Boroko, Sulutnews.com – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh menyampaikan trend positif capaian pembangunan di Bolmut selang Tahun 2013-2018.

“Angka ketergantungan turun dari angka 61,35 persen menjadi 61,20 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebelumnya 63,67 poin naik menjadi 65,60 poin. Sementara pertumbuhan ekonomi di tengah tekanan moneter global berada pada angka 5,80 persen naik sebesar 6,29 persen,” ungka Bupati Bolmut Depri Pontoh saat membawakan sambutan pada apel perdana awal tahun

Lanjutnya, tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,97 persen berhasil ditekan ke angka 4,71 persen. Tingkat kemiskinan sebesar 9,61 persen turun menjadi 8,89 persen.

“Di bidang pengelolaan keuangan daerah, Kabupaten Bolmut dua kali berturut-turut memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI serta prestasi lainnya baik di tingkat Provinsi maupun Nasional,” urainya.

Ia menjelaskan perihal arah proritas pembangunan Kabupaten Bolmut di Tahun 2019 yang merupakan Tahun pertama bagi perangkat daerah di periode pembangunan jangka menengah Tahun 2019-2023, di antaranya menurunkan angka kemiskinan dengan menurunkan beban pengeluaran keluarga miskin dan pemenuhan standar pelayanan minimal sarana prasarana sekolah

Selain itu, mendorong kerjasama dengan UNG untuk pembukaan Program Studi di Luar Domisili Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Bolmut, meningkatkan sarana prasarana dan SDM kesehatan, pembangunan jalan, jembatan dan kantor Pemerintahan, peningkatan sarana air minum dan sanitasi, peningkatan produksi pertanian dan perikanan, optimalisasi tenaga penyuluh, meningkatkan minat investasi lokal maupun swasta, penanganan kawasan rawan bencana, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Laksanakan seluruh proses pembangunan melalui tahapan yang jelas dan tepat, sehingga pelaksanaannya akan menghasilkan kinerja baik dan tuntas sesuai target RPJMD, sebagaimana tertuang dalam Visi Mewujudkan Bolmut yang berkelanjutan, Mandiri, Berbudaya dan berdaya saing,” tuturnya.(/Gandhi)

Bintauna, Sulutnews.com – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh sayangkan ketiak hadiran Anggota Ligislatif dalam Forum musyawarah antar para pemangku kepentingan yang dikemas dalam istilah Musyawarah Rencana Pembengunan (Musrembang) di tingkat Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Musrembang dilaksanakan Kamis (21/2/2019).

Bupati menyampaikan pentingnya kegiatan Musrembang dalam rangka membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamat Bintauna.

“Kegiatann ini sangat penting namun kurang diminati oleh para wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD Bolmut khususnya yang berada di wilayah Dapil bersangkutan”, tegasnya Bupati.

 “Saya lihat hanya Aktrida Datunsolang yang hadir, padahal ada beberapa anggota yang berasal dari wilayah ini” Kata Bupati.(/Gandhi)

Boroko, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri kegiatan Pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas Korupsi di lingkungan Kejaksaan Negeri Bolmut. Rabu, 23 Januari 2019, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Bolmut.

Penandatanganan Pakta Integritas dan perjanjian kinerja Tahun 2019 oleh seluruh Pegawai Kejaksaan dan penandatanganan Piagam pencanangan pembangunan Zona Integritas oleh Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Moch. Riza Wisnu Wardana, SH, M.Hum serta disaksikan oleh Bupati Bolmut, Wakil Ketua DPRD Abd. Eba Nani, Kapolsek Urban Kaidipang Kompol. Brammy Tamalihis dan Perwira Penghubung Kodim 1303/BM Mayor Inf. Nefton Nus Kaontole.

Bupati Bolmut dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan yang merupakan wujud kesungguhan Kejaksaan Negeri Bolmut dalam mengukuhkan diri sebagai lembaga yang berkomitmen untuk mencegah terjadinya KKN disertai upaya untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dirinya menilai pencanangan Zona Integritas di lingkungan Kejaksaan Negeri Bolmut merupakan satu formulasi yang tepat untuk mengembalikan dan meningkatkan wibawa serta citra Kejaksaan, dalam mewujudkan WBK dan WBBM, yang tentunya akan mampu menghadirkan aparatur yang handal dan profesional dalam menegakkan supremasi hukum.

“Saya yakin dan percaya Kejaksaan Negeri Bolmut dapat mewujudkan predikat Zona Integritas di wilayahnya, dengan komitmen kuat dari seluruh jajaran dalam menjalankan visi Kejaksaan”. Imbuh Bupati.

