Boltim

Boltim (345)

Boltim,Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga Ny. Seska Ervina Budiman. S. Sos, bersilaturahmi dengan Masyarakat dalam acara Halal bi Halal.

Halal bi halal tersebut, bertempat di Masjid Baitul Makmur Desa Matabulu Kecamatan Nuangan. Rabu 25 Mei 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan sambutannya, ia hadir dalam acara ini untuk memenuhi undangan sekaligus untuk bersilaturahmi dengan Masyarakat, namun ia datang tidak sendirian tapi didampingi oleh seluruh Satuan Kerja Perangat Daerah (SKPD).

Foto:Tampak Bupati Boltim, didampingi Ketua TP-PKK Boltim, saat berdo’a bersama dengan Masyarakat Desa Matabulu.

“Dalam setiap kunjungan supaya bermanfaat, maka Saya datang membawa sesuatu. Bukan hanya datang bertatap muka, berpidato dan pulang, bukan ini yang sebenarnya. Gunanya saya bawa SKPD agar bisa berdialog apa menjadi kebutuhan Masyarakat yang belum tersentuh oleh pemerintah. Jadi dalam setiap silaturahmi seperti ini ada keberkahaan didalamnya,”terang Bupati.

Lanjut Bupati Sachrul, berkaitan dengan silaturahmi atau halal bi halal yang saling bermaaf - maafan, tentu tak hanya dilaksanakan dalam setiap bulan syawal. Sampai kapan pun silaturahmi bisa dilaksanakan asalkan masih punya niat.

Foto:Tampak Masyarakat Desa Matabulu, saat foto bersama dengan Bupati Boltim.

“Bagi siapa ingin dibukakan pintu rezekinya dan ingin diperpanjang umurnya, maka Kita harus menyambung dan mempererat tali silturahmi,”jelas Bupati.

Pada kesempatan itu juga, Bupati memberikan bantuan Rp50 juta, untuk Masjid Baitul Makmur. Bupati pun meminta kepada sangadi dan pegawai syar’i segera membentuk Panitia dan buatkan proposal.

“Segera buatkan proposal, Saya akan berikan bantuan Rp50 juta untuk dibelikan keperluan masjid,”tutup Bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Boltim, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, para Asisten, dan seluruh Kapala SKPD. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, melepas keberangkatan dua jamaah umroh.

Kedua jamaah umroh tersebut, yakni, Roni Paputungan Imam Masjid Nurjanah Desa Tutuyan, dan Mat Anwar Mamonto Pegawai Syar’i Desa Liberia.

Kepada awak media, Rabu 25 Mei 2022, Kepala Dimas Kominfo Boltim Khaerudin Mamonto mengatakan, hal ini merupakan niat tulus dan inisiatif pribadi Bupati Boltim Sam Sachrul, dengan menggunakan dana pribadi hingga pengurusan administrasi agar kedua jamaah itu berangkat ke tanah suci untuk meunaikan ibada umroh.

“Iya, kedua jamaah tersebut diberangkatkan Umroh oleh Pak Bupati. Mereka akan ke Manado pada tanggal 27 Mei 2022, dan ke Jakarta pada 28 Mei untuk bergabung dengan rombongan lainnya,”jelas Khaerudin.

Lanjut Kadis, saat tiba di Jakarta, kedua jamaah asal Boltim bersama rombongan akan mengikuti Manasik, dan selanjutnya akan berangkat ke Tanah Suci pada 29 Mei mendatang.

“Tentunya sebelum menuju ke tanah suci, rombongan mampir terlebih dahulu di negara Oman, untuk wisata religi selama 1 hari dan lanjut ke Kota Madinah untuk melaksanakan Ibadah Umroh selama 13 hari,”terangnya.

Ditambahkannya lagi, Insya Allah mereka akan berangkat dan kembali lagi di tengah - tengah Keluarganya dalam keadaan sehat walafiat..

 “Kita berharap seluruh jamaah umroh saat menjalankan ibadah hingga kembali ke tanah air, tetap dalam perlindungan Allah SWT dengan keadaan sehat,”Tutup Khaerudin. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, tak henti - hentinya melakukan upaya untuk kesejahteraan Masyarakat Motongkad Kecamatan Motongkad Kabupaten Boltim, untuk memiliki lahan Hak Guna Usaha (HGU) Lonsiow, dan hal ini mulai terjawab.

Kepada awak media, Bupati Sam Sachrul mengatakan, pihaknya akan memberi sebagian hektar lahan HGU pada PT Lonsiow. Dan sudah pasti Pemerintah akan kasih ke warga Motongkad.

“Saat ini proses pembebasan lahan HGU Lonsiow sudah diajukan pada Pemerintah pusat melalui Kementerian Agraria RI dan sudah disetujui,”jelas Bupati.

