Bitung

Bitung (50)

Bitung,Sulutnews.com -  Tim Resmob Polres Bitung dipimpin Katim Aipda Denhart Papente mengamankan tersangka pelaku tindak pidana penganiayaan secara bersama-sama, yang terjadi pada hari Minggu, 26 September 2021, sekitar pukul 05.45 Wita di Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung.

Menurut penjelasan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, tersangka berjumlah 3 orang laki-laki, masing-masing berinisial RW (19), RT (19) dan VM (20). Ketiga pengangguran ini adalah warga Kelurahan Pinokalan.

“Ketiganya diamankan pada hari Senin 21 Oktober 2021, tersangka RW diamankan pada pukul 17.30 Wita, selanjutnya sejam kemudian tersangka RT dan VM. Ketiganya diamankan saat berada di Kelurahan Pinokalan,” ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast, di ruang kerjanya, Selasa (12/10/2021).

Para tersangka lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, melakukan penganiayaan secara bersama tehadap korban, lelaki bernama Kevin Warouw. Kejadian katanya berawal saat korban sedang berada di dalam warnet tempat ia bekerja, kemudian datang para tersangka yang langsung masuk ke dalam warnet sambil mengkonsumsi minuman keras.

Para tersangka kemudian menawarkan korban untuk minum miras yang dibawa. Korbanpun sempat meneguk miras sebanyak dua kali.

Selang beberapa menit kemudian, tersangka RW menanyakan kepada korban kenapa membanting kipas angin dan membunyikan giginya. Korbanpun mencoba menjelaskan kepada para tersangka, pertanyaan yang ditanyakan kepadanya, namun secara tiba-tiba tersangka RT langsung melakukan pemukulan terhadap korban, yang diikuti oleh lelaki RW dan VM.

Mendapat pukulan dari para tersangka, korban akhirnya menghindar dan melarikan diri ke rumah salah seorang warga, namun dikejar oleh para tersangka. Di rumah warga tersebut, para tersangka masih melakukan pemukulan terhadap korban, dan akhirnya bisa dilerai oleh warga.

Atas kejadian tersebut korban mengalami rasa sakit pada bagian kepala, bagian punggung belakang dan jari ibu tangan sebelah kanan mengalami bengkak, dan melaporkan peristiwa penganiayaan ini ke Polres Bitung.

“Para tersangka sudah dibawa ke Polres Bitung dan diserahkan kepada Piket Reskrim untuk diproses hukum lebih lanjut,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com - Tim Resmob Polres Bitung mengamankan seorang pria pelaku pencurian uang tunai sekitar Rp8,5 juta dari dalam mobil yang terparkir di depan sebuah rumah makan di Girian, Bitung.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengatakan, pelaku berinisial SB (39), warga Pinokalan, Bitung, yang bekerja sebagai tukang parkir di depan rumah makan tersebut.

"Pelaku ditangkap pada Senin (11/10/2021) sekitar pukul 16.00 WITA, saat sedang bekerja," katanya, Selasa (12/10) siang, di Mapolda Sulut.

Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, pelaku mencuri uang dari dalam mobil milik Ober Kakauhe, warga Batuputih Bawah, Bitung, pada Kamis (30/09/2021) siang.

"Kejadiannya sekitar pukul 11.00 WITA. Pelaku membobol pintu mobil lalu mengambil uang milik korban," jelasnya.

Dalam penangkapan tersebut, Tim Resmob juga mengamankan barang bukti berupa sisa uang curian sebesar Rp.3.950.000, dan 1 unit sepeda motor yang angsuran kreditnya dibayar menggunakan sebagian uang hasil curian tersebut.

"Pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Bitung untuk dimintai keterangan lebih lanjut," terang Kombes Pol Jules Abraham Abast. 

Kombes Pol Jules Abraham Abast juga mengimbau masyarakat agar tidak meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan.

