Bolmong

Bolmong (43)

Manado,sulutnews.com - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno mengajak warga Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) khususnya warga Dumoga Raya agar menyudahi pertikaian dan selalu menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

"Kami menghimbau kepada semua warga kita, saudara kita untuk menghentikan pertikaian dan permusuhan. Mari kita jaga harkat dan martabat manusia," ujarnya saat melakukan pertemuan tatap muka dengan para aparat dan tokoh masyarakat Dumoga Raya, di Balai Desa Wangga Baru Kecamatan Dumoga Barat, Sabtu (14/5/2022) sore.

Irjen Pol Mulyatno juga mengajak seluruh aparat dan tokoh masyarakat di Dumoga Raya untuk berperan aktif memberikan imbauan agar pertikaian tidak berkepanjangan.

"Untuk para sangadi, para camat, tokoh masyarakat, mari kita damaikan warga kita, kita lerai saudara-saudara kita yang bertikai serta marilah kita sama-sama mengendalikan emosi kita sendiri, jangan kita dirasuki emosional dan agar setiap permasalahan sekecil apapun dapat diselesaikan dengan musyawarah," kata Irjen Pol Mulyatno.

Ia juga berharap semua pihak untuk tidak percaya dengan berita-berita hoax atau berita bohong.

"Mari kita cermati berita tersebut memprovokasi atau tidak, dan jika ada mari kita laporkan dan serahkan sepenuhnya kepada Kepolisian untuk memproses sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Bolmong Yasti Soeprojo Mokoagow yang juga hadir dalam pertemuan itu, menyampaikan prihatin dengan peristiwa pertikaian yang terjadi beberapa hari yang lalu.

"Bapak Kapolda jauh-jauh datang hanya untuk melihat kedamaian di Bolmong, saya mohon kepada saudara saudara saya yang di Bolmong, mari kita sama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan kita masing-masing," ujarnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa selama ini berita yang beredar terkait pertikaian di wilayahnya, itu 90 persen hoax dan ia berharap masyarakat tidak mudah terhasut.

"Untuk itu kami minta masyarakat jangan mudah terprovokasi, saya yakin aparat penegak hukum akan bertindak secara humanis dan tegas. Mari kita serahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum, jangan kita bertindak main hakim sendiri," kata Bupati Yasti.

Ia mengajak semua warga Bolmong khususnya Dumoga Raya agar tetap menjaga tali persaudaraan dan perdamaian di tanah Bolmong dan harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, kita jaga tali persaudaraan, agar warga di Bolmong bisa hidup rukun dan damai," kata Bupati Yasti.

Dalam pertemuan itu, juga dilaksanakan pembacaan Surat Pernyataan Bersama dan penandatanganan Deklarasi Damai oleh camat, sangadi, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda se-Dumoga Raya.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut, sejumlah pejabat Polda Sulut, Forkopimda Kabupaten Bolmong, para aparat Pemerintahan se-Dumoga Raya serta para tokoh, baik tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh pemuda.

Penulis: ARP

Bolmong,Sulutnews.com - Tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) menggagalkan pendistribusian Ilegal bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar sekaligus menangkap pelakunya.

Saat dikonfirmasi Senin (4/4/2022) pagi, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan hal tersebut.

"Para pelaku diamankan pada hari Minggu (3/4/2022), di dua lokasi berbeda," ujarnya.

Petugas berhasil menangkap pria berinisial SL (42) warga Mogolaing, sekitar pukul 09.00 Wita di jalan Trans Sulawesi komplex Pasar Kelurahan Inobonto Satu Kecamatan Bolaang.

"Dari tangan SL, petugas berhasil mengamankan sebanyak 35 galon atau 875 liter BBM jenis solar di dalam sebuah mobil pickup grandmax warna putih," ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Pelaku kedua yakni perempuan MP (51) bersama perempuan LP (31) warga Inobonto, diamankan sekitar pukul 12.00 Wita di jalan Trans Sulawesi komplex SMA Negeri I Bolaang Desa Inobonto Dua Kecamatan Bolaang.

"Dari tangan kedua perempuan ini, petugas menyita BBM  jenis solar sebanyak 60 galon atau 1500 liter di dalam sebuah mobil pickup hilux warna putih," terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Penangkapan terhadap para pelaku ini berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya pendistribusian BBM bersubsidi jenis solar tanpa disertai dokumen yang sah.

