Boroko, Sulutnews.com - Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas dan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) oleh Bupati Drs. Hi. Depri Pontoh telah dilaksanakan di Aula "Pohohimbunga" Kantor Bupati Bolmut. Senin (19/08/2019)

Demikian juga rotasi ataupun re-posisi jabatan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Setda Pemda Bolmut telah dilantik pejabat baru Sri Wahyuni Pontoh, S.Sos (jabatan sebelumnya Kepala Bidang Sarana Komunikasi Dan Desiminasi Informasi Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian) mengantikan Kristanto Nani, S.STP yang dipromosi menjadi Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan.

Sri Wahyuni Pontoh bersuamikan legislator Yahya Husen S Pontoh adalah pejabat yang tidak asing dikalangan jurnalis karena sebelumnya adalah Kasubag Protokol di Bagian Humas Dan Protokol Setda Bolmut yang telah banyak menciptakan para kader sebagai pemandu acara resmi protokoler.

Dalam wawancara singkat dengan Kabag Humas Dan Protokoler yang barusan dilantik Sri Wahyuni Pontoh yang akrab disapa "Nen" mengungkap kembali tugas pokok dan fungsi dalam jabatannya yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan informasi dan pemberitaan, pengelolaan pengaduan dan keprotokolan serta dokumentasi.

"Saya teringat kembali dan mencatat apa yang telah disampaikan oleh Bupati Bolmut yaitu tegakkan disiplin, dan jadilah teladan dalam menegakkan setiap peraturan perundang-undangan, karena dalam aspek apapun; disiplin diri dan ketekunan adalah jembatan emas untuk menuju kesuksesan dengan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas," ungkap Nen.

Ketua PWI Bolmut Satrin Lasama memberikan apresiasi tersendiri serta mengucapkan selamat kepada Kabag Humas Sri Wahyuni Pontoh yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatan dalam evaluasi hasil kinerja, penilaian kualifikasi. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi kinerja, penilaian kualifikasi, tes kompetensi dan uji kesesuaian (Job Fit) yang telah diikuti oleh beberapa pejabat pimpinan tinggi pada bulan Juni 2019 yang lalu dan telah mendapat persetujuan dari tim penguji. Acara ini berlangsung di Auditorium "Pohohimbunga" Kantor Bupati Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut). Senin (19/08/2019)

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menyampaikan landasan hukum pelantikan dan pengambilan sumpah 19 Jabatan Tinggi Pratama, 79 Jabatan Pengawas, dan 2 Jabatan Fungsional berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara sebagai komitmen untuk penyelenggaraan manajemen ASN berbasis "Sistem Merit" dimana bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional, memiliki nilai dasar etika profesi, bebas dari intervensi politik dan praktek KKN dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan.

"Selaku pejabat pembina kepegawaian, saya mempunyai kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai ASN serta pembinaan manajemen ASN di instansi pemerintah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan."

Ditambahkannya; "Meskipun demikian..., saya tetap melakukan pertimbangan berdasarkan obyektivitas, kepangkatan, kompetensi, kinerja dan pengalaman. Hal ini sekaligus menjelaskan proses pengambilan keputusan dalam pembinaan manajemen dan karier dengan penuh amanah dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Hal ini penting kita jiwai karena bukan hanya bertanggung jawab kepada bangsa, negara dan masyarakat, akan tetapi bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa atas amanah yang diberikan", pungkas Depri Pontoh.

Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP menyampaikan kepada pejabat yang baru dilantik khususnya yang mendapat promosi jabatan, kami ucapkan selamat bekerja dengan harapan; saudara  mampu membuktikan kemampuan saudara dengan menunjukkan prestasi kerja yang baik di masa mendatang.

