BLT Dana Desa Sonuo Tahap Tiga Telah Disalurkan

Written by  Gandhi Goma Jun 19, 2020

Sonuo, Sulutnews.com - Program Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Dana Desa di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  tahap ke tiga untuk warganya berjumlah 150 Kepala Keluarga telah disalurkan. Acara ini dilaksanakan di Balai Desa Sonuo. Selasa (19/06/2020).

Menurut Sangadi (Kepala Desa) guna menanggulangi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat Desa; bersyukur kita semua berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan untuk Penanganan dan Penyebaran Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Desa melalui penggunaan Dana Desa dapat digunakan untuk bantuan langsung tunai kepada penduduk miskin di Desa Sonuo setiap Kepala Keluarga Rp.600.000,-,

Berdasarkan pertimbangan dengan merujuk Surat Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 9/PRI.00/IV/2020 Tanggal 16 April 2020 Perihal Petunjuk Teknis Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT-Dana Desa, serta Surat Nomor 10/PRI.00/IV/2020 Tanggal 21 April 2020 Perihal Penegasan Petunjuk Teknis Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT Dana Desa, dengan ini disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Kepada seluruh Desa agar segera menyalurkan BLT Dana Desa untuk alokasi Bulan April selambat-lambatnya minggu pertama Bulan Mei 2020;
  2. Penyaluran BLT Dana Desa dapat dilakukan secara langsung kepada penerima manfaat (cash) dengan tetap dan harus memperhatikan Protokol Kesehatan yaitu menjaga jarak (physical distancing), menghindari kerumunan, dan memakai masker;
  3. Bagi calon penerima manfaat yang telah memenuhi syarat tapi belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) wajib mencantumkan alamat domisili secara lengkap untuk memudahkan proses validasi dan verifikasi;
  4. Memperhatikan banyaknya pertanyaan terkait 14 (empat belas) kriteria Keluarga Miskin calon penerima manfaat BLT Dana Desa dengan ini kami kirimkan surat Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 1261/PRI.00/IV/2020 Tanggal 14 April 2020 Perihal Pemberitahuan, disertai dengan lampirannya.

Keluarga miskin sebagaimana dimaksud pada ayat (2) yang menerima BLT-Dana Desa merupakan keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu pra kerja, serta yang mempunyai anggota keluarga Yang rentan sakit menahun/kronis.

Sangadi Sonua Harsono Puasa dalam sambutannya menghimbau kepada warganya jangan lupa membayar Pajak Bumi & Bangunan Tahun 2020. Kami tidak melakukan pemotongan dari dana BLT, namun dengan kesadaran dari seluruh masyarakat untuk menyisihkan dana yang ada untuk kewajiban bapak ibu terhadap pembayaran pajak.

"Saya menghimbau kepada penerima BLT ini untuk tetap memakai masker dan tetap menjaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun."

Warga Desa Sonuo Abubakar Polapa sebagai tukang kayu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang peduli dengan kesulitan kami dari dampak Covid-19 ini. BLT bersumber dari dana desa ini telah mengurangi beban kehidupan kami sehari-hari. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

Ditambahkan Sangadi Sonuo ada informasi terbaru dari dialog Menteri Keuangan di media elektronik jika  dampak pademi Covid-19 masih berlangsung, maka akan diperpanjang untuk tiga bulan kedepan. Namun hal itu menjadi beban kita sebagai pemerintah desa. Mulai saat ini kita berdoa agar dampak Covid-19 segera berakhir...

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap 3 (tiga) Covid-19 Desa Sonuo disaksikan langsung oleh Kapolsek Bolangitang Bersatu diwakili Bripka Pol Sahabudin Judo. Perwakilan BPD Arfan Bura. (Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Pasien Positif Covid-19 Bisa Dipulangkan Ke Rumahnya Setelah Masa Inkubasi 30 Hari

Pasien Positif Covid-19 Bisa Dipulangkan Ke Rumahn...

Boroko, Sulutnews.com - Kadis Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dr. Jusnan C Moko...

Legislatif Dan Eksekutif Belum Sinergi Membela Kepentingan Masyarakat Bolmut

Legislatif Dan Eksekutif Belum Sinergi Membela Kep...

Boroko, Sulutnews.com - Juru bicara Fraksi Kebangkitan dan Persatuan Suriansyah Korompot, SH telah m...

AMAN Peduli Terhadap Perlindungan Hukum Peladang Tradisional

AMAN Peduli Terhadap Perlindungan Hukum Peladang T...

Boroko, Sulutnews.com - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PB-AMA...

SIAPP BANG'  Slogan TRC Praja Wibawa SatPol PP Bolmut Bereskan Gangguan Saat Diresmikan

SIAPP BANG' Slogan TRC Praja Wibawa SatPol PP Bolm...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Satuan Polisi Pamong Pradja Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut...