Bolmut, Sulutnews.com - Mulyadi Mohama sebagai Sangadi (Kepala Desa) Binjeita Induk Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sesudah mengikuti musyawarah adat Mohohimbungo dari mempelai pria dari warganya akan melamar mempelai wanitanya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Rabu (25/05/2022).

Musyawarah adat Mohohimbungo ini dalam pelaksanaannya dihadiri perwakilan Kepala Keluarga. Sudah merupakan tradisi setiap perwakilan kepala keluarga sudah menyiapkan dana Rp.150 ribu dan dicatat oleh pihak keluarga mempelai pria. Ada 238 kepala keluarga. Tradisi dana bergulir semacam arisan warga untuk persiapan melamar calon mempelai sudah lama dilaksanakan turun menurun.

"Beban keluarga calon mempelai secara ekonomi ditanggung bersama untuk meringankan biaya prosesi pernikahan. Ketentuan adat dalam sebulan hanya dua kali dilaksanakan jika ada warga yang akan melaksanakan pernikahan. Jika jadwal acara ditetapkan hanya berlaku dari hari Senin sampai hari Kamis. Dampak positifnya tidak ada warganya kawin lari atau menghindari beban biaya pernikahan," ungkap Sangadi Binjeita Induk.

Demikian juga untuk beban uang duka atau rorio, setiap pelayat duka memberikan uang duka pada hari pertama proses pemakaman dan hari ke tujuh. Tradisi uang duka ini sudah dilakukan sejak lama di Kecamatan Bolangitang bersatu.

Pemuka masyarakat Irianto Pontoh berharap tradisi gotong royong dalam musyawarah adat Mohohimbungo dalam persiapan pernikahan ini tetap dilestarikan. Ada kedamaian sesama warga masyarakat saling menolong tidak mengenal strakta ekonomi kaya atau miskin. Ada rasa keadilan sesama warga. (/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh membuka acara Festival Pesona Batu Pinagut Tahun 2022.  Bertempat di kawasan Pantai Batu Pinagut Desa Boroko Timur Kecamatan Kaidipang. Kamis (19/05/2022).

Dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan kepada seluruh pimpinan daerah yang telah hadir dalam acara pembukaan festival pesona pantai batu Pinagut. Sungguh menjadi suatu kebahagian bagi kami Pemda dan masyarakat Bolmut atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga menjadi motivasi bagi kami untuk lebih menggairahkan kepariwisataan dibumi nyiur melambai ini.

Pemerintah Daerah dan masyarakat Bolmut pada tanggal 23 Mei 2022, akan memperingati HUT Ke 15 diusia yang relatif muda ini, kami mampu memberikan warna tersendiri untuk bekerja dan berkarya lebih keras mewujudkan cita-cita pembangunan daerah, melibatkan partisipasi dan peran serta dari masyarakat dan komponen di daerah guna mewujudkan Bolaang Mongondow Utara yang berkelanjutan, mandiri, berbudaya dan berdaya saing, serta mendukung terwujudnya Sulawesi Utara maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik.

Tahun ini Festival Pesona Batu Pinagut kembali dapat dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun terakhir dikarenakan pandemi COVID-19. Tentunya ini akan memberi arti penting didalam meningkatkan dan mengembangkan kesenian, kebudayaan, dan ekonomi kreatif dalam rangka mengoptimalkan promosi Potensi-potensi pariwisata Bolaang Mongondow Utara ditingkat Nasional.

Karena itu, pelaksanaan Festival Pesona Batu Pinagut ini harus benar-benar memiliki makna dan manfaat yang sanggup mengangkat promosi daerah guna memperkenalkan potensi yang dimiliki, dan juga sanggup membangun kesadaran dan komitmen seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Utara untuk menjaga warisan seni dan budaya daerah yang harus terus dijunjung dan dilestarikan, sehingga nantinya tidak hanya sebatas pada ajang festival didaerah, namun dapat menjadi bagian dari festival ditingkat nasional.