Dilain waktu Ketua Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) Dr. Hi. Asripan Nani, M.Si yang dikenal sebagai Panglima ASN mengungkapkan  kepada mereka yang hari ini mendapatkan rotasi ataupun re-posisi jabatan, selamat bertugas ditempat yang baru, semoga dapat segera beradaptasi dengan tugas jabatan di lingkungan kerja yang baru, serta menjadikan pengalaman dalam jabatan sebelumnya sebagai sarana introspeksi dan evaluasi peningkatan kinerja di masa yang akan datang. (Gandhi Goma)

Berikut nama-nama Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik:

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah : Sirajudin Lasena, SE, M. Ec. Dev

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan : Khristanto Nani, S.STP

Asisten Pemerintahan dan Kesra : Drs. Leksi Talibo

Kepala Dinas PPKBPP dan PA : Drs. Abdul Karim Lalisu

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi : Moh. Sadarudin Pontoh, SH

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan : Drs. Halifaks Olii

Kepala Dinas Ketahanan Pangan : Ir. Fatma Humokor

Kepala Bappelitbang : Abd. Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si

Inspektur Daerah : Dra. Moilom Pontoh

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah : Victor Nanlessy, S.Pi, M.Si

Sekretaris DPRD : Drs. Musliman Datukramat, M.Si

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM : Drs. Leida Pontoh, M.Si

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan : Ir. Djakaria Babay, S.Sos, S.Mn

Kepala Dinas Sosial : Siti A. Sabriana Buhang, S.Pd, M.Kes

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja : Ir. Farham Patadjenu, MM

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah : Muhidin Gumohung, S.IP

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan : Sulha Mokodompis, S.Pd

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga : Sofianto Ponongoa, S.Pd.I

Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP : Abd. Haris Bangko, SH

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Gerakan Pemuda Ansor (disingkat GP Ansor) adalah sebuah organisasi kemasyarakatan  pemuda Indonesia yang berafialisasi dengan Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi ini didirikan 85 tahun lalu tepatnya tanggal 24 April 1934. GP Ansor mengelola Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Ketua GP Ansor  Wilayah Sulawesi Utara Yusra Alhabsyi, SE telah membuka resmi Konfercab II Kabupaten Bolmut beretempat di Aula Kantor Camat Bolangitang Barat. Dalam sambutannya mengingatkan kembali tujuan didirikan GP Ansor membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patriotik, ikhlas dan beramal shalih.

Keputusan Konferensi Cabang II Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) Nomor : 04/GP Ansor/Bolmut/VIII/2019 telah menimbang  bahwa konferensi merupakan forum yang sangat penting dalam memutuskan agenda organisasi guna menjamin kelancaran dan sukses konfercab maka perlu adanya aturan main dalam pelaksanaannya dengan memperhatikan tentang tata tertib konfercab yang dipimpin oleh Imanudin Guhung didampingi Ismail dan Ruli Halaa. Minggu (18/08/2019).

Menarik perhatian dari peserta dan peninjau tentang tata tertib Konferensi Cabang II GP Ansor Bolmut ada 4 calon ketua, maka pimpinan formatur melakukan uji kepatutan dan kelayakan berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga GP Ansor diantaranya tentang syarat keanggotaan setiap pemuda Indonesia yang berusia 20 s/d 45 tahun dengan memperlihatkan KTP, kemudian diuji membaca ayat-ayat Al'Quran; ternyata ada yang lupa bawah kacamata, ada juga calon yang belum lancar membaca, dan terakhir ditanyakan tentang GP Ansor Bolmut sudah 3 kali melaksanakan Diklat Terpadu Dasar (DTD), ternyata hanya Donal Lamunte, S.Pd.I yang memenuhi syarat sebagai Ketua GP Ansor Bolmut periode 2019-2023.

Dalam sambutannya; Donal Lamunte menyampaikan;

"Kita memiliki keterikatan secara formal maupun moral dan menjunjung tinggi nama baik, tujuan dan kehormatan organisasi, menunjukkan kesetiaan kepada organisasi, oleh sebab itu untuk menyusun struktur organisasi GP Ansor Bolmut marilah kita duduk bermusyawarah untuk sepakat dalam mengambil keputusan terbaik"

Acara ini dihadiri tamu undangan dari Ketua KNPI Bolmut Rusmin Nuryadin Mokodompis, Anggota terpilih legislatif 2019 Aris Kohongia, Pimpinan Bawaslu Bolmut Benzar Enok.

