Bintauna, Sulutnews.com - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke IV Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2019 telah dilaksanakan di Lapangan Inomasa Bintauna. Selasa (22/10/2019).

Mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekprov Sulut M. Rudy Mokoginta, SE., M.TP bertindak selaku Inspektur Upacara.

Menteri Agama RI melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Sekprov menyampaikan peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia".

Dikatakan, isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama.

Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia.

Di samping alasan tersebut, keterpilihan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) sejak 2 Januari 2019 hingga 31 Desember 2020, dimana bargaining position Indonesia dalam menginisiasi dan mendorong proses perdamaian dunia semakin kuat dan nyata, menjadi momentum bagi seluruh elemen bangsa, terutama kalangan santri Indonesia agar turut berperan aktif dan terdepan mengemban misi dan menyampaikan pesan-pesan perdamaian di dunia internasional.

Patut disyukuri dalam peringatan Hari Santri Tahun 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Dengan Undang-Undang ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat.

Negara hadir untuk memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi kepada pesantren dengan tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya. Selain itu, tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Kirab yang diikuti oleh ribuan santri Pondok Pesantren se Provinsi Sulut.

Turut hadir Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP,  Kepala Kanwil Kemenag Sulut Dr. Hi. Abd. Rasyid Gandom, M.Ag, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, para Pejabat di lingkungan Pemkab Bolmut, Ketua FUAPP Sulut Hi. Muyassir Arif, M.Pd, serta para Pimpinan Pondok Pesantren.

Supriadi Goma, S.PdI. M.PdI sebagai Ketua Panitia Pelaksanaan HSN Ke IV Provinsi Sulawesi Utara yang terdiri dari 15 kabupaten/kota dan merasa bersyukur karena Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara mendapat kehormatan sebagai pelaksana kegiatan berskala nasional ini; dan kita memilih Pondok Pesantren Al'Khairat sebagai pusat kegiatan ini, serta berlangsung aman, tertib, serta semarak dengan kegiatan penuh nuansa semangat spiritual. (Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam rangka pengangkatan sumpah/janji pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah masa jabatan 2019-2024 dibawah pimpinan sementara Frangky Chendra (PDI-P) dan Atia Pontoh (PPP) telah dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara. Rabu (16/10/2019).

Pelaksanaan rapat paripurna DPRD Bolmut adalah merupakan tindak lanjut hasil Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 dan ditetapkan dengan keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 384 Tahun 2019 Tanggal 4 Oktober 2019 Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Berdasarkan ketentuan dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah Pasal 165 Ayat (5) mengamanatkan bahwa pimpinan DPRD Kabupaten/Kota sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah janji yang teksnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 157 telah dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Warsito, SH kepada Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra (PDI-P), Drs. Salim Bin Abdullah Wakil Ketua I (PPP), Saiful Ambarak, S.PdI Wakil Ketua II (Golkar) sebagai berikut :

"Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji: bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota/ketua/wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten/kota dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945"

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan;

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra masa jabatan 2019-2024 setelah dilantik menyampaikan pidatonya tentang proses demokrasi yakni pemilihan umum legislatif baru saja kita lewati dengan baik. Kami harap seluruh masyarakat menghargai proses demokrasi tersebut dan mengawal kelanjutan dari proses tersebut agar berjalan secara konstitusional.

"Demokrasi harus dirawat, dijaga dengan nilai-nilai Pancasila. Demokrasi identik dengan kebebasan, tapi kebebasan dalam berdemokrasi bukanlah kebebasan yang sebebas-bebasnya, kebebasan yang sebebas-bebasnya adalah anarki. Demokrasi bukanlah kebebasan merampas kebebasan orang lain, bukan kebebasan mencelakai orang lain, bukan kebebasan merusak milik orang lain, bukan pula kebebasan berbuat kerusuhan. Demokrasi yang tidak dijaga dengan baik, akan membunuh dirinya sendiri dengan anarki." Ungkap Frangky Chendra.

