2401_banner.jpg
3110_banner_dinas_perumahan.jpg

Pinogaluman, Sulutnews.com - Kunjungan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) disambut langsung Bupati Drs H Depri Pontoh di Desa Tontulow Kecamatan Pinogaluman berbatasan dengan Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Rabu (01/04/2020).

Bupati Bolmut menyampaikan maksud dan tujuan Kapolda Sulut Meninjau langsung wilayah perbatasan Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo di Jembatan Atinggola dalam rangka antisipasi bahaya penyebaran Covid-19 dengan menerapkan buka tutup kendaraan lintas jalan trans sulawesi.

"Hari ini kami pastikan betul kondisi wilayah perbatasan kedua provinsi ini sudah sesuai standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan, disaksikan langsung oleh Kapolda Sulut," kata Depri Pontoh.

Setiap proses penetapan buka tutup arus lalu lintas kendaraan bermotor dimulai jam 18.00 wita dan dibuka kembali jam 06.00 wita sesungguhnya guna mencegah penyebaran Covid-19 antar wilayah provinsi se Sulawesi.

Karantina wilayah pembatasan penduduk dalam suatu wilayah pintu masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau terkontaminasi.

Terlihat Kapolda Sulut memberikan semangat kepada Team Satgas Covid-19 Pemda Bolmut termasuk anggota TNI-Polri yang siap siaga sedang menjalankan tugasnya.

Kapolda Sulut dan rombongan Forkompinda Bolmut berjalan kaki melintasi jembatan perbatasan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Gorontalo Utara menuju lokasi Pos Penjagaan wilayah perbatasan Provinsi Gorontalo.

"Kami berharap kepada team satgas Covid-19 di pos perbatasan kedua provinsi ini dapat bersinergi dan tetap berkoordinasi dalam mengendalikan arus lalulintas sesuai standar aturan yang ada; tegas dan bijaksana dalam setiap keputusan," ujar Royke Lumowa.

Ditambahkannya, kepada team satgas Covid-19, terutama para medis kesehatan yang menjadi petugas terdepan dalam mendeteksi setiap dampak menyebarnya melalui pengendara dan penumpang kendaraan bermotor melalui alat deteksi suhu badan dan penggunaan masker agar lebih jeli melihat gejala-gejala dengan standar pertanyaan medis yang sudah ditetapkan.

Kapolda Sulut memberikan arahan kepada aparat keamanan kepolisian dalam mengatur dan mengendalikan arus lalulintas trans sulawesi di perbatasan wilayah ini, terutama membatasi pengumpulan massa pada saat antri dan guna mengurangi keresahan penduduk setempat. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Peristiwa percobaan perampasan sebuah mobil Daihasu Terios DB 1740 HB yang di kendarai Arif Mamondol (23 tahun) beralamat Desa Tomoagu. Peristiwa terjadi di jalur dua Kompleks Kantor Bupati Bolmut, sekitar jam 18.30 wita. Minggu (29/03/2020).

Pengakuan dari sopir ini, setelah melapor ke Kantor Polsek Urban Kaidipang Kabupaten Bolmut. Koronologis peristiwa ini ketika sedang melewati jalur dua ini didepan mobilnya telah terjadi perkelahian beberapa orang, secara spontan berhenti dan turun dari mobil guna melerai para pihak sedang adu otot di tengah jalan, dengan pertimbangan mobilnya  bisa aman sampai tujuan.

Ketika sudah berhasil memisahkan, tiga orang datang ke sopir ini dengan menodongkan pisau, lainnya memegang clurit dengan memaksa meminta kunci mobil. Terjadi pertengkaran adu mulut, ketika seorang mengayunkan clurit ke sopir ini, dan seorang lagi menusukkan pisau ke arah perutnya, maka dengan gerakan bela diri, pisau yang diarahkan ke perutnya dihindari dengan menangkap pergelangan tangan si penusuk pisau ini dan membalikkan arah mata pisau ke arah perut pelaku.

Setelah itu pelaku yang lain dari belakang dengan senjata celuritnya mencoba menebas ke arah lehernya, dan pelaku yang lain dengan pisau menebas ke arah punggungnya namun hanya mengiris pakaian sopir ini. Terlihat bekas sabetan senjata tajam ini.