Lanjut Bupati, hal ini sudah ajukan dan sudah disetujui,“Tinggal menunggu kabar terbaru dari Kementerian Agraria,”terang Bupati.

Sementara itu, Kepada awak media, Selasa 24 Mei 2022, salah satu warga Desa Motongkad Ap Massi, ketika mendengar kabar tersebut mengaku senang, karena aspirasi mereka didengar oleh Pemerintah.

“Ini kabar baik, karena kami sudah sejak lama berkebun di lokasi HGU Lonsiow dan berharap kedepan itu jadi hak milik. Alhamdulillah saat dengar kabar ini kami sangat gembira,”tutup Ap.

Sekedar diketahui, saat ini lokasi HGU PT Lonsiow memiliki luas lahan sekitar 169 hektar, dan rencananya Pemda Boltim akan menghibahkan sebagian ke TNI untuk pembangunan pabrik amunisi, dan sisanya akan diiberikan ke warga Motongkad yang sudah bertani di HGU Lonsiow sejak lama. (*/Ayax)

Boltim, Sulutnews.com - Untuk menigkatkan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S.Sos MSi, terus berupaya menaikan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSD) Ambang Pratama Boltim.

Bupati Sam Sachrul mengatakan, RSD Ambang Pratama yang berada di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Modayag Kabupaten Boltim. Tahun ini Pemkab Boltim akan berusaha untuk menaikan statusnya.

“Hal ini semata - mata untuk memaksimalkan pelayanan kepada Masyarakat di bidang kesehatan,”jelas Bupati Selasa 23 Mei 2022.

Lanjut Bupati Sam Sachrul, sebab di tahun 2023 mendatang, Pemkab Boltim akan mengalokasikan anggaran guna peningkatan fasilitas di Rumah sakit milik Pemerintah Daerah tersebut.

“Anggarannya untuk penambahan fasilitas terutama alat kesehatan,jelas Bupati.

Bupati berharap, dengan adanya upaya peningkatan Sarana Prasarana itu, dapat dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM. Baik tenaga kesehatan maupun manajemen pengelola RSD Pratama Ambang.

“Butuh profesionalitas dari seluruh ASN khususnya tenaga medis dalam menjalankan tugas. Sebab, ketika status Rumah sakit dinaikkan, tentunya wajib diimbangi dengan disiplin dan profesionalitas kinerja ASN sebagai pelayan Masyarakat,”imbuhnya. (Ayla)

Kotamobagu, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Boltim Ny. Seska Ervina Budiman. S. Sos, menghadiri Upacara perigati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 tahun Kota Kotamobagu (KK) dirangkaikan dengan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Upacara tersebut, dipimpin langsung oleh Wali Kota KK, Ir. Tatong Bara, bertempat dilapangan Boki Hotinimbang, Senin 23 Mei 2022.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, ucapan terima kasih kepada Forkopimda Provinsi Sulut, serta kepala Daerah yang telah hadir dalam upacara peringatan HUT ke-15 Kota Kotamobagu.

“Saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya disertai ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Pimpinan dan anggota DPRD Sulut, Forkopimda Sulut, Pimpinan dan anggota DPRD Kota Kotamobagu, Forkopimda Kotamobagu serta teristimewa masyarakat Kota Kotamobagu dan semua pihak yang selama ini terus memberikan dukungan dalam menyukseskan pembangunan di Daerah ini,”jelas Tatong.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Daerah se Sulut, unsur Forkopimda Provinsi Sulut, Forkopimda Kota Kotamobagu, DPRD Sulut, DPRD Kotamobagu. (*)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, secara resmi tutup kegiatan Musabakah Tilawatil Quran (MTQ) ke-7 Kabupaten Boltim.

Kegiatan MTQ ke-7 Tingkat Kabupaten Boltim yang berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 19 - 21 Mei 2022 tersebut, bertempat di lapangan Gogaluman Desa Tutuyan Kecamatan Tutuyan.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa, maksud dan tujuan dilaksanakan MTQ ini, sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap bacaan Alquran.

“MTQ salah satu ajang syiar Agama untuk semua umat Muslim. Sehingga harus Kita  lestarikan dan laksanakan secara resmi,”jelas Bupati.

Saat pengumuman pemenang, ia melihat kata Bupati, ada beberapa kecamatan sangat bergembira karena utusan atau kafilanya mendapatkan juara. Tapi, ada juga yang belum mendapat juara.

“Bagi yang belum dapat juara tingkatkan lagi. Jangan pernah kita kecewa, karena sebenarnya membaca Alquran ini, tidak untuk dilombakan, tapi diwajibkan bagi seluruh umat Muslim. Kenapa dilombakan, karena untuk mencaru para Hafiz dan mecari bibit - bibit Anak muda yang hebat untuk melafazkan atau membaca Alquran dengan baik,”terang Bupati.