"Jangan meninggalkan uang ataupun barang berharga lainnya di dalam kendaraan. Sebaiknya dibawa, demi mencegah terjadinya pencurian," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast mengimbau. (Adrian)

Manado,sulutnews.com- Tim Tarsius Presisi Polsek Matuari di-back up Polres Bitung mengamankan 3 tersangka (TSK) pencurian 1 unit mesin penetas telur ayam dan 27 ekor ayam ras Filipina, Selasa (28/09/2021) petang.

Ketiga tersangka yaitu, FB (20) dan JS (43) warga Sagerat, Matuari, serta MAM (39) warga Tanjung Merah, Matuari, Bitung.  Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengatakan, ketiganya beraksi di rumah Donny Nelwan (49), warga Perum Maesaan Matuari, pada Senin (27/09), sekitar pukul 01.00 WITA. 

"Korban dan keluarganya saat itu berada di Minahasa Selatan. Tersangka FB masuk ke rumah korban untuk mencuri dengan cara mencongkel jendela depan, sedangkan JS dan MAM menunggu di luar," ujarnya, Rabu (29/09) pagi, di Mapolda Sulut.  

Setelah itu para tersangka menuju rumah JS sambil membawa hasil curian. Ayam yang dicuri bersama kandangnya tersebut lalu mereka bagi tiga, sedangkan mesin penetas disimpan FB di rumah temannya di Sagerat.  Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, ketiga tersangka ditangkap di lokasi berbeda.

FB ditangkap di Sagerat, sedangkan JS dan MAM ditangkap di Tanjung Merah.   "Ketiga tersangka beserta barang bukti 1 unit mesin penetas telur, 16 ekor ayam, dan 1 buah kandang ayam telah diamankan di Mapolsek Matuari untuk diperiksa lebih lanjut.(Adrian)

Bitung,Sulutnews.com - Tim Resmob Polres Bitung mengamankan seorang pria pelaku pencurian handphone, MJR (39), warga Girian Weru II, Bitung, Sabtu (18/09/2021), sekitar pukul 17.30 WITA.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, pencurian terjadi pada Rabu (08/09) malam, di salah satu tempat pijat di Madidir, Bitung.

"Malam itu pelaku akan pijat, lalu melihat dua buah handphone milik karyawan yang berada di atas meja kasir," ujarnya, Minggu siang.

Pelaku memanggil karyawan beberapa kali namun tak ada respons, seketika itu juga pelaku mencuri dua handphone tersebut, kemudian melarikan diri menggunakan mobil.

Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, pelaku ditangkap tanpa perlawanan, di sekitar tempat tinggalnya.

"Pelaku beserta barang bukti dua buah handphone kemudian diamankan di Mapolres Bitung untuk diperiksa lebih lanjut," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast. (Adrian)

Manando,Sulutnews.com - Tindak kekerasan dialami seorang ibu rumah tangga berinisial SJ, yang dilakukan oleh suaminya sendiri, berinisial MI.

Lelaki MI diduga telah melakukan pemukulan terhadap isterinya, yang menyebabkan mata sebelah kanan korban menjadi lebam.

Peristiwa tindak kekerasan dalam rumah tangga ini sendiri terjadi di Kelurahan Girian Atas Kecamatan Girian, Bitung, Sabtu (18/9/2021) sekitar pukul 04.30 Wita.

Kejadian ini pun dilaporkan warga ke Polres Bitung. Tim Tarsius Presisi Polres Bitung dipimpin Aipda Yulaena D. Djudju langsung mendatangi tempat kejadian perkara dan mengamankan terduga pelaku ke Mapolres Bitung.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan telah terjadi dugaan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan lelaki MI. Iapun menyesalkan aksi yang dilakukan oleh lelaki MI terhadap isterinya.