"Usai ditangkap para pelaku bersama barang bukti dibawa ke Mapolres Bolmong untuk dilakukan proses penyidikan," ujarnya.

Di hadapan Penyidik, SL mengaku mendapatkan BBM tersebut dengan cara membeli dari seorang warga di Kecamatan Poigar Kabupaten Bolmong dan selanjutnya akan dibawa untuk dijual kepada warga Desa Lanut Kabupaten Boltim.

Sedangkan perempuan MP mengaku mendapatkan BBM juga dengan cara membeli dari seorang warga di Kecamatan Poigar dan selanjutnya akan dibawa untuk dijual kepada warga Desa Cempaka Kecamatan Sang Tombolang Kabupaten Bolmong.

"Para pelaku juga mengaku tidak memiliki ijin resmi untuk mendistribusikan BBM bersubsidi jenis solar yang mereka bawa tersebut. Kepolisian akan terus mengusut praktik pendistribusian illegal BBM bersubsidi ini," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast. (ARP)

Bolmong, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos. MSi , menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang ke-68 tahun.

Pada peringatan HUT Kabupaten Bolmong tersebut, mengangkat tema “Yang Fana Adalah Waktu, Karya dan Dedikasi Abadi”.

Kepada awak media, Bupati Sam Sachrul mengatakan, merasa bangga bisa hadir di Kabupaten Bolmong untuk perayaan HUT ke 68 Tahun.

“Saya bangga bisa diundang dan hadir di tempat ini. Insya Allah dengan HUT ini Kabupaten Bolmong lebih maju lagi,”kata Bupati Sachrul.

Sachrul pun mengakui dibawah kepemimpinan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow ekonomi mengalami peningkatan.

“Dengan kepemimpinan Bupati Yasti Soepredjo selama satu periode ini ekonomi lebih bertumbuh. Apalagi akan ada Kimong segera dimulai,”jelas Sachrul.

Saat ditanya kaitan Kimong dengan Daerah yang sedang dipimpinnya Sachrul menjelaskan, Kabupaten Boltim merupakan daerah pendukung.

“Kimong adalah daerah industri dan Boltim Daerah penyangganya karena disana ada hortikultura yang akan dibawah ke Kimong.”tutup Bupati Sachrul.

Sekedar diketahui, Wakil Bupati (Wabup) Boltim Oskar Manoppo juga turut hadir dapam acara tersebut.(Ayax Vay)

Bolmong,Sulutnews.com -  Penyebaran informasi hoax  bisa menimbulkan keresahan. Untuk itulah masyarakat perlu diingatkan agar memanfaatkan media sosial secara positif dan jangan mudah termakan isu tidak benar, ungkap Kapolres Bolaang Mongondow  (Bolmong ) AKBP Dr. Nova Irone Surentu, SH,.MH.

Dikatakan Kapolres sekarang inikan sudah zamannya digital. setiap kejadian pasti muncul dalam bentuk postingan-postingan di media sosial seperti, Facebook, Twiter,  Instagram dan lain - lain.

"Sehingga berita Hoax ini dinilai Kapolres dapat  menimbulkan kekhawatiran dari kepolisian, kususnya di wilayah hukum Kepolisian Polres Bolmong.

Oleh sebab itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Kami Polres Bolmong, bersama dengan elemen masyarakat setempat termasuk dengan para Kepala Desa, membuat suatu inisiatife dengan membuat grup WhatsApp.

"Dengan hadirnya grup WhatsApp ini dinilai dapat membantu memudahkan kordinasi antara perangkat desa khususnya pada Kepala Desa, ujar Kapolres.

Lanjut dijelaskan Kapolres, Media sosial merupakan salah satu alat komunikasi cepat dan berita yang cepat, seringkali terdapat muatan dalam konteks postingan itu berupa Hoax, dan perlu di antisipasi.

Oleh karena itu grup WhatsApp ini kami buat agar dapat mempermudah informasi yang cepat bagi seluruh kepala-kepala desa.

”Kita tau bersama, berita Hoax bukan hanya di Bolaang Mongondow saja, tetapi diseluruh dunia, dan bagi pegiat medsos pasti itu sering terjadi, semoga dengan cara seperti ini bisa mempermudah dan saling bersinerji dengan tugas kami, tandasnya. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com - Sidang lanjutan gugatan kasus solar cell kembali digelar di Pengadilan Negri (PN) Kotamobagu Senin (7/2/2022). Dalam persidangan itu Pemkab Bolmong  menghadirkan satu saksi dan satu saksi ahli. Sementara pihak penggugat PT. Rukun Jaya Mandiri (RJM) menghadirkan satu saksi.

