Sidang Paripurna Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2021

Written by  Gandhi Goma Mar 15, 2021

Boroko, Sulutnews.com - Sidan Paripurna DPRD Bolmut dalam rangka penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD dan penetapan program pembentukan peraturan daerah Kabupaten Bolmut tahun 2021. Bertempat di Ruang Sidang DPRD Bolmut. Senin (15/03/2021)

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri sidang paripurna DPRD Bolmut dalam rangka penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD dan penetapan program pembentukan peraturan daerah Kabupaten Bolmut tahun 2021.

Bupati menyampaikan sidang paripurna ini merupakan forum yang baik bagi kita jajaran pemerintah daerah dan anggota DPRD.

"Dan kita semua, untuk bersama melakukan pembahasan sampai dengan menetapkan produk hukum yang menjadi skala prioritas daerah, sesuai dengan perkembangan kebutuhan hukum masyarakat saat ini,"

Bupati menambahkan keberadaan kita saat ini juga akan menjadi rujukan untuk menjaga agar peraturan daerah tetap berada dalam kesatuan hukum nasional, sehingga segala pengambilan kebijakan di daerah memiliki payung hukum yang jelas, seimbang dan mencerminkan kepentingan masyarakat, daerah, bangsa dan negara.

Seperti kita ketahui bersama berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah, bahwa kepala daerah menyampaikan hasil penyusunan propemperda di lingkungan pemerintah daerah kepada badan pembentukan peraturan daerah melalui pimpinan DPRD untuk itu, melalui kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan gambaran prioritas program pembentukan Peraturan Daerah kabupaten Bolmut tahun 2021, yang akan memuat sebanyak 33 ranperda, terdiri dari 30 ranperda dari eksekutif kemudian 3 ranperda inisiatif dari DPRD.

Penyampaian rancangan peraturan daerah ini merupakan langkah penting dan strategis dalam upaya mendorong kemajuan kabupaten Bolmut khususnya dari sisi regulasi yang akan berdampak besar dalam pengambilan kebijakan pengelolaan segala sumberdaya yang dimiliki secara legitimate, efektif dan efisien yang bertujuan untuk kemakmuran dan kemajuan masyarakat dan daerah yang kita cintai ini.

Oleh karenanya, diharapkan dalam pembahasan ranperda ini nantinya tetap mengacu kepada prosedur dan mekanisme yang harus dilewati secara terpadu. tentu saja, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip otonomi daerah, sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh undang-undang dasar 1945 sebagai implementasi lebih lanjut ketentuan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011.

 

Maka pemerintah Kabupaten Bolmut berpendapat perlu ada penyesuaian dalam upaya penataan hukum daerah. Tentu saja, hal ini merupakan komitmen pemerintah daerah yang berusaha untuk tetap menempatkan hukum dalam konteks desentralisasi daerah, dengan menciptakan suatu harmonisasi yang menyeluruh antara peraturan perundang-undangan dengan prinsip-prinsip otonomi daerah.

"Artinya penataan mekanisme pengelolaan  kebijakan dengan kewenangan yang ada, idealnya tetap berdasar kepada prinsip-prinsip desentralisasisebagaimana yang dianut dalam konsepsi negara kesatuan Republik Indonesia,"

Ditambahkan, apa yang saya sampaikan pada kesempatan ini merupakan penjelasan singkat dan garis besar terhadap apa yang akan kita sepakati nanti. harapan besar saya adalah seluruh rancangan peraturan daerah yang kami sampaikan, dapat dikaji dan dibahas bersama dengan sebaik-baiknya. sehingga, melahirkan peraturan daerah yang dapat dilaksanakan dengan berkeadilan, mengedepankan kepentingan umum, memiliki kepastian hukum serta memberikan kemanfaatan, khususnya, mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat sehingga tujuan atas rancangan peraturan daerah ini dapat terwujud secara paripurna dan tidak ada hak-hak masyarakat yang terabaikan. Mudah-mudahan, segala upaya yang telah dan akan dilakukan oleh kita semua, dapat menjadi indikator dalam memahami keseriusan pemerintah kabupaten dalam merespon tuntutan penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, transparan, partisipatif dan akuntabel.