Dalam penutupan Konfercab II GP Ansor 2019 Yusra Alhabsyi menyampaikan pesan sesuai amanah anggaran dasar/ anggaran rumah tangga organisasi guna memperoleh pelayanan, pembelaan, pendidikan dan pelatihan serta bimbingan organisasi.

"Pengurus GP Ansor Wilayah Sulut telah bekerja sama dengan Polda Sulut melaksanakan Diklat Terpadu Dasar (DTD) dengan catatan bagi setiap anggota harus melampirkan surat keterangan ijin dari orang tua, dan bagi yang sudah berumahtangga harus seijin isteri atau suami". tutup Alhabsyi.(/Gandhi Goma).

Boroko, Sulutnews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) telah melaksanakan upacara mengulang kembali pembacaan detik-detik proklamasi yang dibacakan Ketua DPRD Saiful Ambarak yang diperingati setiap tahun penuh hikmat dan tertib. Sabtu (17/08/2019).

Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-74 tanggal 17 Agustus 2019 dilaksanakan di Lapangan Kembar Boroko dipimpin Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, diawali laporan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1303 BM Mayor Inf. Nus. Dihadiri oleh Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Kapolres Kotamobagu, Dandim 1303 Bolaang Mongondow (BM), Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut serta staf, Sekretaris Daerah Dr. Hi. Asripan Nani, M.Si, pimpinan dan anggota DPRD, seluruh satuan perangkap daerah, 6 Camat, 107 kepala desa (Sangadi), tokoh masyarakat dan adat, para siswa, serta pengurus parpol.

Pasukan pengibar bendera telah melaksanakan tugasnya dengan tertib dan sempurna serta langkah tegap penuh semangat dan sigap menaikkan bendera sang saka merah putih, sesudahnya mendapat tepuk tangan dari hadirin yang ada.

Kapolres Kotamobagu AKBP Gani F Siahaan dengan jajaran Polsek Bolmut menyampaikan terima kasih kepada panitia dan pasukan pengibar bendera merah putih, serta pesan dan kesannya;

"Ini momentum yang baik bagi elemen masyarakat, apalagi kita tahu bersama kondisi bangsa ini, banyaknya paham-paham yang ingin mengganti idiologi bangsa ini. Dengan Hari ulang tahun kemerdekaan ke-74, saya berharap; mari kita jaga kita rawat idiologi bangsa yaitu Pancasila, jaga NKRI, sehingga dapat menularkan sampai ke elemen masyarakat paling bawah. NKRI harga mati", himbau Siahaan.

Diwaktu bersamaan Dandim 1303 BM Letkol Inf. Sigit Dwi Cahyono mengungkapkan;

"Saya sangat terkesan, event ini adalah pertama kali saya hadir. Saya mengapresiasi kepada Bupati Bolmut yang menyelenggarakan upacara ini, luar biasa... sempurna, mulai dari pengibaran bendera oleh paskibraka, luar biasa bagi masyarakat Bolmut. Semoga Indonesia tetap merdeka dan jaya".

Upacara HUT RI ke 74 dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut, Pimpinan dan Anggota DPRD Bolmut, Kapolres Bolmong, Dandim, Kejari, Pimpinan OPD, TP-PKK Kabupaten Bolmut, Pimpinan Parpol, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, para ASN, dan siswa-siswi SD sampai SMA/sederajat serta masyarakat dan para Jurnalis.(/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com -  Koordinator Ketua Panitia  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Manado  Drs. Julduz R. Paus, M.Pd dalam acara penyambutan resmi di Auditorium "Pohohimbunga" Kantor Bupati Bolmut menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya karena kami diterima dengan resmi dihadiri oleh pejabat aparatur sipil negara serta para tokoh pemerhati pendidikan, karena mahasiswa yang menerapkan teori disiplin ilmu akan diterapkan dalam kuliah kerja nyata sebagai agen pembaharu ditengah-tengah lapisan masyarakat, sehingga kerjasama lintas daerah di Provinsi Sulawesi Utara telah terjalin sejak lama.