Saksi dari pihak tergugat Isnaidin Mamonto STP yang bekerja sebagai Kabid Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dicecer beberapa pertanyaan oleh pengacara dari pihak penggugat.

Awalnya Isnaidin ditanyai oleh pengacara Y Yoyok Wijaya SH dari pihak penggugat, soal pengajuan para Kepala Desa terkait pembayaran solar cell yang sudah terpasang di desa mereka, lalu kemudian itu dicoret.

Isnaidin kemudian menyebut bahwa para kepala desa itu hanya diberi saran dan catatan untuk ditinjau kembali regulasinya.

Lantas pengacara penggugat bertanya   kenapa Kadis PMD dalam hal ini adalah atasanya, telah menyetujui dilakukanya pembayaran tapi kenapa justru bawahanya tidak merealisasikannya.

Siapa yang sebenarnya berwenang dalam hal ini.

“Saya tidak mengetahui jika ada persetujuan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD),” jawabnya.

Kemudian Yoyok bertanya apakah saksi melakukan peninjauan ke lapangan terkait pengajuan pengadaan lampu solar cell, saksi mengatakan, tidak.

Junita Beatrix MA’I, SH, MH,  Hakim yang pemimpin sidang tersebut kemudian meluruskan, kita tidak usah bicara lagi kebelakang terkait regulasi,  apa solusi yang diberikan oleh DPMD karna lampu itu sudah terpasang dan masyarakat sudah menikmatinya.

Jika terus bicara regulasi dalam setiap pertemuan tanpa ada solusi maka Negara dirugikan karna setiap pertemuan itu, ada anggaran dari Negara.

Saksi ahli dari Inspektorat Pemkab Bolmong Rudi Mamonto S.P., CFrA  yang dihadirkan hanya memberikan keterangan terkait regulasi pengadaan barang dan jasa.

Bramada affiandra, ST saksi dari pihak penggugat memberikan keterangan bahwa saksi hadir saat pertemuan dengan pihak DPMD dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong (Sekda), saat ditanyai pengacara dari pihak penggugat soal, adakah kehadirannya pada  pertemuan dengan DPMD dan Sekda.

Pengacara PT. Rukun Jaya Mandiri saat diwawancarai awak media mengatakan, saya tidak menemukan ada masalah hukum, lebih kepada non teknis karna proyek solar cell ini sudah sesuai kesepakatan, bahkan dua kali sudah ada pertemuan di tahun 2019 dan 2020 dengan PMD dan Sekda untuk kemudian menyepakati melakukan pembayaran ditahun berikutnya  namun setelahnya, tidak ada realisasinya.

“Lanjut  Yoyok mengatakan, bahwa Kemendagri sudah tahu persoalan kasus gugatan ini melalui berita berita yang dimuat di beberapa media Nasional dan lokal. Karna sumber dananya dari APBN, sehingga itu menjadi sorotan Kemendagri. Rencananya rabu ini saya diundang dari pihak Kemendagri untuk memberikan penjelasan,” tutupnya.

INAKOR Menduga Ada Potensi Intervensi:

Proyek Pengadaan Lampu Tenaga Surya (Solar Cell) tahun 2018 yang bergulir di Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), juga mendapat perhatian yang serius dari sejumlah kalangan pegiat Anti Korupsi dan masyarakat Sulut.

Salah satunya datang dari Lembaga Swadaya Masyarakat Independen Nasionalis Anti Korupsi (LSM-INAKOR).

Menyikapi persoalan tersebut, Ketua LSM Independen Nasionalis Anti Korupsi (Inakor) Sulawesi Utara (Sulut) Rolly Wenas pun menjelaskan tentang pengelolaan dana desa itu sendiri.

Menurut Wenas, pengelolaan dana desa dari tahapan, perencanaan, pemanfaatan hingga pelaksanaan adalah hak dan kewenangan desa.

“Hal ini melalui undang-undang negara yang menjamim kedaulatan desa dan surat kuasa rakyat di dalamnya kedaulatan lembaran kerja dalam bentuk apapun, termasuk jika ada program kegiatan titipan dari DPMD, tidak wajib dianggap sebagai regulasi,” ungkap Wenas.

