Bolmut, Sulutnews.com - Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Organisasi masyarakat dibidang keagamaan; NU (Nahdlatul Ulama) atau Kebangkitan Ulama didirikan pada 16 Rajab 1344 H (31 Januari 1926). Organisasi ini dipimpin oleh K.H. Hasyim Asy'ari sebagai Rais Akbar.

Untuk menegaskan prinsip dasar organisasi ini, maka KH. Hasyim Asy'ari merumuskan Kitab Qanun Asasi (Prinsip Dasar), kemudian juga merumuskan Kitab I'tiqad Ahlussunah Wal Jamaah. Kedua kitab tersebut kemudian diejahwantakan dalam Khitah NU 1926, dijadikan dasar dan rujukan warga NU dalam berpikir dan bertindak dalam bidang sosial, keagamaan dan politik. (Sumber; NUonline).

Konferensi Cabang NU Ke-III Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) telah berlangsung di Kantor Aula Kantor Camat Bolangitang Barat. Sabtu (11/01/2020) Jam 09.30 wita.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bolmut Supriadi Goma, S.PdI dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam Kegiatan Konferensi Cabang Ketiga PCNU Kab. Bolmut.

"Kegiatan Konferensi cabang PCNU diseluruh wilayah dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, sehingga hasil yang diperoleh dari konferensi tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam pemerintahan Kabupaten Bolmut guna meningkatkan ketakwaan para kader NU dalam visi dan misi keorganisasian Islam di Kabupaten Bolmut." Ungkap Supriadi Goma

Ketua Pengurus Wilayah NU (PWNU) Sulut Drs. Hi. Ulyas Taha, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Kabupaten Bolmut yang telah memperhatikan organisasi NU di Kabupaten Bolmut sebagai salah satu organisasi keagamaan yang mengawal jalannya pemerintahan saat ini, sehingga sistem pemerintahan yang diterapkan oleh seluruh pemerintah daerah di Provinsi Sulut secara umum dapat berjalan dengan baik.

Organisasi NU sebagai salah satu organisasi keagamaan di Indonesia yang menjunjung tinggi ideologi Pancasila dan juga memiliki kekuatan moral untuk mengawal jalannya pemerintahan di Indonesia. Hal tersebut dinilai sebagai salah satu poin penting untuk meluruskan kembali nilai-nilai modernisasi pemerintahan saat ini dan di masa depan yang melenceng dari hakikat Pancasila.

Salah satu pernyataan yang melekat dimasyarakat terhadap keberadaan organisasi Islam tersebut yaitu "NU tidak kemana mana tetapi ada dimana". Hal tersebut dapat diartikan bahwa keberadaan NU di dalam sistem pemerintahan Indonesia tidak memiliki keberpihakan terhadap satu partai politik, karena di setiap partai politik  terdapat anggota NU. Dengan demikian, posisi tersebut dinilai mampu membuat NU menjadi lebih dekat dengan pemerintahan melalui pendekatan struktural politik kebangsaan dibanding kultur budaya Islam.

"NU bukan parpol, tapi kita jangan alergi politik. Saya telah diusung bakal calon Wakil Walikota Manado 2020. Jika kita dipercayakan secara moral akan bersama-sama membangun negeri ini penuh kedamaian dan toleransi; NU tidak kemana-mana, tapi NU ada dimana-mana. Hal ini memperkuat NU secara struktur dan secara kultur untuk membangun moral bangsa ini." Ujar Ulyas Taha.

Selanjutnya diungkapkan, ketika kita dalam di dalam struktur kepemerintahan  dan didukung parpol sesungguhnya kita membawah visi dan misi NU, maka disitu kita akan ketemu kepentingan bangsa dan negara yaitu 4 prinsip dasar perjuangan NU sebagai garis Islam Ahlussunah Wal Jamaah, yaitu;

Pertama, pemikiran yang moderat, tidak saling salah-menyalahkan orang lain, tidak mengkafir-kafirkan orang lain; itulah cara berpikir NU.

Kedua, adalah prinsip toleran; toleran dalam kehidupan beragama, toleran dalam kehidupan berbangsa, toleran dalam kehidupan organisasi kemasyarakatan. Jadi kalau ada orang tidak toleran itu bukan orang NU. Jadi perlu ikut Madrasah Kader NU (MKNU).

Ketiga, seimbang; membangun dunia membangun akhirat artinya ketika lagi menjalani profesi kepentingan dunia, jangan lupa dirikan sholat. Jika ada anggota Banser tidak sholat, maka jangan dulu malu kepada Allah, tapi malu pada pandangan manusia.

Keempat, adil; amal maruf nahi mungkar, kita mengajak pada kebaikan, dan mencegah kejahatan.

Sekda Kabupaten Bolmut Dr. Hi. Asripan Nani dalam membacakan sambutan Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menyampaikan ;

Melalui konferensi cabang NU ke-III tersebut diharapkan seluruh kader NU Kab Bolmut dapat menjadi pelopor kerukunan umat beragama yang telah tertanam sejak lama di dalam kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Bolmut. Diharapkan seluruh kader NU Kabupaten Bolmut mampu berperan aktif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada dan mampu menyelesaikan masalah-masalah tersebut secara musyawarah dan berdasarkan nilai-nilai Islami.

