Apel Perdana ASN Pemkab Bolmut Dalam Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman Covid-19

Written by  Gandhi Goma Jun 08, 2020

Boroko, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. H. Depri Pontoh memimpin apel perdana  ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam rangka penerapan sistem kerja tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut di halaman Kantor Bupati Bolmut. Senin (08/06/2020).

Pelaksanaan apel perdana pada hari ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Bolmut Nomor : 800/849/Sekdakab.BKPP tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman Covid-19 Dan Sistem Kerja Dalam Tatanan Normal Baru Bagi ASN Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmut, Dengan Memperhatikan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Menurut Bupati Bolmut, hari ini kita selaku ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmut kembali melaksanakan tugas kedinasan dan pelayanan kepada masyarakat seperti semula, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 57 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat Atas Surat Edaran Menpan Dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Lingkungan Instansi Pemerintah, Dana Pelaksanaan Tugas Kedinasan Di Rumah/Tempat Tinggal (Work From Home) berakhir sampai dengan Tanggal 04 Juni 2020, serta dengan memperhatikan tentang sistem kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Negara dalam Tatanan Normal Baru, maka terhitung  mulai Tanggal 05 Juni 2020 seluruh ASN wajib masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan di bidang kepegaiwan dan mulai beradaptasi dengan Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman Covid-19.

Adaptasi terhadap Tatanan Normal Baru di lingkungan pemerintah daerah dengan memperhatikan protokol kesehatan meliputi :

Pertama, penyesuaian sistem kerja, yaitu ASN masuk kerja dan menaati ketentuan jam kerja yang berlaku. Namun untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi, perlu dilakukan penyesuaian sistem kerja dengan menjalankan protokol kesehatan dalam aktifitas keseharian. Penyesuaian sistem kerja dapat dilaksanakan melalui fleksibilitas dalam pengaturan lokasi bekerja, yakni pelaksanaan tugas kedinasan di kantor (Work From Office) dan/atau pelaksanaan tugas kedinasan di rumah (Work From Home).

Kedua, dukungan sumber daya manusia aparatur, dimana terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Manajemen SDM aparatur antara lain, penilaian kinerja oleh pejabat pembina kepegawaian; pemantauan dan pengawasan oleh peringkat perangkat daerah; dan memastikan kedisiplinan pegawai.

Ketiga, dukungan infrastruktur dalam penyesuaian dengan Tatanan Normal Baru, pejabat pembina kepegawaian diminta untuk mempersiapkan dukungan sarana dan prasarana yang dibutuhkan ASN dalam tugas kedinasan dengan fleksibilitas lokasi bekerja dan memastikan penerapan Teknologi Informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dilaksanakan dengan memperhatikan pedoman penggunaan dan keamanan teknologi informasi dan komunikasi, serta menyesuaikan lingkungan kerja yang produktif dan aman Covid-19 sesuai dengan panduan ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19 di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

"Ketiga point' tersebut di atas, saya kira menjadi keharusan pemerintah daerah untuk memenuhinya guna menunjang pekerjaan selama dalam sistem tatanan kehidupan baru." Ungkap Bupati Depri Pontoh.

Untuk itu saya minta kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah agar;

Pertama, kreatif dan inovatif dalam masa transisi penyesuaian diri di era Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman Covid-19.

Kedua, ASN harus menjadi contoh di garda terdepan dalam penegakan disiplin menjalankan protokol kesehatan di era Tatanan Normal Baru, dan pemberlakuan sanksi disiplin dapat dijatuhkan bagi ASN yang melanggar protokol kesehatan dan menyalahgunakan masa transisi ini.

Ketiga, tingkatkan efektivitas pelayanan publik melalui percepatan proses administrasi. Salah satunya dengan menyederhanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan, dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Keempat, ASN harus sanantiasa mengedepankan pelayanan publik yang prima, namun tetap menaati protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Bupati Bolmut Depri Pontoh mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tenaga kesehatan beserta petugas pengamanan dari unsur TNI, POLRI, SATPOL Pamong Pradja, dan DISHUB, sebagai garda terdepan pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

“Selamat bekerja, jaga diri dan jaga kesehatan, marilah bersama bahu membahu menghadapi tantangan berat mengantisipasi dan penanganan pandemi Covid 19 yang menimbulkan dampak luar biasa terhadap aspek sosial dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bolmut”.

Sebelumnya, pada Apel Perdana tersebut Bupati Bolmut menyerahkan SK Pensiun kepada Drs. Karim Lauma Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum yang telah memasuki masa purna bhakti.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Pimpinan  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Para Camat serta jajaran ASN. (/Gandhi Goma/Adv)

Bolaang Mongondow Utara

Pasien Positif Covid-19 Bisa Dipulangkan Ke Rumahnya Setelah Masa Inkubasi 30 Hari

Pasien Positif Covid-19 Bisa Dipulangkan Ke Rumahn...

Boroko, Sulutnews.com - Kadis Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dr. Jusnan C Moko...

Legislatif Dan Eksekutif Belum Sinergi Membela Kepentingan Masyarakat Bolmut

Legislatif Dan Eksekutif Belum Sinergi Membela Kep...

Boroko, Sulutnews.com - Juru bicara Fraksi Kebangkitan dan Persatuan Suriansyah Korompot, SH telah m...

AMAN Peduli Terhadap Perlindungan Hukum Peladang Tradisional

AMAN Peduli Terhadap Perlindungan Hukum Peladang T...

Boroko, Sulutnews.com - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PB-AMA...

SIAPP BANG'  Slogan TRC Praja Wibawa SatPol PP Bolmut Bereskan Gangguan Saat Diresmikan

SIAPP BANG' Slogan TRC Praja Wibawa SatPol PP Bolm...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Satuan Polisi Pamong Pradja Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut...