Kabupaten Bolmut Ketambahan Pasien Ke Dua Covid-19

Written by  Gandhi Goma May 10, 2020

Boroko, Sulutnews.com -  Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Hi. Leksi Talibo mewakili Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyampaikan  siaran pers pasien  terkonfirmasi Covid-19 kedua di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara . Minggu (10/05/2020).

Acara ini disampaikan sebagaimana siaran pers yang disampaikan oleh juru bicara Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara pada tanggal 09 Mei 2020 kemarin, Provinsi Sulawesi Utara ketambahan 6 kasus baru pasien positif Covid-19, dimana satu-satunya berasal dari Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang ditetapkan sebagai pasien nomor (52) di Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk itu, pada hari ini secara resmi pemerintah daerah menggelar siaran pers terkait kasus kedua pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bolmut.

Pasien positif Covid-19 nomor urut (2) ini, berjenis kelamin perempuan, umur 51 tahun, berasal dari Desa Sangkub Timur Kecamatan Sangkub. Bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan.

Pada tanggal 26 April 2020 dilakukan Rapid Test memiliki kontak erat resiko tinggi yang diharuskan menjalani isolasi mandiri, dan Rapid Test yang bersangkutan diperoleh hasil "reaktif".

Pada tanggal 27 April 2020 bersangkutan dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab Test di RSUD Kabupaten Bolmut.

Pada hari Sabtu kemarin tanggal 09 Mei 2020 sudah mendapatkan hasil swab Test melalui surat resmi Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Manado Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor : SR.01.07/02/1361/2020 yang menerangkan pasien tersebut merupakan salah satu pasien terkonfirmasi positif SARS COV-2 atau lebih dikenal dengan Covid-19.

"Sehingga ini menjadi pasien positif Covid-19 ke dua (2) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan pasien tersebut saat ini sedang dirawat sesuai dengan Protokol  Covid-19 di Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Bolmut dalam keadaan baik." Ungkap Leksi Talibo.

Ditambahkannya, Covid-19 bukanlah aib, untuk itu saya berharap tidak ada perlakuan berupa pengucilan atau perundungan terhadap keluarga pasien maupun pasien yang terjangkit Covid-19, melainkan mari kita  berikan suport agar pasien Covid-19 ini dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan) untuk melawan virus di tubuhnya sehingga berangsur sembuh dan dapat kembali lagi di lingkungan masyarakat.

Selanjutnya, perlu saya terangkan bahwa sesuai analisa awal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut terhadap kasus Covid-19 yang kedua ini, merupakan "kasus lokal", dikarenakan pasien positif Covid-19 ini tidak memiliki riwayat perjalanan. Maka saya minta kepada pemerintah desa agar segera  membentuk dan mengaktifkan Tim Relawan Desa Covid-19 yang berfungsi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mencegah, mendeteksi dan merespon terhadap penyebaran Covid-19 di desa.

Menurut Kadis Kesehatan Kabupaten Bolmut Dokter Jusnan C Mokoginta, MARS menghimbau kepada masyarakat Bolmut terlebih khusus keluarga pasien Covid-19 untuk tetap tenang, tidak panik dan tingkatkan kewaspadaan  dengan tetap berada di rumah, lakukan social and psysical distancing (pembatasan sososial dan jaga jarak), gunakanlah masker bila terpaksa keluar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan sejak kemarin telah melakukan contact tracing (penulusuran kontak) dari pasien Covid-19 nomor (2) ini, dan langsung melakukan pengambilan sampel swab kepada 8 orang yang memiliki kontak erat dengan pasien nomor (2) sebagai langkah antisipasi untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bolmut.

Data Pemetaan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sampai dengan hari ini Minggu, 10 Mei 2020.

  • POSITIF COVID-19 = 2 ORANG
  • PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) = 1 ORANG
  • PDP PEMANTAUAN DIRUMAH = 3 ORANG
  • PDP MENINGGAL = 1 ORANG
  • ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP) = 28 ORANG
  • ORANG TANPA GEJALA (OTG) = 35 ORANG
  • ORANG RIWAYAT PERJALANAN (ORP) = 1.311 ORANG

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmut Ir. Viktor Nanlessy dalam tanya jawab  dengan wartawan menyampaikan pekabaran tentang bantuan dari APBD Bolmut 2020 sejumlah Rp. 8 miliar lebih  guna menanggulangi dampak Covid-19 maka sekitar empat ribuan lebih kepala keluarga di Kabupaten Bolmut akan dikucurkan bantuan nilai tunai dimulai Minggu depan.

Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Bolmut Dokter Riri menyampaikan informasi tentang keadaan data medis dari dua pasien yang sedang menjalani rawat inap di Ruang Isolasi berdasarkan hasil swab test dan rountgen paru, tekanan darah, dan seterusnya mulai dalam fase normal kembali.

"Tetap kita monitor setiap waktu proses evaluasi medis kedua pasien Covid-19 ini. Gejala demam tinggi, batuk dan pilek sudah reda. Marilah kita berdoa memohon kesembuhan total kedua pasien ini" ungkap Dokter Riri.

Kadis Kesehatan Dokter Jusnan C Mokoginta memberikan suport terhadap tim dokter penanganan Covid-19. Sudah dua bulan mereka belum pada balik ke rumahnya guna memenuhi standar protokoler penanganan dampak Covid-19. Bersyukur insentif tunjangan profesi sudah disiapkan Pemda Bolmut. (Adv./Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

PT Pos Indonesia Unit Bolangitang Menyerahkan Bansos Tunai

PT Pos Indonesia Unit Bolangitang Menyerahkan Bans...

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - PT Pos Indonesia (Persero) kembali mendapatkan kepercayaan dari P...

Perdaginkop & UKM Bolmut Menggelar Pasar Murah

Perdaginkop & UKM Bolmut Menggelar Pasar Murah

Boroko, Sulutnews.com - Dra. Leida Pontoh,M.Sc selaku Kadis Perdagangan Industri Koperasi & Usah...

Pasien Dimakamkan Di Desa Ollot  Bukan Dampak Covid 19.

Pasien Dimakamkan Di Desa Ollot Bukan Dampak Covid...

Boroko- Sulutnews.com - Terkait pemberitaan seorang warga Desa Ollot Kecamatan Bolangitang Barat yan...

Pemda Bolmut Meraih Opini WTP Ke 4 Kali Dari BPK RI Atas LKPD 2019

Pemda Bolmut Meraih Opini WTP Ke 4 Kali Dari BPK R...

Boroko, Sulutnews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dibawah kepemim...