Wakopolda Sulut Disambut Tarian Tinggulu Meresmikan Gedung Sementara Mako Polres Bolmut

Written by  Gandhi Goma Nov 04, 2019

Boroko, Sulutnews.com - Wakil Kepala Polisi Daerah Sulawesi Utara Brijen Polisi Alexander Marten Mandalika telah berkunjung resmi ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ( Bolmut) disambut dengan tarian adat Tinggulu dalam rangka meresmikan gedung sementara Markas Komando (Mako) Polisi Resort (Polres) Kabupaten Bolmut. Senin (04/11/2019).

Tarian adat Tinggulu dalah prosesi tarian pengawalan raja disertai ujaran adat penuh makna dan sakral yang disaksikan para ruh leluhur yang dipimpin oleh pemangku adat Idris Patadjenu.

Menurut Idris Patadjenu wilayah adat Kabupaten Bolmut terdiri dari dua kerajaan besar yaitu Kaidipang Besar dan Kerajaan Bintauna yang disatukan dalam tradisi adat istiadat serta tradisi melindungi Radja dengan pasukan pengawal yang sudah teruji kesaktiannya menggunakan tombak. Prosesi menyambut tarian adat kerajaan Wakapolda Sulut karena beliau berasal dari Sanger Talaud bagian dari sejarah kerajaan ini; karena hampir sebagian penduduk Siau diungsikan kesini karena meletusnya Gunung Karangetang; saudara-saudara kita berasal dari Siau dan sekitarnya menempati Desa Komus, Desa Batutajam, Desa Solok, Desa Mokoditek, dan pemudanya direkrut menjadi pasukan keamanan laut.

"Bahasa adat Kaidipang kuno itu artinya ucapan selamat datang para pembesar negeri yang datang berkunjung ke negeri adat ini, disaksikan para ruh leluhur, semoga negeri aman sentosa, jauh dari musibah dan malapetaka." Ungkap Patadjenu.

Wakapolda Sulut dalam sambutan resminya mengungkapkan dalam prosesi penerimaan tarian adat tadi merinding tubuh saya ketika mendengar bahasa adat yang terdengar sakral serta penuh makna, meskipun saya tidak mengerti artinya namun setiap kata ada tersirat makna penuh arti dalam jiwa kita semua.

Acara peresmian ini didampingi oleh Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, Ketua DPRD Bolmut Frangky Cendra, Kapolres Bolmut AKBP Eko Kurniawan, S.IK, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Perwira Penghubung Kodim 1303 BM Mayor Inf. Nus. (Gandhi Goma).

Last modified on Monday, 04 November 2019 09:49

Bolaang Mongondow Utara

PT Pos Indonesia Unit Bolangitang Menyerahkan Bansos Tunai

PT Pos Indonesia Unit Bolangitang Menyerahkan Bans...

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - PT Pos Indonesia (Persero) kembali mendapatkan kepercayaan dari P...

Perdaginkop & UKM Bolmut Menggelar Pasar Murah

Perdaginkop & UKM Bolmut Menggelar Pasar Murah

Boroko, Sulutnews.com - Dra. Leida Pontoh,M.Sc selaku Kadis Perdagangan Industri Koperasi & Usah...

Pasien Dimakamkan Di Desa Ollot  Bukan Dampak Covid 19.

Pasien Dimakamkan Di Desa Ollot Bukan Dampak Covid...

Boroko- Sulutnews.com - Terkait pemberitaan seorang warga Desa Ollot Kecamatan Bolangitang Barat yan...

Pemda Bolmut Meraih Opini WTP Ke 4 Kali Dari BPK RI Atas LKPD 2019

Pemda Bolmut Meraih Opini WTP Ke 4 Kali Dari BPK R...

Boroko, Sulutnews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dibawah kepemim...