Kepatuhan Profesi Wartawan Dalam Kode Etik Jurnalistik Dan Kode Perilaku Wartawan

Written by  Gandhi Goma Jul 28, 2020

Boroko, Sulutnews.com - Pada saat sesudah pengukuhan PWI Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Periode 2020-2023,  terjadi dialog singkat dengan Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan bagaimana sejarah perjuangan Wartawan Indonesia tidak dapat dipisahkan dari perjuangan rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan maupun mempertahankan dan mengisinya dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Senin (27/07/2020)

Menurut dia, manajerial dan kepemimpinan PWI kedalam sesuai amanah Peraturan Dasar, Peraturan Rumah Tangga, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Etik Perilaku Wartawan demi citra, kredibilitas, dan integritas wartawan dan PWI.

Kita harus fokus mngembangkan kemampuan profesional wartawan. Memberikan bantuan dan perlindungan hukum kepada wartawan dalam melaksanakan tugas profesinya, dan terutama memperjuangkan kesejahteraan wartawan.

Dalam Pasal 4 Bab III Peraturan Rumah Tangga PWI tentang sanksi, organisasi profesi PWI dapat menjatuhkan sanksi organisatoris terhadap anggota karena diantara satu di antara hal-hal berikut; melakukan pelanggaran Kode Etik Jurnalistik dan atau Kode Etik Perilaku Wartawan, melakukan perbuatan yang merendahkan martabat, kredibilitas dan integritas profesi dan organisasi, melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI, menyalahgunakan nama organisasi untuk kepentingan diri sendiri atau orang lain, tidak lagi melaksanakan profesi kewartawanan pada perusahaan pers yang berbadan hukum, dijatuhi hukum oleh pengadilan karena melakukan tindak pidana yang berkekuatan hukum tetap.

Menurut Ketua PWI Kota Kotamobagu Gunady Mondo guna mencegah hal-hal tersebut diatas sesuai peraturan rumah tangga PWI kita harus menyelenggarakan, mendorong, dan membantu pendidikan serta pelatihan kewartawanan dan aspek lain yang berkaitan dengan kompetensi dan profesionalisme pers.

"Kita harus tegas dan bijaksana memantau ketaatan anggota PWI terhadap Kode Etik Jurnalistik dan Kode Etik Perilaku Wartawan kedisiplinan organisasi, serta memberikan sanksi bagi yang melakukan pelanggaran berupa peringatan keras, pemberhentian sementara, dan pemberhentian penuh" ungkap Gunady Mondo.

Peningkatan kapasitas Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Wartawan Muda, Madia, dan Utama dengan menyelenggarakan seminar, diskusi, dan lokakarya, baik mengenai kewartawanan, aspek lain dari penyelenggaraan pers maupun masalah-masalah aktual serta persoalan yang sedang dihadapi bangsa dan negara saat ini.

"Bersyukur saat ini kepedulian pemerintah daerah telah bersinergi dan bermitra dengan wartawan serta menyadari peranannya sebagai alat perjuangan bangsa, wartawan Indonesia bertekad melanjutkan tradisi patriotik dalam semangat demokrasi" ungkap Voucke Lontaan mengakhiri dialog singkat ini. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Peran Pers Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Pilgub Sulut 2020

Peran Pers Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarak...

Tote, Sulutnews.com - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Ut...

Ibunda CEP Ternyata Tempat Kelahirannya Di Desa Bigo Bolmut

Ibunda CEP Ternyata Tempat Kelahirannya Di Desa Bi...

Buko, Sulutnews.com - Dialog singkat dengan Saiful Ambarak, S.PdI sebagai Ketua Golkar Kabupaten Bol...

Gubernur Sulut Agus Fathoni Menegaskan Pelaksanaan Tender APBD 2021 Dimulai Januari 2021

Gubernur Sulut Agus Fathoni Menegaskan Pelaksanaan...

Boroko, Sulutnews.com - Pjs Gubernur Sulut Dr. Drs. Agus Fathoni, M.Sc bersama Forkompinda berkunjun...

Ketua DPD RI Akan Mengedor Pintu DPR RI Senayan Untuk Segera Mewujudkan Provinsi BMR

Ketua DPD RI Akan Mengedor Pintu DPR RI Senayan Un...

Boroko, Sulutnews.com - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Ir. La Nyalla Mahm...