2401_banner.jpg
3110_banner_dinas_perumahan.jpg

Bukit Banggele Pasca Darurat Bencana Bolmut Longsor Lagi

Written by  Gandhi Goma Mar 20, 2020

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Pasca Darurat Bencana Alam Banjir Bandang Dan Longsor terjadi lagi kesekian kalinya di Bukit Banggela Bolmut telah mengalami longsor dengan menutupi seluruh jalan trans sulawesi sepanjang 35 meter. Jumat (20/03/2020) Jam 03.00 dinihari.

Bukit Banggele terletak di perbatasan Desa Tanjung Buaya dan Desa Tote Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dikenal rawan longsor karena tekstur tanahnya dari butiran pasir gunung (dumatu). Terjadi kemacetan jalan trans sulawesi sekitar 10 jam karena menunggu peralatan berat dari Manado milik Balai Jalan dan Sungai Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Kepala Dinas PUPR Bolmut Rudini S Masuara, ST setelah menerima laporan dari anggota masyarakat yang sedang melakukan memindahkan tumpukan longsor dengan sekop dan pacul, kita turun ke lokasi bencana banjir dengan mengambil dokumentasi foto data lokasi longsor ini, dan melaporkan ke dinas terkait.

"Kami sudah melaporkan bencana longsor ke Dinas PUPR Provinsi Sulut serta Badan Penanggulangan Bencana Alam tentang bencana longsor di Bukit Banggele. Sekalipun macet sambil menunggu dua unit peralatan berat dari Manado. Namun Alhamdulillah sekitar Jam 13.30 setelah dikeruk dan dipindahkan tumpukan longsor sudah normal dan lancar kendaraan lintas provinsi trans Sulawesi."

Warga Desa Iyok Sofyan Humokor sebagai aktifis pemerhati lingkungan hidup menyaksikan langsung peristiwa bencana longsor ini sesudah waktu shubuh, terlihat tumpukan longsor seperti sebagian bukit ini berpindah. Terjadi antrian panjang kendaraan dari Manado maupun dari Gorontalo

"Diharapkan kepada pengendara kendaraan lintas trans antar provinsi ketika lagi hujan lebih waspada dan berhati-hati, diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bolmut untuk memasang rambu rawan longsor, serta mencari solusi bagaimana caranya mencegah longsor Bukit Banggele ini menanam pohon yang akarnya bisa mencekram menahan longsor seperti dilakukan Gubernur Gorontalo Ir. Fadel Muhammad ketikan akan membangun kantor gubernur di bukit rawan longsor." Ujar Humokor. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Kapolda Sulut Meninjau Langsung Pos Wilayah Perbatasan Team Satgas Covid-19 Sulut Gorontalo.

Kapolda Sulut Meninjau Langsung Pos Wilayah Perbat...

Pinogaluman, Sulutnews.com - Kunjungan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM di Kabupaten Bola...

Percobaan Perampasan Mobil Di Jalur Dua Kantor Bupati Bolmut.

Percobaan Perampasan Mobil Di Jalur Dua Kantor Bup...

Boroko, Sulutnews.com - Peristiwa percobaan perampasan sebuah mobil Daihasu Terios DB 1740 HB yang d...

Jalan Lintas Trans Sulawesi Perbatasan Sulut dan Gorontalo Resmi Ditutup Sementara.

Jalan Lintas Trans Sulawesi Perbatasan Sulut dan G...

Pinogaluman, Sulutnews-com - Pertemuan resmi antara Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut...

Putra Daerah Bolmut Dari Polda Sulut Meraih Juara 1 MTQ Cabang Qor Qiraatul Qur'an Tingkat Kabupaten Bolmut

Putra Daerah Bolmut Dari Polda Sulut Meraih Juara...

Bolangitang Barat - Sulutnews-com - Brigadir Dua Polisi Rahmat Z Londa, anggota Polda Sulut Direktor...