Kapolda Sulut Remigius Sigid Tri Hardjanto; Saya Mantan Gubernur Tidak Melalui Pilkada

Written by  Gandhi Goma Mar 15, 2019

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Irjen (Pol) Remigius Sigid Tri Hardjanto, Jumat (15/03/2019) Jam; 00.08 WITA, telah turun dengan Hellycopter di Lapangan Kembar Boroko ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Agenda  Kapolda Sulut adalah kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmut dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Kunjungan ini untuk memastikan kesiapan lembaga penyelenggara Pemilu pada 17 April 2019 nanti.

Puncak acara kunjungan Kapolda dipusatkan di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati Bolmut, dalam sambutannya memberikan penghargaan karena banyak yang hadir di ruangan ini, jadi bapak ibu sekalian maksud saya datang ke Bolaang Mongondow Utara; pertama, saya sebagai pejabat baru sebagai Kapolda Sulut, meskipun tadi sudah disampaikan oleh pembawa acara ataupun bapak bupati tapi akan lebih afdol bila saya memperkenalkan diri secara langsung;

"Saya Irjen Polisi Dr. Remigius Sigit Hartanto, saya berasal dari Jawa Tengah tepatnya di Daerah Jogjakarta, meskipun tampang saya sebagai orang dari Timor tapi saya asli dari Jogjakarta. Kalau bapak ibu sekalian mampir ke Jogjakarta, silahkan mampir, disana saya punya warung gudeg. Saya sebelum menjabat sebagai Kapolda Sulut ini, saya menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), jadi kalo di Jakarta itu sebutan ketua sekolah itu Gubernur PTIK, di Jakarta jabatan Gubernur tanpa Pilkada adalah Gubernur PTIK. Jadi saya tidak perlu Pilkada, Gubernur 'penunjukan' langsung oleh Pak Kapolri sebagai Gubernur PTIK, empat tahun saya menjabat selaku Gubernur PTIK atau setara dengan rektor suatu perguruan tinggi."

Itulah latar belakang penugasan saya, dan sejak Januari 2019 kemarin, saya dipercaya oleh pimpinan Pak Kapolri untuk menjabat sebagai Kapolda, tentunya sebagai suatu amanah, suatu kepercayaan oleh Pak Kapolri bekerja sebagai Kapolda Sulawesi Utara, tanah yang diberkati Tuhan. Suatu kota-kota yang dikenal toleransinya termasuk juga di Bolaang Mongondow Utara. (hadirin memberikan aplaus...)

"Philosopinya 'kitorang samua ba'sudara' baku bae, baku sayang, baku ingat, dan tentunya yang saya gelorakan bahwa Sulawesi Utara itu sulit untuk disulut karena masyarakatnya solid, tentunya harapan saya juga khususnya di Bolmong Utara kita selalu meyakini bahwa kita ini sangat solid sehingga kita ini sangat sulit untuk disulut oleh riak-riak kecil yang bernuansa sara, bernuansa hoax atau berita bohong."

Apalagi saat ini kita lagi menghadapi tahapan-tahapan  pemilu dimana nanti rakyat akan memilih tanggal 17 April nanti.

Bapak dan ibu sekalian, terkait dengan jabatan saya yang baru, tentunya saya mohon dukungan doa, dukungan kerjasama kita, karena polisi dan masyarakat itu adalah mitra setara kita semuanya. Saya ingin memimpin Sulawesi Utara ini disampaikan ke Polres dan Polsek, khususnya masyarakat Bolmong Utara bahwa polisi itu adalah mitra, polisi sama dengan masyarakat, mereka mendapatkan hak untuk dilayani, untuk dilindungi dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat preventif atau pencegahan, jangan mengutamakan penegakan hukum.

"Penegakan hukum atau apapun yang dilakukan polisi, itupun upaya terakhir merupakan seandainya upaya preventif atau upaya pencegahan permasalahan-permasalahan yang ada. Jadi itu konsep kita, selalu saya sampaikan kepada jajaran kepolisian bahwa masyarakat itu adalah mitra." Ujar Kapolda Sulut.

Yang kedua, tentunya pertemuan ini saya harapkan setelah berkenalan, saya bisa bertemu dan menyapa langsung, sekalian komunikasi dengan masyarakat, masyarakat dengan aparat pemerintah yang terkait dengan pemilu, kehadiran saya disini untuk menyapa dengan bapak dan ibu sekalian memastikan tahapan-tahapan Pemilu di wilayah Sulawesi Utara, khusus di Bolaang Mongondow Utara berjalan dengan baik dan lancar.

"Saya sudah pastikan di KPU, oleh sebab itu saya sengaja mengajak Ketua KPU untuk melihat langsung Kantor KPU, bertemu langsung dengan anggota komisioner KPU melihat langsung logistik-logistik Pemilu, melihat langsung petugas-petugas yang menjaga kemanan logistik pemilu. Alhamdulillah Puji Tuhan sampai dengan saat ini, saya bisa memastikan penyelenggaraan pemilu di Bolmong Utara berjalan dengan aman, dan ini harus kita jaga dengan pelaksanaan dan tahapan-tahapan berikutnya." Ungkap Kapolda Sulut.

"Yang terakhir saya yakinkan, saya tegaskan; TNI dan POLRI siap mengamankan hari H, siap mengawal bapak ibu sekalian untuk menyampaikan hak pilihnya sampai di TPS nanti, jadi tanggal 17 April 2019." Tegas Irjen Polisi Remigius Sigid Tri Hardjanto mengakhiri pidato resminya dihadapan masyarakat adat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Hal senada disampaikan oleh Ketua KPU Bolaang Mongondow Utara Djunaidi Harundja, SH

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Kapolda Sulut atas kunjungan resmi guna meninjau langsung proses tahapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Kantor KPU Bolmut, dan kita mendapat pujian sekalian teguran tegas terhadap tingkat kedisiplinan aparatur pengamanan logistik pemilu, dan kita siap melayani pada semua pihak pemangku kepentingan politik demi suksesnya Pemilu 2019 tanggal 17 April 2019." (/Gandhi Goma)