Dirinya menerangkan, jika ada desa yang dipersulit dalam verifikasi Perdes APBDes karena tidak megindahkan kemauan DPMD, jangan takut untuk tempuh proses hukum.

Ia menegaskan, pemerintah kabupaten (pemkab) tidak boleh intervensi. Dituturkannya, untuk jangan paksakan APBDes melaksanakan kegiatan yang tidak ada dalam RPJMDes.

“Padahal secara regulatif, Perdes RPJMDes adalah satu-satunya rujukan pokok perencanaan desa. Segalanya harus mengacu pada RPJMDes sebagai ‘kitab sucinya’ para sangadi. Dan pengadaan solar cell ini yang disoalkan tidak ada alasan untuk tidak dibayarkan,” bebernya.

Wenas juga meminta kepada aparat penegak hukum, agar harus memperhatikan apa yang dimaksud hak penuh pengelolaan anggaran hak desa, juga harus menjunjung tinggi hak mereka.

“Kami menilai, proses penyaluran dana desa yang harus melewati Pemkab Bolmong menjadi salah satu faktor besarnya potensi penyelewengan. Tidak menutup kemungkinan potensi intervensi itu ada,” terangnya.

Oleh sebab itu, Pemkab Bolmong melalui jajarannya seharusnya bisa memotong jalur pendistribusian, sehingga dana desa bisa langsung diterima di rekening kas desa.

“Ini semestinya tidak boleh masuk di rekening daerah, agar tidak terjadi potensi intervensi Mencoret apa yang sudah terealisasi dalam konteks ini merupakan bagian dari bentuk intervensi. Kami ingatkan jangan ada tindakan paksaan dalam pencairan dana yang merupakan hak desa sepenuhnya,” pungkasnya. (*/Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com - Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH,MiP bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka Ny. Ivone  Meyer Putong mendampingi Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Merdeka Ny. Evie Denny Tuejeh beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) di wilayah   Kodim 1303/ Bolaang Mongondow , Jumat (14/01/2022).

Kunjungan  Pangdam XIII/Merdeka  beserta rombongan didampingi  Danrem 131/Santiago disambut langsung oleh Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution dan Ketua Persit KCK Cabang XV Dim 1303 Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka Ny Erdina Raja Gunung.

Pangdam XIII/Merdeka dalam arahannya kepada seluruh personel  Kodim 1303/Bolmong berharap, untuk tetap menjaga semangat sekaligus selalu mengasah kemampuan dalam rangka menunjang pelaksanaan  tugas sebagai seorang prajurit.

“Dengan adanya perkembangan zaman kita dituntut membekali diri sehingga memiliki  kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan tugas menjaga dan melindungi masyarakat, bangsa dan negara.” Kata Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan terkait dengan pelaksanaan percepatan penanganan pandemi COVID-19, melalui vaksinasi terutama kepada para Babinsa yang berhubungan langsung dengan masyarakat di wilayah teritorialnya, agar masing masing prajurit  tetap terus memberikan himbauan dan edukasi  guna menumbuhkan   kesadaran masyarakat dalam menerapkan/mematuhi protokol kesehatan, serta mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi guna  memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan "  Seluruh Prajurit tetap  solid,  membangun kerjasama dengan semua stakeholder  dan instansi terkait  dengan baik serta terus bersinergi/berkolaborasi  dalam setiap pelaksanaan tugas dilapangan. Tugas dan tanggung jawab kita sebagai prajurit  bukan hanya  menunggu perang, tapi juga melindungi warga dari ancaman wabah   Covid- 19 (sebagai bencana non alam) itu sudah sama dengan melalui medan perang.

Kuasai tugas dan jiwai dengan sungguh sungguh serta hindari pelanggaran sekecil apapun demi   nama baik Kodam XIII/Merdeka. " Pungkas  Pangdam"

Sementara itu Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong disela sela kunjungan mennyampaikan  kepada seluruh jajaran Korem 131/Santiago, "saya selaku Danrem dan selaku pribadi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada para Dandim dan seluruh prajurit  yang sudah melaksanakan program pemerintah yaitu Serbuan vaksinasi di wilayah masing-masing dengan baik," Ujar  Danrem.