Sebelumnya, mewakili Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Koordinator Event Daerah Wilayah Satu Ibu Trindiana M Tikupasang   menyampaikan tugas dan pokok kementeriannya tentang perumusan dan penetapan kebijakan di bidang pengembangan destinasi dan industri pariwisata, pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara, pengembangan pemasaran pariwisata nusantara, dan pengembangan kelembagaan kepariwisataan;

"Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan destinasi dan industri pariwisata, pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara, pengembangan pemasaran pariwisata nusantara, dan pengembangan kelembagaan kepariwisataan; termasuk Pantai Wisata Batu Pinagut Bolmut yang akan menjadi pusat perhatian turis domestik dan turis mancanegara akan datang setelah kita perkenalkan sebagai obyek wisata yang unik dan bersejarah," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) Hendry Kaitjili, SE mewaki Gubernur Sulut mengapresiasi program kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno di Sulut. Karena nanti akan membawa pengaruh positif, utamanya pada pengembangan pariwisata

"Karena melalui program pemerintah daerah diselaraskan dengan program Kementerian, akan mempengaruhi kemajuan pariwisata daerah, karena pemulihan ekonomi daerah dan nasional didapat dari salah satu sektor Pariwisata," ungkapnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan kebijakan di bidang pembangunan dan perintisan daya tarik wisata pantai Batu Pinagut Kabupaten Bolmut sungguh mempesona secara alamiah dalam lintasan trans Sulawesi dalam rangka pertumbuhan destinasi pariwisata nasional dan pengembangan daerah serta peningkatan kualitas dan daya saing pariwisata akan menjadi perhatian kita bersama dalam pengembangan kedepannya.

"Dengan meninjau langsung obyek wisata di Kabupaten Bolmut, maka saya nyatakan obyek pesona alam wisata pantai Batu Pinagut dijadikan "Serambi Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara," ungkapnya.

Pernyataan tersebut langsung direspon Bupati Bolmut dengan mengucapkan terima kasih, dan mulai hari ini, predikat itu dinyatakan sebagai pencanangan resmi untuk disosialisasikan ke seluruh masyarakat. Mari kita bangun Sulawesi Utara dan khususnya Bolaang Mongondow Utara dengan rasa cinta terhadap seni budaya, adat istiadat, tradisi yang telah menjadi kebanggaan daerah ini.

Turut hadir, Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, S.Ag., M.PdI, Staf Khusus Gubernur Sulut Doni Gobel Bidang Pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Riffli Katili, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP., Perwakilan Bupati/Walikota Se-Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah, Forkopimda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS., Ketua TP-PKK Kabupaten Bolmut, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bolmut, Ketua DWP Kabupaten Bolmut, para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bolmut, para Asisten Sekda, para Staf Khusus Bupati Bolmut Pimpinan OPD serta para tamu dan undangan. (Advetorial/Gandhi Goma).

Bolmut. Sulutnews.com – Spektakuler. Kata inilah yang paling pantas untuk menggambarkan kegiatan Penamatan 55 Siswa Kelas IX, Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bolaang Mongondow Utara (MTsN 2 Bolmut) Tahun Pelajaran 2021/2022, yang digelar di halaman MTsN 2 Bolmut, Kamis (12/05/2022).

Kemeriahan ini bisa dilihat dari respon para siswa, orang tua/wali murid, dan stakeholder lainnya, yang ikut hadir dalam kegiatan ceremony tersebut. Bukan hanya itu, kehadiran Kepala Kantor Kemenag Bolmut, Idrus Sante, M.Pd, plus seluruh pejabat eselon IV, ikut menggambarkan bahwa gelaran yang dirangkaikan dengan Halal Bi Halal tersebut, benar-benar oke punya.

Kepala Kantor Kemenag Bolmut, Idrus Sante, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, jika diibaratkan dengan permainan atau game, penamatan pada tingkat Madrasah Tsanawiyah, baru sampai pada level II. Sesudah itu, masuk pada level III, yakni jenjang SMA, SMK, atau MA. Kemudian setelah itu, masuk level IV, yakni tingkat Perguruan Tinggi.

"Saran saya kepada orang tua/wali murid, sekolahkanlah anak-anak hingga ke level Perguruan Tinggi,” pinta Sante.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Bolmut Udin Patilima, S.Ag mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali murid, yang telah mempercayai MTsN 2 Bolmut sebagai wadah untuk belajar dan menuntut ilmu bagi anak-anak mereka.

