KPU Bolmut Melakukan Monitoring Kinerja PPDP

Written by  Gandhi Goma Jul 27, 2020

Boroko, Sulutnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara  melaksanakan sejumlah tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur/Wakil Gubernur Desember 2020 yang digelar secara serentak di enam wilayah kecamatan dan 106 desa serta 1 kelurahan.

Menurut Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harundja, SH salah satu yang akan dilaksanakan adalah dimulainya tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada Gubernur/ Wakil Gubernur Sulut 9 Desember 2020, telah melakukan monitoring terhadap kinerja Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) yang sudah melaksanakan tugasnya selama 10 hari. Senin (27/07/2020).

Menurut Djunaidi Harundja, KPU Bolmut tidak hanya menerima informasi dari mereka, tapi kami langsung monitoring kinerja anggota PPPD berjumlah 169 orang di seluruh wilayah kecamatan, dan dimulai dilaksanakan tadi di Kecamatan Pinogaluman. Dari enam kecamatan ini, kami akan laksanakan hal yang sama untuk Kaidipang, Bolangitang Barat, Bolangitang Timur, Bintauna, dan Sangkub, dan besok untuk Kecamatan Kaidipang.

Anggota KPU Bolmut Irfan Umbas, SPdK sebagai Kadiv Perencanaan Data dan Informasi, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah hal untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Coklit tersebut.

Irfan Umbas menyebut, kemungkinan pelanggaran pertama yang akan terjadi adalah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tidak melakukan coklit atau melakukan coklit, tapi tidak sesuai dengan prosedur, termasuk pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19.

Ditambahkannya, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan yang selanjutnya disingkat DP4, adalah data yang disediakan oleh Pemerintah Daerah  dari Dinas Catatan Sipil berisikan data penduduk yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih pada saat pilkada diselenggarakan.

Menyambung pernyataan Irfan Umbas soal salinan daftar pemilih sementara, Ketua  Bawaslu Bolmut Irianto Pontoh mengatakan bahwa dalam tahapan ini Bawaslu telah meminta data pemilih dalam formulir AKWK kepada KPU sebagaimana pengawasan yang selama ini telah dilakukan.

"Bawaslu memilih menggunakan model AKWK sebagai alat pembanding dalam proses coklit dan kebututuhan sinkronisasi dengan data pengawasan," tutur dia. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Bank SulutGo (BSG) Cabang Boroko Menyerahkan Sapi Qurban Idul Adha 1441 H

Bank SulutGo (BSG) Cabang Boroko Menyerahkan Sapi...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Cabang Bank SulutGo (BSG) Boroko Jummy Roboth, SE didampingi beberapa...

Nasib Guru Honorer Bolmut Menunggu Kepres

Nasib Guru Honorer Bolmut Menunggu Kepres

Boroko, Sulutnews.com - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs H Amin Lasena MAP sangat p...

Wabup Bolmut Amin Lasena Menjadi Mediasi Fasilitator Dua Koperasi TKBM

Wabup Bolmut Amin Lasena Menjadi Mediasi Fasilitat...

Boroko, Sulutnews.com - Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs H Amin Lasena, M...

Kepatuhan Profesi Wartawan Dalam Kode Etik Jurnalistik Dan Kode Perilaku Wartawan

Kepatuhan Profesi Wartawan Dalam Kode Etik Jurnali...

Boroko, Sulutnews.com - Pada saat sesudah pengukuhan PWI Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)...