Seluruh Wartawan Bolmut Akan Divaksinasi Covid-19

Written by  Gandhi Goma Feb 01, 2021

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Kadis Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dr.Jusnan C.Mokoginta, MARS dalam konferensi pers setelah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama berlangsung di Lantai IV RSU Bolmut menyampaikan progres terjadi kenaikan Covid-19 secara signifikan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara disebabkan oleh arus mudik pada saat hari raya Natal 2020 dan adanya Pilkada Gubernur Sulut tahun 2020. Senin (01/02/2020).

Pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terdiri dari tim dokter spesialis yang dipimpin oleh dr. Prima, Spd yaitu Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang bertugas di RSUD Bolmut.

Pencanangan Vaksin Covid 19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara untuk awal diberikan kepada Forkopimda dan organisasi profesi termasuk PWI Cabang Bolmut diwakili Ketuanya Ramly Padju, S.Sos. Hal ini menandakan bahwa pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut mendukung program dari pemerintah pusat serta mengajak masyarakat untuk ikut serta menyukseskan program Vaksinasi dalam rangka untuk memutus penyebaran Covid 19.

"Diharapkan kepada seluruh wartawan di Kabupaten Bolmut sebagai bagian Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 untuk segera memasukkan KTP melalui koordinasi Ketua PWI Bolmut saudara Ramly Padju, untuk vaksinasi Covid-19" himbau dr. Jusnan.C. Mokoginta.

Sejumlah syarat penerima vaksin Corona pun telah direkomendasikan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Di antaranya sebagai berikut, dikutip dari Juknis Kemenkes RI.

Jika tekanan darah di atas 140/90 mmHg, vaksin Corona tidak diberikan.

Jika pernah mengidap COVID-19, ibu hamil atau menyusui, mengidap gejala ISPA dalam tujuh hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat, penyakit ginjal, rematik, sakit saluran pencernaan kronis, vaksin Corona tidak diberikan.

Bagi yang mengidap penyakit diabetes melitus DM tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5 persen, vaksinasi tidak diberikan.

Lalu, apabila suhu badan penerima vaksin sedang demam (di atas 37,5 derajat Celcius) disarankan vaksinasi ditunda terlebih dahulu. Begitu pula dengan pasien yang pernah mengidap penyakit paru.

Menurut Ketua PWI Bolmut Ramly Padju, S.Sos setelah 30 menit divaksinasi Covid-19 berlalu dan mungkin satu-satunya wartawan yang bersedia divaksinasi karena pertimbangan isterinya seorang tenaga medis di Dinas Kesehatan Bolmut, kebetulan sebagai kepala seksi Penanggulangan Covid-19 Ny. Fitri Stion, M.Kes, sehingga kewajiban moral dan tanggung jawab sosial dimulai dari diri saya dalam profesi sebagai seorang wartawan.

Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ada 3 kecamatan yang masuk dalam Zona Merah yaitu Kecamatan Kaidipang, Kecamatan Bolangitang Timur dan Kecamatan Bintauna, dua  kecamatan masuk Zona Orange yaitu Kecamatan Sangkub, Kecamatan Bolangitang Barat dan 1 kecamatan masuk Zona Hijau yaitu Kecamatan Pinogaluman. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Prestasi Atlit Muda Taekwondo Bolmut Menyabet 7 Medali Emas Dan 2 Perunggu

Prestasi Atlit Muda Taekwondo Bolmut Menyabet 7 Me...

Boroko, Sulutnews.com - Tim Taekwondo Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sukses raih 7 medali emas da...

Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan Sangkub Dilaporkan Warganya Ke Kejari Bolmut

Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan...

Boroko, Sulutnews.com - Surat Laporan aspirasi 117 orang warga masyarakat Desa Apeng Sembeka Kecamat...

Bappeda Sulut Meninjau Abrasi Laut, Pintu Gerbang Perbatasan Dan Kelanjutan Pembangunan Jalan Komus Inomunga Bolmut.

Bappeda Sulut Meninjau Abrasi Laut, Pintu Gerbang...

Boroko, Sulutnews.com - Peninjauan Perbatasan Sulut-Gorontalo oleh Bappeda Pemprov Sulut di Desa Ton...

Daging Sapi Dan Cabe Rawit Lokal Semakin Melambung Di Pasaran Bolmut

Daging Sapi Dan Cabe Rawit Lokal Semakin Melambung...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Ka...