Setelah itu ketika temannya sudah berdarah di perutnya, maka ke tiga orang  pengeroyokan setelah ciut nyalinya ini melarikan diri.

Berdasarkan laporan dari pengakuan sopir ini sebagai korban, maka Kapolsek Urban Kaidipang segera mengeluarkan perintah lisan untuk meninjau ke Puskesmas Boroko serta Rumah Sakit Daerah Bolmut.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi balik jika ada pasien yang terluka perutnya masuk dalam perawatan darurat.

Menurut Kapolsek Urban Kaidipang Kompol I Made Sumadia, SPd, M.Si;

Ketika kita sedang fokus melaksanakan tugas di perbatasan Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo guna mencegah menebarnya virus Covid-19 dengan memberlakukan jam malam untuk arus kendaraan dimulai jam 6 malam dan dibuka kembali jam 6 pagi.

Dengan keterbatasan anggota yang ada maka saya telah mendirikan Pos Kamtibmas di Boroko dengan melaksanakan patroli malam guna mencegah kenakalan remaja mengkonsumsi miras, dan kejahatan lainnya.

"Kami berharap setiap lapisan masyarakat untuk segera melaporkan setiap peristiwa yang terjadi di setiap desa dan peran tokoh agama dan tokoh adat, termasuk peran para orang tuanya untuk mengawasi aktivitas anak-anaknya. Batasi dulu untuk ke luar rumah guna mencegah menebarnya virus Covid-19." (//Gandhi Goma).

Pinogaluman, Sulutnews-com - Pertemuan resmi antara Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan Provinsi Gorontalo guna mencegah penyebaran virus Covid-19 dilaksanakan di lintas batas kedua provinsi di Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Kecamatan Atinggola Kabupaten  Gorontalo Utara (Gorut). Jumat (27/03/2020).

Pencegahan menebarnya Virus Covid-19 dengan menutupi lintas batas antar provinsi di Jalan Trans Sulawesi adalah kebijakan sesuai instruksi Presiden RI dan Perintah Kapolri. Hal ini sudah dilaksanakan berdasarkan koordinasi lintas Gubernur se Sulawesi.

Peninjauan langsung lintas darat Jalan Trans Sulawesi di Jembatan Atinggola oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di dampingi Bupati Gorut Indra Yasin dan Gubernur Sulawesi Utara yang di wakili oleh Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh.

Hasil pertemuan resmi antar pimpinan daerah dua provinsi ini telah sepakat dengan menutup sementara akses jalan lintas batas antar provinsi di Jalan Trans Sulawesi.

Keputusan bersama telah memastikan mulai hari ini; Jumat, Tanggal 27 Maret 2020 Jam : 18.00 Wita,  Jalan Trans Sulawesi di perbatasan antara Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bolmut Provinsi Sulawesi Utara ditutup. Dibuka kembali Jam : 06.00 Wita pagi hari, guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menyatakan dengan resmi :

"Mulai hari ini, Jumat, 27 Mei jam 6 malam Jalan Trans Sulawesi diperbatasan Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulut ditutup, dan bisa dibuka kembali pada jam 6 pagi. Kecuali yang bisa lewat kendaraan yang memuat bahan makanan (bahan pokok), Bahan Bakar Minyak (BBM), Mobil Ambulance  membawa pasien emergency harus ada surat pengantar dari pihak Rumah Sakit." jelasnya.

Diharapkan kepada seluruh pengguna kendaraan bermotor lintas trans Sulawesi dapat mengerti dan memahami kebijakan ini demi kepentingan kita bersama.

Ir. Saud Kumangki, M.Sc sebagai tokoh adat Bolaang Mongondow Raya sangat setuju dengan kebijakan bersama antar pemerintah daerah lintas trans Sulawesi.

