SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Wali kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara menghadiri sekaligus membuka  kejuaran Even  Drag Race dan Drag Bike  yang dilaksanakan lintasan jalan  Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, Jumat (27/5/2022).

Wali kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dalam sambutanya menyampaikan, sangat bersyukur kepada seluruh masyarakat Kotamobagu karena kita berjuang bersama untuk melakukan vaksinasi covid 19 capai yang saat ini sudah mencapai 96 persen, sehingga kegiatan seperti ini mulai dilonggarkan oleh Pemerintah Kotamobagu (Pemkot).

“ Ini patut kita syukuri karena hadirnya event yang sangat strategis ini dan sangat besar ini yakni kegiatan seperti ini, tidak  bisa akan terjadi apabila kondisi Kotamobagu tidak dalam keadaan baik terutama dalam pencegahan covid 19 yang terjadi di seluruh dunia,” ujarnya.

Tatong mengatakan, kegiatan kali ini merupakan kesempatan emas buat seluruh peserta yang bukan hanya dari Kotamobagu tetapi dari Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Palu dan Makasar  yang menjadi peserta kali ini,  serta merupakan kesempatan emas buat kita pencinta otomotif yang ada di kotamobagu.

“Atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya, dan terima kasih yang tidak terhingga karena kegiatan ini sangat bermanfaat terutama menyiapkan Wahana untuk menyalurkan minat bakat dan kemampuan peserta dan juga kemudian dapat menghibur masyarakat,” ungkapnya.

Di kegiatan tersebut, turut di hadiri Wakil Ketua DPRD Syarief Mokodongan, Ketua MKGR Kotamobagu Hi Eka Sartika Mashoeri SPT, Ketua IMI pusat, Assiten 2 Sekda Siti Rafika Bora.

Juga di hadiri oleh Hadir juga ketua Partai Golkar KK H Djelantik Mokodompit, kepala Dispora, kepala Dishub, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Lurah Motoboi Kecil, karang Taruna Mocil serta seluruh masyarakat Kotamobagu.(*)

 

 SULUTNEWS,DPRD KOTAMOBAGU-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu, menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka peringatan HUT Kota Kotamobagu Ke-15, Senin 23 Mei 2022.Paripurna yang digelar di Ruang Sidang DPRD ini dipimpin langsung Ketua DPRD Meiddy Makalalag ST, didampingi Wakil Ketua Syarifudin Juaidi Mokodongan bersama Herdi Korompot.Lewat sambutannya, Meiddy menyampaikan, seiring perjalanannya Kota Kotamobagu telah melalui perubahan yang signifikan, baik dari aspek fisik maupun aspek sosial budaya, ekonomi dan lingkungan.“Perubahan merupakan kata kunci yang harus dijalani oleh setiap individu, tidak hanya konteks peningkatan kualitas diri, tetapi juga menyangkut kualitas hidup bermasyarakat secara lebih luas,” kata Meiddy.

Lanjutnya, menjadi sebuah histori pada saat ini perayaan HUT Kotamobagu yang ke 15 ditengah upaya mencegah penyebaran Covid 19. Dimana, Pandemi telah menjadi sebuah ancaman yang telah mengguncang tatanan dunia.“Saat ini kita menemukan budaya-budaya baru seperti menjaga jarak fisik, mengenakan masker dan menghindari perkumpulan. Budaya baru ini adalah respon dan adaptasi dari situasi yang terjadi dan yang kita kenal sebagai proses adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Budaya ini membutuhkan pemahaman dan kesepakatan bersama,” ujarnya.Olehnya lanjut Meiddy, dibutuhkan kerjasama dan gotong royong agar berbagai persoalan daerah akan dapat terselesaikan.

Dikatakannya, sejarah telah membuktikan bahwa kemajuan yang telah diraih bukan merupakan hasil kerja parsial, melainkan hasil kerja bersama dan kerja keras seluruh masyarakat yang ada di Kota Kotamobagu.“Semangat kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat pula yang membawa Kota Kotamobagu memperlihatkan kemajuan demi kemajuan yang positif serta mampu keluar dari zona bahaya pandemi Covid-19,” tutur Meiddy.Ditambahkan, rentang sejarah 15 tahun Kota Kotamobagu, para pemimpin dan pejuang telah berkarya siki berganti. Para pemimpin telah berbakti, bekerja keras dan dengan tekad yang kuat telah membawa daerah ini ke arah yang lebih baik“Oleh karenanya kita patut berbangga dan memberikan penghargaan yang tulus atas jasa dan pengabdian mereka. In shaa Allah segala yang diberikan untuk daerah ini bernilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa,” tandasnya.Hadir dalam kegiatan, Gubernur Sulut yang diwakili Biro Administrasi Pimpinan, Abdullah Mokoginta, unsur Forkopimda Sulut dan Kotamobagu, pimpinan dan anggota DPRD, Kepala Daerah se Sulut, anggota DPRD Kotamobagu, mantan penjabat, pimpinan BUMN, BUMD serta tamu undangan.(Adv)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU–Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara bersama dengan Sekretaris Daerah atau Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta SH, dan jajaran asisten, serta kepala Organisasi Perangkat Daerah atau OPD Minggu (22/5/2022) pagi tadi, menggelar ziarah ke sejumlah mantan kepala daerah yang ada di wilayah Kotamobagu.Kegiatan ziarah tersebut, diawali dengan mendatangi makam  Makam Alm. Drs. Hi. M. Mokoginta yang diketahui merupakan Bupati Bolaang Mongondow periode 1996-2001, yang terletak di Desa Pontodon, Kecamatan Kotamobagu UtaraSelanjutnya, rombongan Wali Kota Kotamobagu bergerak menziarahi Makam Alm. Drs. Hi. Abdullah Mokoginta, yang diketahui merupakan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Periode 1986-1991, yang terletak di Desa Bilalang II,Kecamatan Kotamobagu Utara.