"Kami pihak rektorat Unima telah datang bersama mahasiswa KKN dengan berbagai disiplin ilmunya sejumlah 56 orang, mereka tidak asing lagi dengan Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP karena sebagai dosen dan juga bagian dari keluarga besar Unima. Kami juga menawarkan kerjasama strata 1 untuk guru SD dan guru TK melalui jenjang kuliah jarak jauh melalui sistem internet bertatap langsung serta ada beberapa mata kuliah yang khusus mengundang mahasiswa datang ke kampus Unima Tondano." Ungkap Julduz

Dalam sesion selanjutnya Bupati Bolaaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh dalam sambutan mengungkapkan; kita tentunya sepakat bahwasanya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi faktor dalam menghadapi "Era Revolusi Industri 4.0", untuk itu saya mendukung Program Pasca Sarjana dalam peningkatan sumber daya pendidikan yang berkualitas sebagai bekal agar mampu bersaing dengan ketat di era digital saat ini.

"Pada kesempatan ini pihak Unima akan melakukan sosialisasi Program Pasca Sarjana Tahun Akademik 2019/2020, kegiatan ini merupakan salah satu penjabaran dari nota kesepakatan Pemerintah Daerah dengan Unima dalam hal meningkatkan sumber daya pendidikan di Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara, sehingga kegiatan ini memberikan kesempatan bagi aparatur pemerintah daerah untuk strata pendidikan ke jenjang Program Pasca Sarjana. Isteri saya Dra. Hj. Ainun Talibo adalah alumni Unima, Sekda Dr. Asripan Nani, Kadis Diknas Drs. Nazarudin Maloho, M.Sc, dan masih banyak lagi alumni Unima yang mengabdi di Pemkab Bolmut ini" ungkap Depri Pontoh.

Setelah acara selesai, Wabup Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP diwawancarai beberapa wartawan mengenai keberadaan beliau sebagai dosen di Unima dan bagian dari awal karier beliau dalam keluarga besar perguruan tinggi yang telah menghasilkan ribuan mahasiswa tersebar ke seluruh persada Nusantara, khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.

"Yang pertama saya bangga sebagai bagian dari keluarga besar Unima, secara administratif saya terpisah, tetapi pendidikan itu lebih luas tidak dibatasi dimensi ruang dan waktu. Pendidikan  luas ada di masyarakat, apapun teori yang kita dapatkan di perguruan tinggi akan berbeda dalam praktek di masyarakat. Kita harus komitmen, membangun sumber daya manusia jangan ditawar-tawar lagi, bukan hanya kerjasama dengan Unima saja, tapi dengan Unsrat, UNG, dan perguruan swasta lainnya..." tutup Amin Lasena. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com -  Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dalam proses perubahan dimulai dari Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010, terakhir dengan Perpres Nomor 4 Tahun 2015 masih terdapat kekurangan dan belum menampung perkembangan kebutuhan pemerintah.

Atas dasar pertimbangan tersebut, pada 16 Maret 2018, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Menurut Moh. Noh Djarumia, Kabag Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam Perpres ini disebutkan  metode pemilihan penyedia barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya terdiri atas; E-purchasing, pengadaan langsung, penunjukan langsung, tender cepat, dan tender. E-purchasing sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, dilaksanakan untuk pengadaan barang/pekerjaan konsultasi/jasa lainnya yang sudah tercantum dalam katalog elektronik.

"Kita bersyukur, Laporan Hasil Lelang Tahun Anggaran 2019 Pokja ULP Kabupaten Bolmut dalam kategori pekerjaan tender 21 paket konstruksi telah selesai, jasa konsultasi 2 paket yaitu Perencanaan Penambahan Gedung Rawat Inap Kelas I, II, dan III RSUD Bolmut dan Pengawasannya. 2 paket Pengadaan Barang terdiri dari Belanja Pengadaan Kapal Dibawah 3 GT dan Pengadaan Barang Belanja Modal  Aset Tetap Lainnya Pengadaan Buku." Ungkap Djarumia.