"Dampak penyebaran virus Covid-19 telah telah menebar ke sebagia negara Eropah dan Amerika, Timur Tengah, Afrika, Asia termasuk Indonesia. Langkah-langkah pencegahan ini sagatlah tepat. Kita selalu berdoa setiap saat, semoga bencana ini segera berakhir dengan memutus siklus penyebarannya." (/Gandhi Goma)

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh meresmikan pemanfaatan Gedung Kantor Camat Kaidipang. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan pelantikan Pengurus Cabang Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Kaidipang dan penyerahan secara simbolis Dana Desa Tahap I Tahun 2020 kepada Desa Tombolango Kecamatan Sangkub, Desa Padang Kecamatan Bintauna, Desa Lipubogu Kecamatan Bolangitang Timur dan Desa Tombulang Timur Kecamatan Pinogaluman.

Bupati Bolmut dalam sambutannya berharap momentum ini menjadi spirit bagi jajaran aparatur di Kecamatan Kaidipang dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Saat ini masyarakat semakin sadar dan kritis akan hak dan kewajibannya. Sebagai pelayan Publik diharapkan seluruh aparatur Kecamatan Kaidipang benar-benar memberikan pelayanan secara profesional yang memiliki akuntabilitas dan responsibilitas.

Disampaikan pula selamat bekerja kepada Pengurus Cabang Himpaudi yang baru dilantik, diharapkan mampu menjalankan semua amanah dengan tanggungjawab memperjuangkan kesejahteraan, perlindungan dan meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

Bupati Bolmut juga membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kaidipang.

Terkait itu, Bupati Bolmut mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ambil bagian dalam proses pembangunan di Daerah. Maju tidaknya daerah ini bergantung pada partisipasi masyarakat.

Pola Pembagunan saat ini telah memberikan ruang dan kesempatan besar bagi masyarakat untuk terlibat langsung baik dalam proses pengusulan, pelaksanaan bahkan pengawasan. Manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas hidup masyarakat Bolmut.

 

Pemerintah Daerah terus melakukan inovasi untuk mendukung percepatan dan pemantapan pembangunan, terutama kegiatan berbasis masyarakat. Penetapan atas pelimpahan kewenangan kepada Camat dan penyerahan urusan kepada Desa harus bisa dimaksimalkan pelaksanaannya oleh Desa.

Desa dituntut kreatif dan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan pendapatan asli Desa melalui legalisasi penyerahan urusan tersebut. Maksimalkan potensi yang ada di Desa serta pemberdayaan masyarakat.

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP., Sekertaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Anggota DPRD Bolmut, Pimpinan OPD, Para Camat, Pejabat TNI/Polri, para Sangadi, Tokoh Adat, Tokoh Agama danTokoh masyarakat.(Adv/Goma)

Bolangitang Barat - Sulutnews-com - Brigadir Dua Polisi Rahmat Z Londa, anggota Polda Sulut Direktorat Samapta adalah  putra daerah Bolmut berasal dari Desa Binjeita Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ( Bolmut) telah meraih Juara 1 Cabanh Qor Qiraatul Qur'an pada acara MTQ Ke VI Kabupaten Bolmut. Minggu (21/03/2019).

Prestasi sebelumnya yang pernah diraih Bripda Pol Rahmat Z Londa adalah Juara 1 MTQ syarhil Quran Tingkat Kabupaten Bolmut 2014

Juara 1 MTQ syarhil Quran Tingkat Kota Kotamobagu 2016

Juara 1 Porseni syarhil Quran se-BMR 2016

Juara 1 MTQ syarhil Quran Tingkat kota Kotamobagu 2018

Juara 1 MTQ Qiraat Murottal Remaja 2020 Kabupaten Bolmut.

Menurut Kapolsek Bolangitang Bersatu Iptu Herdi Manampiring, SH, dalam kehidupan ini harus kita tahu ada empat dunia yaitu dunia nyata, dunia maya, dunia lain dan dunia akhir. Ini mengingatkan kepada kita sebagai umat ciptaan Tuhan. Untuk selalu berbuat yang terbaik bagi siapapun.

"Setiap kebaikan yang kita tabur dalam hubungan sosial kemasyarakatan akan kembali ke diri kita masing-masing. Sehingga meraih jiwa yang tenang dalam kehidupan manusiawi." Ungkap Kapolsek Bolangitang Bersatu.