Bupati pun mengatakan, ketika masih ada generasi yang membaca Alquran dengan baik, melafazkan kitab Allah dengan baik, maka dia sebagai Bupati yakin dan percaya akan ada banyak keberkahan yang didapat.

“Akan melimpah keberkahan yang akan kita dapat, ketika generasi kita di didik dengan cara seperti ini. Memperdalam ilmu agama, mengaji, memperlombakan dan melafalkan ayat - ayar Alquran itu luar biasa, “ kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, bahwa masalah yang dihadapi saat ini tak hanya Indonesia tapi seluruh Dunia, dimana anak - anak itu sudah mulai melupakan budaya membaca Alquran. Pasalnya menurut Bupati, diera teknologi yang sudah mulai maju ini yang merambah ke seluruh kelompok masyarakat tanpa melihat batas usia, dimana anak - anak sekarang masih usia kelas 1 SD, kebanyakan sudah punya handphon.

“Hal ini tentu telah mengikis budaya Kita untuk mengaji. Jadi perlu kita tumbuh kembangkan lagi agar ada kecintaan lagi terhadap membaca Alquran,”Kata Bupati.

Diakhir sambutan, Bupati menyapaikan bagi Kafila yang menang dan akan diutus ke MTQ Tingkat Provinsi, mereka menjadi perhatian khusus.

“Saya minta kepada Kabag Kesra, untuk mengawal Kafila Boltim sampai ke Provinsi dan memfasilitasi mereka. Mudah-mudah mereka bisa berhasil dan mendapat juara,”imbuhnya.

Diketahui, pada  MTQ ke-7 ini, Kecamatan Modayag Barat kembali menyabet juara umum yang ke tujuh kalinya secara berturut - turut. Dan hadir pada acara penutup MTQ, para Asisten, Kepala SKPD, Kepala Kemenag Boltim, Camat dan ASN Pemkab Boltim. (Ayla)

Kotabunan, Sulutnews - Camat Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Idrus Paputungan, didampingi Sangadi Desa Bulawan Sulaeman Lendongan, melepas rombongan Ibu - ibu Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Kotabunan, yang akan menghadiri acara Do’a syukuran dirangkaikan dengan halal bi halal pelepasan purna bakti Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra. Hj. Yasti Sopredjo Mokoagow periode 2017 - 2022.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Kantor Bupati Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong, Sabtu 21 Mei 2022.

Pada kesempatan itu, Camat Kotabunan Idrus Paputungan, mengimbau kepada kontingen BKMT Kecamatan Kotabunan, kiranya tetap menjaga silaturahmi serta menjaga marwah Kabupaten Boltim khususnya Kecamatan Kotabunan.

“Saya berharap kontingen BKMT Kecamatan Kotabunan untuk selalu menjaga kebersamaan, mengutamakan keselamatan, kekompakan dan kembali dengan selamat tidak kurang satu apapun, dan tentu selalu menjaga marwah Kabupaten Boltim,”jelas Paputungan.

Lanjut Camat, titip salam buat Ibu Yasti Soepredjo Mokoagow, banyak selamat telah sukses memimpin Kabupaten Bolmong selama 5 tahun.

“Selamat atas purna tugas yang Ibu jalankan, teruslah berkarir, semoga selalu sukses demi kepentingan untuk memajukan Sulwesi Utara kedepan,”tutup Camat. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus berupaya untuk melakukan peningkatan jalan Nasional karena, selain sudah menjadi kebutuhan penting, pelebaran jalan juga menjadi salah satu program Nasional percepatan pembangunan.

Hal tersebut, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. Msi, kembali mematangkan perencanaan pelebaran jalan dengan mendatangi Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Utara (Sulut).

Foto:Tampak Bupati Boltim dan jajarannya saat rapat dengan BPJN.

Dalam pertemuan itu, kembali di bahas rencana pelebaran ruas jalan Batas Kota sinisir  Dan buyat Molobog, seperti yang di jelaskan oleh Bupati Boltim di depan Bapak Hendro S.M selaku Kepala BPJN.

“Panjang keseluruhan jalan Nasional yang ada di Botim hanya 80- an kilo, jadi harus ada yang ditingkatkan,”jelas Bupati

Bupati juga mempertegas soal peningkatan jalan menjadi 4 lajur,”yakni, ruas jalan Batas Kota Sinisir dan Buyat Molobog,”Kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Balai Jalan Nasional Hendro S.M, yang didampingi Indra Gunawan Kasatker PJN WIL 2, Amjah Jayasaputra Kasatker P2JN, Julianti Manu Kusumawati Kasie KPIJ (Ketrpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan) serta PPK 2.4 mengungkapkan. Pihak Balai sudah mengetahui rencana itu dan Boltim akan diprioritaskan untuk peningkatan jalan 4 lajur, dan Kepala BPJN langsung merespon dengan Baik dan akan di bahas di penajaman program prioritas 2023.”Tapi dengan catatan, Lahan harus clear sampai di tingkat bawah dan itu menjadi tugas dari pada Pemda, dan Pemda harus memastikan lahan harus siap kurang lebih 14 meter untuk peningkatan jalan tersebut,”tutup Hendro.