Ditambahkannya, metode evaluasi penawaran penyedia barang/jasa serta  pelaksanaan pemilihan pekerjaan konstruksi serta tahapan sanggah banding telah tuntas dengan nilai penawaran terendah dari pihak kontraktor sejumlah Rp.82.870.141.975,- dari penetapan penggunaan anggaran (pagu) sebesar Rp.86.416.259.648,-

Bonny Tumbuan sebagai pengamat kontruksi dalam pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa pemerintah tahun anggaran 2019 Bolmut sudah lebih baik dan transparan, semua pihak yang melakukan sanggahan bisa menerima keputusan dari panitia Pokja Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Kami berharap opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dinilai sangat penting sebagai tolok ukur kinerja suatu daerah. Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang diraih Pemkab Bolmut berturut-turut merupakan suatu komitmen bersama para pemangku kepentingan, menunjukan pencapaian kinerja suatu pemerintahan daerah." Kata Tumbuan. (/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com -  Tradisi silaturahmi lima pejabat publik sebagai kepala daerah dari Bolaang Mongondow Raya (BMR) dimulai dari meja makan, telah berdampak positif untuk persiapan menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara 2020.

Lima pimpinan daerah di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) setelah memperingati Hari Keluarga Nasional Ke 26 di Lapangan Kembar Boroko Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara telah melakukan pertemuan silaturahmi di rumah Bupati Bolmut Drs. Depri Pontoh, dihadiri Walikota Kotamobagu; Ir. Tatong Bara, Bupati Bolaang Mongondow; Yasti Soepredjo, Wakil Walikota Kotamobagu; Nayodo Koerniawan, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut); Drs. Amin Lasena, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel); Deddy Abdul Hamid, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim); Drs. Rusdi Gumalagit, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Saiful Ambarak. Selasa (30/07/2019).

“Pada pertemuan yang disajikan dengan Nasi Goreng khas Bolangitang ini kami membahas Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 mendatang, dan Lima pimpinan kabupaten dan kotamadia yang ada di BMR ini telah bersepakat tidak sekedar meminta bagian, tapi akan berusaha untuk menjadi bagian dari pembagi pada Pilgub Sulut nanti,” Ungkap Lasena pada jumpa pers dengan sejumlah wartawan.

Sementara itu, Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, mengatakan, bahwa pada pertemuan kali ini lima pimpinan daerah telah bersepakat mengangkat Bupati Bolmut, Drs Depri Pontoh sebagai Juru Bicara dari kelima daerah yang ada diwilayah BMR ini.

“Kita sepakat Pak Depri Pontoh sebagai Jubir yang mewakili Lima kabupaten dan Kota nantinya pada pertemuan soal Pilgub 2020 nanti,” ungkap Walikota Dua periode tersebut.

Saat ditanya oleh sejumlah wartawan terkait siapa kader yang akan disiapkan pada Pilgub 2020 mewakili BMR, Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo menjawab bahwa keputusannya nanti akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

“Yang pasti akan ada pertemuan – pertemuan lanjutan, dan akan diputuskan sebelum Pilgub Sulut 2020 nanti, dan kita bersepakat saling mengikhlaskan dan mendukung siapapun calon pemimpin dari BMR yang akan mewakili kepentingan seluruh masyarakat BMR." tutup Yasti Soeprojo. (/Gandhi Goma).

Boroko, Sulutnews.com - Semaraknya peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-XXVI Provinsi Sulawesi Utara dilaksanakan di Lapangan Kembar Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut). Selasa (30/07/2019).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Drs. Sugiyatna, MM dalam sambutan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulut, dan secara khusus kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut.

"Hal ini menjadi bukti bahwa komitmen dan dukungan pemerintah daerah Bolmut terhadap Program BKKBN sangat tinggi. Dan menjadi catatan khusus yang akan saya laporkan kepada Bapak Kepala BKKN RI."

Latar belakang kegiatan ini sesuai amanat dari Keputusan Presiden  nomor 39 Tahun 2014, bahwa tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai "Hari Keluarga Nasional"

"Keluarga sebagai tempat pertama dan utama yang berfungsi untuk melindungi, membimbing, dan memberdayakan anggota keluarga baik secara sosial, ekonomi, dan budaya. Keluarga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma dalam masyarakat." Ungkap Sugiyatna.