Sebelumnya, Kajari Bolmut dalam sambutannya menyampaikan bahwa pencanangan ini merupakan wujud dukungan terhadap program reformasi birokrasi melalui kegiatan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Lebih lanjut, dijelaskan Pembangunan Zona Integritas difokuskan pada penerapan program manajemen perubahan penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, pebguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersifat kongkrit.

“Pada intinya bagaimana kita mengubah ke arah yang lebih baik dalam rangka pelayanan kepada masyarakat, dalam hal penegakan hukum di Kabupaten Bolmut dan rencananya juga akan dibuat pelayanan satu pintu penegakkan hukum, baik kepada masyarakat maupun stakeholder supaya lebih akuntabel “. Kata Kajari.

Karena itu, Kajari Bolmut menghimbau seluruh masyarakat untuk dapat mengawasi dalam pelaksanaan kegiatan, guna mewujudkan Kejaksaan yang profesional, proporsional dan akuntabel sehingga Kejaksaan dapat turut serta bekerja semaksimal mungkin dalam mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

Turut hadir Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, para Asisten Sekda serta para Pimpinan Perangkat Daerah. (/Gandhi G)

Boroko, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Pagelaran Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) dengan tema “Perkuat Identitas, Bangun Budaya Bolaang Mongondow Utara”, yang bertempat di Lapangan Desa Nunuka Kecamatan Bolangitang Timur. Selasa (26/03/2019)

Dalam sambutannya, Bupati Bolmut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini, yang diharapkan dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat saat ini.

Sebagai masyarakat Bolmut patut bersyukur dengan kemajemukan penduduknya, membuat daerah ini menyimpan potensi budaya multi etnis, yang bila mampu dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tak ternilai harganya.

Lebih lanjut, dikatakan upaya ke arah peningkatan kualitas, inovasi dan kreasi seni budaya akan menjadi solusi yang tepat, guna memberikan nilai bagi pengembangan budaya agar tidak kehilangan identitas diri. 

Pagelaran OPK ini merupakan wujud nyata kepedulian masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya dalam memperkuat budaya di daerah.

Kebudayaan merupakan aset penting untuk mendukung pembangunan bangsa. Karenanya, aset-aset kebudayaan yang ada di daerah tidak hanya penting untuk dilestarikan, melainkan harus dikembangkan sebagai bagian dari pembangunan karakter dan mentalitas Bangsa dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan.

Karena itu, Pemerintah Daerah memiliki komitmen untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur, sehingga tidak luntur dan sirna oleh pengaruh budaya luar bermuatan negatif yang menyebabkan kita kehilangan jati diri.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan pementasan budaya yang diikuti oleh para siswa/siswi SD, SMP dan MTs.

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Perwakilan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulut, Perwakilan Cagar Budaya SULUTENGGO, Kepala Pengadilan Agama Bolmut, Pimpinan Perangkat Daerah, para Camat, Sangafdi Tokoh-Tokoh Adat serta masyarakat.

Tokoh pendidikan Bolmong Utara Erikson Tegela memberikan apresiasi kepada kepemerintahan Depri Pontoh telah mencanangkan serta meletakan dasar budaya sebagai warisan leluhur yang tetap terjaga dan dilestarikan. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs H Depri Pontoh menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) unaudited Tahun 2018 kepada Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara, Drs Tangga Muliaman Purba MM  Bertempat Di Aula Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwaklian Sulawesi utara. Jumat (29/03/2019).

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi utara Olly Dondokamby SE, mengharapkan jajaran BPK RI dapat memberikan masukan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang telah disampaikan Pemprov Sulut bersama seluruh pemerintah kabupaten dan kota se Sulawesi utara sehingga manajemen pengelolaan keuangan daerah semakin transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

Gubernur Sulawesi utara mengharapkan BPK RI dapat memberikan pencerahan kepada seluruh aparatur pemerintah yang melaksanakan tugas dan tanggung jawab pengelolaan keuangan, sehingga hasilnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara selain mengemban tugas sebagai eksternal control bagi Pemerintah Daerah juga menjadi lembaga konsultansi dalam mengefektifkan manajemen pengelolaan keuangan daerah.

Dan betul-betul hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) nanti Sesuai yang di harapkan oleh masyarakat. Dikatakan bahwa hasil Pemeriksaan di tentukan oleh hasil daerah itu sendiri. 

