Boltim

Boltim (488)

Boltim, Sulutnews - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Bolti) meluncurkan kanal YouTube Laporan SP4N Boltim.

Hal tersebut, untuk mendekatkan Masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan dan sumber informasi yang dibutuhkan. Senin, 26 September 2022.

Kepala Diskominfo Boltim, Khaeruddin Mamonto, mengkonfirmasi hal tersebut dan ia mengharapkan agar kanal Youtube LAPOR SP4N Boltim itu dapat menjadi channel informasi layanan Masyarakat.

“Saat ini kanal Youtube Diskominfo Boltim, telah melakukan unggahan perdananya dengan judul Lapr  SP4N Boltim Boltimbersinar,”Jelasnya.

Lanjut dia, Pemkab Boltim juga berharap channel ini bisa menjadi sumber informasi bagi Masyarakat yang ada di Boltim terkait dengan aktivitas Pemerintah Boltim dalam melakukan pelayanan atau menyiarkan program pembangunan yang telah dan akan dicapai.

“Semoga dengan diluncurkannya kanal Youtube Diskominfo Boltim dengan judul Lapor  SP4N Boltim, dapat mempermudah informasi dan pelayanan kepada Masyarakat Boltim,”Jelasnya.

Khaeruddin juga mengimbau agar Masyarakat dapat mengakses kanal Youtube Diskominfo Boltim tersebut melalui Gawai digital mereka sekaligus dapat memberikan dukungan penuh untuk pengembangan penyebaran informasi publik bagi Masyarakat dengan melakukan subscribe pada channel tersebut agar bisa lebih berkembang dan maju.

“Bagi Masyarakat mohon untuk di subscribe channel Kominfo Boltim ini, demi kelancaran publikasi dan kemudahan akses informasi, mohon bantu like, comment dan share juga,”Tutup Bullo sapaan akrab Kahaeruddin. (Ayla)

Boltim, Sukutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam waktu dekat akan melakukan penyaluran bantuan beasiswa bagi Putra - putri Daerah yang tengah melakukan studi di perguruan tinggi.

Kepada awak media, Senin 26 September 2022, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Boltim, Rita Kamumu, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan tahap verifikasi.

“Untuk program bantuan beasiswa yang bersumber dari APBD tahun 2022 ini sudah dalam proses verifikasi, saat ini penerima bantuan tersebut Kami data di lapangan, serta verifikasi Universitas, setelah selesai semua data Kami akan segera mencairkan bantuan itu,”Jelas Rita.

Lanjut dia, menambahkan bahwa untuk kouta yang ada nantinya mereka akan menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

Mudah - mudahan kalau semuanya memenuhi syarat, Kami akan bayarkan semua. Namun untuk kouta yang ada, nantinya Kita akan sesuaikan dengan anggaran yang ada,”Jelasnya.

Dia juga menambahkan, setelah menerima bantuan ini, pihaknya berharap seluruh penerima untuk lebih semangat Kuliah dan semoga bisa bermanfaat.

“Bagi anak - anak Kita penerima bantuan ini, diharapkan yang pastinya mereka lebih semangat Kuliah. Semoga ini juga dapat membantu dan mudah - mudahan bisa bermanfaat untuk mereka,”Tutup Kabag.(*/Ayax)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, hadiri rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-P) Tahun Anggaran 2022 dan Ranperda tentang pengelolaan keuangan Daerah.

Rapat tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Boltim Fuad Landjar. SH, didampingi Wakil Ketua Medy Lensun dan Muhammad Jabir, beserta sejumlah Anggota bertempat di Ruang Rapat sidang DPRD, Senin 26 September 2022.

Foto : Tampak rapat Paripurna saat berlangsung, bersama Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim.

Dalam rapat itu, Bupati Boltim Sam Sachrul menyampaikan dalam pidatonya sebagaimana fungsi DPRD mempunyai wewenang untuk membahas dan mengkaji Ranperda sebagaimana yang telah diajukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Boltim.

“Adapun penyerahan Ranperda ini, tidak lain bertujuan untuk menghasilkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengandung nilai - nilai strategis. Selanjutnya Perda akan digunakan sebagai landasan yuridis formal bagi Pemda untuk melaksanakan dan menjalankan roda Pemerintahan di Kabupaten Boltim,”Jelas Bupati.

Foto : foto bersama usai rapat Paripurna

Lanjut Bupati, adapun substansi pokok dari Ranperda APBD perubahan, perihal asumsi - asumsi utama yang mendasari sehingga dilakukannya APBD Perubahan Tahun 2022.