“Saya selaku Kepala Madrasah dan pribadi, mohon maaf kepada orang tua/wali murid, jika selama ini ada yang kurang dan khilaf. Sebab, untuk memanusiakan manusia, bukanlah perkara mudah,” ungkap Patilima, seraya mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, tenaga pendidik dan kependidikan, PNS, non PNS, security, cleaning service, dan pihak lainnya yang telah membantu hingga suksesnya acara dimaksud.

Pantauan Media Tim Humas, gelaran yang diketuai Kalsum Maloho, MPd tersebut, ternyata bukan hanya meriah dan menarik. Namun juga banjir dengan hadiah menarik yang telah disediakan panitia pelaksana untuk para siswa. (**/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Jacomina H.J. Mamuaja, S.Pd, menyampaikan beberapa informasi sesuai tupoksi tentang proses pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bolmut Perusahaan Umum Daerah (PUD) Anugerah Nusantara Jaya serta hal-hal lainnya pada akhir masa bertugas sebagai abdi negara selama 36 tahun 1 bulan 13 hari. Jumat (13/05/2022).

Pemerintah daerah dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dituntut untuk melakukan strategi dan upaya yang terarah dan efektif. Oleh karena itu pemerintah daerah berupaya untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan segala potensi pendapatan yang berbasis pada potensi daerah.

Sehubungan dengan strategi, arah kebijakan dan program prioritas pemerintah daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan pertimbangan keterbatasan anggaran pembangunan dalam APBD maka dituntut adanya solusi yang lebih kreatif dan inovatif guna mencari alternatif sumber pembiayaan yang ekonomis namun mampu memberikan imbal hasil yang tinggi. Sasaran prioritas saat ini adalah pembentukan BUMD baru untuk menggarap potensi yang dimiliki pemerintah daerah yang selama ini belum dikelolah dengan baik yang mempunyai nilai untuk dikembangkan lebih produktif dalam menghasilk keuntungan lebih tinggi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pasal 9 menyatakan bahwa kebutuhan daerah dilaksanakan melalui studi aspek pelayanan umum dan kebutuhan masyarakat dan merupakan bagian dari kebijakan RPJMD.

"Berdasarkan latar belakang diatas beberapa masalah penting yang menjadi target dalam analisis ini: Bagaimanakah indeks kepuasan masyarakat untuk penyediaan air bersih sistem perpipaan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara? Bagaimanakah indeks kepuasan masyarakat untuk pengembangan pasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ?" ungkap Asisten II Setdakab Bolmut

Maksud dari kajian ini adalah untuk memberikan informasi kebutuhan daerah berhubungan dengan adanya pengembangan pasar dan upaya pemerintah daerah untuk menyediakan air bersih di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara untuk peningkatan perekonomian daerah.

Perusahaan Umum Daerah Anugerah Nusantara Jaya membantu terwujudnya tingkat kesejahteraan anggota dengan memberikan layanan dalam hal memenuhi kebutuhan pokok dan sekunder.

Tujuan dari Pendirian Perusahaan Umum Daerah Anugerah Nusantara Jaya adalah:

  1. meningkatkan pendapatan asli daerah;
  2. mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat untuk

mendorong pengembangan perekonomian daerah;

  1. menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang

dan / atau jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup

masyarakat berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik;

  1. memperoleh laba dan/ atau keuntungan; dan
  2. menciptakan lapangan kerja.

 

Perusahaan Umum Daerah Anugerah Nusantara Jaya melakukan kegiatan sebagai berikut:

  1. usaha perdagangan umum;
  2. usaha jasa;
  3. usaha pertanian;

Adapun tujuan yang diharapkan dapat dicapai adalah dokumen kebutuhan daerah berdasarkan survey Indeks Kepuasan Masyarakat untuk peningkatan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna menunjang pembangunan daerah.

Tahapan selanjutnya kita sedang menunggu proses lanjut dari kementerian terkait setelah proposal analisis potensi BUMD Bolmut kita serahkan, dan usaha lainnya akan diberdayakan sesuai kemampuan keuangan daerah.

Ditambahkan, sebelum saya pensiun tahun ini, karena sudah bertugas selama 15 tahun di Bolmut tercinta, harapan saya  BUMD Bolmut sudah terbentuk dengan sistem organisasi kepemimpinan dan manajerial yang profesional melalui tahapan seleksi yang ketat dalam rekruitmen kepengurusannya.

