Pencanangan Vaksin Covid-19 Kabupaten Bolmut Dimulai Dari Forkompimda Dan Pimpinan Organisasi Profesi

Written by  Gandhi Goma Feb 01, 2021

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Pada hari ini Senin, 1 Februari 2021 merupakan momentum perdana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dengan sasarannya adalah jajaran FORKOPIMDA (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), satuan perangkat pimpinan daerah dan beberapa pimpinan organisasi profesi, sebagai garda terdepan guna memberikan kepercayaan dan menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat terhadap pemberian vaksin Covid-19. Acara ini berlangsung di Lantai IV RSUD Bolmut.

Dalam pemberian vaksin Covid-19 tentunya didasarkan pada kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui tahapan skrining.

"Dan untuk saya pribadi sangat disayangkan harus berbesar hati karena termasuk dalam kriteria tidak dapat diberikan suntikan vaksin Covid-19 sebab pernah terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Bupati Bolmut Depri Pontoh pada saat memberikan sambutan pencanangan Vaksin Covid-19.

Ditambahkannya, pemberian vaksin ini bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan Covid-19 di masyarakat, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 guna mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity).

Saat ini Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mendapat jatah vaksin Covid-19 sebanyak 1900 dosis dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Dengan prioritas sasaran pada pada tahap pertama adalah seluruh tenaga kesehatan kesehatan yang berjumlah 949 orang, masing-masing diberikan 2 dosis vaksin Covid-19, dan bukanlah obat melainkan upaya untuk memutus rantai penyebaran dan penguatan ketahanan tubuh untuk melawan virus.

Kadis Kesehatan Kabupaten Bolmut dr. Jusnan C Mokoginta mengungkapkan jangan dipahami bahwa setelah mendapatkan vaksin dapat melakukan apa saja, tidak mengurangi kewaspadaan kita semua dengan tetap disiplin menerapkan 5 M yaitu; memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

Bagi mereka yang tidak memenuhi syarat itu, maka tidak bisa mendapatkan suntikan atau ditunda," jelas dr Jusnan. Vaksinasi Covid-19 perdana Kajari Bolmut dan Ketua PWI Bolmut setelah mendapat suntikan penerima vaksin diminta tidak langsung meninggalkan lokasi penyuntikan selama 30 menit. Puji syukur setelah itu proses vaksinasi ini berjalan sesuai standar prosedur.

Hal ini dilakukan untuk melihat reaksi yang mungkin muncul setelah penerima vaksin disuntik.

"Mari kita bersama-sama saling membantu, saling mendukung bersama pemerintah untuk mensukseskan untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19 agar kita semua mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) dan bangsa kita segera pulih dari bencana kesehatan ini, untuk membangun kembali guna meraih tujuan kesejahteraan masyarakat," harapan Kadis Kesehatan Bolmut.

Acara pencanangan vaksin Covid-19 dihadiri oleh Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Moch Riza Wisnu Wardhana, SH. M.Hum, Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwadiarso, SH, SIK, Perwira Penghubung Kodim 1303 BM Mayor Inf. Neflon Nus Kaontole, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Sc, Ketua Pengadilan Agama Boroko Moh. Anwar Umar, Kepala Kementerian Agama Bolmut Ibu Lili Kurniaty, Ketua FKUB Bolmut Ahmad Modeong, Kepala BPJS Bolmut , Ketua PWI Bolmut Ramly Padju, S.Sos, beberapa anggota DPRD Bolmut, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kasie Intel Kejari Bolmut Bayu, SH dan seluruh pimpinan perangkat daerah. (/Gandhi Goma).

Bolaang Mongondow Utara

Prestasi Atlit Muda Taekwondo Bolmut Menyabet 7 Medali Emas Dan 2 Perunggu

Prestasi Atlit Muda Taekwondo Bolmut Menyabet 7 Me...

Boroko, Sulutnews.com - Tim Taekwondo Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sukses raih 7 medali emas da...

Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan Sangkub Dilaporkan Warganya Ke Kejari Bolmut

Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan...

Boroko, Sulutnews.com - Surat Laporan aspirasi 117 orang warga masyarakat Desa Apeng Sembeka Kecamat...

Bappeda Sulut Meninjau Abrasi Laut, Pintu Gerbang Perbatasan Dan Kelanjutan Pembangunan Jalan Komus Inomunga Bolmut.

Bappeda Sulut Meninjau Abrasi Laut, Pintu Gerbang...

Boroko, Sulutnews.com - Peninjauan Perbatasan Sulut-Gorontalo oleh Bappeda Pemprov Sulut di Desa Ton...

Daging Sapi Dan Cabe Rawit Lokal Semakin Melambung Di Pasaran Bolmut

Daging Sapi Dan Cabe Rawit Lokal Semakin Melambung...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Ka...