Camat Bolangitang Barat Supriadi Goma, SPd, MPd, juga sebagai Ketua Panitia, lomba MTQ Bidang qiroatussab'ah (jenis-jenis bacaan dalam Qur'an), pertama kali dilombakan pada acara MTQ Ke VI Bolmut.

Acara MTQ Ke VI Bolmut ditutup oleh Asisten 1 Drs. H. Leksi Talibo Pemkab Bolmut mengucapkan puji syukur karena acara ini telah berlangsung aman, tertib, serta telah diumumkan nama-nama para pemenang dalam setiap bidang MTQ yang dilombakan.

"Diharapkan kepada seluruh peserta serta masyarakat khususnya para pemuda agar dapat memahami dan menghayati makna tersirat dari ayat-ayat Al'Quran dilantunkan dengan indah menggugah hati nurani kita semua." Ujar Leksi Talibo. (/Gandhi Goma).

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Pasca Darurat Bencana Alam Banjir Bandang Dan Longsor terjadi lagi kesekian kalinya di Bukit Banggela Bolmut telah mengalami longsor dengan menutupi seluruh jalan trans sulawesi sepanjang 35 meter. Jumat (20/03/2020) Jam 03.00 dinihari.

Bukit Banggele terletak di perbatasan Desa Tanjung Buaya dan Desa Tote Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dikenal rawan longsor karena tekstur tanahnya dari butiran pasir gunung (dumatu). Terjadi kemacetan jalan trans sulawesi sekitar 10 jam karena menunggu peralatan berat dari Manado milik Balai Jalan dan Sungai Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Kepala Dinas PUPR Bolmut Rudini S Masuara, ST setelah menerima laporan dari anggota masyarakat yang sedang melakukan memindahkan tumpukan longsor dengan sekop dan pacul, kita turun ke lokasi bencana banjir dengan mengambil dokumentasi foto data lokasi longsor ini, dan melaporkan ke dinas terkait.

"Kami sudah melaporkan bencana longsor ke Dinas PUPR Provinsi Sulut serta Badan Penanggulangan Bencana Alam tentang bencana longsor di Bukit Banggele. Sekalipun macet sambil menunggu dua unit peralatan berat dari Manado. Namun Alhamdulillah sekitar Jam 13.30 setelah dikeruk dan dipindahkan tumpukan longsor sudah normal dan lancar kendaraan lintas provinsi trans Sulawesi."

Warga Desa Iyok Sofyan Humokor sebagai aktifis pemerhati lingkungan hidup menyaksikan langsung peristiwa bencana longsor ini sesudah waktu shubuh, terlihat tumpukan longsor seperti sebagian bukit ini berpindah. Terjadi antrian panjang kendaraan dari Manado maupun dari Gorontalo

"Diharapkan kepada pengendara kendaraan lintas trans antar provinsi ketika lagi hujan lebih waspada dan berhati-hati, diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bolmut untuk memasang rambu rawan longsor, serta mencari solusi bagaimana caranya mencegah longsor Bukit Banggele ini menanam pohon yang akarnya bisa mencekram menahan longsor seperti dilakukan Gubernur Gorontalo Ir. Fadel Muhammad ketikan akan membangun kantor gubernur di bukit rawan longsor." Ujar Humokor. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Harga pasaran gula di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melonjak harganya sudah mendekati Rp.20.000 per kilogram. Harga terakhir di Alfamart dan Indomaret sekitar Rp.12.500 telah kosong dari etalase penjualan. Jumat (20/03/2020).

Menurut keterangan Kadis Perdagangan dan Industri Dra. Leida Pontoh, M.Sc telah diturunkan stafnya untuk memantau harga pasaran gula, termasuk sembilan bahan pokok (sembako) lainnya.

"Kita terus memantau harga pasaran sembilan bahan pokok di pasar-pasar enam kecamatan; dan benar harga pasaran gula telah naik sebelum dampak virus corona terjadi, dari harga pasaran Rp.12.000/kg naik menjadi Rp.13.000/kg. Data terakhir dari staf kami, kenaikan harga gula sudah mendekati Rp.20.000/kg. Harga beras masih stabil." Ungkap Leida Pontoh.