Diharapkankan juga sesuai harapan Presiden Jokowi pada acara Bisnis Maching di Bali kemarin untuk menggunakan produk industri dalam negeri untuk tahapan pengadaan barang dan jasa bisa dipenuhi pada proses tender tahun 2022, termasuk sertifikasi para pekerja tukang proyek infrastruktur dapat terealisasi sejumlah 200 orang dari Bolmut agar mereka dapat dipakai para kontraktor di luar daerah Bolmut. (/Gandi Goma).

Bolmut. Sulutnews.com - Penyerahan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 113 oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. H. Depri Pontoh yang dalam berita acara sebagai Pihak Pertama kepada Letnan Kolonel Infantri Raja Gunung Nasution, S.IP sebagai Komandan Kodim 1303/BM disebut Pihak Kedua. Rabu (11/05/2022).

Hal ini berdasarkan kontrak swakelola untuk melaksanakan paket pekerjaan pembangunan jalan Bohabak 1 Ratapinanh Nomor : : 600/08/DPUPR/BMU/Kontrak-BM/IV/2022, tertanggal 7 April 2022.

Kegiatan ini diawali dengan silahturahmi bersama antara Bupati, Forkopimda Kab. Bolmut serta Dandim 1303 Bolmong yang bertempat diruang kerja Bupati Bolmut, dan dilanjutkan dengan acara Penyerahan Pekerjaan TMMD Ke 113 Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  Tahun Anggaran 2022 oleh Bupati Kab. Bolmut kepada Dandim 1303 Bolmong.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan ucapan selamat datang kepada Jajaran Kodim 1303 Bolmong yang telah menyempatkan diri datang ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, sembari mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada jajaran TNI yang telah memberikan kontribusi yang positif melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa yang telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sejalan dengan upaya kami pemerintah daerah didalam percepatan dan pemerataan pembangunan daerah.

Program TMMD merupakan salah satu program Pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah baik pusat maupun daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Dengan adanya TMMD ini mudah-mudahan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan Kemanunggalan TNI dengan rakyatnya diharapkan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Serta dapat menumbuhkan kembali kesadaran akan pentingnya gotongroyong masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa. Sehingga tidak ada anggapan bahwa pembangunan hanya dilaksanakan oleh pemerintah daerah saja, namun juga perlu dukungan peran TNI.

Melalui wawancara pers kepada Bupati Bolmut disampaikan penuh rasa syukur dengan sampai hari ini TNI punya perhatian khusus kepada masyarakat Bolaang Mongondow Utara.

“Mengapa ? Karena Pemda selalu mengadakan koordinasi dengan pihak TNI, dalam hal ini pak Dandim dan diteruskan semua program-program yang berkaitan dengan TMMD, dan mendapat tanggapan luar biasa, sehingga Pemda merasa didukung terhadap peningkatan potensi di Bolaang Mongondow Utara,” jelas Bupati.

Selanjutnya mengenai program hari ini yaitu terbukanya jalan, adalah sangat membantu masyarakat lebih khusus masyarakat yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan.

“Ketika jalan yang sedang dibuat oleh TMMD sekarang, adalah sangat luar biasa, karena melewati beberapa Desa di wilayah Kecamatan Bolangitang Timur, sehingga mempermudah membawa hasil pertanian maupun perkebunan,” ungkap Bupati.

Dikatakan, jalan produksi yang dibuat TNI merupakan bentuk rasa syukur atas koordinasi sinergitas Pemda dengan Pihak TNI.

“Potensi-potensi sarana dan prasarana membuat jalan dan jembatan untuk mengangkut buah kelapa dari hasil perkebunan rakyat yang ada dilokasi pekerjaan TMMD ini yaitu ribuan pohon kelapa dan kita dikenal sebagai pulau Nyiur Melambai yang telah terbantu melalui program ini,” tutur Bupati.

Ketua Lembaga Adat Kabupaten Bolmut Kamarudin Babay, SPd berharap agar peran strategis TNI dalam menjaga kedaulatan teritorial termasuk mempertahankan kelestarian areal hutan sebagai sumber mata air untuk keberlangsungan kehidupan rakyat dan petani untuk segera melaksanakan reboisasi hutan yang sudah berdampak longsor dan banjir.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi TTMD Oleh Bupati Bolmut, Dandim 1303 Bolmong bersama jajarannya, Forkopimda Kabupaten Bolmut, serta para pimpinan OPD terkait. Lokasi TMMD ini terletak di Dsa Bohabak I Kecamatan Bolangitang Timur  dan Gerai Vaksinasi di Kantor Camat Bolangitang Timur.