"Kegiatan NU dalam dakwa dan siar Islam telah membuktikan bahwa Islam sebagai rahmat semesta alam. NU telah memberikan pemahaman yang utuh kepada masyarakat religius, bagi kita NU sebagai masyarakat yang sungguh Islami. Demikian juga NU telah memberikan peran penting dalam dunia pendidikan kita berarti NU telah aktif mencerdaskan kehidupan bangsa. Tercatat dalam sejarah bahwa NU hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Bolmut ikut aktif mensejahterakan umat sesuai amanat konstitusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan perdamaian abadi." Ungkap Asripan Nani.

Ditambahkannya, keluarga besar NU ikut aktif meluruskan ajaran Islam manakala kita menemukan ada kejanggalan. Sebagai pelopor kerukunan antar umat beragama, kita cegah kekerasan atas nama agama, mari kita selesaikan secara damai, secara adil, secara bermartabat. Kemerosotan moral bangsa serta nilai-nilai agama seperti radikalisme, narkoba, pornografi, kriminalitas, kenakalan remaja, pergaulan bebas bahkan perilaku  korupsi dan lain sebagainya, NU telah melakukan pencegahan untuk kebaikan kita semua, untuk kebaikan moral bangsa dan negara serta untuk kebaikan untuk Kabupaten Bolmut yang kita cintai ini...

Sehubungan dengan adanya pembangunan kantor Sekretariat Pengurus Wilayah NU di Sulawesi Utara telah diresmikan berkat bantuan materi dari Pemprov Sulut, Pemkab Bolmut akan mengupayakan pembangunan Kantor Sekretariat PCNU Kabupaten Bolmut pada tahun 2021.

Acara selanjutnya  salah satu mekanisme pemilihan yang dilakukan dalam Konferensi Cabang NU ketiga tersebut yaitu dengan membentuk Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) yang terdiri dari Ustad Hamlan Pohontu, Syarifuddin, Imaduddin Guhung, Raden Mokoginta dan Liem Antogia.

Terpilihnya Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Bolmut Supriadi Goma, S.PdI dan Rois Syuriah NU Bolmut Hamlan Pohontu periode 2020-2025 ditetapkan setelah seluruh Majelis Wakil Cabang (MWC) di 6 Kecamatan di Kabupaten Bolmut secara bulat menerima laporan pertanggungjawaban ketua Tanfidz NU periode 2014-2019.

Acara ini dihadiri Sekretaris PWNU Sulut Masri Suleman, Wakil Ketua PWNU Sulut Midun Loho, Wakil Ketua PWNU Sulut Ridwan Hidayat, Perwira Polres Bolmut, anggota DPRD Bolmut Budi Setiawan Kohongia, Ketua MUI Bolmut Isra Kohongia, Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harundja, SH, Kepala Cabang Diknas Sulut Perwakilan Bolmut Patra Kapiso,Ketua dan pimpinan Muslimat NU Bolmut.(/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Ketua MPC Pemuda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ( Bolmut) Dr. Arter Datunsolang periode 2019-2023 mengadakan rapat perdana membahas pelaksanaan agenda program kerja MPC Pemuda Pancasila Tahun 2020. Selasa (07/01/2020).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bolmut dan DPRD Kabupaten Bolmut yang telah menganggarkan dana hibah dalam tahun anggaran 2020." Ungkap Arter

Agenda rapat terbatas ini dipimpin Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Sudarmin Humalidi, S.Pd :

Pertama, melaksanakan konsolidasi organisasi sebagai identitas organisasi masyarakat serta koordinasi lintas pengurus kecamatan sampai tingkat desa.

Kedua,  membahas agenda kegiatan,  tempat dan waktu penyusunan panitia untuk kegiatan Kemah Kerja Pemuda Pancasila.

Ketiga, akan melaksanakan kegiatan olahraga Open turnamen Volly Ball Se-Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo yang direncanakan berpusat di Kecamatan Bintauna.

Kegiatan-kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada triwulan 2 dan 3 tahun 2020. Pertemuan ini juga sekaligus telah memilih panitia inti dari dua agenda yakni Kemah Kerja Pemuda Pancasila dan Panitia Inti dari Open Turnamen Volly Ball.

Pertemuan rapat koordinasi antar panitia akan diagendakan pada tahap berikutnya sambil menunggu para sponsor menunggu proposal kedua kegiatan ini.

Rapat koordinasi perdana MPC Pemuda Pancasila dihadiri oleh Ketua MPC Pemuda Pancasila Kotamobagu Audy Pasambuna, SE, Wakil Ketua MPC Pemuda Pancasila Bolmut Ashdie Alamri, serta  pengurus lintas kecamatan se- Bolmut.(/Gandhi Goma)

Advertorial

Apel Perdana PNS Dilingkungan Pemkab Bolmut Awal Tahun 2020

Boroko, Sulutnews.com - Apel perdana pasca cuti bersama awal Tahun 2020, Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dihadiri Kepala Satuan Perangkat Daerah bersama seluruh pejabat administrator, pengawas, pelaksana serta tenaga harian lepas dilingkungan masing-masing Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD). Sekretariat KPU dan Bawaslu menghadirkan seluruh PNS dengan status diperbantukan di Lembaga Penyelenggara Pemilu. Dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bolmut, Jam 07.30. Senin (06/01/2020).