Sekira pukul 09.00 WITA, rombongan kemudian bergerak menziarahi Makam Alm. Ir. Hi. Syamsudin C. Mokoginta, yang diketahui merupakan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Periode 2001-2006, di Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara.

Dari wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara, rombongan Wali Kota Kotamobagu, bergerak ke Makam Bupati Bolaang Mongondow Periode 1981-1991 yakni Alm. Drs. Hi. J. A. Damopolii di Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Dimana, kegiatan ziarah tersebut ditutup dengan menziarahi makam Bupati Bolaang Mongondow Periode 1976, 1991-1996, yakni Alm. Drs. Hi. Syamsudin Paputungan, yang terletak di Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Kegiatan ziarah makam ke mantan mantan kepala daerah di Bolaang Mongondow Raya yang terletak di Kotamobagu tersebut, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun atau HUT Kotamobagu ke 15 tahun 2022.Dimana, hal itu dilakukan sebagai bagian dari penghargaan terhadap jasa para pendahulu yang telah berhasil membangun daerah Bolaang Mongondow raya pada umumnya, dan Kotamobagu pada khususnya, yang dahulunya sebelum dimekarkan, merupakan ibu Kota dari Kabupaten Bolaang Mongondow.(*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara memimpin pelaksanaan upacara dalam rangka HUT ke 15 Kota Kotamobagu, Senin (23/5/2022).

Salam upacara tersebut, turut di hadiri, Ketua DPRD, Sekda Kotamobagu,Bupati Boltim, para kepala OPD,Kapolres Kotamobagu, Kapolres Bolmong, Kepala Kejaksaan,ketua Pengadilan, dan seluruh ASN di pemkot Kotamobagu.Wali kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dalam penyampaiannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh pejabat yang sempat menghadiri perayaan HUT Kotamobagu yang ke 15. “ Di usia ke 15 ini Kotamobagu, saya meminta untuk menjadikan momentum dan referensi sebagaimana telah kita perjuangkan saat pembentukan Kotamobagu oleh pendahulu atau pembentuk Kotamobagu dalam rangka memajukan daerah serta mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.Tatong mengatakan, peringatan HUT Kotamobagu yang ke 15 hari ini semoga dapat memperteguh komitmen kita semua, seluruh element masyarakat dan seluruh aparatur sipil negara yang berada di Kotamobagu untuk lebih memaksimalkan peran dan kinerja kita masing-masing.“Sebagaimana dengan teman HUT Kotamobagu yang ke 15, peningkatan ekonomi melalui Optimalisasi pelayanan publik demi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat dari awal pembentukan Kotamobagu,” terangnya.Lanjutnya, Alhamdulillah dalam kurun waktu 15 tahun sejak terbentuk sebagai daerah otonom baru yang terbentuk pada tanggal 23 Mei 2007 daerah Kotamobagu hingga saat ini telah banyak mengalami perubahan, perkembangan, serta kemajuan di berbagai bidang.“Hal tersebut, bisa terlihat dari berbagai program dan kegiatan yang mengalami kemajuan serta kesuksesan yang sangat membanggakan yang telah berhasil di raih oleh pemerintah daerah Kotamobagu,” ungkapnya.“Pembangunan Kotamobagu hingga saat ini juga bisa terlihat dari fasilitas penunjang yang di butuhkan masyarakat yakni, kesehatan, pendidikan, saran dan prasarana di berbagai bidang yang tentunya bertujuan membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat,” tandas Bupati.(*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara menghadiri pelaksanaan kegiatan Halal Bi Halal bersama masyarakat Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Selatan. Sabtu (21/5/2022).

Untuk di kecamatan Kotamobagu Timur dilaksanakan di Kelurahan Kotobangon, sedangkan Kotamobagu Selatan yang dilaksanakan di Kelurahan Pobundayan.

Wali Kota dalam sambutannya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan kebersamaan, persatuan serta persaudaraan sebagai modal utama dalam rangka menyukseskan pembangunan.

“Mari kita semua terus menjaga Kebersamaan, Persatuan dan Persaudaraan sebagai modal utama dalam rangka menyukseskan pembangunan di daerah ini,” ajak Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut Wali juga menyampaikan sejumlah program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu pada Tahun 2022, yakni diantaranya Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah.

“Untuk itu dibutuhkan dukungan agar pembangunan Perpustakaan ini dapat terwujud, karena sebuah daerah akan semakin maju jika ada fasilitas Perpustakaan, karena masyarakat akan semakin mudah mendapatkan akses mendapatkan Ilmu Pengetahuan ” ujar Wali Kota.

Halal Bi Halal tersebut juga dihadiri Kapolres Kotamobagu, AKBP. Irham Halid, S.I.K, Plt. Kepala Kantor Kementerian Kementerian Agama Kotamobagu, M. Syahran Noor Gonibala, Lc, anggota DPRD Kota Kotamobagu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, SH, para para Asisten, pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, Camat, Lurah dan Sangadi, serta tokoh masyarakat di Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kecamatan Kotamobagu Selatan.(*)