Turut Hadir, Forkopimda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Jajaran Kodim 1303 Bolmong, Sekretaris Daerah Kab. Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta MARS, Para Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Camat Bolangitang Timur, Para Sangadi, serta organisasi terkait.

(Advetorial/ Gandhi Goma)

Bolmut, Sulutnews.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dr. Jusnan C. Mokoginta MARS  bersama Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Kepala Dinas Sosial, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan beberapa Dinas terkait mengikuti Kegiatan Rekonsiliasi Iuran dan Data Kepesertaan Peserta Penerima Upah dan Peserta bukan Penerima Upah/Badan Pekerja (PBPU/BP) yang dibayarkan Pemerintah Daerah Triwulan 1 Tahun 2022, bertempat di Swiss Belhotel Maleosan Manado. Jumat (22/04/2022).

Dalam Sambutannya Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tondano Ibu Nara Grace Br. Ginting, S.Si. Apt mengajak kita untuk kembali mengingat falsafah dan dasar negara yaitu Pancasila terutama sila ke-5 yang menyatakan bahwa setiap orang berhak atas Keadilan Sosial, termasuk hak yang sama dalam memperoleh Akses di bidang Kesehatan dan memperoleh Pelayanan Kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau.

Mengacu pada Komitmen Pemerintah untuk penciptaan ekosistem JKN yang menyeluruh agar program JKN-KIS dapat berkelanjutan maka diharapkan dapat terwujud 3 kondisi yakni :

1)  Penguatan JKN sebagai skema Asuransi Sosial yang bersifat wajib;

2)  Manfaat yang dijamin adalah Kebutuhan Dasar  Kesehatan dengan kelas Rawat Inap yang standar sesuai UU No 40 Tahun 2004;

3)  Review Iuran, manfaat dan tarif Layanan secara Konsisten dan Regular.

Sejalan dengan hal ini, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 sebagai dukungan Pemerintah dalam memperbaiki ekosistem program Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan Penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi Iuran Jaminan Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Iuran Jaminan Kesehatan Anggota dan Pimpinan DPRD antara KPPN Kotamobagu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan BPJS Kesehatan Cabang Tondano.

Hadir dalam Kegiatan ini  Asisten Deputi Bidang Perencanaan iuran dan Keuangan Kedeputian Wilayah Suluttenggo Malut BPJS Kesehatan  Ferry Purwoginanjar, Nara sumber dari Kementrian Dalam Negeri  Wasja, S.Sos. M.Ec. Dev , Narasumber dari   BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara Ibu Ansye Rombot, SE, MM,  Kepala KPPN Manado  Asyep Syaifudin, Kepala KPPN Kotamobagu  Deki Kurniadi,  Sekretaris Daerah  9 Kabupaten/ Kota Provinsi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah se- Wilayah Kerja Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tondano. (/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh melantik dan mengambil sumpah Jabatan Pejabat Struktural Administrator Dan Pengawas Serta Pejabat Fungsional Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Bertempat di Gedung Wanita Kawasan Pantai Wisata Pantai Batu Pinagut, Boroko Kecamatan Kaidipang. Kamis (14/04/2022).

Dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan prosesi pelantikan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, sekaligus sebagai komitmen untuk penyelenggaraan manajemen ASN berbasis "Sistem Merit." Dimana bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik dan praktek KKN, dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan jabatan struktural sebanyak 34 jabatan. Dengan rincian 26 jabatan administrator dan 8 jabatan pengawas serta 7 jabatan Fungsional Kepala sekolah.

Lampiran Keputusan Bupati Bolmut Nomor : 821.24/BKPP/BMU/SK/25/IV/2022 klik Link berikut :

https://drive.google.com/file/d/1OTdeWpZZl3lx9hAtZTpq0oSj_xGbJ-pv/view?usp=drivesdk

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini merupakan tindak lanjut dari adanya perubahan susunan organisasi dan tata kerja pada beberapa perangkat daerah, dalam rangka pengisian kekosongan jabatan dikarenakan pensiun pada jabatan administrator, pengawas serta jabatan fungsional kepala sekolah.