Sementara itu Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Tangga Muliaman Purba menerangkan bahwa penyampaian LKPD Unaudited merupakan amanat Undang Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 56 yang menyatakan gubernur/bupati/walikota menyampaikan laporan keuangannya kepada BPK RI paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Turut hadir Para Bupati/Walikota Se-Sulawesi utara, Wakil bupati Bolmut Drs. Hi Amin Lasena Map, Sekertaris Daerah Dr Drs. Hi Asripan Nani Msi, Asisten III Aang Wardiman Ak,Ca dan Pimpinan Perengkat derah Terkait.

Ketua LSM Penjara Bolmong Utara Fardhan Patingki, SH mengungkapkan proses pelaporan serta audit dari lembaga audit internal BPK akan memudahkan kita memantau kinerja aparatur pemerintah daerah dan kinerja aparatur dalam satuan perangkat daerah. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H / 2019 M. Kegiatan yang dilangsungkan di Masjid Al-Hidayah Desa Sangkub II mengusung tema "Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT Guna Terciptanya Karakter Insan yang Disiplin, Profesional dan Loyalitas menuju Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang Berbudaya dan Berdaya Saing". Selasa (02/04/2019).

Acara tersebut, diawali dengan pembacaan Qalam Illahi oleh Bapak Basir Binjanati, Kemudian dilanjutkan dengan hikmah Isra Mi'raj yang disampaikan oleh Iswan Sya'ban, S.Pdi

Dalam sambutannya Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan keagamaan ini, semoga hijrah ini mampu menjadi memotivasi untuk membentuk mental, akhlak dan kepribadian yang disertai keimanan yang kokoh dalam menghadapi segala tantangan dalam membangun daerah kearah yang lebih baik.

Bupati juga mengajak kepada seluruh ASN agar terus mempertahankan kinerjanya, yang selama ini ditunjukan. Namun kinerja itu perlu ditingkatkan dengan etos kerja yang lebih baik lagi. Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Utara untuk bersama sama pemerintah, menciptakan kehidupan antar umat beragama yang damai, teduh dan oenuh toleransi. Kehidupan yang lebih baik mengedepankan persamaan daripada memperuncing perbedaan.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Pimpinan dan Anggota DPRD Bolmut, Kajari Bolmut, Sekretaris Daerah, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI, Ketua PHBI, Pejabat TNI/Polri, para Camat serta Sangadi se-Kabupaten Bolmut, beserta segenap ASN di lingkungan Pemkab Bolmut.

Ketua NU Bolmong Utara Supriadi Goma bahwa tradisi memperingati hari besar agama adalah proses mengingatkan kembali sejarah perjalanan Muhammad Rasulullah SAW menerima perintah sholat berwaktu sehari semalam. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Mustarin Humagi, S.Hi dalam kapasitas sebagai pimpinan Bawaslu Sulut Bidang Pengawasan Dan Penindakan mengungkapkan betapa penting dan strategisnya peran media massa dalam pengawasan Pemilu Serentak 2019; Warkop Boroko, Rabu (03/04/2019).

"Suksesnya penyelenggara pemilu adalah peran aktif pimpinan Bawaslu dan KPU dalam memberikan konfirmasi sesuai fakta dan data dari setiap tahapan pemilu secara konsisten dalam komperensi pers setiap hari dalam seminggu jam kerja." Ungkap Humagi

Ditambahkannya, Sentra Gakkumdu (Penegakkan Hukum Terpadu) ini dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilu antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan, ini sangat berkaitan dengan keterbatasan waktu penanganan pelanggaran sehingga dibutuhkan forum ini untuk penyamaan pola penanganan tindak pidana, mencapai efektivitas penindakan pidana pemilu," 

Perdebatan sengit terjadi ketika Fardhan Patingki sebagai Ketua LSM Penjara mempertanyakan tentang kinerja Bawaslu Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara Ibu Misrawati Pakaya tentang laporan tertulis terhadap pelanggaran-pelanggaran pemilu yang sampai detik ini dibiarkan berlalu, pemasangan baliho tidak sesuai aturan penempatannya, ASN yang turut menebarkan iklan para caleg dan capres, laporan pelanggaran pemilu camat Bintauna, padahal sesungguhnya setiap laporan diterima dibatasi waktu 3 (tiga) hari sesudah laporan diterima, harus dilakukan upaya penindakan secara administratif atau jika hal itu menyangkut pidana politik harus diproses melalui sidang Sentra Gakkumdu.

