Bolmong

Bolmong (7)

Bolmong, Sulutnews com. Desa  Ambang 1 kecamatan Bolaang timur Kab.Bolmong alokasikan dana Desa finishing untuk pembangunan posyandu.

Menurut keterangan kepala Desa Ambang 1berinisial NT alias Neti menyatakan bahwa pembuatan pembangunan posyandu yang berukuran 6×10 m sudah selesai pekerjaannya. Program pemerintah pusat atau daerah yang setiap tahunnya dikucurkan telah kami laksanakan sesuai harapan semua pihak.

Saat ditemui awak media bersama ketua LSM LPKPK Bapak Maskur Baluntu mengungkapkan bahwa pekerjaan pembangunan posyandu benar sudah terealisasi.

Harapan masyarakat dan perangkat desa kedepannya nanti pemerintah Desa Ambang 1 dapat memanfaatkan dana desa secara optimal untuk kemajuan masyarakat setempat. (Surono)

Bolmong, Sulutnews.com - Desa Mongkoinit Barat kecamatan lolak kabupaten Bolaang mongondow mengalokasikan Dana desa tahap 3 untuk pengecoran jalan yang ada didesa mongkoinit barat dengan sisa dana desa thn 2019 dari penyaluran blt.

Menurut kepala desa pak sija paputungan saat kami temui menegaskan"bahwa sangat pentingnya normalisasi jalan ini kita bangun dan dengan adanya dana desa kita gunakan untuk pekerjaan jalan dan semoga pekerjaan jalan ini akan cepat diselesaikan.Pembangunan dimaksudkan untuk memberikan Akses jalan yang layak dan memadai untuk kesejahteraan masyarakat.

Dari penelusuran awak media,pengecoran jalan sepanjang 75 cm saat ini pekerjaannya sudah hampir selesai.

Harapan perangkat desa dan masyarakat dengan adanya pembuatan jalan yang di serap dari APBD dapat bermanfaat dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat desa khususnya desa mongkoinit barat dan berharap mudah-mudahan desa mongkoinit barat menjadi desa yang berkembang dan mandiri. (surono)

Bolmong, Sulutnews.com - Kepala desa Mongkoinit Barat, Bapak Sija.i.paputungan, kamis (24/12/2020) membagikan sumbangan berupa uang dan minuman kepada masyarakat khususnya desa mongkoinit barat. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut natal dan tahun baru, yang akan dirayakan pada besok hari tgl 25 Desember 2020.

Menurut Bapak Sija "sumbangan ini kami salurkan karna kepedulian kami terhadap masyarakat yang telah lanjut usia sekaligus membantu masyarakat yang kurang mampu" sumbangan ini kami berikan karna keihklasan hati atau sukarela hanya untuk membantu masyarakat saja, ungkapnya.

Pantauan langsung dari awak media, kepala desa mengatakan kalau dana tersebut diberikan atas dasar sukarela. Lewat kesempatan ini juga saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap patuhi protokol kesehatan.

Menurut keterangan Bapak Karel salah satu masyarakat penerima, mengatakan "kami sangat senang mendapat bantuan dari kepala Desa Mongkoinit, hal ini sangat membantu kami dalam merayakan natal dalam masa pandemic covid-19”, Katanya.(/Surono)

Bolmong, Sulutnews.com - Bantuan RTLH tahun 2019 untuk Desa Lolan dan Tadoy melalui program Dinas Sosial Bolmong selaku pengguna Anggaran (PA), sampai sekarang tidak terealisasi sehingga membuat sejumlah masyarakat merasa sangat dirugikan.

Menurut ketua kelompok penerima bantuan uce mokodompit,"kami sangat kecewa sebab pencairan dana pada bulan Desember dari Bank sebesar 150 juta tahun 2019 pada saat itu harus diserahkan kepada oknum pihak Dinas Sosial, kepala bidang penanganan fakir miskin berinisial (SP) dan dana tersebut diteruskan kepada pihak ketiga (penyedia bahan bangunan) namun sampai sekarang belum terbukti.

Selain itu juga kami hanya menerima batubata 900 buah saja. Anggaran perunit bangunan 15 juta sedangkan penerima bantuan untuk desa lolan 10 unit.