 

Sebagai pembina upacara apel perdana ini Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh mengawali sambutannya dengan mengingatkan kembali masa kepemerintahannya sudah berjalan satu tahun tiga bulan dengan saudara Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP sebagai Wakil Bupati.

 "Diawali dari berbagai kebijakan dan program strategis, bersifat mendasar bagi pembangunan daerah kedepan, saya berusaha meletakkan landasan penting, khususnya dalam merumuskan politik perencanaan pembangunan lima tahun. Alhamdulillah saat ini, kita telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bolmut 2018-2023." Ujar Depri Pontoh.

 

Perubahan arah pembangunan nasional, ditandai dengan ditetapkannya 5 Fokus Kerja Presiden RI Bapak Joko Widodo pada RPJM Tahun 2019-2024. Difokuskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Penyerdehanaan Regulasi, dan Transformasi Ekonomi.

Tahun ini, Pemkab Bolmut akan menapaki tahun ke-dua dalam pelaksanaan RPJMD 2018-2023, dimana sesuai Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020, terdapat 4 prioritas pembangunan, yaitu :

Pertama, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dengan sasaran;

- Meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat.

- Meningkatnya derajat kesehatan masyarakat.

- Meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat akan keragaman budaya (kebhinekaan).

- Meningkatnya prestasi pemuda dalam bidang pembangunan.

Kedua, peningkatan profesionalisme pelayanan publik dengan sasaran meningkatnya kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Ketiga, peningkatan infrastruktur wilayah strategis yang berkelanjutan, dengan sasaran;

- Meningkatnya pelayanan infrastruktur yang mendukung performa wilayah.

- Meningkatnya kualitas lingkungan hidup.

- Meningkatnya pengendalian pemanfaatan ruang.

Keempat, pengurangan kemiskinan dan peningkatan ekonomi daerah, dengan sasaran;

- Meningkatnya daya beli masyarakat.

- Optimalnya pengelolaan potensi ekonomi daerah.

- Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

 

Acara berikutnya yang menjadi perhatian seluruh peserta apel perdana ini adalah penandatanganan Pakta Integritas yang dilakukan kepala, badan, bagian, satuan perangkat daerah.

"Penandatanganan Pakta Integritas yang kita lakukan hari ini, jangan dipandang sebagai formalitas dan seremonial saja, melainkan sebagai bentuk pernyataan dan komitmen pimpinan-pimpinan perangkat daerah yang menjadi suatu kewajiban dan tanggung jawab kinerja organisasi yang dipimpinnya, guna mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sistem pemerintahan. Oleh karena itu, penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan "Deklarasi Moral" bagi setiap pimpinan SKPD mampu bekerja secara jujur, transparan, obyektif, dan akuntabel." Tegas Bupati Bolmut.

 

Ditambahkannya; Pakta Integritas ini merupakan rekomitmen penyelesaian proses Tuntutan Ganti Rugi (TGR). Dengan target penyelesaian THR diakhir triwulan pertama ini sudah 100 persen untuk TGR non finansial dan 80 persen untuk TGR finansial.

Tahun 2020 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut akan menggelar Pemilihan Badan Musyawarah Desa (BPD) bagi 106 Desa, dan Pemilihan Sangadi (Kepala Desa) Serentak bagi 52 Desa. Dihimbau oleh Bupati Bolmut agar panitia yang akan dibentuk oleh BPD nantinya dapat memperhatikan regulasi dalam menjalankan tugas sebagai panitia pelaksana seleksi yang profesional. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Ketua Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Irianto Pontoh melantik dan mengambil sumpah anggota Panitia Pengawas Kecamatan Pilgub Sulut 2020. Bertempat di Lavista Cafe. Senin (30/12/2019).

Membentuk Panwas Kecamatan merupakan kewenangan Bawaslu Kabupaten/Kota, maka diharapkan memilih Panwas Kecamatan yang memenuhi  ekpetasi sebagaimana mandat peraturan perundang-undangan, tidak saja menjadi harapan Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi, tetapi menjadi harapan publik; harapan masyarakat luas. Sebagai proses seleksi, tentu saja ada yang terpilih dan ada yang juga tidak terpilih. Secara prinsip proses seleksi dilakukan sesuai ketentuan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bolmut membacakan sambutan Ketua Bawaslu RI Abhan, SH. MH (Divisi SDM dan Organisasi) antara lain;

"Tantangan dalam penyelenggaraan Pemilihan berdasarkan bentangan sejarah pemilihan bila dibandingkan dengan penyelenggaraan pemilu sangat berbeda. Tipologi aktor politik, relasi-relasi antar aktor politik, potensi konflik dan lain sebagainya berbeda dalam dua jenis pemilu tersebut. Maka tentu diperlukan kualitas, integritas, dan kredibilitas Panwas Kecamatan yang dapat menyelenggarakan pengawasan ditingkat kecamatan, sehingga pemilihan dapat berjalan secara demokratis, langsung, umum, bebas dan rahasia, serta jujur dan adil."