"Proses menerima laporan pelanggaran dan tindak pidana pemilu melalui tahapan sesuai standar prosedur operasional dari setiap pimpinan Bawaslu Bolmut. Setelah proses sidang di DKPP kemarin, kita telah melaksanakan perubahan tupoksi penanganan pelanggaran pemilu sudah ditangani oleh Ketua Bawaslu Bolmut Irianto Pontoh. Perlu kita bangun adalah komunikasi lintas divisi dalam penanganan pelanggaran pemilu dengan seluruh wartawan secara menyeluruh, bukan hanya lima media yang dikontrak oleh Bawaslu Bolmut." ungkap Misrawati Pakaya.(/Gandhi Goma).

Boroko, Sulutnews.com - Rapat paripurna DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Saiful Ambarak, S. Pd.I dalam rangka penyampaian 2 (Dua) buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), pertama, Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara Tahun 2013-2023. Kedua, Ranperda Tentang Irigasi. Rabu (20/03/2019).

"Berdasarkan Rapat Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara tanggal 18 Maret 2019 dimana telah diagendakan penyampaian serta pembahasan 2 (Dua) buah Perda yaitu Ranperda RPJMD dan Ranperda Irigasi," ujar Ambarak.

Sekretaris DPRD Bolmong Utara  Abdul Haris Bangko, SH.MM telah membacakan surat usulan dua ranperda yang telah disampaikan Bupati Bolmong Utara Drs. Hi. Depri Pontoh kelembagaan dewan yang terhormat  melalui surat Nomor 180/184/SETDAKAB.HUKUM perihal penyampaian ranperda serta surat Bupati Bolmong Utara Nomor 050/416/SETDAKAB/BAPELITBANG.

Sesuai ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Daerah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten/ Kota telah disampaikan Bupati Bolmong Utara Drs. Hi. Depri Pontoh

"RPJMD Kabupaten Bolmong Utara 2018-2023 pada dasarnya dimaksudkan sebagai pedoman untuk memberikan arah terhadap kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, dan program kewilayahan dalam rangka menjamin keberlanjutan pembangunan jangka panjang dan konsistensi setiap tahun anggaran selama lima tahun ke depan, termasuk Ranperda Irigasi yang menjadi sumber kehidupan para petani mengolah dan mengairi areal persawahan." Ungkap Bupati Bolmong Utara. 

Setelah mengikuti penjelasan Bupati Bolmong Utara Drs. Depri Pontoh tentang penyampaian dua ranperda, dilanjutkan dengan masing-masing fraksi menyampaikan pandangan umum fraksi, pertama; Fraksi Partai Golkar Elly Sahabati. Kedua, Fraksi Partai Amanat Nasional Abdul Eba Nani. Ketiga, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Mahmud Tegela. Keempat, Fraksi Partai Demokrat Ismail Mardani. Kelima, Fraksi Keadilan Indonesia Sejahtera Reba Rena Ponto. Keenam Fraksi Perjuangan Bangsa Robby Lombogia.

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Bolmong Utara Drs. Amin Lasena. MAP, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmong Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong Utara Dr. Hi. Asripan Nani, para Staf Ahli Bupati Bolmong Utara, para Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Bolmong Utara, Kapolsek Urban Kecamatan Kaidipang, Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolaang Mongondow, Kepala Satuan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara, para Tenaga Fraksi DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara, Para Camat se-Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara. (/Gandhi Goma)

Gorontalo, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut melaksanakan Studi Tiru Penerapan Penanganan Stunting (anak kerdil) di Kabupaten Gorontalo, Kamis (28/02/2019)

Tim yang dipimpin oleh Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasrna, MAP disambut langsung oleh Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Hi. Nelson Pomalingo, M.Pd yang bertempat di Gedung Kasmat Lahay.

Turut serta Wakil Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan, Ketua DWP Kabupaten Bolmut Hj. Fitriana Nani Buhang, SE, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah terkait, para Camat dan Sangadi di 10 Desa yang ditemukan kasus stunting.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bolmut menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Gorontalo yang telah memberikan sambutan yang baik, serta bersedia berbagi pengetahuan dalam hal menanggulangi kasus stunting.

Dirinya berharap melalui kegiatan studi tiru ini akan memberikan dampak dalam penanganan serta pencegahan stunting di Kabupaten Bolmut, belajar dari pengalaman dan keberhasilan Pemkab Gorontalo.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Hi. Nelson Pomalingo, M.Pd dalam sambutannya berharap kerjasama antara Pemkab Gorontalo dan Bolmut akan terus berlanjut, tidak hanya di bidang kesehatan melainkan di bidang-bidang lainnya.