"Emosi apalagi berujung pada pemukulan bukan solusi pemecahan permasalahan dalam rumah tangga. Bahkan hal ini hanya akan membawa dampak hukum bagi pelaku," singkat Kombes Pol Jules Abraham Abast.(Adrian)

Bitung,Sulutnews.com – Tim gabungan yang terdiri dari Polres Bitung, TNI dan Pemerintah Kelurahan Girian Weru Dua menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), Sabtu (4/9) mulai pukul 19.00 WITA.

Kepada media ini, Kaur Binopsnal Satresnarkoba Polres Bitung, Iptu Petrus Katiandagho mengatakan, KRYD ini untuk memantau langsung penerapan protokol kesehatan sekaligus PPKM.

Tujuannya dijelaskan Iptu Katiandagho, untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap prokes di masa PPKM berskala mikro di wilayah Kota Bitung,” ujarnya, yang memimpin kegiatan malam itu.

"Sambung dia, Petugas gabungan melakukan patroli secara stasioner dan mobile di ruas Jalan 46 Kota Bitung.

“Kami menyampaikan imbauan serta edukasi kepatuhan terhadap prokes, termasuk sosialisasi pembatasan waktu operasional tempat-tempat usaha,” terang Iptu Katiandagho.

Masih didapati beberapa pengguna jalan yang tidak memakai masker, kemudian dikenai sanksi push up sebagai efek jera. “Setelah itu diberi masker gratis,” pungkas Iptu Katiandagho. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com – Satsamapta Polres Bitung terus meningkatkan kegiatan blue light patrol dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas sekaligus pencegahan penyebaran Covid-19.

Seperti yang dilakukan pada Sabtu (4/9) malam, mulai pukul 20.00 WITA. Personel Tim Jalak Satsamapta melaksanakan patroli di beberapa wilayah.

Saat melintas di Maesa, tim mendapati beberapa pria dewasa yang ‘nongkrong’ di pangkalan ojek samping SMP Negeri 2 Bitung.

“Ternyata mereka berkumpul sambil minum miras jenis cap tikus,” kata Kasatsamapta Polres Bitung AKP Stanley Rambing.

Tim lalu melakukan pemeriksaan badan dan tempat untuk mengantisipasi adanya senjata tajam maupun barang-barang berbahaya lainnya.

“Kami sampaikan imbauan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona. Setelah itu mereka diminta segera pulang,” jelas AKP Rambing.

Lanjutnya, patroli terus digencarkan di wilayah hukum Polres Bitung.

“Dengan kehadiran personel Polri di tengah masyarakat diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman dari gangguan kamtibmas,” pungkas AKP Rambing. (Adrian)

Bitung,Sulutnew.news.com – Tim Tarsius Polsek Maesa berperan sebagai seorang pemuda berinisial ARH (17), warga Kota Bitung, atas kasus penikaman terhadap dua korban sekaligus, sekitar 10 jam usai kejadian.

Tersangka diketahui menikam TM (35) dan RAT (28), di depan Kantor PLN Kelurahan Madidir Ure, Kecamatan Madidir, Kota Bitung, pada Kamis (02/09/2021), sekitar pukul 05.30 WITA.

Kejadian berawal ketika tersangka bersama dua teman dalam perjalanan menggunakan sepeda motor dari Danowudu menuju Aertembaga untuk mengantar salah satu teman mereka.

Di TKP, sepeda motor yang dikendarai tersangka tiba-tiba mogok. Tersangka dan teman baiknya menghidupkan mesin namun tidak berhasil.

Saat itu tersangka melihat kedua korban yang berdiri di pinggir jalan. Tersangka mengungkapkan kedua korban dengan meminta bantuan untuk mendorong sepeda motor.

ingin tahu tersangka ditanggapi lain oleh kedua korban, dan dibalas dengan gertakan, “Kyapa ngana haga-haga?” (Kenapa kamu melihat-lihat?).

Mendapat gertakan tersebut, tersangka marah dan meminta temannya untuk mencoba menghidupkan mesin sepeda motor.

Setelah berhadapan dengan kedua korban sambil tajam senjata dari pinggangnya.

