Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan Sangkub Dilaporkan Warganya Ke Kejari Bolmut

Written by  Gandhi Goma Feb 16, 2021

Boroko, Sulutnews.com - Surat Laporan aspirasi 117 orang warga masyarakat Desa Apeng Sembeka Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Utara) ke Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut terhadap Sekdesnya berinisial Ibu VB alias Rety dan bendahara desa berinisial ibu ND alias Nona tentang penyalahgunaan dana desa dan dana sosial Bantuan Langsung Tunai (BLT) telah menjadi viral ketika terjadi insiden kemarin; Senin siang (15/02/2021) di Kantor Capil Dan Kependudukan Bolmut.

Menurut keterangan Kadis Capil Dan Kependudukan Hi. Parmin Mokodompis, S.Pd  insiden beberapa anggota masyarakat Desa Apeng Sembeka dengan Sekdesnya  untuk dibuatkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) diselesaikan sesuai prosedur administrasi kependudukan diselesaikan dari tingkat pemerintahan desa. Jika ada beda pendapat antara masyarakat dan aparat desa diselesaikan dalam Badan Musyawarah Desa (BPD). Selasa (16/02/2020).

"Ada hal lain tentang lapor-melapor sesama masyarakat desa dan aparat desa tentang penyalagunaan dana desa dan lainnya, ada lembaga  terkait yang menanganinya, bukan di Dinas Capil Dan Kependudukan tempat penyelesaian," ungkap Parmin Mokodompis.

Berdasarkan keterangan salah satu pelapor  Ferdinan Steven Puasa ketika mereka berinisiatif mengajak beberapa warga untuk langsung mengurus KTP dan KK selalu dipersulit oleh Sekdes karena surat laporan kami ke Kepala Kejaksaan Bolmut tertanggal 01 Februari 2021 tentang penyalahgunaan dana desa dan BLT oleh oknum sekdes VB dan bendaharanya. Ada wartawan dari Manado yang mendampingi kami.

"Sesuai laporan kami ke Kejaksaan Negeri Bolmut yang ditandatangani oleh 117 warga Desa Apeng Sembeka tentang patut diduga ada penyalahgunaan dana desa dari tahun 2016 sampai tahun 2020 oleh oknum Sekdes dan Bendahara. Penyimpangan proses pembangunan infrastruktur drainase 2018 tidak tuntas, plat decker 2019 terbengkalai,  jamban 2018, 2019, 2020, tidak layak pakai, serta pemotongan dana BLT untuk 10 KK dengan alasan untuk melanjutkan pembangunan jalan PPIP (Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan)," ungkap Ferdinan Steven Puasa.

Ketika dikonfirmasi ke Sekdes Apeng Sembeka Ibu VB alias Rety melalui telpon seluler tentang namanya dalam jabatan Sekdes dan bendahara desa ND alias Nona telah dilaporkan ke pihak Kejaksaan Negeri Bolmut patut diduga telah menyalahgunakan dana desa dan BLT serta dana PPIP dengan nada tegas menolak semua tuduhan para oknum yang mengatasnamakan 117 nama warga saya ke Kejari Bolmut. Seperti diketahui bersama proses pertanggungjawaban penggunaan dana desa dan PPIP telah diperiksa langsung oleh Badan Inspektorat Bolmut dan diaudit oleh BPK setiap akhir tahun anggaran, dan Kabupaten Bolmut telah menyandang predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga tahun berturut-turut.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan inspektorat Bolmut tentu ada catatan dan alasan mengapa pekerjaan phisik pembangunan infrastruktur belum tuntas, apalagi dengan dampak Covid-19 tentu sebagian dana ini telah dialihkan. Tentu ulah para oknum ini melaporkan ke Kejari ada motif politik terselubung menjelang Pilkades Serentak di Kabupaten Bolmut Tahun 2021" ujar Sekdes Apeng Sembeka dengan nada sedih.(/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Prestasi Atlit Muda Taekwondo Bolmut Menyabet 7 Medali Emas Dan 2 Perunggu

Prestasi Atlit Muda Taekwondo Bolmut Menyabet 7 Me...

Boroko, Sulutnews.com - Tim Taekwondo Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sukses raih 7 medali emas da...

Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan Sangkub Dilaporkan Warganya Ke Kejari Bolmut

Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan...

Boroko, Sulutnews.com - Surat Laporan aspirasi 117 orang warga masyarakat Desa Apeng Sembeka Kecamat...

Bappeda Sulut Meninjau Abrasi Laut, Pintu Gerbang Perbatasan Dan Kelanjutan Pembangunan Jalan Komus Inomunga Bolmut.

Bappeda Sulut Meninjau Abrasi Laut, Pintu Gerbang...

Boroko, Sulutnews.com - Peninjauan Perbatasan Sulut-Gorontalo oleh Bappeda Pemprov Sulut di Desa Ton...

Daging Sapi Dan Cabe Rawit Lokal Semakin Melambung Di Pasaran Bolmut

Daging Sapi Dan Cabe Rawit Lokal Semakin Melambung...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Ka...