Lebih lanjut, dijelaskan dalam menangani stunting, Pemkab Gorontalo menjalankan strategi dengan melibatkan intervensi spesifik dan sensitif lintas sektoral Pemerintah Daerah.

Selain itu, Pemkab Gorontalo melakukan berbagai inovasi, salah satunya pengadaan Pos Gizi yang merupakan tindaklanjut kegiatan Posyandu, dimana jika ditemukan anak balita bermasalah gizi akan dilakukan pemberian makanan lengkap keluarga selama 12 hari.

Pemkab Bolmut dipersilahkan untuk melihat langsung bagaimana upaya serta strategi yang ditempuh dalam penanganan stunting di Kabupaten Gorontalo.

Diketahui, Kabupaten Gorontalo berhasil menurunkan angka stunting dari angka 32,3 persen pada Tahun 2015 menjadi 5,9 persen di Tahun 2018. Terkait dengan itu, dikatakan capaian penurunan angka stunting di Kabupaten Gorontalo merupakan hasil kerja semua pihak yang saling bersinergi.

Usai diterima Pemkab Gorontalo, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan teknis penanganan stunting di Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo dan dialog bersama Pemerintah Desa Hayahaya Kecamatan Limboto Barat.(/Gandhi Goma)

Bolangitang, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daeraeh (RKPD) Tingkat Kecamatan Tahun 2019 untuk merumuskan Rencana Pembangunan Kecamatan Tahun 2020 yang bertempat di Kantor Camat Bolangitang Timur, Rabu (20/02/2019)

Dalam arahannya, Bupati Bolmut mengatakan Musrenbang Kecamatan ini pada intinya menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan RKPD Tahun 2020, yang sebelumnya telah merumuskan program dan kegiatan prioritas Kecamatan, yang penting untuk memberikan kepastian dan arah pembangunan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat berdasarkan kesepakatan bersama dan bukan keinginan segelintir orang.

Diketahui, saat ini Pemerintah Daerah sementara merampungkan penyusunan RPJMD Kabupaten Bolmut Tahun 2018-2023 yang merupakan acuan dalam merumuskan Rencana Pembangunan Daerah yang tertuang dalam Visi “Mewujudkan Bolaang Mongondow Utara yang Berkelanjutan, Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing”.

Terkait dengan itu, dikatakan harus dilakukan evaluasi terhadap pencapaian pembangunan pada periode yang lama, banyak aspek yang telah dicapai dan berbuah prestasi. Namun demikian masih banyak yang perlu dibenahi.

Laju Pertumbuhan Ekonomi di akhir periode sebesar 6,19 persen ditargetkan meningkat menjadi 6,24 persen di akhir periode, Angka Harapan Hidup sebelumnya 66,99 Tahun ditargetkan menjadi 67,41 Tahun, Rata-rata Lama Sekolah 11, 89 Tahun ditargetkan menjadi 12,04 Tahun, sementara Angka Kemiskinan sebesar 8,89 persen diturunkan menjadi 8,11 persen serta Tingkat Pengangguran Terbuka dari 4,71 persen diturunkan menjadi 4,24 persen.

Dalam aspek Pengelolaan Keuangan Daerah telah mengukir prestasi dengan memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian kurun waktu 2 Tahun terakhir, dan wajib dipertahankan sampai akhir masa periode. Untuk mencapai itu, tentunya Pemerintah Daerah perlu dukungan semua pihak, baik masyarakat, swasta serta pemangku kepentingan lainnya.

Pemerintah Daerah berkomitmen untuk terus meningkatakan capaian kinerja pembangunan dengan memberikan peranan yang lebih kepada masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan merupakan kebijakan Pemerintah untuk menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Dari sisi penggunaan Dana Desa untuk selalu berorientasi pada program/kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat dan dialokasikan untuk mendanai kegiatan yang bertujuan meningkatakan kapasitas masyarakat Desa dalam pengembangan wirausaha, peningkatan pendapatan serta perluasan skala ekonomi individu atau kelompok masyarakat dan Desa.

Dengan begitu program kegiatan yang sifatnya dapat didanai oleh Dana Desa tidak perlu lagi diusulkan dan didanai oleh APBD Kabupaten yang dapat menyebabkan overlapping kewenangan.

Selain itu, Bupati Bolmut mengingatkan peranan semua pihak untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Diharapkan semau jajaran Aparatur Pemerintah sampai pada tingkat terkecil, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dapat bersama-sama menghadirkan suasana politik yang sejuk serta memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 ini.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Anggota DPRD Bolmut, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah terkait, Camat Bolangitang Timur dan para Sangadi.(/Gandhi Goma)