Festival Pesona Pantai Batu Pinagut (FPPBP) Ke 3 Tahun 2019 Resmi Dimulai

Written by  Gandhi Goma Jun 17, 2019

Boroko, Sulutnews.com - Lintasan sejarah objek wisata pantai Batu Pinagut terkait erat dengan pembangunan makam raja-raja Kaidipang. Batu Pinagut atau batu yang dicabut dari bukit pesisir pantai ini diangkut oleh masyarakat adat yang berbaris rapih dari pantai hingga ke Jere (Pekuburan Radja-Radja). Objek wisata pantai ini terletak di sisi terluar bagian timur teluk Boroko yang masuk kawasan perkotaan. Daya tarik utama selain historis hamparan berbatuan diatas pasir putih bersih serta air laut yang jernih, sepanjang pantai tumbuh pohon kelapa yang menghijau, ada makam keramat dan kondisi lingkungan yang masih asli dan sakral.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Halal Bi Halal Idul Fitri 1440 Hijriyah Pemerintah Daerah tersebut berlangsung hikmat dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Syeikhah Dr. Olivia Livi, S.Sos, M.Hkp, M.Kom, Al Hafidzah. 

"Bersyukur hari ini dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah seru sekalian alam; suasana pencanangan Batu Pinagut sebagai objek wisata pantai; masyarakat adat Bolmut masih tetap menjaga nilai sakral kesucian amanah leluhur, dan ini pertanda baik sehingga alam bersahabat dengan kita dengan memberikan kesejukan matahari bersembunyi dibalik awan." Ungkap Hj. Olivia Livi.

Kegiatan yang dipusatkan di Lokasi Wisata Pantai Batu Pinagut tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh. Senin (17/06/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Bolmut menyampaikan di usia yang relatif muda, Kabupaten Bolmut terus memberikan warna tersendiri untuk bekerja dan berkarya  mewujudkan cita-cita pembangunan daerah mewujudkan Bolmut yang berkelanjutan, mandiri, berbudaya dan berdaya saing serta mendukung terwujudnya Sulawesi Utara yang Berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam Pemerintahan dan politik serta berkepribadian dalam budaya.

Karena itu, dirinya mendukung segala peran serta semua komponen untuk membangun daerah ini. Tahun ini merupakan kali ke tiga penyelenggaraan FPPBP dengan mengusung slogan "Mari Jo Ka Bolmut", dimana tentunya telah memberi arti penting dalam meningkatkan dan mengembangkan kesenian, kebudayaan dalam mengoptimalkan promosi potensi-potensi pariwisata Bolmut.

Sebab itu, ditegaskan bahwa pelaksanaan FPPBP ini harus benar-benar memiliki makna dan manfaat yang sanggup mengangkat promosi daerah guna memperkenalkan potensi daerah, serta kesadaran dan komitmen seluruh masyarakat Bolmut untuk menjaga warisan seni dan budaya daerah yang harus terus dijunjung dan dilestarikan.

"Selamat mengikuti kegiatan dalam FPPBP Tahun 2019, tunjukkan sportifitas, pelihara kerukunan, jaga keamanan, jalin persahabatan, ciptakan suasana keakraban dan kedamaian tanpa perbedaan, mari bangun Daerah Sulut, khususnya Kabupaten Bolmut dengan rasa cinta terhadap seni budaya, adat istiadat, tradisi yang telah menjadi kebanggan daerah ini".

Dalam FPPBP Tahun 2019 yang digelar pada 17 sampai 22 Juni ini dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya pemilihan Boulo Vuyu 2019, Karnaval Budaya, Bolmut Expo, pameran Anggrek, Kreasi Batik Bolmut, Layang-Layang Show, Games Online, Lomba Menu Antar Kecamatan, Lomba Foto Pariwisata, Lomba menembak serta Volly Ball Pantai. Selain itu, dimeriahkan dengan penampilan artis Nasional Camelia Putri.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Isteri Wakil Gubernur Sulut dalam kapasitas Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sulut dr. Kartika Devi Kandouw Tanos, MARS, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP bersama Wakil Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan, perwakilan pemerintah 15 kabupaten/kota se-Sulut dan Provinsi Gorontalo, Unsur Pimpinan DPRD Drs. Salim Bin Abdullah,  Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Unsur Forkopimda, pimpinan Perangkat Daerah, Tokoh Adat, Tokoh Agama, para penggiat pariwisata serta masyarakat. (/Gandhi Goma).

Last modified on Monday, 17 June 2019 11:33

Bolaang Mongondow Utara

"Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia" Tema HSN Ke IV Tahun 2019 Di Bolmut.

"Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia"...

Bintauna, Sulutnews.com - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke IV Tingkat Provinsi Sulaw...

Pimpinan DPRD Bolmut 2019-2024 Resmi Diangkat Sumpah Dan Janji

Pimpinan DPRD Bolmut 2019-2024 Resmi Diangkat Sump...

Boroko, Sulutnews.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam rangk...

Bupati Bolmut Depri Pontoh Buka Bimtek Keprotokolan 2019

Bupati Bolmut Depri Pontoh Buka Bimtek Keprotokola...

Manado, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Bimbingan...

Sekda Bolmut Buka Bimtek Verifikasi Dan Validasi DTPFM-OTM

Sekda Bolmut Buka Bimtek Verifikasi Dan Validasi D...

Boroko, Sulutnews.com - Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si mebuka secara resmi...