Pemalsuan Data Wajib Pilih Adalah Kejahatan Luar Biasa Dibandingkan Politik Uang

Written by  Gandhi Goma Jul 25, 2020

Boroko, Sulutnews - Kunjungan kerja  Wakil Ketua Komite 1 DPD Ir. H. Djafar Alkatiri, MPdI ke Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam rangka menyaksikan langsung persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara 9 Desember 2020 nanti. Jumat (24/07/2020).

Petugas Pemuktakhiran Data Pemilih (PPDP) telah dibentuk di enam kecamatan se Kabupaten Bolmut berjumlah 169 orang petugas  guna mengevaluasi kembali jumlah wajib pilih berdasarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga  (KK).

Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harundja dalam laporannya mengungkapkan tahapan dimulainya proses pemutakhiran data pemilih dimulai tanggal 5 Juli 2020 dan akan berakhir pada tanggal 5 Desember 2020. Deviasi data untuk akurasi data  pemilihan umum gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara akan dilaksanakan 9 Desember 2020.

Namun menurut Djafar Alkatiri dalam rapat dengan Mendagri kemarin terjadi perdebatan seru dalam rapat komisi untuk Pilkada serentak secara nasional tahun 2020 bakal tertunda.

Banyak pertimbangan ketika Pilkada serentak ini dilaksanakan, mengingat pademi Covid-19 secara nasional semakin bertambah setiap harinya.

"Dikuatirkan jika dilaksanakan pilkada serentak ini Desember 2020 siapa yang bertanggung jawab jika terjadi kenaikan drastis jumlah dampak Covid-19 sekitar 5 juta orang dengan wajib terdata kurang lebih 128 juta orang ?"

Tahapan Pilkada Serentak tidak efektif, karena jaringan internet belum tersedia di beberapa desa terpencil, bagaimana bisa dilaksankan dengan sistem E-Voting. Sehingga kualitas Pilkada akan menurun kualitas dan efektivitasnya.

Pelaksanaan pemungutan suara direncanakan digelar secara serentak pada bulan Desember 2020. Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Kita mendapat masukan dan kritikan dari semua pihak jika Pilkada Serentak ini akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 ditunda dulu dengan menimbang;

Pertama badan lembaga kesehatan dunia WHO pandemi covid-19 belum berakhir.

Kedua, semakin bertambah jumlah terkena dampak positif covid-19 di beberapa daerah.

Atas usulan dari seluruh personil komisioner KPU Bolmut untuk membangun gudang logistik akan kita bicarakan dengan Bupati Bolmut. Proses mencegah dampak Covid-19 untuk petugas penyelenggara pemilu sejumlah 885 orang sudah dirapid tes tetap dimonitor kesehatannya, karena gejala tertular virus corona ini akan berdampak setiap saat.

Beban kerja para komisioner semakin berkurang sekitar 60 persen, tetapi dana tertata di APBN sekitar Rp.4,7 Triliun akan menguras sumber dana kita menghadapi dampak Covid-19, namun hal itu tidak kita persoalkan.

Tujuan dilaksanakannya Pemilukada serentak ini bukan hanya teknis pelaksanaan penyelenggaraan, namun kita kita semua akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas nanti.

Oleh sebab itu, kita ingatkan kembali setiap kasus pidana politik yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi. Politik uang belum berdampak merusak sistem demokrasi kita, tetapi pemalsuan data wajib pilih adalah suatu kejahatan luar biasa merusak sendi-sendi demokrasi.

"Undang-undang Pemilu akan dirubah terus untuk satu tujuan menciptakan Pemilu yang berkualitas berdayaguna, kampanye harus dialog timbal balik, ada pertanggungjawaban publik terhadap janji politik dalam naskah perjanjian, agar menghasilkan pemimpin yang berkualitas," tegas ungkap Djafar Alkatiri. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Bank SulutGo (BSG) Cabang Boroko Menyerahkan Sapi Qurban Idul Adha 1441 H

Bank SulutGo (BSG) Cabang Boroko Menyerahkan Sapi...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Cabang Bank SulutGo (BSG) Boroko Jummy Roboth, SE didampingi beberapa...

Nasib Guru Honorer Bolmut Menunggu Kepres

Nasib Guru Honorer Bolmut Menunggu Kepres

Boroko, Sulutnews.com - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs H Amin Lasena MAP sangat p...

Wabup Bolmut Amin Lasena Menjadi Mediasi Fasilitator Dua Koperasi TKBM

Wabup Bolmut Amin Lasena Menjadi Mediasi Fasilitat...

Boroko, Sulutnews.com - Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs H Amin Lasena, M...

Kepatuhan Profesi Wartawan Dalam Kode Etik Jurnalistik Dan Kode Perilaku Wartawan

Kepatuhan Profesi Wartawan Dalam Kode Etik Jurnali...

Boroko, Sulutnews.com - Pada saat sesudah pengukuhan PWI Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)...