Lanjutnya, seluruh pejabat yang hari ini dilantik dan diambil sumpahnya merupakan ASN terpilih, ASN yang saya nilai dari berbagai aspek, memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk mengemban tugas dan tanggungjawab dalam jabatan yang diamanahkan.

Diharapkannya, pejabat yang baru dilantik khususnya yang mendapat promosi jabatan, mampu membuktikan kemampuan dengan menujukkan prestasi kerja yang baik di masa yang akan datang.

"Terutama terhadap pejabat birokrat tiga camat barusan dilantik terdiri dari Camat Bolangitang Barat Kamil Pontoh, Camat Bolangitang Timur Yahya Botutihe, Camat Bintauna Sarwo Eddy Posangi serta para Sekcam, analoginya setiap daun yang jatuh di wilayahnya harus diketahui dan  untuk mengetahui rakyatnya yang menderita sakit, kesusahan hidup, mendengar dan mengetahui keluh kesah masyarakat serta mencari solusinya," ungkap Depri Pontoh.

"Untuk itu, saya minta bekerjalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar ASN, melalui akronim "BER-AKHLAK", yang artinya :

  1. BERORIENTASI PELAYANAN, yaitu komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat;
  2. AKUNTABEL, yaitu bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan;
  3. KOMPETEN, yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas;
  4. HARMONIS, yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan;
  5. LOYAL, yaitu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara;
  6. ADAPTIF, yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta siap menghadapi perubahan; dan
  7. KOLABORATIF, yaitu membangun kerjasama yang sinergis.

'Saya kira nilai-nilai dasar ASN "BER-AHKLAK" tersebut dapat menjadi dasar penguatan budaya kerja dalam mendukung pencapaian kinerja saudara-saudara dan tentunya juga dalam pencapaian tujuan organisasi," tegas Bupati Bolmut.

Turut hadir; TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, Wakil Ketua TP PKK Bolmut, Dra, Hj Siti Safwania Lasena Djenaan, Ketua DPRD Bolmut Frangky Cendra, Kapolres Bolmut AKBP. Wahyu Purwidiraso SIK, SH, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Nana Riana SH, MH, Sekertaris Daerah Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, Mars, Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati Bolmut serta Pimpinan OPD.(Advetorial/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP bersama Kapolres Bolmut AKBP. Wahyu Purwidiraso SIK, SH, mengikuti Vicon dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. terkait dengan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bid Opsnal Oprasi Ketupat Samrat 2022 Dalam Rangka Mempersiapkan Pengamanan Idul Fitri 1443 H di masa pandemi covid 19 tahun 2022 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Bertempat di Ruang Rapat Bupati Bolmut. Kamis (14/04/2022).

Wakli Bupati Bolmut menyampaikan program kerja dalam rangka kesiapan menjelang Idul Fitri 1443 H, bagaimana kita mengatur kesiapan dengan koordinasi lintas sektoral serta melakukan pelayanan bagi masyarakat dengan baik serta arus mudik lintas provinsi.

Disampaikan kembali kita telah megecek harga bahan pokok masih stabil dan ketersediaan masih aman selama bulan ramadhan hingga memasuki idul fitri,

Terkait dengan jelang Idul Fitri 1443 H, Wakil Bupati menghimbau tetap menerapkan protokol Kesehatan covid 19 dengan standar protokoler sangat ketat mengingat kita masih dalam kondisi pandemi.

Disampaikan sambil menunggu instruksi/edaran pemerintah pusat, Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Bolmut dapat memantau arus mudik lebaran menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H

Turut Hadir: Sekertaris Daerah Bolmut dr Jusnan C. Mokoginta Mars, Perwira Penghubung Bolmut Mayor Inf N. Nus Kaontole, Jajaran Pejabat Polres Bolmut, Mewakili Kementrian Agama Bolmut, dan Pimpinan OPD terkait. (Advetorial/Gandhi Goma)

Bolmut, Sulutnews.com - Hari Ke 2 Agenda Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (KEMENKO POLHUKAM) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI meninjau langsung di Kecamatan Pinogaluman dan Pulau Bongkil di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara kemarin berjalan lancar, diantaranya meninjau produk industri ikan teri, tanggul abrasi laut, dan berdialog dengan masyarakat nelayan Buko. Jumat (01/04/2022).

