Pimpinan DPRD Bolmut 2019-2024 Resmi Diangkat Sumpah Dan Janji

Written by  Gandhi Goma Oct 16, 2019

Boroko, Sulutnews.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam rangka pengangkatan sumpah/janji pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah masa jabatan 2019-2024 dibawah pimpinan sementara Frangky Chendra (PDI-P) dan Atia Pontoh (PPP) telah dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara. Rabu (16/10/2019).

Pelaksanaan rapat paripurna DPRD Bolmut adalah merupakan tindak lanjut hasil Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 dan ditetapkan dengan keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 384 Tahun 2019 Tanggal 4 Oktober 2019 Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Berdasarkan ketentuan dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah Pasal 165 Ayat (5) mengamanatkan bahwa pimpinan DPRD Kabupaten/Kota sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah janji yang teksnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 157 telah dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Warsito, SH kepada Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra (PDI-P), Drs. Salim Bin Abdullah Wakil Ketua I (PPP), Saiful Ambarak, S.PdI Wakil Ketua II (Golkar) sebagai berikut :

"Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji: bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota/ketua/wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten/kota dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945"

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan;

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra masa jabatan 2019-2024 setelah dilantik menyampaikan pidatonya tentang proses demokrasi yakni pemilihan umum legislatif baru saja kita lewati dengan baik. Kami harap seluruh masyarakat menghargai proses demokrasi tersebut dan mengawal kelanjutan dari proses tersebut agar berjalan secara konstitusional.

"Demokrasi harus dirawat, dijaga dengan nilai-nilai Pancasila. Demokrasi identik dengan kebebasan, tapi kebebasan dalam berdemokrasi bukanlah kebebasan yang sebebas-bebasnya, kebebasan yang sebebas-bebasnya adalah anarki. Demokrasi bukanlah kebebasan merampas kebebasan orang lain, bukan kebebasan mencelakai orang lain, bukan kebebasan merusak milik orang lain, bukan pula kebebasan berbuat kerusuhan. Demokrasi yang tidak dijaga dengan baik, akan membunuh dirinya sendiri dengan anarki." Ungkap Frangky Chendra.

Hi. Abdullah Diu, S.Ag, M.Pd yang memimpin doa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan berkat serta tuntunannya kepada kita semua, sehingga acara peresmian pengangkatan sumpah/janji pimpinan DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara masa jabatan 2019-2024 dengan kitab sucinya disaksikan oleh Tuhan-Nya, dirinya sendiri, serta pertanggungjawaban lahir batin kepada seluruh masyarakat Bolmut. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Peran Pers Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Pilgub Sulut 2020

Peran Pers Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarak...

Tote, Sulutnews.com - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Ut...

Ibunda CEP Ternyata Tempat Kelahirannya Di Desa Bigo Bolmut

Ibunda CEP Ternyata Tempat Kelahirannya Di Desa Bi...

Buko, Sulutnews.com - Dialog singkat dengan Saiful Ambarak, S.PdI sebagai Ketua Golkar Kabupaten Bol...

Gubernur Sulut Agus Fathoni Menegaskan Pelaksanaan Tender APBD 2021 Dimulai Januari 2021

Gubernur Sulut Agus Fathoni Menegaskan Pelaksanaan...

Boroko, Sulutnews.com - Pjs Gubernur Sulut Dr. Drs. Agus Fathoni, M.Sc bersama Forkompinda berkunjun...

Ketua DPD RI Akan Mengedor Pintu DPR RI Senayan Untuk Segera Mewujudkan Provinsi BMR

Ketua DPD RI Akan Mengedor Pintu DPR RI Senayan Un...

Boroko, Sulutnews.com - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Ir. La Nyalla Mahm...