2401_banner.jpg
3110_banner_dinas_perumahan.jpg

Jembatan Darurat Jambusarang Penyebab Banjir Sonuo

Written by  Gandhi Goma Mar 10, 2020

Sonuo, Sulutnews.com - Bencana banjir bandang dan longsor yang menghantam Dusun 1 Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada hari kemarin Rabu (04/03/2020), salah satu penyebabnya adalah jembatan darurat Jambusarang yang telah ditinggalkan kontraktornya  PT Karya Kasih Anugerah. Selasa (10/03/2010).

Menurut Kepala Desa Sonuo Harsono Puasa setelah dikonfirmasi pasca banjir bandang dan longsor, penyebab utama terjadinya lonjakan air pasang akibat curah hujan yang tinggi adalah jembatan darurat yang tidak dibongkar pihak kontraktor Jembatan Jambusarang yang sumber dana dari APBN Tahun 2018 dengan nilai kontrak Rp. 4.972.551.000,-

"Kami masyarakat Desa Sonuo yang kena dampak banjir bandang dan longsor sangat kecewa dengan pihak kontraktor PT Karya Kasih Anugerah yang menangani proyek penggantian jembatan Jambusarang yang panjangnya kurang lebih 18 meter, finishing tidak dilakukan, termasuk tidak membongkar jembatan darurat, sehingga arus air berbalik menghantam rumah warga di Dusun 1." Ungkap Harsono.

Ditambahkannya, apalagi pihak kontraktor belum membayar upah puluhan tenaga kerja harian lokal berasal dari Desa Sonuo dan Desa Jambusarang.

Erikson Tegela seorang pensiunan yang tinggal dekat jembatan Jambusarang menceritakan kembali tentang peristiwa banjir bandang yang merendam rumah pribadinya nyaris tenggelam karena arus balik dari jembatan darurat.

"Biasanya jika ada peristiwa banjir sebelumnya, tidak separah ini, rumah kami nyaris tenggelam setinggi satu meter lebih. Barang perabotan rumah saya sebagian tidak sempat diselamatkan. Banjir datang mendadak tanpa terduga sebelumnya. Setelah kita telusuri, ternyata jembatan darurat di bawah Jembatan Jambusarang ini penyebab arus balik aliran sungai dari hulu menghantam pemukiman penduduk." ujar Tegela.

Ditambahkannya, terlihat dari bawah Jembatan Jambusarang ini pondasinya tergerus banjir dan jika tidak diatasi dengan timbunan batu sungai akan roboh, semoga hal ini menjadi perhatian dari dinas yang terkait.

Ketika dikonfirmasi ke Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bolmut Ir. Rudini Masuara, M.Sc terkejut dengan peristiwa ini, dan akan melaporkan ke pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Manado Provinsi Sulut. (Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Kapolda Sulut Meninjau Langsung Pos Wilayah Perbatasan Team Satgas Covid-19 Sulut Gorontalo.

Kapolda Sulut Meninjau Langsung Pos Wilayah Perbat...

Pinogaluman, Sulutnews.com - Kunjungan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM di Kabupaten Bola...

Percobaan Perampasan Mobil Di Jalur Dua Kantor Bupati Bolmut.

Percobaan Perampasan Mobil Di Jalur Dua Kantor Bup...

Boroko, Sulutnews.com - Peristiwa percobaan perampasan sebuah mobil Daihasu Terios DB 1740 HB yang d...

Jalan Lintas Trans Sulawesi Perbatasan Sulut dan Gorontalo Resmi Ditutup Sementara.

Jalan Lintas Trans Sulawesi Perbatasan Sulut dan G...

Pinogaluman, Sulutnews-com - Pertemuan resmi antara Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut...

Putra Daerah Bolmut Dari Polda Sulut Meraih Juara 1 MTQ Cabang Qor Qiraatul Qur'an Tingkat Kabupaten Bolmut

Putra Daerah Bolmut Dari Polda Sulut Meraih Juara...

Bolangitang Barat - Sulutnews-com - Brigadir Dua Polisi Rahmat Z Londa, anggota Polda Sulut Direktor...