Diketahui, dalam pertemuan tersebut, Bupati Sam Sachrul Mamonto, didampingi Pimpinan DPRD Muhammad Djabir, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim Sonny Warokka, Asisten 1, Kadis PU, Kadis Kominfo dan Staf Khusus Tommy Sumangkul. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Persoalan pemakaian Kendaraan Dinas (Kendis) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akhir-akhir ini mulai dikeluhkan oleh beberapa pejabat teras Pemkab Boltim.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, dari 36 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), hanya 7 SKPD yang memiliki Kendis, bahkan Asisten ll tidak memiliki kendaraan operasional.

Hal tersebut, dijelaskan oleh Kepala Bagian (Kabag) Umum Abdal Mamonto mengungkapkan, saat ini Bupati Boltim hanya menggunakan 2 unit Kendis,  bertolak belakang dengan Wakil Bupati yang menggunakan 5 unit Kendis.

“Kendaraan yang sekarang dipakai pak Bupati hanya 2 unit yakni Toyota Fortuner DB 1153 N dan Toyota Camry DB 1132 N. Untuk kendaraan Pickup Grand Max, itu pun merupakan mobil dari bagian umum di pinjamkan untuk operasioal Rumah Dinas (Rudis) Bupati. Sedangkan mobil milik Pemkab yang ada di rudis wakil bupati ada lima unit yakni Fortuner putih DB 1154 N, DOUBLE CABIN DB 8183 N, INOVA DB 1126 N, RUSH DB 1520 N, dan CRV DB 1125 N,”Ungkap Abdal.

Dirinya menerangkan, ada juga mobil Hilux tahun 2014 yang dipinjam oleh Bupati namun saat ini dalam kondisi rusak/tidak bisa digunakan dan berada di bengkel.

“Di Rudis Wakil Bupati ada juga mobil CRV DB 25 N yang merupakan kendaraan operasional ketua tim pengerak PKK yang harus  digunakan ketua tim penngerak PkK tapi malah di gunakan oleh Sekretaris PKK, sementara ketua Tim  pengerak PKK tidak memiliki mobil dinas,”Terang Abdal.

Abdal menjelaskan, Bagian Umum sudah melayangkan surat penarikan Kendis ke Wakil Bupati namun hanya 2 unit yang dikembalikan.

“Agar ada kesamaan dengan pak Bupati, kami melayangkan surat peminjaman 3 unit kendaraan untuk digunakan Kepala SKPD, namun yang dikembalikan hanya 2 unit yakni Inova dan Rush. Bahkan, kondisi mobil Rush yang kembalikan dalam keadaan rusak  parah tidak bisa jalan dan bahkan Aki Mobil tersebut bukannya dicabut namun sengaja di potong kabelnya menggunakan alat yang tajam, pun juga beberapa Sparepart kendaraan yang sengaja dicabut yakni Pompa Bensin dan Dinamo strom.” Kami akan Polisikan tindak pengrusakan/pencurian Spareparc tersebut.”Ungkap Abdal. (*/Ayax Vay)

 

Foto:Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, saat mengembalikan mobil dan kunci di kediaman Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow.

Boltim, Sulutnews - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, (SSM) mengembalikan mobil jenis Landcruiser Prado yang diberikan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow (YSM) disela kunjungan silaturahmi Kabupaten Boltim pada Rabu 18 Mei 2022 kemarin.

Kepada awak media Bupati Sachrul mengatakan, tentu ia sangat berterima kasih atas niat baik Kakanya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow. Alangkah baiknya mobil ini dirawat dan digunakan oleh beliau.

“Karena mobil itu sangat bersejarah atas perjalanan karirnya mulai dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia sampai menjadi Bupati Bolmong, untuk menunjang aktivitas keseharian saya, masih ada mobil Oprasional yang bisa saya gunakan,”Kata Bupati Sam Sachrul.

Lanjut Bupati Sachrul, mobil tersebut sudah diantar ke kediaman Bupati Bolmong ibu Yasti Soepredjo Mokoagow Kamis 19 Mei 2022, dan telah diterima oleh salah satu anggota keluarga Olha Mokoagow.

“Sebenarnya mobil ini akan langsung dikembalikan juga kemarin, tapi saya memilih nanti mengembalikannya pada hari ini saja. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sekali lagi terima kasih untuk Kaka saya Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow atas niat baiknya,”tutup Bupati Boltim. (*)