Saya selaku ketua kelompok diharuskan menandatangani Berita Acara kwitansi/Bukti pembayaran dan laporan pertanggungjawaban yang dibuat oleh pihak Dinas Sosial yang tidak jelas ungkap uce mokodompit, dengan kekecewaannya kepada Wartawan dan berjanji akan melaporkan hal ini kepihak kejaksaan  untuk diproses. (/Surono)

Bolmong, Sulutnews.com - Penyaluran bantuan bibit jagung melalui dinas perkebunan Bolmong seiring berjalannya pandemi covid 19 pemerintah kabupaten bolmong melalui dinas perkebunan Ir.Taufik Mokoginta mencanangkan program bantuan bibit jagung bisi 18 kepada para petani yang ada di Bolmong.

Menurut kepala dinas Perkemunan kabupaten Bolmong Ir.Taufik Mokoginta bahwa hasil pendapatan akhir masyarakat dengan 857 kepala keluarga penerima diperkirakan sebesar Rp.142.5 milyar. Penyaluran bibit bantuan tersebut sudah di salurkan ke petani bolmong sebanyak 85% dan tinggal menunggu hasil panen pada bulan desember ini.

Saat di temui awak media ini para petani jagung yang ada di desa tuyat kecamatan lolak, menurut para petani "kami merasa sangat terbantu dengan adanya program tersebut karna di tengah wabah pandemi ini petani jagung merasa kesulitan dalam mengadakan bibit jagung tersebut karna sangat terbatas penjualan bibit tersebut harganyapun cukup mahal.

Salah satu masyarakat penerima bantuan tersebut mengatakan "sangat berterima kasih dengan adanya bantuan tersebut, saya tinggal menunggu masa panen sekarang ini, ungkap sidik paputungan ke awak media.(/Surono)

Sulutnews.com, Bolmong - Pendidikan yang ada di Kab.Bolaang mongondow (bolmong) semakin meningkat setiap tahun sehingga di butuhkan fasilitas yang cukup memadai. Maka dari itu pemerintah pusat yakni kementrian Agama telah menyediakan fasilitas untuk pembangunan yg ada di kabupaten bolmong agar generasi penerus yang ada di desa mongkoinit barat kecamatan lolak kedepannya akan lebih baik dan berprestasi.

Hal ini mendapat respon dan dukungan dari LSM LPKPK Jamal dilapanga, menyatakan bahwa pelaksanaan proses belajar- mengajar sangat terbantu dengan adanya fasilitas ini. Bantuan fasilitas dari kementrian agama yang di berikan untuk Sekolah Madrasah Aliyah untuk desa mongkoinit barat kecamatan lolak antara lain : asrama, gedung work shop, gedung teori dan juga beberapa fasilitas lainnya seperti pembuatan kolam berenang, jalan, lapangan olahraga, taman dan fasilitas lainnya.

Dari hasil penelusuran awak media ini bahwa sumber dana SBSN tahun 2020-2021 yang rencana pekerjaannya akan selesai pada bulan desember 2021. Menurut kepala seksi PD pontren, Rahmat Hanna yang juga sebagai PPK menyatakan bahwa dengan adanya tambahan fasilitas yang lengkap ini mudah-mudahan kualitas generasi yang akan datang yang ada di daerah kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menjadi lebih baik,ungkapnya.(Surono)

Lolak Sulutnews.com - Dinas Sosial Bolmong diduga gelapkan dana bantuan rumah tidak layak huni (RLTH)tahun 2018.

Menurut laporan masyarakat penerima bantuan yakni ibu meiske manopo kepada pimpinan ormas LSM LPKPK, sekretaris jamal dilapanga menyatakan bahwa desa mongkoinit barat kecamatan lolak kabupaten bolaang mongondow (Bolmong) akan mendapat bantuan bedah rumah dari Dinas Sosial. Karna semua persyaratan sudah dilengkapi diwaktu petugas Dinas Sosial kunjungi desa mengambil data kelompok untuk di serahkan kepada Dinas Sosial kabupaten bolmong.

Hal ini dibenarkan oleh ketua kelompok wanti bambela karna dana yang dicairakan di Bank pada bulan desember tahun 2018 adalah ketua kelompok namun langsung diambil oleh pihak Dinas Sosial dengan alasan akan dibicarakan dengan pihak ketiga sebagai penyedia bahan bangunan.

Saat dikonfirmasi awak media ini dengan kepala Dinas Sosial kabupaten bolmong Drs.Abdul Haris Bambela MSi menyatakan bahwa dana bantuan tersebut sudah dialihkan kepihak 3 (C.V Anuggrah Abadi). Sudah dua tahun masyarakat tetap menunggu sampai saat ini belum terealisasi bantuan tersebut diduga di gelapkan oleh pihak Dinas Sosial bolaang mongondow (Bolmong).(/Surono)