Yohanis Yunus Pandey Di Bitung Sembuh Dari Penyakit Covid-19

Written by  Yayuk Wulur Jun 21, 2020

Bitung, Sulutnews.com - Pandemik Corona merubah banyak hal, termasuk timbulnya keresahan masyarakat terhadap resiko penularan. Meski begitu ada yang alami keberuntungan. Contohnya Yohanes Yunus Pandey (27thn) sembuh dari Covid-19, penyakit yang hampir merengut nyawanya.

"Terima Kasih dokter dan tim medis yang telah mengobati dan saya telah sembuh," ucap Yohanis

Lelaki muda dengan postur tubuh tinggi ini merupakan klaster Bitung pasien covid-19 dan di isolasi RSUD Bitung 20 hari lamanya sejak tanggal 29 Mei. Pada 20 Juni ia diumumkan telah bebas dari virus corona dan diijinkan pulang dan berbagi kebahagiaan.

Sulutnews.com tanpa sengaja  menyaksikan prosesi virtual pelepasan secara medis Yohanis Yunus Pandey dari RSUD Kota Bitung, Sabtu 20/6/2020.

"Terima kasih kepada semua perawat, dokter dan pihak Dinas Kesehatan yang telah mengobati dan merawat saya selama ini, hanya Tuhan Yesus yang dapat membalas budi baik kalian," ujar Yohanis Yunus Pandey dengan mata berkaca-kaca dan kalimatnya terbata, dalam acara pelepasan pasien covid-19 yang dipimpin Dirut RSUD Bitung dokter Pitter Lumingkewas.

Ia berbagi cerita saat malang tak dapat ditolaknya. Yohanis berlayar dari Tobelo ke Kota Bitung untuk mengaduh nasib sebagai pekerja.Tapi pada proses penjaringan covid-19, ia terpapar dan perlu disolasi  20 hari lamanya sejak tanggal 29 Mei lalu.

Hari-hari yang indah bagi pria berusia 27 tahun ini pun berubah kesedihan. Ia sering merasakan sakit akibat terjangkit penularan pada klaser Bitung.

Saat dirawat tim medis RSUD Bitung, Yohanis banyak diam dan tak banyak bicara, terlebih saat tahu bahwa ia telah terinfeksi virus corona yang mematikan dan ditakuti banyak orang. Malang tak dapat ditolak apa yang ia rasakan ia simpan di dalam hati meski ada bagian tubuhnya terasa nyeri.

Haripun berganti ruang perawatan isolasi ia berangsur menjadi ruang mujizat. Ia bahagia karena ada beberapa perawat yang tampil dengan alat pelindung diri, yang mau mendengarkan ceritanya, dan bisa merasa serta memahami apa yang sedang ia rasakan. Hal inilah yang akhirnya mendorong semangatnya untuk sembuh. Mujizat pun terjadi pada doa orang benar. Pun tanpa sadar ia mengalami peristiwa datangnya hawa dingin seolah menyapu habis virus corona yang tak ia kenal sebelumnya itu.

Menurut dokter Pitter Lumingkewas selama isoladi pasien positif corona Yohanis Yunus Pangkey menjalani medis seperti minum obat dan vitamin secara rutin. Makan makanan bergizi, konsumsi susu, telur, ditambah makanan tinggi kalori tinggi protein (TKTP), kata dokter Pitter Lumingkewas yang diwakili Nrs Maidy Joanna Wullur, S.Kep,MM kepada sulutnews.com, Senin (22/6).

"Proses pelepasan Yohanis dilakukan secara virtual, jadi bisa dibuka di face book dan vidio," tambahnya. Acara pelepasan dihadiri para tim medis dan dokter yang mengobati mulai hari pasien dikarantina hingga sembuh.

Yohanis tinggal di Tobelo Tengah Provinsi Ternate dan langsung dipulangkan hari Sabtu, 20 Juni 2020. Di sana ia pun harus menemui pejabat di Dinkes Tobelo membawa berkas bukti telah sembuh dari coroba virus disease 2019. (*/yuk)

Last modified on Tuesday, 23 June 2020 10:48