“Asumsi yang dimaksud adalah asumsi, kebijakan umum APBD atau KUA, yaitu terkoreksinya penetapan target penerimaan pendapatan Daerah, alokasi belanja Daerah, dan alokasi pembiayaan Daerah. Asumsi kebijakan umum APBD tentunya mencakup tentang PAD, pendapatan transfer, belanja operasi belanja modal belanja tidak terduga, adanya keadaan yang mengharuskan melakukan pergeseran antar unit organisasi antar kegiatan, dan antar jenis belanja serta adanya saldo anggaran lebih pada tahun anggaran sebelumnya,”Terang Bupati.

Dengan perihal tersebut lanjut Bupati, bahwa Pemkab Boltim dengan keterbatasan sumber daya dan dana yang dimiliki, terus berupaya untuk selalu mengakomodir prioritas - prioritas program pembangunan, berdasarkan tujuan dan sasaran pembangunan Daerah sebagai manivestasi dari visi dan misi yang ingin dicapai.

“Saya berharap Ranperda ini supaya dapat segera disepakati, karena selanjutnya akan ada tahapan evaluasi bersama Pemerintah Provinsi yang harus dilaksanakan untuk penyelarasan,”Tutup Bupati. (Ayla)

Manado, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, menghadiri Undangan Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakya Daerah (DPRD), dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke-58.

Rapat tersebut, berlangsung dengan khidmat dengan menampilkan berbagai capaian program dan perkembangan disemua sektor pembangunan, bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Sulut, Jumat 23 September 2022.

Foto:Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul Foto bersama dengan sejumlah Kepala Daerah.

Tari Kabela (Adat suku mongondow) Tarian Maengket (Adat suku Minahasa) serta masamper dari suku Nusa Utara, turut menambah kemeriahan jalannya Paripurna.

“Kami selaku Pemerintah Daerah, sangat mendukung program - program Pemerintah Provinsi serta terus bersinergi dalam memajukan Provinsi Sulawesi Utara,”Jelas Bupati Sam Sachrul.

Lanjut Bupati, berbagai capaian program pembangunan di Sulut saat ini, tentu merupakan buah manis dari hasil kerja keras Gubernur dan Wakil Gubernur.

Foto:Tampak Bupati Boltim Sam Sachrul foto bersama usai Rapat Paripurna.

“Saya selaku Bupati Boltim, berkomitmen dalam sinergitas Pemkab Boltim dan Pemprov Sulut untuk Sulut Maju lebih Hebat dan Sejahtera. Atas nama Pemerintah dan masyarakat Bolaang Mongondow Timur menyampaikan Selamat HUT ke-58 Provinsi Sulut, semoga semakin Maju, Hebat dan Sejahtera,”Tutup Bupati.

Diketahui, turut hadir dalam Paripurna tersebut, antara lain, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Gubernur Sulut, Wakil Gubernur, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Seluruh Anggota DPRD Provinsi Sulut, serta tamu undangan lainnya termasuk Kepala Daerah di 15 Kabupaten/Kota se-Sulut. (*/Ayax)Adidas.

Boltim, Sulutnews.com - Berdasarkan keputusan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) nomor: 232 Tahun 2022 tentang penetapan lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulut, Desa Bangunan Wuwuk Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sabet juara 2 pada lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota Se-Sulut.

Hadiah serta piagam penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. SE, dan diterima langsung oleh Sangadi Desa Bangunan Wuwuk Rudolf Tempay didampingi Analisis Kebijakan Bidang DPMD Boltim Sofyan Dadu. SE, usai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara yang ke-58 Tahun, bertempat di Kantor Gubernur Sulut, Jumat 23 September 2022.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Boltim Hendra Tangel. SH, saat dikonfirmasi oleh awak media Sulutnews mengucapkan, terima kasih kepada Bapak Bupati Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, yang telah mempercayakanya, untuk menyiapkan Desa Bangunan Wuwuk agar dapat diikutsertakan dalam lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara mewakili Kabupaten Boltim.

“Dengan keberhasilan Desa Bangunan Wuwuk, ini dapat memacu semua Desa yang ada di Kabupaten Boltim, untuk mempersiapkan diri dalam kegiatan lomba tahun depan,”Jelas Tangel.

Lanjut dia, Terima kasih  juga kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dalam hal ini Panita lomba Desa dan Kelurahan,”Telah mempercayakan Desa Bangunan Wuwuk mewakili Kabupaten Boltim sebagai juara 2 tingkat Provinsi,”Tutup Kadis DPMD. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, resmi membuka kegiatan Turnamen Sepak Bola Bupati Cup.

Kegiatan Sepak bola tersebut dihelat dilapangan Desa Paret, Kecamatan Kotabunan, Kamis 22 September 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Boltim Sam Sachrul dalam sambutannya mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan terhadap KONI dan Panitia atas terselenggaranya turnamen sepak bola Bupati Cup 1.

Foto:Tampak Bupati Boltim sam Sachrul saat berjabat tangan dengan seluruh Panitia Turnamen sepak bola.