Sejurus kemudian tersangka menikam korban TM di bagian lengan kiri, lalu juga menikam RAT di telapak tangan dan paha kanan, serta bahu kiri.

Melihat kedua korban terluka cukup parah, pelaku langsung melarikan diri dan mengunjungi rumah salah satu temannya.

Sementara itu Kasubbag Humas Polres Bitung AKP Hermanses Katiandagho tak menampik hal tersebut.

“Tersangka ditangkap tanpa perlawanan, saat muncul di rumah teman-teman di wilayah Kecamatan Matuari,” jelasnya.

Lanjut AKP Katiandagho, tersangka pun mengakui semua perbuatannya, telah menikam kedua korban menggunakan senjata tajam.

“Tersangka beserta barang bukti lalu masuk ke Mapolsek Maesa untuk diperiksa lebih lanjut. Sedangkan korban kedua menjalani perawatan medis di rumah sakit,” pungkas AKP Katiandagho. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com - President PT Pegadaian Persero Udin Syamsudin memberikan penghargaan bagi tenaga kesehatan (nakes) yang berjuang digarda terdepan menangani Pandemi Covid19 di Bitung Sulawesi Utara.

Penyerahan piagam berlangsung di The Gade Cafe Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) secara sederhana, Kamis (26/8)

Penghargaan dalam bentuk sertifikat diberikan simbolik kepada Meidy Wullur,S.Kep.MM nakes di RSU Manembo Nembo Bitung.

Vice President PT Pegadaian Persero Udin Syamsudin menyerahkan langsung penghargaan tersebut.

Dikesempatan itu President PT Pegadaian Persero Udin Syamsudin mengatakan sangat bangga terhadap nakes yang telah bekerja di garda terdepan penanganan Covid19 di Bitung.

"Piagam ini diberikan sebagai bentuk apresiasi PT Pegadaian Persero atas pengakuan dan sumbangsih para tenaga kesehatan di Bitung selama Pandemik," katanya.

Mudah-mudahan penghargaan bagi nakes akan membantu memotifasi mereka tetap dapat bekerja demi kemanusiaan. 

Nurse Maidy Wullur mengatakan berterima kasih keda pihak PT Pegadaian Persero yang telah memberikan piagam penghargaan dan mas murni di Galeri 24 PT Pegadaian Persero.

"Terima kasih banyak untuk pihak PT Pegadaian Persero atas apresiasi kepada kami para nakes, semoga semakin sukses kedepan Tuhan Memberkati," ucapnya.

Selain itu diserahkan juga piagam penghargaan untuk nakes di berbagai Puskesmas di Bitung dan rumah sakit di Airmadidi, Minahasa Utara. (*/yuk).

Bitung,Sulutnews.com - Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir melakukan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polres Minahasa Utara (Minut), Jum'at (27/08/2021) siang.

Diawali dengan pertemuan di Aula Satya Haprabu Mapolres Minut. Dihadiri oleh Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo bersama Pejabat Utama dan Kapolsek jajaran, Bupati Minut Joune Ganda serta Forkopimda lainnya.

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang perkembangan dan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Minut.

Wakapolda juga menyempatkan diri mengecek kondisi personel Polres Minut yang sedang menjalani isolasi mandiri melalui video conference.

Setelah itu Wakapolda bersama Forkopimda meninjau Posko PPKM Mikro di Desa Tumaluntung. Dilanjutkan peninjauan Kampung Tangguh Covid-19 di Desa Paslaten, Kecamatan Kauditan.

Di Paslaten, Wakapolda bersama Forkopimda melakukan panen ikan sekaligus menebar benih ikan mujair secara simbolis, di kolam desa setempat.

Wakapolda dalam pertemuan tersebut, mengatakan, diperlukan sinergitas yang mantap antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta stakeholders terkait lainnya dalam menangani pandemi Covid-19.

"Dan tentunya masyarakat juga harus disiplin protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu vaksinasi," pungkas Wakapolda. (Adrian)