Bupati Depri Pontoh Menerima Kunjungan Kapolda Sulut

Written by  Gandhi Goma Mar 15, 2019

Boroko, Sulutnews.com - Kunjungan kerja sekaligus silaturahmi  Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Irjen. Pol. Dr. Remigius Sigit Tri Haryanto, SH, M.Si yang bertempat di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati Bolmut. Jumat (15/03/2019).

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh dalam sambutannya menyampaikan selamat datang (red. Bahasa Kaidipang; agu naik dopatai) kepada Kapolda Sulut. Dengan semangat kebersamaan, semangat persaudaraan, kunjungan ini merupakan sebuah kehormatan bagi Pemerintah Daerah serta masyarakat dan merupakan wujud kepedulian dan perhatian Kapolda Sulut terhadap Daerah Bolmut.

Disampaikan bahwa sampai saat ini Bolmut merupakan salah satu daerah aman di Sulut, meskipun disadari tak lepas dari adanya upaya-upaya untuk merusak tatanan keharmonisan masyarakat.

Terkait dengan agenda Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019, dikatakan Pemerintah Daerah terus membangun koordinasi dengan KPUD dan Bawaslu serta Institusi TNI dan POLRI sehingga sampai saat ini Tahapan Pemilu di daerah ini berjalan dengan baik dan diharapkan pada tanggal 17 April mendatang akan berlangsung aman, tertib, jujur dan adil.

"Agenda Pemilihan Umum Serentak 2019 Kabupaten Bolmong Utara terdiri dari 3 daerah pemilihan (dapil), 246 TPS, serta wajib pilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) 56.893 pemilih." ungkap Depri Pontoh.

Bupati Bolmut mengajak seluruh masyarakat untuk memposisikan diri sebagai elemen Bangsa yang cerdas dan senantiasa menghadirkan keindahan dalam berdemokrasi.

"Perbedaan pandangan dan pilihan politik merupakan hal yang wajar, tapi dalam konteks pembangunan dan kehidupan sosial kemasyarakatan yang utama adalah persatuan, persaudaraan dan kerukunan".

Sementara itu, Kapolda Sulut yang sebelumnya menjabat Gubernur PTIK Jakarta mengatakan kunjungan ini tujuannya untuk silaturahmi dengan Pemerintah dan masyarakat Bolmut.

Dirinya berharap dukungan dan kerjasama dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolda Sulut. Melalui pertemuan ini diharapkan dapat terbangun komunikasi, sinergitas antara Kepolisian, pemerintah Daerah dan masyarakat.

"Polisi itu adalah mitra, masyarakat sama dengan polisi, mereka mendapatkan hak untuk dilayani, dilindungi dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat preventif atau pencegahan jangan mengutamakan penegakan hukum. Penegakan hukum atau apapun yang dilakukan polisi itupun merupakan upaya terakhir seandainya upaya preventif atau pencegahan mengatasi permasalahan-permasalahan. Jadi itu konsep yang selalu saya sampaikan kepada jajaran kepolisian bahwa masyarakat itu adalah mitra." Ujar Kapolda Sulut.

Selain itu, kunjungan ini untuk memastikan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019 dapat berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Kapolda Sulut melakukan peninjauan langsung proses persiapan Pemiliu di KPUD dan Bawaslu Bolmut.

Dikatakan bahwa di Kabupaten Bolmut semua berjalan dengan baik, lancar dan aman yang diharapkan pula terus berlangsung sampai pada 17 April 2019.

Kapolda Sulut menegaskan TNI dan POLRI siap mengawal dan mengamankan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di tanggal 17 April nanti.

Di akhir sambutannya Kapolda Sulut menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah dan masyarakat yang berkenan menyambut kunjungan kerja sekaligus silaturahmi di Kabupaten Bolmut.

Turut hadir Unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP dan Wakil Ketua I TP PKK Bolmut Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan, Ketua DWP Bolmut Hj. Fitriana Nani Buhang, SE, Pimpinan Perangkat Daerah, Tokoh masyarakat serta jajaran ASN. (/Gandhi Goma).