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. H. Depri Pontoh, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. H. Amin Lasena, M.Ap., bersama Forkopimda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara turut mendampingi Asisten Deputi koordinasi Wilayah dan Tata Ruang Pertahanan Brigjen TNI Suteikno Suleman Bersama Tim, Asisten Deputi Pengelolaan Batas Laut dan Udara, Ibu Sitti Metrianda Akuan Bersama Tim. 

Adapun Maksud dan Tujuan Kedatangan Tim Kemenko Polhukam RI dan Tim BNPP RI ke Pulau Bongkil untuk Memonitor dan Mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan PPKT Pulau Bongkil serta memperoleh Data dan Fakta Aktual Tentang Sarana dan Prasarana yang ada sebagai Data Pendukung dalam Perencanaan Program Kerja 2020 - 2024. Dengan Tujuan sebagai bahan evaluasi untuk masukan dan pertimbangan pelaksanaan pembangunan secara terpadu Wilayah Perbatasan di Pulau Terluar yang Berkesinambungan, disamping untuk Perumusan dan Penyusunan Kebijakan Pengaturan Pengelolaan Kawasan Perbatasan.

Menurut keterangan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Setda Bolmut Dr. Ir. Hi. Saeroji, M.Si ditundanya peninjauan langsung ke Pulau Bongkil pada awalnya kita sudah sepakati akan mempergunakan beberapa unit perahu nelayan karena speed boat milik BPBD Bolmut mengalami kerusakan mesin dan speed boat milik Polairud Polres Bolmut telah ditarik ke Polda Sulut, namun setiba di lokasi menuju Pulau Bongkil yang hanya berjarak 6 mil dari pesisir Pantai Desa Buko terlihat pusaran air laut sangat kuat, sehingga menurut Kol. Laut Totok sesuai  Standar Operasional Prosedur (SOP) kita menundanya.

"Jadi tidak benar Pemda Bolmut belum siap menerima kedatangan Tim Kemenko Polhukam ke lokasi Pulau Bongkil karena file dan dokumentasi elektronik berupa video tentang Pulau Bongkil termasuk minimnya Infrastruktur yang ada di Pulau Bongkil hanya terdapat Mercusuar dan bangunan MCK yang perlu diperbaiki sudah ada sebelumnya, termasuk peninjauan langsung Pos Jaga Polsek Pinogaluman yang bangunannya sudah rusak, sehingga perlunya perbaikan atau renovasi," pungkas Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bolmut. (/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Brijen TNI Suteikno Suleman, Asisten Deputi Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan  beserta rombongan melakukan kunjungan kerja dan serta melaksanakan rapat koordinasi  dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara. Bertempat di Kantor Bappelitbang Bolmut Boroko Kecamatan Kaidipang. Rabu (30/03/2020).

Maksud dan tujuan kerja ini untuk meninjau bagaimana kebijakan pemerintah daerah pada Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) Pulau Bongkil.

Selanjutnya sebagai daerah perbatasan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memiliki  satu kecamatan yang merupakan daerah Lokasi  Prioritas (LOKPRI) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2017 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara Di Provinsi Sulawesi Utara, Kecamatan Pinogaluman Ditetapkan Sebagai Kawasan Negara Di Perbatasan Laut. Dan Ditetapkan Pula Sebagai Lokasi Prioritas (LOKPRI) Nasional Sebagaimana Tertuang Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Menurut Brijen TNI Suteikno Suleman, urgensi kegiatan adalah untuk updating data terhadap Pulau Bongkil  di Provinsi Sulawesi Utara sebagai salah satu wilayah Perbatasan dan Pulau-Pulau Kecil Terluar Indonesia (PPKTI) tidak berpenduduk dan masuk Program Prioritas Nasional hasil pemantauan lapangan akan dijadikan rekomendasi terkait, sehingga pembangunan, pengelolaan dan penataan Pulau Bongkil dapat dilaksanakan secara terintegrasi, baik untuk kepentingan Pertahanan dan Keamanan, Lingkungan Hidup, maupun kesejahteraan masyarakat.