Hi. Abdullah Diu, S.Ag, M.Pd yang memimpin doa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan berkat serta tuntunannya kepada kita semua, sehingga acara peresmian pengangkatan sumpah/janji pimpinan DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara masa jabatan 2019-2024 dengan kitab sucinya disaksikan oleh Tuhan-Nya, dirinya sendiri, serta pertanggungjawaban lahir batin kepada seluruh masyarakat Bolmut. (/Gandhi Goma)

Manado, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan Tahun 2019 yang bertempat di Hotel Aston Manado. Minggu (13/10/2019)

Bimtek Keprotokolan kerjasama Pemerintah Daerah dengan TP PKK Kabupaten Bolmut yang dilaksanakan selama tiga hari, diikuti oleh para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, dan pimpinan Perangkat Daerah bersama Isteri.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Bolmut Sriwahyuni Pontoh, S.Sos selaku Ketua Penyelenggara mengatakan Bimtek Keprotokolan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta di bidang keprotokolan, sehingga nantinya mampu menerapkan aturan atau tata cara dalam menyelenggarakan suatu acara yang berjalan tertib, lancar dan hikmad dengan memperhatikan ketentuan keprotokolan yang berlaku.

Bupati Bolmut dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya mensinergikan program kegiatan kehumasan Pemerintah Daerah, sehingga dapat terbangun persepsi dan langkah konkrit yang saling mendukung peningkatan kualitas tugas-tugas keprotokolan.

"Melalui Bimtek Keprotokolan, pimpinan Perangkat Daerah beserta isteri mampu memahami teori dan praktek keprotokolan.

Secara khusus Bupati Bolmut berpesan agar Bagian Humas dan Protokol harus mampu menjadi manager yang dapat mengatur jalannya kegiatan dengan baik dan memberikan pelayanan prima." Ujar Depri Pontoh

Setidaknya dibutuhkan pengetahuan, kemampuan dan sikap yang harus dimiliki dalam mendukung penguasaan kegiatan keprotokolan dengan menjunjung nilai sosial dan budaya bangsa serta daerah.

Para peserta Bimtek dibekali dengan berbagai materi mulai dari tata tempat, tata upacara, tata penghormatan pada pimpinan daerah dan tamu daerah sampai etika berpakaian, table manner dan etika berbicara didepan publik.

Materi-materi tersebut disampaikan oleh Narasumber dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Sekretariat Negara RI Sandra Erawanto, S.STP., M.Pub. Pol. dan Mega Putri, S.STP., MM.

Turut hadir Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP bersama Wakil Ketua I TP PKK Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan dan Ketua DWP Bolmut Hj. Fitriana Nani Buhang, SE.(/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si mebuka secara resmi Kegiatan Bimbingan Teknis Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DTPFM-OTM) Tahun 2019 yang bertempat di RM. Enjel. Selasa (15/10/2019)

Program ini sesuai dengan amanah UUD 1945 tentang kepedulian Pemda Bolmut menurunkan tingkat angka kemiskinan

Dalam sambutannya, Sekda Bolmut menyapaikan bahwa Kabupaten Bolmut sesuai data Kementerian Sosial memiliki angka kemiskinan sebanyak 8.379 KK dan 32.921 Jiwa. Tentunya ini merupakan tugas dan tanggung jawab Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah dalam menurunkan jumlah masyarakat miskin.

Diikatakan, upaya Pemerintah dangan meluncurkan berbagai Program baik pada individu, keluarga atau kelompok masyarakat. Karenanya, Bimtek ini sangat penting untuk mendapatkan data valid sebagai acuan Pemerintah dalam penurunan angka kemiskinan khususnya di Kabupaten Bolmut.

Turut hadir Pemateri BPS Prov Sulut Dendil Handiyanto SST, M.Si, Kepala Dinas Sosial, Pemerintah Kecamatan serta para Sangadi.

Sangadi (kepala desa) Desa Tanjung Buaya Kecamatan Bolangitang Barat Romi Lantapa mengungkapkan tingkat ekonomi dan pendapat masyarakat nelayan memprihatinkan, solusinya mengatasi kendala kemiskinan dan orang tidak mampu ditingkatkan kehidupannya.(/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Empat Fraksi DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara resmi dibentuk melalui rapat pembahasan di ruang paripurna DPRD Bolmut, Rabu (18/9/2019).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Sementara DPRD Bolmong Utara, Frangky Chendra (PDI Perjuangan) yang didampingi oleh Atiya Pontoh (Partai Persatuan Pembangunan) membacakan komposisi pimpinan dan anggota fraksi-fraksi dalam rapat paripurna.