Selanjutnya Danrem juga  mengingatkan  terkait  pemanfaatan Teknologi Informasi,  agar seluruh Prajurit termasuk ibu Persit dan keluarganya untuk lebih selektif serta bijak dalam bermedia sosial.

“Saring terlebih dahulu informasi dari media sosial sebelum men share ke publik, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi diri, keluarga dan satuan,” tegas Danrem.

Terkait kedisiplinan personil, Danrem juga  menekankan agar tidak ada satu Prajurit pun Kodim 1303/Bolmong  dan  seluruh jajaran Korem131/Santiago  yang melakukan pelanggaran atau kegiatan kegiatan kegiatan  ilegal yang melanggar hukum, untuk itu saya tegaskan  hindari pelanggaran sekecil apapun demi nama baik Satuan Korem 131/Santiago lebih khusus Kodam XIII/Merdeka umunya TN Angkatan Darat.

"Khusus kepada Babinsa yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat, agar menghindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan Satuan. Lakukan edukasi kepada masyarakat tentang disiplin Protokol Kesehatan dalam rangka  pencegahan Covid-19,” Pungkas Danrem

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ir. Hj Tatong Bara (Walikota Kotamobagu).

 Iskandar Kamaru, S.Pt (Bupati Kab Bolsel)., Syam Sharul Mamonto, S.Sos,. M.IP (Bupati Kab Boltim)., Para Asisten Kasdam XIII/Merdeka dan Ka Balak Dam XIII/Mdk., AKBP Irham Halik, S.IK (Kapolres Kotamobagu), Ustad Yusup Deni Pontoh (Ketua MUI Kotamobagu, Para Perwira Staf  Kodim 1303/BM, Para Danramil Jajaran Kodim 1303/BM.(*/Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com – Kapolres Bolmong Selatan AKBP Ketut Suryana menggelar tatap muka dengan Staf Khusus Bupati Bolmong Selatan, di Mako Polres Bolsel, Rabu (5/1/2022).

Menurut Kasi Humas Polres Bolsel Ipda Arnold Dien, pertemuan membahas penanganan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Bolsel.

“Beberapa poin yang menjadi pokok bahasan antara lain penanggulangan miras di Bolmong selatan yang merupakan sumber dari munculnya kriminalitas, toleransi antar umat beragama, pencegahan penyebaran covid 19, peningkatan vaksinasi, tertib belalu lintas serta perkembangan isu-isu negatif di medsos,” ujarnya.

Pada pertemuan itu lanjutnya, kedua belah pihak saling memberikan masukan guna pengambilan langkah selanjutnya dalam menanggulangi persoalan gangguan kamtibmas di Kabupaten Bolsel.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag SDM, Kabag Ren, Hi. Abdi Gobel, SE  (Staf Khusus Bidang Politik dan Kemasyarakatan), Pdt. Nixon Manoppo (Staf Khusus Keagamaan Kristen), Ust. Agus Gobol (Staf Khusus Keagamaan Islam), Resia Lamusu  (Staf Khusus Bidang Perempuan dan Anak), Rahmat Paputungan (Staf Khusus Bidang Hukum dan Kamtibmas), Drs. Hamka Podomi (Staf Khusus Bidang Pendidikan), Abadi Yusuf S.Pd (Staf Khusus Bidang Pendidikan) dan R. Sutowijoyo Himam (Staf Khusus Bidang Teknologi Infomasi).(Adrian)

 

Bolmong,Sulutnews.com  – Polres Bolaang Mongondow memberikan penghargaan kepada insan pers yang berperan aktif secara konsisten mempublikasikan kegiatan Polres selama tahun 2021. Piagam Penghargaan diberikan langsung oleh Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu kepada beberapa wartawan, di halaman Mako Polres, Jumat (31/12/2021) sore.

Kapolres menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh media yang telah membantu tugas-tugas Polri khususnya Polres Bolmong dalam hal publikasi/pemberitaan positif.

“Kami berharap kiranya hubungan kemitraan yang sudah terjalin antara Polri dan Pers akan terus terpelihara,” ujar AKBP Nova Irone Surentu. Usai penghargaan, terkait dengan kegiatan pada akhir tahun data gangguan kamtibmas yang terjadi dan penyelesaian perkara selama tahun 2021 oleh Kapolres Bolmong AKBP Nova Iron Surentu Didampingi oleh Kasi Humas Iptu Hero A. Mantiri. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com – Dukungan berbagai pihak terhadap Kepolisian Resor Bolaang Mongondow dan jajaran dalam tugas pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 terus mengalir.

