Program Aspirasi Masyarakat Dapil II Menanam Buah Seluruh Desa

Written by  Gandhi Goma Jan 22, 2021

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Bu Atiya Pontoh dalam acara reses Daerah Pemilihan (Dapil) II Kecamatan Bolangitang Barat dan Kecamatan Bolangitang Timur mendengar langsung, menyimak, dan mencatat seluruh aspirasi masyarakat dari setiap perwakilan utusan setiap desa untuk penyusunan RAPBD 2022. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Camat Bolangitang Barat. Jumat (22/01/2021).

Banyak usulan menjadi catatan tersendiri dari wakil rakyat antara lain peningkatan sarana prasarana drainase pada setiap musim penghujan dan musim tanam padi, keluhan kelompok nelayan terhadap minimnya alat tangkap ikan, termasuk akses jalan perkebunan sebagai akses membuka pemukiman yang baru guna menyebar penduduk secara merata.

Menjadi fokus perhatian dari ibu Atiya Pontoh adalah aspirasi masyarakat Desa Iyok mengenai program menanam buah-buahan disetiap halaman rumah dan perkebunan, termasuk perbukitan guna mencegah terjadinya longsor. Sebagai contoh penjualan rambutan unggul di Desa Sapa Kabupaten Minahasa Selatan.

Mereka berjualan rambutan disepanjang jalan trans Sulawesi. Omset mereka setiap bulan pada musim rambutan ratusan juta rupiah.

"Kedepan, kita budayakan menanam buah setiap desa dengan variasi buah-buahan, misalnya satu desa menanam bibit durian, desa lainnya menanam duku, dan seterusnya. Suatu saat ketika buah-buahan ini sudah berproduksi akan menambah nilai nutrisari menu makanan dikonsumsi, dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi karena masyarakat bisa menjual sepanjang jalan trans Sulawesi Kabupaten Bolmut", ujarnya.

PJS Sangadi (Kepala Desa) Desa Tote Kecamatan Bolangitang Barat Agus Anharis Sudiro, S.Pd.I menyatakan setuju dengan program menanam buah-buahan di setiap desa, dan program pengadaan bibit dapat disiapkan dari dinas terkait, termasuk teknis menanam buah bibit unggul dari tim penyuluh pertanian termasuk tim reboisasi dari Dinas Kehutanan Provinsi Sulut.

"Kemarin Desa Tote dilanda banjir bandang ketika curah hujan sangat tinggi. Penyebabnya karena areal perbukitan sudah tidak ada pohon menahan derasnya air hujan. Jenis pohon mangga dengan serabut akarnya mampu menahan longsor ini, atau menanam pohon durian yang dikelolah langsung masyarakat. Apalagi Desa Tote ada bendungan air sebagai sumber kehidupan para petani. Kami berharap agar program ini dapat diterangkan ke 107 desa Se-Kabupaten Bolmut," ungkap Sangadi Tote.

Acara reses anggota legislatif dapil II tahap 1 tahun 2021 ini didampingi Camat Bolangitang Barat Supriadi Goma, S.Pd.I

  1. PPP – Atiya Pontoh
  2. PDIP – Moh. Sofian Goma
  3. Golkar – Sartono Dotinggulo
  4. PAN – Abdul Eba Nani (tidak sempat hadir karena gangguan kesehatan)
  5. Nasdem – Mulyadi Pamili
  6. PKB – Imran Hulalango
  7. Gerindra – Budi Setiawan Kohongia
  8. PPP – Yahya Husen Suit Pontoh.

(/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Prestasi Atlit Muda Taekwondo Bolmut Menyabet 7 Medali Emas Dan 2 Perunggu

Prestasi Atlit Muda Taekwondo Bolmut Menyabet 7 Me...

Boroko, Sulutnews.com - Tim Taekwondo Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sukses raih 7 medali emas da...

Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan Sangkub Dilaporkan Warganya Ke Kejari Bolmut

Sekdes Dan Bendahara Desa Apeng Sembeka Kecamatan...

Boroko, Sulutnews.com - Surat Laporan aspirasi 117 orang warga masyarakat Desa Apeng Sembeka Kecamat...

Bappeda Sulut Meninjau Abrasi Laut, Pintu Gerbang Perbatasan Dan Kelanjutan Pembangunan Jalan Komus Inomunga Bolmut.

Bappeda Sulut Meninjau Abrasi Laut, Pintu Gerbang...

Boroko, Sulutnews.com - Peninjauan Perbatasan Sulut-Gorontalo oleh Bappeda Pemprov Sulut di Desa Ton...

Daging Sapi Dan Cabe Rawit Lokal Semakin Melambung Di Pasaran Bolmut

Daging Sapi Dan Cabe Rawit Lokal Semakin Melambung...

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Ka...