Berikut komposisi 4 (empat) fraksi di DPRD Bolmut:

Fraksi PDI Perjuangan;

  1. Sofyan Goma (Ketua)
  2. Abdul Eba Nani (Wakil Ketua)
  3. Abdul Rafik Pangau (Sekertaris)
  4. Reksosiswoyo Binolombangan (Anggota)
  5. Juldin Bolota (Anggota)
  6. Frangky Chendra (Anggota)
  7. Aktrida Indah Datunsolang (Anggota)
  8. Sauda Lakoro (Anggota)

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan

  1. Husin Yahya Suit Pontoh (Ketua)
  2. Galib Mohamad Pangko (Wakil Ketua)
  3. Atiya Pontoh (Sekretaris)
  4. Salim Bin Abdullah (Anggota)

Fraksi Partai Golkar;

  1. Sartono Dotinggulo (Ketua)
  2. Mulyadi Pamili (Wakil Ketua)
  3. Andriyansyah Septian Pakaya (Sekretaris)
  4. Saiful Ambarak (Anggota)
  5. Budi Setyawan Kohongia (Anggota)

Fraksi Kebangkitan dan Persatuan

  1. Mardan Umar (Ketua)
  2. Suriyansah Korompot (Wakil Ketua)
  3. Imran Hulalango (Sekretaris)

Sekretaris DPRD (Sekwan) Bolmut, Drs. Musliman Datukramat, M.Si mengatakan bahwa proses selanjutnya akan diagendakan pembahasan melalui komisi-komisi untuk pengusulan Pimpinan DPRD Definitif.

(/Gandhi Goma)

Bolmut, SulutNews.com -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar paripurna usulan pimpinan DPRD Bolmut definitif, Selasa (24/09/2019)

Paripurna ini dipimpin oleh Frangky Chendra, yang di dampingi Atiya Pontoh selaku pimpinan sementara DPRD Bolmut. Paripurna tersebut dihadiri seluruh anggota DPRD Bolmut.

Pimpinan DPRD sementara mengumumkan surat keputusan rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing Partai Politik (Parpol), dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Bolmut.

Setelah sempat di skors, akhirnya pimpinan sidang sekitar pukul 18:20 WITA, mengesahkan pimpinan definitif DPRD Bolmut periode 2019-2024 setelah sebelumnya surat keputusan dibacakan oleh Sekretaris DPRD Bolmut Musliman Datukramat. (Waone).

Pimpinan DPRD Definitif Bolmut :

  1. Ketua : Frangky Chendra dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
  2. Wakil Ketua I : Drs. Salim Bin Abdullah dari Partai Persatuan Pembangunan
  3. Wakil Ketua II : Saiful Ambarak, S.Pd.I dari Partai Golkar

(/Gandhi Goma)

Bolmut, SulutNews.com -  Selama tiga bulan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi Sangar Kegiatan Belajar (SKB) di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), belum juga dibayarkan.

Menurut pengakuan salah satu guru SKB, TPP para guru SKB terhitung sejak Juni sampai Agustus 2019 belum dibayarkan.

“Kami berharap pihak dinas dapat segera membayarkan TPP tiga bulan yang belum dibayarkan,” pinta salah satu guru yang enggan namanya disebut.

Menanggapi hal tersebut, anggota Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Aktrida Datungsolang meminta, agar TPP guru SKB segera dibayarkan.

“Pihak Dikbud harus segera membayarkan hak para guru SKB tersebut. Tidak ada alasan TPP guru SKB tidak dibayarkan, sebab anggaranya sudah tertata. Saya berharap hal ini tidak terulang lagi,” kata politis PKS ini.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut Sulha Mokodompis, menggaku akan segera membayarkan TTP para guru SKB.

“Insya Allah, Minggu ini sebanyak 27 guru SKB akan segera menerima TPP, karena sudah ditata lewat APBD Perubahan 2019. Sebelumnya, anggaran yang ditata lewat APBD Induk tahun 2019 habis, sehingga Dikbud kembali melakukan penambahan anggaran ada APBDP. Kami tinggal menunggu nomor SK dan akan segera diproses TTP para guru SKB,” jelasnya.(/Gandhi Goma)

Boroko,, SulutNews.com -  keterlambatan pembayaran Tunjangan Kesejahteraan Daerah (TKD), Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Non Sertifikasi dan Honor bagi Guru Tidak Tetap (GTT), hal ini mendapat sorotan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Anggota Komisi I DPRD Bolmut, Mulyadi Pamili, SH., saat bertemu dengan sejumlah wartawan, Minggu (15/09/2019) mengatakan dirinya menduga keterlambatan ini disebabkan pergantian pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut, khususnya Bidang Dikdas dan GTK.

“Saya menduga keterlambatan pembayaran TKD, TPP Non Sertifikasi dan Honor GTT ini karena proses pergantian pejabat di lingkungan Dikbud, khususnya Bidang Dikdas dan GTK yang notabene mengurusi persoalan ini,”jelas politisi Partai Nasdem tersebut.