Selain dari unsur TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan. BPBD, Damkar, Sat Pol PP, beberapa organisasi sosial kemasyarakatan dan relawan juga menyatakan dukungan, yang diwujudkan melalui keterlibatan anggotanya di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan.

Beberapa organisasi yang telah menyatakan dukungan terhadap Polri diantaranya Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBP3), Gerakan Pemuda Ansor dan Banser.

Ketua KBP3 Kabupaten Bolmong Linda Lahamesang mengatakan, KBP3 adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Polri oleh karena itu pihaknya mendukung sepenuhnya tugas-tugas Polri.

“Saya selaku Ketua KBP3 Kabupaten Bolmong sudah menerjunkan anggota KBP3 Bolmong untuk bertugas di pos-pos pengamanan bersama Polri dan instansi lain pada Hari Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) GP Ansor dan Banser Kabupaten Bolmong Masrianto Labaso.

“Kami juga sudah menugaskan anggota GP Ansor dalam tugas di Pos-Pos Pengamanan sebagai bentuk dukungan kami terhadap kinerja aparat Kepolisian,” ujar Masrianto.

Sementara itu Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak terhadap Polres Bolmong dalam tugas pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Ini adalah wujud kerjasama dan sinergitas Polres Bolmong dengan instansi terkait dalam pelaksanaan tugas, selain itu dengan keterlibatan Ormas Islam dalam pengamanan Hari Raya Natal, hal ini mencerminkan adanya kerukunan hidup dan toleransi antar umat beragama yang sudah lama membudaya di tengah-tengah masyarakat Bolaang Mongondow,” tutup Kapolres AKBP Nova Irone Surentu. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com– Pertikaian yang melibatkan para pemuda Desa Tonom dengan pemuda Desa Mogoyunggung Dua dan Mogoyunggung Kecamatan Dumoga Timur, Bolaang Mongondow yang terjadi pada hari Sabtu, 25 Desember 2021 dini hari, diseriusi Polres Bolmong.

Gerak cepat Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu langsung menggelar pertemuan dengan pihak bertikai dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang dihadiri oleh TNI dan Pemerintah setempat, Sabtu (25/12/2021) siang.

Kapolres menyesalkan terjadinya pertikaian antar warga di saat umat Kristiani sedang merayakan hari raya Natal. “Hari ini adalah Hari Natal. Hari Besar agama Kristen seharusnya dirayakan dalam suasana penuh kedamaian namun ternoda oleh karena ulah oknum anak-anak muda,” sesal Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres meminta aparat Pemerintah Desa untuk mengambil langkah-langkah antisipatif dan senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Kepolisian untuk mencegah terjadinya permasalahan, dan jika ada permasalahan sekecil apa pun cepat diselesaikan agar tidak berkembang.

“Saya tegaskan mulai hari ini tidak ada lagi warga khususnya anak-anak muda kumpul-kumpul di pekuburan apalagi mengadakan pesta minuman keras. Untuk kegiatan ziarah silahkan Pemerintah Desa mengatur pembatasan waktu yakni sampai pukul 20.00 wita, kami akan pantau terus wilayah ini dengan mengadakan patroli dan kami akan tindak tegas setiap warga yang melakuan pelanggaran hukum,” tegas AKBP Nova Irone Surentu.

Hal senada disampaikan oleh Camat Dumoga Timur Jootje Tumalun dan Danramil Dumoga Kapten Inf. Asrak Badarun. Keduanya sepakat sangat mendukung apa yang disampaikan Kapolres Bolmong.

Kedua belah pihak yang bertikai yaitu warga Desa Tonom dan Desa Mogoyunggung Dua bersama Desa Mogoyunggung akhirnya sepakat untuk berdamai dan menghentikan pertikaian yang ditandai dengan penandatanganan Surat Kesepakatan Perdamaian oleh perwakilan masing-masing pihak.

Kegiatan pertemuan yang dilaksanakan kurang lebih 2 jam ini juga dihadiri oleh Wakapolres Melky J. Lapian, Kapolsek Dumoga Timur Iptu Agus Sumandik, Sangadi Tonom Jeine R. Wales, Sangadi Mogoyunggung Dua Julius Tumbelaka, Sangadi Mogoyunggung Ferry Kawung dan perwakilan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dari ketiga desa. (Adrian)