 “Sebagai Bupati tentunya Saya sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada KONI dan Panitia Bupati Cup 1. Semoga turnamen ini akan dapat dijadikan sarana konsolidasi adu bakat, dan prestasi para atlet sepak bola yang ada di Kabupaten Boltim,”Jelas Bupati.

Lanjut Bupati, turnamen ini merupakan kejuaraan yang bernilai penting dan strategis, karena dapat dijadikan sebagai salah satu indikator, bahwa masih berjalannya pembinaan dan pelatihan cabang olahraga sepak bola yang ada disetiap Desa di Kabupaten Boltim.

“Saya yakin dengan rutinitas latihan dan kontinuitas event kejuaraan seperti ini, tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Boltim akan lahir atlet - atlet sepak bola berprestasi dan berbakat yang bisa membanggakan dimasa depan,”Terang Bupati.

Foto:Tampak Bupati Boltim saat menendang bola saat pembukaan sepak bola.

Bupati juga menambahkan, salah satu dari dunia olahraga termasuk sepak bola akan mampu mengajarkan tentang banyak hal. Tidak hanya adu kekuatan fisik, tetapi juga membutuhkan skil, pemikiran, taktik, strategi, kesabaran, keuletan, kerja keras dan kerja tim.

Oleh karenanya, melalui turnamen ini harus benar - benar dijadikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan - tujuan yang baik, yang diantaranya pembentukan SDM berkualitas secara fisik dan mental, memperkuat karakter bangsa, meningkatkan persatuan dan persaudaraan serta meningkatkan prestasi olahraga sepak bola.

“Intinya melalui turnamen Bupati Cup 1 yang dilangsungkan ini, diharapkan mampu mengembangkan Budaya hidup sehat dan gemar olahraga kepada seluruh lapisan masyarakat,”Kata Bupati.

Diakhir sambutan, Bupati mengajak dan menghimbau, serta mengingatkan kepada seluruh peserta turnamen Bupati Cup 1, agar senantiasa menumbuhkan bahkan memelihara rasa kebersamaan, sportivitas, menunjung tinggi fair play, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan.

“Kepada para wasit dan hakim garis, Saya berpesan, jalankan tugas dengan jujur, tegas dan objektif. Begitu pun buat Panitia penyelenggara persiapkan pertandingan demi pertandingan pada turnamen dengan sebaik - baiknya dan penuh dengan tanggung jawab. Tidak lupa kepada penonton dan Masyarakat yang menyaksikan setiap pertandingan, agar tetap tertib dan disiplin dalam memberikan dukungan kepada tim kebanggaan masing - masing,”Tutup Bupati

Sementara itu, berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara bahwa peserta turnamen sepak bola Bupati Cup 1 di ikuti oleh 81 Desa se-Kabupaten Boltim. Pertandingan mulai dilaksanakan pada Senin 19 Desember 2022 sampai 26 Oktober 2022.

Adapun, perolehan Juara 1 mendapatkan tropi bergilir Bupati Boltim beserta uang pembinaan Rp 10 juta dan medali emas, Juara 2 mendapatkan tropi tetap Ketua KONI Boltim beserta uang pembinaan Rp 7 juta dan medali perak, Juara 3 dengan tropi dan uang pembinaan Rp 5 juta, juara 4 tropi dan uang pembinaan Rp 3 juta.

Selain itu, panitia penyelenggara juga menyiapkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan Rp 1 juta kepada top score, dan tropi dengan uang pembinaan Rp 1 juta kepada best palyer.

Turut hadir dalam pembukaan Turnamen Bupati CUP tersebut, Kapolres Boltim AKBP. I Dewa Nyoman Agung Surya Negara. SIK, Komandan Kodim (Dandim) 1303/Bolmong, Letkol. Topan Angker S.Sos, Ketua Komiten Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Boltim Revvy Lengkong, Wakil Ketua DPRD Boltim Muhammad Jabir, para Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para Camat, serta seluruh Sangadi se- Kabupaten Boltim. (ADVETORIAL)

Boltim, Sulutnews.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), saat ini tengah mengajukan berkas yang menjadi prasyarat dalam, pencairan Dana tunjangan sertifikasi guru.

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Yusri Damopolii, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Ketenagaan Dahri Lentang, kepada Media, Kamis 22 September 2022 menjelaskan bahwah, saat ini pihaknya sedang memferivikas puluhan berkas Guru bersertifikasi yang nantinya akan di usulkan ke-Dirjen Guru dan Ketenagaan untuk pembayaran tunjangan sertifikasi.

“Sudah ada kurang lebih 60% dari total 412 penerima tunjangan sertifikasi Guru, yang sudah memasukan Dokumen yang menjadi ketentuan dalam pembayaran tunjangan sertifikasi Guru - guru yang ada di boltim, untuk periode triwulan ke-tiga, yakni bulan Juli/september tahun 2022 ini,”Terang Dahri.