Tujuan memperingati Harganas, pertama, memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih menyadari dan memahami pentingnya keluarga sebagai pondasi membangun kehidupan yang sejahtera. Kedua, untuk meningkatkan peran aktif dari seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat, dan pemerintah dalam gotong royong mengambil peran dan tanggung jawab untuk mewujudkan  keluarga-keluarga Indonesia yang tenteram, sejahtera, dan berbudaya.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh dalam sambutan menyampaikan ketidakhadiran Gubernur Sulut serta turut berdukacita atas wafatnya orang tuanya. Dalam membacakan sambutan Gubernur Sulut dalam peringatan Harganas ke-26 Provinsi Sulut mengambil tema "Hari Keluarga Hari Kita Semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana", mengajak kita semua bahwa mencintai keluarga berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia, sejahtera, dan berbudaya. (/Gandhi Goma).

Boroko, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh sesudah sholat Jumat  bertempat di Masjid Agung Baiturrahman Boroko; melepas 37  jamaah calon haji terdiri dari 15 jamaah laki-laki dan 22 jamaah perempuan  yang berasal dari Kecamatan Sangkub 6 jamaah, Kecamatan Bintauna 9 jamaah, Kecamatan Bolangitang Timur 2 jamaah, Kecamatan Bolangitang Barat 4 jamaah, Kaidipang 11 jamaah, Kecamatan Pinogaluman 5 jamaah. Jumat 26/07/2019).

"Saya atas Pemerintah Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara dengan resmi melepas jamaah calon haji 2019, semoga Allah SWT tetap memberikan kekuatan dan kesehatan dalam menunaikan syarat rukun haji serta selamat menjalankan ibadah haji yang wajib dan sunah. Pergunakan dan manfaatkan waktu yang ada guna mengerjakan seluruh syariah haji serta niat dan doa yang akan kita panjatkan di Baitullah nanti." Ungkap Depri Pontoh

Kepala kantor Kementerian Agama Bolmong Utara Drs. Amran Lamarang dalam sambutannya  untuk tetap menjaga kesehatan selama proses ibadah haji dan banyak bertanya kepada ketua rombongan calon haji agar lebih mudah menjalankan syarat dan rukun haji. Perlu diketahui bersama jamaah termuda berasal dari Desa Boroko Timur Kecamatan Kaidipang atas nama Moh. Fadly Binolombangan, S.Pd. M.Si, usia 41 tahun. Jamaah tertua berasal dari Desa Ollot I Kecamatan Bolangitang Barat.

Menurut Santoro, S.Pd, Kepala Bagian Bina Kesejahteraan Sosial Pemkab Bolmut tentang pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Bolmut masuk pada Gelombang II melalui embarkasih Balikpapan.

"Tanggal 30 Juli 2019, seluruh jamaah calon haji berangkat dari dari Masjid Agung Baiturrahman Boroko menuju Asrama Haji Manado. Jika seluruh jadwal telah disusun maka jamaah haji akan balik ke Bolmut tanggal 14 September 2019." Ujar Santoro.

Kesan dan pesan dari perwakilan jamaah haji  2019 Tsamud Talango menyampaikan kesan sangat mengharukan ketika kepala kantor kementerian agama menyampaikan pekabaran bahwa saya sudah masuk dalam daftar sebagai jamaah haji 2019.

"Alhamdulillah dengan penuh rasa syukur serta mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan kementerian agama serta seluruh masyarakat yang telah mendoakan keselamatan seluruh jamaah haji 2019, semoga kekuatan doa yang dipanjatkan, kami jamaah calon haji balik kampung halaman dengan selamat dan menjadi haji mabrur, Aamiin."

