Sekretaris daerah Dr. Asripan Nani, MSc menceritakan kembali proses keberadaan PLTU Binjeita dengan syarat para investor akan datang ke Bolmut dengan terciptanya stabilitas keamanan berlangsungnya proyek investasi kemudian tersedianya jaringan listrik yang menunjang.

"Pembangunan proyek PLTU Binjeita bersumber dari dana yang tertata di APBN Rp.4,7 triliun. Diperkirakan akan selesai sampai Tahun 2024 secara bertahap. Masih banyak pos-pos anggaran yang akan melibatkan jasa koperasi TKBM, sudah pasti pihak pelaksana proyek ini akan bermitra dan memprioritaskan tenaga kerja lokal" ujar Asripan Nani. (/Gandhi Goma).

Bolaang Mongondow Utara

Peran Pers Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Pilgub Sulut 2020

Peran Pers Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarak...

Tote, Sulutnews.com - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Ut...

Ibunda CEP Ternyata Tempat Kelahirannya Di Desa Bigo Bolmut

Ibunda CEP Ternyata Tempat Kelahirannya Di Desa Bi...

Buko, Sulutnews.com - Dialog singkat dengan Saiful Ambarak, S.PdI sebagai Ketua Golkar Kabupaten Bol...

Gubernur Sulut Agus Fathoni Menegaskan Pelaksanaan Tender APBD 2021 Dimulai Januari 2021

Gubernur Sulut Agus Fathoni Menegaskan Pelaksanaan...

Boroko, Sulutnews.com - Pjs Gubernur Sulut Dr. Drs. Agus Fathoni, M.Sc bersama Forkompinda berkunjun...

Ketua DPD RI Akan Mengedor Pintu DPR RI Senayan Untuk Segera Mewujudkan Provinsi BMR

Ketua DPD RI Akan Mengedor Pintu DPR RI Senayan Un...

Boroko, Sulutnews.com - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Ir. La Nyalla Mahm...