Print this page

Pakta Integritas Merupakan Deklarasi Moral

Written by  Gandhi Goma Jan 06, 2020

Advertorial

Apel Perdana PNS Dilingkungan Pemkab Bolmut Awal Tahun 2020

Boroko, Sulutnews.com - Apel perdana pasca cuti bersama awal Tahun 2020, Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dihadiri Kepala Satuan Perangkat Daerah bersama seluruh pejabat administrator, pengawas, pelaksana serta tenaga harian lepas dilingkungan masing-masing Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD). Sekretariat KPU dan Bawaslu menghadirkan seluruh PNS dengan status diperbantukan di Lembaga Penyelenggara Pemilu. Dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bolmut, Jam 07.30. Senin (06/01/2020).

 

Sebagai pembina upacara apel perdana ini Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh mengawali sambutannya dengan mengingatkan kembali masa kepemerintahannya sudah berjalan satu tahun tiga bulan dengan saudara Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP sebagai Wakil Bupati.

 "Diawali dari berbagai kebijakan dan program strategis, bersifat mendasar bagi pembangunan daerah kedepan, saya berusaha meletakkan landasan penting, khususnya dalam merumuskan politik perencanaan pembangunan lima tahun. Alhamdulillah saat ini, kita telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bolmut 2018-2023." Ujar Depri Pontoh.

 

Perubahan arah pembangunan nasional, ditandai dengan ditetapkannya 5 Fokus Kerja Presiden RI Bapak Joko Widodo pada RPJM Tahun 2019-2024. Difokuskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Penyerdehanaan Regulasi, dan Transformasi Ekonomi.

Tahun ini, Pemkab Bolmut akan menapaki tahun ke-dua dalam pelaksanaan RPJMD 2018-2023, dimana sesuai Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020, terdapat 4 prioritas pembangunan, yaitu :

Pertama, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dengan sasaran;

- Meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat.

- Meningkatnya derajat kesehatan masyarakat.

- Meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat akan keragaman budaya (kebhinekaan).

- Meningkatnya prestasi pemuda dalam bidang pembangunan.

Kedua, peningkatan profesionalisme pelayanan publik dengan sasaran meningkatnya kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Ketiga, peningkatan infrastruktur wilayah strategis yang berkelanjutan, dengan sasaran;

- Meningkatnya pelayanan infrastruktur yang mendukung performa wilayah.

- Meningkatnya kualitas lingkungan hidup.

- Meningkatnya pengendalian pemanfaatan ruang.

Keempat, pengurangan kemiskinan dan peningkatan ekonomi daerah, dengan sasaran;

- Meningkatnya daya beli masyarakat.

- Optimalnya pengelolaan potensi ekonomi daerah.

- Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

 

Acara berikutnya yang menjadi perhatian seluruh peserta apel perdana ini adalah penandatanganan Pakta Integritas yang dilakukan kepala, badan, bagian, satuan perangkat daerah.

"Penandatanganan Pakta Integritas yang kita lakukan hari ini, jangan dipandang sebagai formalitas dan seremonial saja, melainkan sebagai bentuk pernyataan dan komitmen pimpinan-pimpinan perangkat daerah yang menjadi suatu kewajiban dan tanggung jawab kinerja organisasi yang dipimpinnya, guna mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sistem pemerintahan. Oleh karena itu, penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan "Deklarasi Moral" bagi setiap pimpinan SKPD mampu bekerja secara jujur, transparan, obyektif, dan akuntabel." Tegas Bupati Bolmut.

 

Ditambahkannya; Pakta Integritas ini merupakan rekomitmen penyelesaian proses Tuntutan Ganti Rugi (TGR). Dengan target penyelesaian THR diakhir triwulan pertama ini sudah 100 persen untuk TGR non finansial dan 80 persen untuk TGR finansial.

Tahun 2020 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut akan menggelar Pemilihan Badan Musyawarah Desa (BPD) bagi 106 Desa, dan Pemilihan Sangadi (Kepala Desa) Serentak bagi 52 Desa. Dihimbau oleh Bupati Bolmut agar panitia yang akan dibentuk oleh BPD nantinya dapat memperhatikan regulasi dalam menjalankan tugas sebagai panitia pelaksana seleksi yang profesional. (/Gandhi Goma)