Lebih lanjut dikatakannya, kita belum melakukan operasi pasar karena masih wajar terkendali, namun apabila terjadi lonjakan harga pasar kita akan laporkan ke Dinas Perindag Provinsi Sulut.

Sesuai informasi dari pedagang sembako di lokasi jalan trans Bigo Ami Mohsen Alamri mengatakan;

Pasokan gula dari Provinsi Gorontalo sekitar Rp.850.000 - Rp.1.000.000 per karung. Tetap kita terima, karena kebutuhan gula sangat dibutuhkan masyarakat Bolmut. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Politik Dan Hukum Drs. Karim Lauma secara resmi membuka Workshop Penyusunan Produk Hukum Daerah di Kabupaten Bolmut yang bertempat di Swiss bellhotel Manado.

Staff Ahli Bupati saat membacakan sambutan bupati menyampaikan reformasi di bidang hukum telah melahirkan berbagai perubahan peraturan perundang-undangan yang mendorong pemerintah daerah melakukan perubahan pada arah dan kebijakan penyelenggaraan pembangunan. Terlebih saat ini Presiden Joko Widodo telah menekankan untuk melakukan perubahan-perubahan dan terobosan-terobosan dengan memangkas dan menyederhanakan segala bentuk kendala regulasi (Omnibus Law) pada sektor investasi daerah, maka perlu ada penyesuaian dalam upaya penataan hukum di daerah.

Melalui workshop ini diharapkan dapat mengidentifikasi potensi masalah yang dihadapi dalam rancangan perumusan produk hukum daerah dan merumuskan secara bersama tata cara penyusunan dan perancangan aturan yang baik, sehingga dapat mengantisipasi jika terjadinya permasalahan hukum yang mungkin timbul di daerah terhadap produk hukum daerah yang dikeluarkan dan mempunyai kekuatan hukum.

Bupati juga mengingatkan bahwa dalam penyusunan produk hukum harus benar-benar bersih dan rasional serta tanpa tendensi, sehingga bisa menjadi rujukan bagi landasan kegiatan pengelolaan pemerintah daerah. Karena suatu peraturan akan berfungsi dengan baik jika bersifat aspiratif dan tidak duplikatif.

Turut hadir Staf Ahli Bupati bidang  Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM Hj. Sitti Harmala Dewi Buhang, S.Pd, Perancang Madya Kanwil Kemenkumham Sulut Frangky A. H. Zachawerus, SH, MH., Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Bolmut Abd. Muis Suratinoyo, SH., serta para peserta utusan seluruh SKPD.(Gandhi)

Boroko, Sulutnews.com - Terlihat armada kendaraan bantuan  bencana alam banjir bandang dan longsor terus berdatangan daerah tetangga, sesudah bantuan dari Provinsi Gorontalo, terlihat iring-iringan mobil terbuka dan truck datang dari Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Rabu (11/03/2020).

Penyerahan bantuan dipimpin langsung oleh ketua TP PKK Kabupaten Boltim sekaligus anggota DPRD Provinsi Sulut Nursiwin Landjar Dunggio, S.A.P bersama jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Boltim.

Sekertaris Daerah (Sekda) Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.SI mengatakan Pemerintah Kabupaten Bolmut mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemkab Boltim. Sekaligus atas kepedulian dari pemerintah Boltim terhadap masyarakat Bolmut yang terkena dampak banjir bandang.

Asisten II Pemkab Boltim Ramla Mokodompis  melaporkan bantuan pangan antara lain beras sekitar empat ton lebih, mie instan ratusan karton, air mineral, pakaian, perlengkapan dapur, termasuk susu dan popok bayi.

Pemkab Boltim juga membawa  20 orang tenaga kesehatan dan diterima langsung Kadis Kesehatan Bolmut Dokter Jusnan Mokoginta, MARS di halaman Kantor Bupati Bolmut. Akan bertugas selama empat hari, sekalian dengan perlengkapan medis dan  obat-obatan farmasi.

"Dampak pasca Banjir bandang dan longsor buat masyarakat yang tertimpa musibah ini dengan terganggunya kesehatan mereka serta keluhan demam dan flu, sesak pernafasan, serta alergi kulit. Kami sangat membutuhkan tenaga para medis, serta mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Boltim dan seluruh masyarakatnya menyumbang bantuan ini. Ujar Jusnan Mokoginta.