Berdasarkan Surat Keputusan Bawaslu Kabupaten Bolmut, Nomor : 07/Bawaslu Prov/SA-03/HK 01.01/12/2019 Tanggal 30 Desember 2019 maka nama-nama anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan se Kabupaten Bolmut Provinsi Sulut pada Pemilihan Gubernur 2020 sebagaimana terlampir sesuai urutan nama kecamatan :

  1. Kecamatan Pinogaluman
  • Rulyan Humagi
  • Hamza Hasan
  • Overtian Perapi

 

  1. Kecamatan Kaidipang
  • Awaludin Tanaiyo
  • Abdul Muin Wengkeng
  • Meyer Muller Mentang

 

  1. Kecamatan Bolangitang Barat
  • Murianto Abdulfatah
  • Adris Patingki
  • Dian Gahtan

 

  1. Kecamatan Bolangitang Timur
  • Mohammad Canny Gobel
  • Mohammad Seprianto Datukramat
  • Wehelmina D Wungkang

 

  1. Kecamatan Bintauna
  • Iswandi Binolombangan
  • Mohamad Filabuya
  • Mahdi Mas'ud

 

  1. Kecamatan Sangkub
  • Suparman Usman
  • Demas Luminuhe
  • Ashabul Yamin Mamonto

Acara ini dihadiri Ketua dan Pimpinan KPU Bolmut, Kasat Reskrim Polres Bolmut, Kapolsek Urban Kaidipang, Anggota Koramil Kaidipang, Staf Bawaslu Sulut. (Gandhi Goma).

Bolangitang Barat, Sulut news.com - Dana desa dan Bundes menjadi prioritas kunjungan reses Herson Mayulu Ke masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Senin (30/12/2019)

Bupati Bolmut Depri Pontoh dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Anggota Komisi V DPR RI Dapil Sulut Herson Mayulu di Kabupaten Bolmut. Kegiatan Reses tersebut diharapkan mampu memberi persepsi-persepsi yang membangun bagi masyarakat Kabupaten Bolmut dan kepada anggota DPR RI dapat menerima berbagai masukan-masukan yang disampaikan oleh masyarakat maupun kepala dinas agar kedepannya Kabupaten Bolmut akan menjadi lebih baik.

"Diharapkan kepada seluruh kepala dinas, tokoh masyarakat, dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan reses ini dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan baik dan menyalurkan setiap aspirasi yang dapat membangun Kabupaten Bolmut kedepan." Ujar Depri Pontoh.

Anggota Komisi V DPR RI Dapil Sulut Herson Mayulu mengatakan :

Wilayah Bolmong raya saat ini sudah banyak mengalami kemajuan dari sebelum-sebelumnya, tidak dapat dipungkiri bahwa peluang untuk mewujudkan Provinsi Bolmong Raya (BMR) kini semakin besar.

Salah satu visi dan misi pemerintahan Jokowi adalah membangun Indonesia mulai dari lingkup desa, namun kenyataannya angka kemiskinan tertinggi terdapat di tingkat desa.

Pencairan dana yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada seluruh desa seharusnya diberdayakan untuk menggerakan seluruh generasi milenial, sehingga jiwa kreatif dan inovatif dari para pemuda tersebut yang diharapkan mampu membawa perubahan pada setiap desa.

Terpilihnya Merson Mayulu sebagai anggota komisi V DPR RI dapil Sulut tidak dapat dikatakan bahwa pihaknya hanyalah sebagai wakil rakyat dari kalangan umat islam, karena suara masyarakat yang memilih dirinya sebagai anggota DPR RI juga banyak yang berasal dari masyarakat Kristen dan juga terdapat 1 desa yang mayoritas penduduknya beragama Kristen dirinya menang di desa tersebut.

Seluruh usulan-usulan yang disampaikan oleh masyarakat Kabupaten Bolmut telah ditampung dan akan disalurkan melalui dinas-dinas di daerah.

Adapun masukkan dan aspirasi dari masyarakat Kabupaten Bolmut yang disampaikan secara bergantian yaitu dari masa reses Herson Mayulu telah menjadi catatan agenda untuk dibahas pada proses sidang DPR RI tahun depan.

Diharapkan adanya tindak lanjut realisasi terhadap proposal pembangun rumah nelayan yang akan dibangun di Kecamatan Bolangitang Timur, Bintauna, dan Sangkub. Proposal tersebut telah disampaikan kepada dinas terkait namun hingga saat ini masih belum diproses lebih lanjut.

Di Desa Sidodadi dan sekitarnya hingga saat ini mengalami kesulitan dalam mendapatkan jaringan komunikasi, karena masih belum ada menara seluler yang dibangun di daerah tersebut. Oleh karena itu, diharapkan kepada Anggota Komisi 5 DPR RI agar memperhatikan permasalahan tersebut guna membangun jaringan komunikasi internet guna mendapatkan informasi terbaru guna meningkatkan semangat dan motivasi pembangunan di desa-desa.