Pamili pun mengungkapkan, jangan sampai program pemerintah Depri Pontoh dan Amin Lasena harus terganjal kinerja pejabat dibawahnya.

“Saya mendukung program pemerintah daerah, namun jangan sampai kinerja buruk pejabatnya mempengaruhi persepsi publik terhadap kepemimpinan DP-AL saat ini”, jelas pamili.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut, Sulah Mokodompis membenarkan soal keterlambatan TPP guru SKB itu. Ia memastikan dalam waktu dekat TPP tersebut akan segerah cair.

Dia menjelaskan bahwa keterlambatan tersebut disebabkan anggaran TPP yang ditata pada APBD induk 2019 habis, oleh karena itu pihaknya telah menata kemabali anggarannya pada APBD Perubahan 2019, yang saat ini sudah diparipurnakan oleh DPRD Bolmut dan tinggal menunggu SK Gubernur tentang APBD Perubahan Bolmut 2019.

“Jika anggarannya sudah siap, maka dalam waktu dekat keseluruhan TPP guru SKB akan segerah ditranfer ke rekening masing-masing guru,”Ungkap Sulha.(/Gandhi Goma)

Boroko, SulutNews.Com – Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), dipastikan akan dilaksanakan pada tanggal 16 September mendatang, setelah Pemerintah Daerah (Pemda) memastikan telah mengantongi SK Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) terkait peresmiaan pemberhentian 20 anggota DPRD periode 2014 – 2019 dan peresmian pengangkatan anggota DPRD periode 2019 – 2024.

Hal ini disampaikan oleh Kabag Tapem Bolmut, Samidin Korompot, SSTP, M.Si saat dikonfirmasi oleh sejumlah media, Rabu (11/09/2019).

‘’SK peresmian pemberhentian 20 anggota DPRD Bolmut periode 2014 – 2019 dan peresmian pengangkatan anggota DPRD periode 2019 – 2024 sudah diterima oleh Sekwan DPRD Bolmut dan selanjutnya akan disampaikan kepada Bupati Bolmut,” jelas Korompot.

Dia pun mengungkapkan, SK tersebut diserahkan oleh Pemprov Sulut melalui Karo Pemerintahan Setda Provinsi Sulut. Dr. Jemy Kumendong, M.Si kepada Sekretaris DPRD Bolmut, Drs Musliman Datukramat, M.Si yang disaksikan langsung oleh pejabat setempat di kantor Gubenur Sulut.

Sementara itu, Sekwan DPRD Bolmut, Drs Musliman Datukramat saat dikonfirmasi membenarkan diterimanya SK tersebut, dan selanjutnya pihaknya akan fokus pada proses pelantikan.

“Kita fokus untuk pengambilan sumpah dan janji pada tanggal 16 sepetember mendatang, namun sebelumnya akan ada gladi,” ungkap Datukramat.(/Gandhi Goma)

Boroko, SulutNews.com - Jelang pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terpilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg), berbagai persiapan telah dilakukan oleh Sektretariat DPRD Bolmut.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Bolmut, Drs. Musliman Datukramat, M.Si saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan, Kamis (12/09/2019) membenarkan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan persiapan-persiapan pelantikan dan pengambilan sumpah bagi anggota DPRD terpilih periode 2019-2024.

“Selain pemantapan acara pelantikan, kami juga sudah mengagendakan geladi bagi 20 anggota DPRD Bolmut yang akan dilantik,  geladi kotor dilakukan pada Jumat 13 September dan geladi bersih pada Minggu 15 September 2019,”Ungkapnya

Dia pun berharap, dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan rapat Paripurna Istimewa DPRD Bolmut ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.(/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

"Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia" Tema HSN Ke IV Tahun 2019 Di Bolmut.

"Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia"...

Bintauna, Sulutnews.com - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ke IV Tingkat Provinsi Sulaw...

Pimpinan DPRD Bolmut 2019-2024 Resmi Diangkat Sumpah Dan Janji

Pimpinan DPRD Bolmut 2019-2024 Resmi Diangkat Sump...

Boroko, Sulutnews.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam rangk...

Bupati Bolmut Depri Pontoh Buka Bimtek Keprotokolan 2019

Bupati Bolmut Depri Pontoh Buka Bimtek Keprotokola...

Manado, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Bimbingan...

Sekda Bolmut Buka Bimtek Verifikasi Dan Validasi DTPFM-OTM

Sekda Bolmut Buka Bimtek Verifikasi Dan Validasi D...

Boroko, Sulutnews.com - Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si mebuka secara resmi...