Lanjut dia, pencairanya akan Segera direalisasi bulan depan yakni, bulan oktober apabila berkasnya sudah sesuai dan memenuhi syarat sebagai.

“Iya, mana berkas yang sudah lengkapi itu yang akan kami proses, Saya berharap agar kepada seluruh guru penerima tunjangan sertifikasi untuk tetap bersabar. Kami dalam hal ini Dikbud akan berupaya semaksimal mungkin agar pencairan tunjangan tidak akan terhambat, yang pastinya bulan Oktober semua sudah bisa terbayarkan,”Tutup Dahri. (*/Ayax)

Boltim, Sulutnews.com - Bantuan beasiswa Anak asuh bagi pelajar di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam tahap proses verifikasi data, untuk selanjutnya akan dicairkan berdasarkan data dan ketentuan yang ada.

Hal tersebut, dikatakan oleh Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Boltim, Rita Kamumu, bahwa pihaknya akan segera mencairkan dana bantuan tersebut sesuai dengan data berdasarkan kuota yang ada, Rabu, 21 September 22.

“Kami masih melakukan verifikasi lapangan dan verifikasi Universitas, setelah selesai semua data Kami akan segera mencairkan bantuan tersebut,”Jelas Rita.

Lanjut dia  bahwa bantuan beasiswa Anak asuh tersebut telah dianggarkan pada  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022, tinggal menunggu penyesuaian data untuk segera dicairkan kepada Anak asuh.

“Insya Allah, kalau memenuhi syara Kami akan bayarkan semua. Namun menyesuaikan dengan kuota yang ada, nantinya kita akan sesuaikan dengan anggaran yang ada,”Terangnya.

Ia berharap, semoga bantuan ini,”Nantinya dapat menjadi spirit dan dapat menunjang para Siswa di dalam menjalankan aktivitas belajar, terutama terkait dengan kebutuhan dalam proses menuntut ilmu.(*/Ayax)

Boltim, Sulutnews.com - Kabar gembira bagi warga Masyarakat di Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Pasalnya Pemerintah Daerah (Pemda) membuka peluang bagi warganya yang mempunyai inovasi brilian, guna kemajuan Daerah.

Informasi inovasi ini bertemakan Tata kelola Pemerintahan, Inovasi Pelayanan publik dan Inovasi Daerah lainnya. Dan akan dikemas dalam kegiatan Innovative Government (BIG) Award 2022.

Kepala Bappelitbangda Boltim, James Kinontoa, mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya BIG Award adalah untuk mencari dan melahirkan inovasi - inovasi yang dapat menunjang program percepatan pembangunan daerah.

“Acara ini merupakan bagian dari visi dan misi Pak Bupati Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, yaitu bahwa Daerah wajib berinovasi,”Jelasnya Rabu 21 September 22.

Menurut James, sasaran dari pelaksanaan BIG Award diantaranya Organisasi Perangkat Daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, pihak swasta dan Masyarakat baik secara perorangan maupun berkelompok serta siswa - siwi SMP dan SMA sederajat.

“Nanti inovasinya dibuat dalam bentuk proposal kemudian dimasukkan ke Kantor Bappelitbangda paling Lat 7 Oktober 2022, ini akan dinilai dan mana yang baik menurut dewan juri, itu yang akan dikembangkan dan tentunya di Support oleh Pemerintah. Mudah - mudahan kegiatan ini bisa membawa dampak positif dan tetap berkelanjutan setiap tahunnya,”harapnya.

Terinformasi, peserta peringkat 1 sampai 3 akan mendapatkan setifikat BIG Award 2022 dan uang pembinaan. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengikuti rapat Koordinasi (Rakor) dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

Kegiatan Rakor tersebut, bertempat di Hotel Sutanraja Kota Kotamobagu, Selasa 20 September 2022) kemarin.

Kegiatan rapat koordinasi dihadiri oleh para asisten dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Boltim dalam rangka pendataan registrasi sosial ekonomi tahun 2022 yang di fasilitasi BPS Kota Kotamobagu.

Hal itu terlihat dari sebuah postingan pejabat Boltim yang turut menghadiri kegiatan BPS tersebut.

Berdasarkan Informasi dari Asisten Dua Setda Boltim, MR. Alung, kegiatan koordinasi,”Dalam persiapan pendataan sosial dan ekonomi untuk meminta Pemkab Boltim untuk kerjasama,”Jelas Alung Kepada awak media Rabu 21 September 2022.

Sementara, berdasarkan undangan yang ditujukan kepada Kepala SKPD Boltim, BPS akan melaksanakan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi atau disingkat Regsosek yang bertujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk.(*/Ayax)