Mengharapkan adanya upaya khusus untuk pengelolaan pulau Bongkil yang merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Bolmut.

Sebagai wakil rakyat yang dipilih oleh masyarakat kabupaten Bolmut, diharapkan kepada Herson Mayulu sebagu Anggota Komisi 5 DPR RI dapat membawa seluruh aspirasi masyarakat Kabupaten Bolmut agar dapat terpilih kembali pada periode berikutnya, ujar seorang Sangadi yang tidak ingin namanya disebutkan dan berharap agar tunjangan kesejahteraan para Sangadi disejajarkan dengan Upah Minuman Regional (UMR) Sulut. (Gandhi Goma)

Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Masa reses Ir. H. Djafar Alkatiri, MM, M.PdI ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) guna menyerap aspirasi daerah telah dilaksanakan di Aula Kantor Camat Bolangitang Barat. Jumat (27/12/2019) Jam 14.00 wita.

Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Ketua Komite I DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah) Republik Indonesia Saudara Djafar Alkatiri sebagai senator dari perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, khususnya dari Kabupaten Bolmut. Mengapa kita menyebut beliau utusan khusus dari masyarakat adat Kaidipang Besar dan Bintauna ? Karena beliau memperoleh suara terbanyak dalam Pileg kemarin, karena ada satu desa 100 persen peserta pemilu memilih beliau sebagai anggota DPD RI.

"Harapan kita bersama, semoga Saudara Djafar Alkatiri dapat membawah beberapa menteri ke Kabupaten Bolmut. Dapat meninjau langsung keinginan dan kebutuhan rakyat Bolmut." Ungkap Depri Pontoh.

Djafar Alkatiri dalam sambutannya menyampaikan proses perjalanan masa reses dari NTT, Sulawesi Barat, Papua, sampai ke Sulawesi Utara telah mendengar seluruh aspirasi masyarakat daerah dalam tugas wewenangnya sebagai pimpinan DPD RI.

"Ucapan terima kasih kepada tiga pejabat Bolmut; Bupati Depri Pontoh, Wakil Bupati Amin Lasena, serta Sekretaris Daerah Asripan Nani; karena selama masa reses saya sebagai senator ini, hanya Kabupaten Bolmut yang dihadiri ketiga pejabat penting, dan saya diberikan kehormatan memberikan khotbah Jumat di Masjid Agung Baiturrahman. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Bolmut karena telah memilih saya kurang lebih 20 ribu suara, saya tidak kasih uang. Secara pribadi saya ucapkan terima kasih kepada rakyat Desa Binuanga telah memilih saya sepenuhnya. Saya terpilih saya wakil ketua I DPD RI dari 136 senator serta bermitra dengan Depdagri, Kemenlu, KPK, dan Kementerian Desa." Ulas Alkatiri.

Lanjutnya, nanti kedepan khusus berhubungan dengan otonomi daerah dan pemekaran daerah menjadi prioritas pembahasan DPD RI. UU Desa itu dari inisiatif kita walaupun disyahkan anggota DPR RI. Usulan Prolegnas termasuk rancangan wilayah kepulauan dan perbatasan.

Reses di Papua telah membuka hati dan jiwa kita dari sisi penanggulangan keamanan belum membuahkan hasil yang efektif, tapi kita lebih fokus ke prioritas kesejahteraan. Kebijakan Mendagri telah membuka moratorium, saya hakul yakin Provinsi BMR (Bolaang Mongondow Raya) dapat terwujud karena nomor urut pertama. Semoga Presiden Jokowi membuka moratorium. Oleh sebab itu kita DPD RI mendorong Bambang Soesetyo menjadi Ketua MPR.

Tahap selanjutnya adalah tanya jawab dimulai dari Sekda Asripan Nani yang mengharapkan kepada Djafar Alkatiri untuk dapat menfasilitasi pendirian pesantren Al'Hairat ke Menteri Agama dan proses pendirian perguruan tinggi di Kabupaten Bolmut.

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengharapkan otonomi daerah dalam standar rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil cenderung mendahulukan anak negeri.(/Gandhi Goma).

Boroko, Sulutnews.com - Kapolda Sulut Irjen Pol Dr. Remigius Sigid Tri Hardjanto, SH. M.Si meninjau langsung persiapan Natal 2019 dan menjelang Tahun Baru 2019 dengan menggunakan kendaraan helikopter dari Manado, dan mendarat di Lapangan Kembar Boroko, dan langsung meninjau pos keamanan diseputaran Kecamatan Kaidipang dan lokasi pembangunan Polres Bolmut serta Gedung sementara Polres Bolmut didampingi Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, Kapolres Bolmut AKB Eko Kurniawan, SIK, para perwira Polda Sulut, Forkompinda. Selasa (24/12/2019)

Kedatangan Kapolda Sulut disambut dengan prosesi adat Kaidipang Besar selamat datang atau dalam bahasa daerah "Agu Nai Dopatay" di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sebagai simbol masyarakat adat Kaidipang Besar dan Bintauna.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kapolda Sulut ke dua kalinya ke Kabupaten Bolmut, serta kehadiran Polres Bolmut ini, tentunya Pemda mendukung sepenuhnya segala program dan terobosan-terobosan dari Kepolisian yang semuanya berorientasi pada terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat yang kondusif, menekan terjadinya angka kriminal atau kejahatan yang semuanya bermuara pada tujuan untuk menciptakan daerah yang penuh kedamaian dan ketentraman serta mengantisipasi potensi konflik dan kejahatan yang dapat mengganggu jalannya roda pemerintahan dan pembangunan daerah.

