Senator Djafar Alkatiri Reses Ke Bolmut

Written by  Gandhi Goma Dec 27, 2019

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Masa reses Ir. H. Djafar Alkatiri, MM, M.PdI ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) guna menyerap aspirasi daerah telah dilaksanakan di Aula Kantor Camat Bolangitang Barat. Jumat (27/12/2019) Jam 14.00 wita.

Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Ketua Komite I DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah) Republik Indonesia Saudara Djafar Alkatiri sebagai senator dari perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, khususnya dari Kabupaten Bolmut. Mengapa kita menyebut beliau utusan khusus dari masyarakat adat Kaidipang Besar dan Bintauna ? Karena beliau memperoleh suara terbanyak dalam Pileg kemarin, karena ada satu desa 100 persen peserta pemilu memilih beliau sebagai anggota DPD RI.

"Harapan kita bersama, semoga Saudara Djafar Alkatiri dapat membawah beberapa menteri ke Kabupaten Bolmut. Dapat meninjau langsung keinginan dan kebutuhan rakyat Bolmut." Ungkap Depri Pontoh.

Djafar Alkatiri dalam sambutannya menyampaikan proses perjalanan masa reses dari NTT, Sulawesi Barat, Papua, sampai ke Sulawesi Utara telah mendengar seluruh aspirasi masyarakat daerah dalam tugas wewenangnya sebagai pimpinan DPD RI.

"Ucapan terima kasih kepada tiga pejabat Bolmut; Bupati Depri Pontoh, Wakil Bupati Amin Lasena, serta Sekretaris Daerah Asripan Nani; karena selama masa reses saya sebagai senator ini, hanya Kabupaten Bolmut yang dihadiri ketiga pejabat penting, dan saya diberikan kehormatan memberikan khotbah Jumat di Masjid Agung Baiturrahman. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Bolmut karena telah memilih saya kurang lebih 20 ribu suara, saya tidak kasih uang. Secara pribadi saya ucapkan terima kasih kepada rakyat Desa Binuanga telah memilih saya sepenuhnya. Saya terpilih saya wakil ketua I DPD RI dari 136 senator serta bermitra dengan Depdagri, Kemenlu, KPK, dan Kementerian Desa." Ulas Alkatiri.

Lanjutnya, nanti kedepan khusus berhubungan dengan otonomi daerah dan pemekaran daerah menjadi prioritas pembahasan DPD RI. UU Desa itu dari inisiatif kita walaupun disyahkan anggota DPR RI. Usulan Prolegnas termasuk rancangan wilayah kepulauan dan perbatasan.

Reses di Papua telah membuka hati dan jiwa kita dari sisi penanggulangan keamanan belum membuahkan hasil yang efektif, tapi kita lebih fokus ke prioritas kesejahteraan. Kebijakan Mendagri telah membuka moratorium, saya hakul yakin Provinsi BMR (Bolaang Mongondow Raya) dapat terwujud karena nomor urut pertama. Semoga Presiden Jokowi membuka moratorium. Oleh sebab itu kita DPD RI mendorong Bambang Soesetyo menjadi Ketua MPR.

Tahap selanjutnya adalah tanya jawab dimulai dari Sekda Asripan Nani yang mengharapkan kepada Djafar Alkatiri untuk dapat menfasilitasi pendirian pesantren Al'Hairat ke Menteri Agama dan proses pendirian perguruan tinggi di Kabupaten Bolmut.

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengharapkan otonomi daerah dalam standar rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil cenderung mendahulukan anak negeri.(/Gandhi Goma).

Bolaang Mongondow Utara

Jembatan Ponton Bakal Ambruk Dihantam Erosi Air Sungai Langi

Jembatan Ponton Bakal Ambruk Dihantam Erosi Air Su...

Bolmut, Sulutnews-.com - Jembatan Ponton dengan panjang 60 meter di lintasan jalan trans Sulawesi ad...

Larangan Dan Sanksi ASN Dalam Pilkada Gubernur Sulut 2020

Larangan Dan Sanksi ASN Dalam Pilkada Gubernur Sul...

Bolmut, Sulutnews.com - Sulutnews- Salah satu dari enam temuan dalam penyelenggaraan Pilkada Serenta...

Bank SulutGo (BSG) Cabang Boroko Menyerahkan Sapi Qurban Idul Adha 1441 H

Bank SulutGo (BSG) Cabang Boroko Menyerahkan Sapi...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Cabang Bank SulutGo (BSG) Boroko Jummy Roboth, SE didampingi beberapa...

Nasib Guru Honorer Bolmut Menunggu Kepres

Nasib Guru Honorer Bolmut Menunggu Kepres

Boroko, Sulutnews.com - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs H Amin Lasena MAP sangat p...