"Latar belakang untuk pembangunan nasional bidang pertahanan dalam RPJMN 2020-2024, salah satu program prioritas yang diharapkan adalah penguatan pertahanan dan keamanan di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar ," ungkapnya.

Ditambahkannya, kebijakan umum pertahanan negara tahun 2020-2024, menetapkan kebijakan pembangunan wilayah pertahanan diselenggarakan antara lain melalui singkronisasi penataan ruang wilayah nasional dan daerah dengan tata ruang wilayah pertahanan serta kawasan strategis nasional dan memperkuat kehadiran TNI di wilayah pertahanan dan PPKT.

Selanjutnya, terkait kebijakan pembangunan daerah pada Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) Pulau Bongkil dalam awal sambutan Bupati Bolmut Drs. Depri Pontoh menjelaskan kembali keberadaan Pulau Bongkil atau disebut juga Pulau Bangkit merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di kawasan Laut Sulawesi dan berbatasan langsung dengan negara Filipina, pulau ini berada pada titik koordinat 01 02' 35" ( nol satu derajat, nol dua menit, tiga puluh lima detik) Lintang Utara dan 123 06' 21" (123 derajat, nol enam menit, dua puluh satu detik) Bujur Timur dengan luas 67.303 meter persegi.

Pulau Bongkil berada pada daerah perbatasan antara perairan Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo. Jarak terdekat Pulau Bongkil dengan Pulau Sulawesi adalah sekitar 6 mil. Pulau tersebut tidak dihuni penduduk secara permanen namun hanya sebagai tempat persinggahan dari para nelayan.

Infrastruktur di Pulau Bongkil dapat dikatakan sangat minim, yaitu hanya terdapat mercusuar dan bangunan MCK yang dibangun oleh pemerintah daerah pada tahun 2012 yang diperuntukkan untuk masyarakat nelayan dan petugas patroli yang sering singgah di pulau ini.

Namun pasca dicabutnya kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk melakukan patroli laut, sehingga berdampak pada maraknya pengeboman ikan yang berdampak merusak terumbu karang sekitarnya. Akibatnya sudah sangat jarang dijumpai nelayan yang menangkap ikan dan singgah di pulau ini.

Bupati Bolmut menyampaikan beberapa kendala dan permasalahan dalam pembangunan daerah pada Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) Pulau Bongkil, dan Lokasi Prioritas (LOKPRI) Pinogaluman.

"Dengan kerendahan hati kami menyampaikan permohonan bantuan kepada bapak Asisten Deputi Bidang Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan Kemenko-Polhukam dan juga kepada Ibu Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara Wilayah Laut dan Udara Badan Nasional Pengelola Perbatasan, terhadap kebutuhan pembangunan sarana dan prasarana sebagai penunjang infrastruktur di Pulau Bongkil dan Lokpri Pinogaluman, diantaranya :

  1. Pembangunan Tanggul Penahan Abrasi Pantai.
  2. Normalisasi sungai di wilayah Sungai Andagile.
  3. Peningkatan jaringan Irigasi Buko
  4. Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan.
  5. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan.
  6. Pembangunan pasar rakyat.
  7. Pembangunan pabrik es.
  8. Pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).
  9. Pembangunan sarana air bersih dan sanitasi.
  10. Pembangunan Pos TNI Angkatan Laut (POSAL) di Pulau Bongkil.
  11. Pembangunan Dermaga Apung di Pulau Bongkil.
  12. Pembangunan Tanggul Penahan Abrasi di Pulau Bongkil."

 

Bupati Bolmut Depri Pontoh berharap selaku pemerintah daerah, dan masyarakat adat, kiranya usulan kami ini dapat dipertimbangkan, dikarenakan Pulau Bongkil memiliki potensi laut yang mumpuni, namun keterbatasan fiskal daerah belum mampu mendukung pengembangan kawasan strategis ini lebih optimal."

Turut hadir, Asisten Deputi Pengelolaan Batas Laut dan Udara, Ibu Sitti Metrianda Akuan bersama Tim, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. H. Amin Lasena, MAP, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Nana Riana, SH., Wakapolres Bolmut Kompol Samuel Kayangan, SH., Yang mewakili Pabung (Perwira Penghubung) 1303 Bolmong, Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS., Asisten Sekda, Para Pimpinan OPD Terkait, serta Para Sangadi (Kepala Desa). (Advetorial / Gandhi Goma).