Kapolda Sulut dalam arahan kepada seluruh jajaran Forkompinda memberikan apresiasi tersendiri kepada Bupati Bolmut dan masyarakatnya. Ada tiga hal yang perlu disampaikan pada acara pagi hari ini;

"Pertama, pada awal tahun saya menjabat sebagai Kapolda Sulut, saya mengunjungi  Bolmut. Pada waktu itu saya menyampaikan pesan Kamtibmas agar kita bersama-sama bisa menjaga, mengamankan Pileg dan Pilpres 2019, dan seperti bapak ibu ketahui bersama, Alhamdulillah Puji Tuhan berjalan aman, lancar, dan tertib. Ini tentunya kontribusi bapak ibu sekalian, sekali lagi saya ucapkan terima kasih."

"Kedua, saya ke Bolmong Utara untuk melihat persiapan pengamanan Natal, karena kemarin Panglima TNI dan Kapolri hadir mengunjungi Sulawesi Utara khususnya di Manado. Beliau ingin melihat kesiapan natal dan tahun baru, saya dan Panglima (Kodam XIII Merdeka) melaporkan bahwa masyarakat Sulawesi Utara ini, disemua daerah sangat menjunjung tinggi toleransi, sehingga mudah-mudahan perayaan natal dan tahun baru umat Nasrani merasa aman dan nyaman untuk merayakannya, didukung oleh saudara-saudara kita yang kebetulan tidak merayakannya. Khusus untuk Tahun Baru 2020, bapak bupati akan melaksanakan acara zikir bersama. Sudah tidak zamannya lagi dengan pesta-pestaan, lebih baik kita berdoa melepas akhir tahun sebagai rasa syukur..."

"Dan terakhir saya sampaikan Polres Bolmut sudah resmi dikukuhkan dan Kapolresnya Pak Eko. Pak Eko saya tunjuk sebagai Kapolres Bolmut karena saya yakin beliau bisa bekerjasama dengan jajaran Forkompinda dan staf di Polres ini masih kurang lebih 48 orang untuk memberikan pelayanan kepolisian. Saya titip ke masyarakat Bolmut, saya titip Pak Eko sebagai Kapolres. Jika Pak Eko kinerjanya tidak baik langsung laporkan Pak Bupati, sehingga nanti betul-betul jajaran Polres Bolmut yang baru ini bisa memberikan pelayanan kepolisian yang maksimal." Ungkap Kapolda Sulut mengakhiri sambutannya, sesudah itu menuju ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. (Gandhi Goma).

Boroko, Sulutnews.com - "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang" yang menjadi tema perayaan natal bersama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Tahun 2019. Bertempat di Auditorium Kantor Bupati Bolmut, Jam 14.00 Wita. Jumat 20/12/2019).

Tema ini memiliki makna yang sangat kuat bagi Umat Kristiani, dimana umat manusia hidup dengan persaudaraan, persahabatan, saling mencintai, dan bersama-sama berbuat kebajikan demi kebahagiaan umat manusia. Inilah cita-cita kemanusiaan yang hakiki, yang harus dihadirkan dalam setiap merayakan natal bersama.

Pendeta Tedius Batasina, S.Th, dalam khotbahnya mengungkapkan Peristiwa proklamasi natal adalah peringatan kasih sesama manusia.  Kasih yang hebat dan kesetiaan. Natal Jesus Berkat bagi kita, berkat bagi semua.

Bagi PNS, bekerjalah penuh pengharapan, cinta, sukacita, dan damai. Maka jabatan akan mengikuti anda. Maka perlu dilakukan adalah harmonisasi sesama umat beragama. Yakin dan percaya bahwa Tuhan beserta kita.

Persahabatan indah walau berbeda dalam kasih Allah. Acara ibadah natal ini sebelumnya sudah dilakukan dan dipimpin oleh Ibu Pendeta Vive Hermawan, S.Th disertai persembahan lagu-lagu rohani memuji nama Tuhan Yesus Kristus.

Dalam sambutan Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh; merasa bersyukur ditengah-tengah suka cita natal ini, perkenankan saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara serta atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Natal Tahun 2019 kepada segenap umat Kristiani di Bolaang Mongondow Utara dan selamat menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2020 kepada kita semua.

"Semoga perayaan natal tahun ini akan membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi segenap umat Kristiani yang merayakannya, sekaligus dapat memberikan semangat dan harapan baru, untuk membangun hari esok yang lebih baik bagi kita seluruh masyarakat Bolmut guna membangun daerah tercinta sebagai Kabupaten JUARA (Jujur, Adil, dan Sejahtera)  di Provinsi Sulawesi Utara." Ungkap Depri Pontoh.

