Foto : Kasatpol Pamong praja Muhidin Gumohung, Camat Kaidipang Ramin Buhang, Asisten II Jacomina sedang berdialog dengan Muksin Alkatiri pemilik toko tidak memiliki IMB. Foto : Kasatpol Pamong praja Muhidin Gumohung, Camat Kaidipang Ramin Buhang, Asisten II Jacomina sedang berdialog dengan Muksin Alkatiri pemilik toko tidak memiliki IMB.

Peringatan Terakhir "Membangun Tanpa IMB Dibongkar Satpol Pemkab Bolmut

Written by  Gandhi Goma May 07, 2019

Boroko, Sulutnews.com - Asisten II Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara Ibu Jacomina Mamuaja didampingi Kasatpol Pamong praja Muhidin Gumohung, Camat Kaidipang Ramin Buhang, serta staf khusus dari Dinas PU dan Perumahan Rakyat, telah melakukan investigasi langsung ke sebuah toko milik Ami Mohsen Alkatiri terletak di Desa Bigo Kecamatan Kaidipang yang telah merehabilitasi bangunan tokonya tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) serta membangun dibawahnya ada jalur drainase guna mencegah luapan banjir ke jalan raya dan pemukiman warga. Selasa (07/05/2019).

Surat permohonan penertiban bangunan dari Sangadi (kepala desa) Bigo Waris Tanaijo kepada Bupati Bolmong Utara cq Camat Kaidipang Nomor : 115/2003/PBB/III/2019, tanggal 18 Maret 2019 pada pokok masalahnya; Pertama, pembangunan saluran pembuangan air  dari pemukiman warga diseputaran  Alfamart tidak dapat dilaksanakan karena tertutup bangunan toko milik Ami Muksin Alkatiri. Kedua, sebagian fisik bangunan toko ini menutup bagian jalan berupa bahu jalan yang berdampak terjadi kendala pada pekerjaan lanjutan pada pembuatan saluran air (drainase) serta hilangnya fungsi bahu jalan untuk pejalan kaki. Ketiga, belum memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Menurut Kasatpol Pamongpraja Muhidin Gumohung berdasarkan fakta di lapangan bangunan toko tersebut tidak memenuhi syarat-syarat sebagaimana ketentuan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Perda Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara  Nomor 03 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara 2013-2033.

Hal ini ditambahkan Asisten II Jacomina Mamuaja;

" Berdasarkan Peraturan Mendagri Nomor 32 Tahun 2010 yang tidak memiliki IMB, bangunannya tidak sesuai lokasi, tidak sesuai peruntukannya akan dikenai sanksi administrasi berupa perintah pembongkaran bangunan gedung, namun hal ini kami sudah ingatkan kembali untuk mengembalikan posisi bangunan jangan menutupi saluran drainase, karena kasihan juga nasib tetangga direndam banjir jika saluran airnya tidak berfungsi." Tegas Ibu Jacomina dalam kapasitas sebagai Asisten II dalam keterangan pers terhadap beberapa wartawan.

Pemilik bangunan toko  Ami Mohsen Alkatiri mengungkapkan kekesalannya terhadap para tetangga yang sudah melapor ke aparatur desa dan kecamatan, termasuk aparatur pamong praja yang sudah berkali-kali mengingatkan secara lisan, ataupun secara tertulis tentang proses pembangunan tokonya,  namun hal itu sedang dipikirkannya dengan para tukangnya bagaimana caranya menggeser tiang pancang dan pondasi agar sesuai aturan IMB. (*/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

"Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia" Tema HSN Ke IV Tahun 2019 Di Bolmut.

"Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia"...

Bintauna, Sulutnews.com - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke IV Tingkat Provinsi Sulaw...

Pimpinan DPRD Bolmut 2019-2024 Resmi Diangkat Sumpah Dan Janji

Pimpinan DPRD Bolmut 2019-2024 Resmi Diangkat Sump...

Boroko, Sulutnews.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam rangk...

Bupati Bolmut Depri Pontoh Buka Bimtek Keprotokolan 2019

Bupati Bolmut Depri Pontoh Buka Bimtek Keprotokola...

Manado, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Bimbingan...

Sekda Bolmut Buka Bimtek Verifikasi Dan Validasi DTPFM-OTM

Sekda Bolmut Buka Bimtek Verifikasi Dan Validasi D...

Boroko, Sulutnews.com - Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si mebuka secara resmi...