Kepala Kantor Kementerian Drs. Amran Lamarang melalui stafnya telah memberikan nama-nama jamaah calon haji tahun 2019 yaitu :

  1. Rasid Musa Suala
  2. Amina Lenda Galendo
  3. Ali Alkatiri Abed
  4. Mohamad Fadly Binolombangan
  5. Parmin Jusup Mokodompis
  6. Reny Apnan Hamidjun
  7. Djubira Patilima Arsadi
  8. Rabia Ali Papeo
  9. Jahra Papeo Dula
  10. Tetriko Jemmy Talibo
  11. Kude Bunga Nua
  12. Ariantje Manoppo Levran
  13. Seha Olii Syayed
  14. Amuda Van Gobel
  15. Tasmud Bahrain Talango
  16. Suaib Naser Tabo
  17. Arabi Husin Abdullah
  18. Suwarni Sube Sugaga
  19. Erni Abdul Madjid Wengkeng
  20. Ratien Datunsolang Tinumbia
  21. Masrul Marjuni Djenaan
  22. Cherly Hasan Husin
  23. Nurmila Ahmad Datuela
  24. Yetty Djahi Lasama
  25. Udin Sulaiman Pontoh
  26. Abdul Muthalib Babay
  27. Joyo Mokodenseho Dauman
  28. Abdul Mutoh Daeng Mulisa
  29. Nursia Radjamang Radjaman
  30. Samsiah Husain Djangko
  31. Asna Karim Ahmad
  32. Surya Gogibog Mamonto
  33. Hajar Nurdin Talango
  34. Yetti Hanabi Patingki
  35. Ratna Antae Korompot
  36. Dauman Mokodenseho Piyatu
  37. Senga Adam Kaluku

(Gandhi Goma).

Boroko, Sulutnews.com - Dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing di Era Globalisasi, maka Pemprov Sulut khususnya menyiapkan tenaga kerja terampil guna mengikuti Program Pemagangan ke Jepang. 

Sehubungan dengan program pemagangan menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Abdul Karim Lalisu berdasarkan Surat Pemberitahuan Gubernur Sulut Nomor: 007/19.4331/Seker.Ds tertanggal 31 Mei 2019; 

Pertama, program pemagangan ke Jepang sudah dilaksanakan sejak tahun 2010 melalui perjanjian MOU antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dengan The International Manpower Development Organization Japan (IM Japan) dan setiap tahun Pemprov Sulut mengutus tenaga kerja  ke Jepang melalui program pemagangan.

Kedua, program pemagangan ke Jepang dilaksanakan dalam beberapa tahap seleksi, sehingga persiapan matang dari tenaga kerja akan meningkatkan kelulusan peserta.

Ketiga, pra seleksi dan tryout akan dilaksanakan oleh Pemprov Sulut melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Pemprov Sulut pada bulan September 2019 dan seleksi oleh IM Japan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 29 November 2019.

Keempat, materi seleksi daerah maupun seleksi oleh IM Japan meliputi tes matematika, cek fisik (kesemaptaan), Tes Ketahanan Fisik dan Wawancara.

Kelima, masing-masing daerah termasuk dari Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara kiranya dapat mengutus 50 calon peserta pemagangan ke Jepang.

Ditambahkannya, persyaratan calon peserta khusus untuk pria; Usia minimal 19 tahun 6 bulan, dan maksimal 26 tahun saat tes seleksi. Tidak buta warna (total/parsial) dan tidak berkaca mata/kontak lensa, tidak bertato atau bekas tato, tidak bertindik atau bekas tindik, tidak bergigi lubang lebih dari 4, tidak berani/penyakit kulit lainnnya, tidak berkaki X atau O, tidak ada bekas keloid (kulit tambahan dibekas luka, tidak pernah mengalami operasi patah tulang, minimal ijasah SMA/SMK.

Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP dalam setiap perhelatan acara pesta resepsi selalu menghimbau untuk orang tua yang memiliki anak-anak lelaki untuk segera mendaftar ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bolmut sesuai persyaratan administrasi, persyaratan teknis, dan 60 daftar jenis kejuruan magang di Jepang antara lain kerja pelat untuk kontruksi bangunan, mencetak membentuk plastik, operator mesin press logam, pemasangan rangka beton untuk bangunan, perakitan perlengkapan elektronik, dan seterusnya... Gaji dan tunjangan bulan pertama lima kali dari standar Upah Minimun Regional Sulut. (/Gandhi Goma)