Harapannya, perayaan natal merupakan bentuk aktualisasi iman dan kasih kepada Tuhan dan sesama melalui berbagi tugas pelayanan dan pengabdian sesuai karunia dan talenta yang kita miliki. Agar kita saling melengkapi, menciptakan harmonisasi, saling memaafkan, membina kerukunan dan kedamaian.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Utara Drs. Fransiscus Maindoka mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE membacakan sambutannya antara lain;

"Natal juga harus disikapi sebagai upaya motivasi, pembaruan, cinta kasih, kesederhanaan, dan solidaritas sebagai wujud cerminan kepatuhan. Semangat ini hendaknya dapat diabadikan bukan hanya untuk umat Kristiani saja, tetapi lebih jauh untuk seluruh umat beragama di Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara." Harap Gubernur Sulut.

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, Ketua DPRD Bolmut Frangky Cendra, Perwira Kodim 1303 Bolaang Mongondow Mayor Inf. Nus, Ketua TP PKK Bolmut Drs. Hi. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Ketua I TP PKK Bolmut Dra. Hi. Siti Safwania Lasena Djenaan, Asisten II Perekonomian, Pembangunan, dan Kehumasan Setda Bolmut Jacomina H.J. Mamuaja, S.Pd, Kaban Penanggulangan Bencana Nasinal Daerah Bolmut Ir. Viktor Nanlesi, Kepala Kantor Kementerian Agama Bolmut Akmal Lamarang, Wakil Rakyat Suriansyah Korompot, Soeit Pontoh, Sartono Dotinggulo, Budi Setiawan Kohongia, Satuan Perangkat Daerah, Camat, Sangadi, Pemuka Agama, Tokoh Adat dan masyarakat dari Sangkub sampai Pinagaluman.(/Gandhi Goma)

Download Materi Sosialisasi KPU : Tahapan Pencalonan Pemilihan 2020

Boroko, Sulutnews.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan sosialisasi stakeholder (para pemangku kepentingan) Tingkat Kabupaten Bolmut tentang Pencalonan Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020, bertempat di Lavista Cafe Desa Kuala Utara. Minggu (08/12/2019).

Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Ketua MUI Bolmut Kohongia, S.PdI, dilanjutkan sambutan Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harundja, SH mengucapkan selamat datang kepada Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, S.I.P, M.Si, Pimpinan KPU Sulut Ibu Yessy Yatty Momongan, S.Th, M.Si, Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik Raymond F Mamahit, SE. AK, serta rombongan dalam rangka sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur dari pencalonan bakal perseorangan tahun 2020 di Kabupaten Bolmut.

 

"Hasil pemilu serentak tahun 2019 partisipasi masyarakat politik untuk Pilkada Bolmut mencapai 91 persen melampaui dari target yang ditargetkan secara nasional, dan hal ini menjadi landasan kesadaran politik kita untuk Pilgub Sulut 2020, proses ini penting disosialisasikan terus-menerus oleh penyelenggara pemilu dan kehadiran bapak ibu dari unsur pengurus parpol, organisasi masyarakat, LSM, serta para pemerhati Pilgub Sulut 2020." Ujar Djunaidi Harundja.

Sambutan Ketua KPU Sulut Dr. Ardiles Mewoh memberikan apresiasi tersendiri terhadap penyelenggaraan  Pemilihan Legislatif 2019 di Kabupaten Bolmut berada diatas 89 persen dalam kepersetaan wajib pilih memilih dan memilah wakil rakyatnya, untuk  Pilpres 2019 di Bolmut meraih 83 persen dalam rangking tingkat Provinsi Sulut. Namun untuk Pilkada Bolmut kemarin diatas target 91 persen berada diatas target nasional sehingga KPU Bolmut masuk urutan kelima seluruh daerah pemilihan serentak. Terima kasih dari dukungan  ormas pemuda, ormas LSM, tokoh adat dalam Pemilu Serentak 2019, lebih khusus kepada penyelenggara KPU Bolmut,  kita berikan aplaus tersendiri..." Ungkap Ardiles Mewoh.

 

Ditambahkannya, Jalur politik hanya salah satu jalur untuk calon gubernur dan wagub. Ada juga calon perseorangan... Hal penting perlu disampaikan karena disamping ada koalisi parpol untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur, ada juga calon perseorangan yang diamanatkan UU Pemilukada, termasuk ada rekruitmen ad-hoc penyelenggara pemilu Pilgub Sulut 2010.

"Hampir 75 ribu orang untuk PPS, KPPS di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut." Kata Ardiles

Pelaksanaan sosialisasi menjadi moderator Raymond F Mamahit didampingi Ibu Rita Sophia Darondo dan Wiwidayanti Dampolii sebagai pimpinan KPU Bolmut.

Materi persyaratan calon perseorangan dalam Pilgub Sulut 2020 diawali dari Ibu Yessy Yatty Momongan, S.Th, M.Si bidang Teknik Penyelenggara KPU Sulut. Jumlah persyaratan menjadi calon perseorangan untuk harus memperoleh dukungan 19.812 KTP, minimal memperoleh dukungan di 8 (delapan) daerah kabupaten/Kota se-Sulut; jika dibagi akan memperoleh dukungan 24 ribu KTP setiap daerah pemilihan.