Turut Hadir Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Ketua I TP PKK Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan, Hj. Fitriana Nani Bujang, SE. Para Asisiten Sekda Bolmut, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (Gandhi Goma)

Sonuo, Sulutnews.com - Bencana banjir bandang dan longsor yang menghantam Dusun 1 Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada hari kemarin Rabu (04/03/2020), salah satu penyebabnya adalah jembatan darurat Jambusarang yang telah ditinggalkan kontraktornya  PT Karya Kasih Anugerah. Selasa (10/03/2010).

Menurut Kepala Desa Sonuo Harsono Puasa setelah dikonfirmasi pasca banjir bandang dan longsor, penyebab utama terjadinya lonjakan air pasang akibat curah hujan yang tinggi adalah jembatan darurat yang tidak dibongkar pihak kontraktor Jembatan Jambusarang yang sumber dana dari APBN Tahun 2018 dengan nilai kontrak Rp. 4.972.551.000,-

"Kami masyarakat Desa Sonuo yang kena dampak banjir bandang dan longsor sangat kecewa dengan pihak kontraktor PT Karya Kasih Anugerah yang menangani proyek penggantian jembatan Jambusarang yang panjangnya kurang lebih 18 meter, finishing tidak dilakukan, termasuk tidak membongkar jembatan darurat, sehingga arus air berbalik menghantam rumah warga di Dusun 1." Ungkap Harsono.

Ditambahkannya, apalagi pihak kontraktor belum membayar upah puluhan tenaga kerja harian lokal berasal dari Desa Sonuo dan Desa Jambusarang.

Erikson Tegela seorang pensiunan yang tinggal dekat jembatan Jambusarang menceritakan kembali tentang peristiwa banjir bandang yang merendam rumah pribadinya nyaris tenggelam karena arus balik dari jembatan darurat.

"Biasanya jika ada peristiwa banjir sebelumnya, tidak separah ini, rumah kami nyaris tenggelam setinggi satu meter lebih. Barang perabotan rumah saya sebagian tidak sempat diselamatkan. Banjir datang mendadak tanpa terduga sebelumnya. Setelah kita telusuri, ternyata jembatan darurat di bawah Jembatan Jambusarang ini penyebab arus balik aliran sungai dari hulu menghantam pemukiman penduduk." ujar Tegela.

Ditambahkannya, terlihat dari bawah Jembatan Jambusarang ini pondasinya tergerus banjir dan jika tidak diatasi dengan timbunan batu sungai akan roboh, semoga hal ini menjadi perhatian dari dinas yang terkait.

Ketika dikonfirmasi ke Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bolmut Ir. Rudini Masuara, M.Sc terkejut dengan peristiwa ini, dan akan melaporkan ke pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Manado Provinsi Sulut. (Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Kapolda Sulut Meninjau Langsung Pos Wilayah Perbatasan Team Satgas Covid-19 Sulut Gorontalo.

Kapolda Sulut Meninjau Langsung Pos Wilayah Perbat...

Pinogaluman, Sulutnews.com - Kunjungan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM di Kabupaten Bola...

Percobaan Perampasan Mobil Di Jalur Dua Kantor Bupati Bolmut.

Percobaan Perampasan Mobil Di Jalur Dua Kantor Bup...

Boroko, Sulutnews.com - Peristiwa percobaan perampasan sebuah mobil Daihasu Terios DB 1740 HB yang d...

Jalan Lintas Trans Sulawesi Perbatasan Sulut dan Gorontalo Resmi Ditutup Sementara.

Jalan Lintas Trans Sulawesi Perbatasan Sulut dan G...

Pinogaluman, Sulutnews-com - Pertemuan resmi antara Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut...

Putra Daerah Bolmut Dari Polda Sulut Meraih Juara 1 MTQ Cabang Qor Qiraatul Qur'an Tingkat Kabupaten Bolmut

Putra Daerah Bolmut Dari Polda Sulut Meraih Juara...

Bolangitang Barat - Sulutnews-com - Brigadir Dua Polisi Rahmat Z Londa, anggota Polda Sulut Direktor...