Gambaran prioritas program pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada Tahun 2021 ini memuat sebanyak 33 ranperda, terdiri dari 30 ranperda eksekutif dan 3 ranperda dari  legislatif sebagai berikut :

  1. RANPERDA TENTANG IRIGASI;
  2. RANPERDA TENTANG IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN;
  3. RANPERDA TENTANG RDTR KAWASAN IBUKOTA KABUPATEN;
  4. PERUBAHAN ATAS PERATURANDAERAH NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA TAHUN 2013 – 2033.
  5. RANPERDA TENTANG PELAYANAN TERPADU, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK;
  6. RANPERDA TENTANG KABUPATEN LAYAK ANAK;
  7. RANPERDA TENTANG PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A);
  8. RANPERDA TENTANG POKOK-POKOK PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH;
  9. RANPERDA TENTANG BARANG MILIK DAERAH;
  10. RANPERDA TENTANG COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN);
  11. RANPERDA TENTANG PENANAMAN MODAL;
  12. RANPERDA TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA;
  13. RANPERDA TENTANG RENCANA INDUK PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN DAERAH TAHUN 2018 – 2025;
  14. RANPERDA TENTANG KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM;
  15. RANPERDA TENTANG PENGELOLAAN SARANG BURUNG WALET;
  16. RANPERDA PENYERTAAN MODAL BUMD;
  17. RANPERDA TENTANG PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN (LP2B);
  18. RANPERDA TENTANG RENCANA PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH;
  19. RANPERDA TENTANG PENDIRIAN BUMD ANUGRAH NUSANTARA JAYA;
  20. RANPERDA TENTANG PENYELENGGARAAN KEOLAHRAGAAN;
  21. RANPERDA TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DAERAH DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA;
  22. RANPERDA TENTANG LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL (LPPL) RADIO PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA;
  23. RANPERDA TENTANG PERUBAHAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2016 TENTANG PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA;
  24. RANPERDA TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN TERA /TERA ULANG;
  25. RANPERDA TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2019 TENTANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA TAHUN 2019-2023;
  26. RANPERDA TENTANG TATA CARA PENYUSUNAN PROGRAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH;
  27. RANPERDA TENTANG PENERAPAN DISIPLIN DAN PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19);
  28. RANPERDA TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD TAHUN ANGGARAN 2020;
  29. RANPERDA TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH TENTANG APBD TAHUN ANGGARAN 2021; DAN
  30. RANPERDA TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN ANGGARAN 2022.

Kemudian, 3 RANPERDA INISIATIF dari DPRD, yaitu sebagai berikut :

  1. RANPERDA TENTANG PENERTIBAN HEWAN LEPAS;
  2. RANPERDA TENTANG IZIN PEMBANGUNAN PERUMAHAN BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH;
  3. RANPERDA TENTANG KEPEMUDAAN.

PIMPINAN DAN SIDANG DEWAN YANG TERHORMAT,

Turut Hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M. AP, Sekda Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani M. Si, Fokopimda Bolmut, Para Asisten Sekda, staf ahli, staf khusus Buupati Bolmut, Pimpinan OPD, Serta Para Camat Se Kabupaten Bolmut.

(/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Karena Operasi Keselamatan Samrat 2021 Polres Bolmut;  Seorang Siswa Wanita Panik Jatuh Dari Motor Muntah Darah

Karena Operasi Keselamatan Samrat 2021 Polres Bolm...

Bolmut, Sulutnews.com - Operasi ini telah digelar selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 12 sampai...

Rusmin N Mokodompis Masuk Struktur Pengurus KNPI Sulut 2020-2023.

Rusmin N Mokodompis Masuk Struktur Pengurus KNPI S...

Bolmut, Sulutnews.com - Kebanggaan tersendiri bagi pemuda di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolm...

Penentuan Awal Ramadhan 1442 H, Serta Himbauan MUI Ibadah di Bulan Ramadan, Salat Jamaah Wajib Masker Hingga Zakat Didahulukan

Penentuan Awal Ramadhan 1442 H, Serta Himbauan MUI...

Bolmut, Sulutnews.com - Penetapan Awal Ramadhan 1442 Hijriah, Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh ya...

Pemberitahuan Hasil Verifikasi Perusahaan Pers Dari Dinas Kominfo & Persandian Bolmut

Pemberitahuan Hasil Verifikasi Perusahaan Pers Dar...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Persandian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bo...