 

"Lima pekerjaan yang Yidak Memenuhi Syarat (TMS) calon perorangan dengan dukungan KTP Elektronik berasal dari anggota TNI, Polri, PNS, Kepala Desa atau perangkat desa" ungkap Ibu Yessy Momongan.

Selanjutnya, mengisi Formulir Model B.1-KWK Perseorangan. Surat Pernyataan Dukungan oleh setiap pendukung yang ditempel dengan fotocopi KTP Elektronik dilampiri Surat Keterangan;

Pertama, disusun secara perorangan (1 pendukung 1 surat pernyataan)

Kedua, ditempel dengan fotocopi KTP Elektronik atau dilampiri

Ketiga, dibuat 1 rangkap asli

Keempat, tanda tangan pendukung tidak perlu dibubuhi materai

Kelima, dikelompokkan berdasarkan wilayah desa atau sebutan lain kelurahan.

Sesion selanjutnya adalah tanya jawab dari Ketua Gerindra Bolmut Hi. Reba Pontoh tentang jaminan honorarium penyelenggara pemilu di TPS serta jaminan keselamatan kesehatan dari tim medis.

Ibu Yessy Momongan menjawab sehubungan dengan beban kerja hanya 1 kotak untuk Pilgub Sulut dan Pilkada di Bolsel, Boltim, serta daerah lainnya, maka berdasarkan surat edaran dari KPU RI tunjangan honorarium bagi setiap KPPS sekitar Rp.2.200.000,- selama enam bulan, dan anggotanya Rp.1,9 juta lebih jelas nanti pada saat pengumuman rekruitmen penyelenggara ad-hoc Pilgub Sulut bulan Januari 2020, dan tim kesehatan akan kita siapkan nanti...

 

Acara ini dihadiri oleh Perwira Penghubung Kodim 1303 Kodim BM Mayor Inf. Nus, Kejaksaan Negeri Bolmut diwakili Kasie DATUN, mewakili Kapolres Bolmut AKP Saiful Tammu, Kasie Intel Polres Bolmut AKP Noldi Harimu, S.Pd, Staf Kesbangpol Pemkab Bolmut Hamsah Lantapon, Ketua Partai Persatuan Pembangunan (P3) Sidik Binol, Sekretaris P3 Hamza Datukramat, Sekretaris PDI-P Bolmut Zamad Lauma, Wakil Ketua PDI-P Carles Sumaili dan Max Takumansang, Pengurus PAN Bolmut Abd. Kafir Hangkiho, serta pengurus organisasi masyarakat lainnya, termasuk KPMIBU.(*/Gandhi Goma)

Bolmut, SulutNews.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Gelar Focus Group Discussion (FGD) IV dalam rangka penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bolmut, bertempat di Aula Kantor Camat Bolangitang Barat, Kamis (05/12/2019).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Penyusunan Revisi RTRW Kabupaten Bolmut yang dilaksanakan melalui kerja sama pemerintah daerah dalam hal ini Dinas PUPR dengan Universitas Sam Ratulangi dalam hal ini Fakultas Teknik.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bolmut melalui Kepala Bidang Tata Ruang Viviliana Pontoh ST, mengatakan FGD IV ini merupakan tahap awal sosialisasi revisi peraturan daerah Kabupaten Bolmut Nomor 3 tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2013-2033.

“Kegiatan ini melibatkan unsur pemerintah daerah yg tergabung dalam Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten, tim ahli dari Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, LSM, Organisasi Pemuda, serta Tokoh-tokoh masyarakat “ Ujarnya

“Sosialisasi ini masih akan berlanjut di tahun depan, sehingga kami berharap ada informasi, masukan, kritik maupun saran dari masyarakat Bolmut secara umum terkait dengan tata ruang untuk penyempurnaan Rancangan Perda RTRW ini sebelum di ajukan ke DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara” Harap Ibu Vivi Sapaan Akrabnya (/Bahar Korompot)

Bolaang Mongondow Utara

Sekda Asripan Nani Membuka Resmi Konfercab NU Ke- III Kabupaten Bolmut

Sekda Asripan Nani Membuka Resmi Konfercab NU Ke-...

Bolmut, Sulutnews.com - Bolangitang Barat, Sulutnews.com - Organisasi masyarakat dibidang keagamaan;...

Rapat Perdana MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bolmut Tahun 2020

Rapat Perdana MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bolmu...

Boroko, Sulutnews.com - Ketua MPC Pemuda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ( Bolmut) Dr. Arter Datun...

Pakta Integritas Merupakan Deklarasi Moral

Pakta Integritas Merupakan Deklarasi Moral

Advertorial Apel Perdana PNS Dilingkungan Pemkab Bolmut Awal Tahun 2020 Boroko, Sulutnews.com - Apel...

Pelantikan Panwaslu Pilgub Sulut 2020 Kabupaten Bo...

Boroko, Sulutnews.com - Ketua Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Irianto Pontoh mela...