Bitung

Bitung (109)

Bitung,Sulutnews.com - Polda Sulawesi Utara peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Polairud, di Mako Ditpolairud Polda Sulut, Tandurusa Bitung, Senin (5/12/2022).

Peringatan Hari Ulang Tahun ini dilaksanakan dalam sebuah upacara, dipimpin oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, dilanjutkan dengan kegiatan syukuran.

"Seharusnya peringatan HUT dilaksanakan pada tanggal 1 Desember, namun karena situasi dan kondisi di lapangan, pimpinan mengambil kebijakan sehingga upacara digeser pada hari ini (5/12)," kata Kapolda Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Mantan Kapolda NTT ini juga berharap, di momen ulang tahun ini, seluruh personel Polairud bisa menunjukan eksitensinya lebih baik lagi.

"Semakin  kedepan, Polairud dapat melaksanakan tugas dengan baik, dapat melaksanakan tugas semaksimal mungkin. Juga menunjukan eksistensi dan integritas, dapat melaksanakan tugas dengan sangat luar biasa. Sekarang kita harus lebih luar biasa menghadapi situasi yang sangat sulit ini," ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Ia juga berharap sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan tugas dapat terpenuhi dengan baik.

"Semua peralatan bisa dipenuhi terutama untuk wilayah Sulawesi Utara. Ada beberapa wilayah Sulut yang berada di kepulauan yang memerlukan kapal-kapal dengan tipe tertentu, sehingga bisa ikut bersama mengamankan perairan dengan instansi lainnya," katanya.

Syukuran peringatan HUT ke-72 Polairud ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sulut, didampingi oleh isteri, Ny. Henny Setyobudi selaku Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut dan Dirpolairud Kombes Pol Kukuh Prabowo.

Peringatan HUT Polairud juga dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, para PJU Polda, Bhayangkari, seluruh personel Polairud Polda Sulut dan tamu undangan dari instansi terkait lainnya. (**/ARP)

Bitung,Sulutnews.com – Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir menghadiri acara “Bitung Baku Dapa” bersama elemen masyarakat, di kedai kopi resting area Pelabuhan Kota Bitung, pada Jumat (25/11/2022).

Acara ini dikemas dalam suasana santai dan penuh rasa kekeluargaan. Wakapolda Sulut dan Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan, ngopi bareng warga masyarakat dari berbagai kalangan sambil mendengarkan langsung “curhatan” terkait kamtibmas, dirangkaikan dengan sesi tanya jawab.

Wakapolda Sulut mengatakan, kehadirannya dalam acara ini adalah untuk bersilaturahmi dengan elemen masyarakat di Kota Bitung.

“Kehadiran saya di sini untuk bersilaturahmi, melihat, dan ngobrol sekaligus menampung harapan, keinginan, tuntutan, aspirasi dari warga masyarakat. Mungkin ada yang kurang dari kami, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan bersosialisasi dengan kawan-kawan yang ada di sini,” kata Brigjen Pol Isir.

Menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023, Brigjen Pol Isir mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Bitung untuk bersama-sama turut menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

“Mari sama-sama kita jaga keamanan dan ketertiban. Bulan Desember itu mengawali juga yang namanya tahun politik karena tanggal 14 Desember nanti akan ditetapkan oleh KPU RI tentang partai politik peserta Pemilu,” jelasnya.

Lanjut Brigjen Pol Isir, mungkin setelah penetapan partai politik peserta Pemilu tersebut, akan ada beberapa partai politik yang akan mendeklarasi.

“Kita ini adalah bangsa yang beragam. Harapannya, kawan-kawan juga bisa melihat kalau ada yang memakai politik identitas, politik SARA, ini potensi untuk memecah belah bangsa dan negara Indonesia. Jangan cuma diam, kita yang cinta bangsa dan negara Indonesia setidaknya kita bisa bersikap dengan menolak hal-hal seperti itu,” tutup Brigjen Pol Isir.

Sementara itu Kapolres Bitung menerangkan, acara Bitung Baku Dapa ini dilaksanakan setiap hari Jumat.

“Jadi, kami setiap hari Jumat melaksanakan kegiatan curhat bersama dengan elemen-elemen masyarakat yang ada di Kota Bitung. Bukan hanya hari Jumat saja, hari-hari lain kita juga melakukan patroli jalan kaki dialogis sambil menanyakan keluhan-keluhan masyarakat terkait dengan kamtibmas,” terang AKBP Alam Kusuma.

Ditambahkannya, acara Bitung Baku Dapa ini juga sebagai sarana sosialisasi tentang hukum maupun program-program kepolisian kepada warga masyarakat.

“Baku Dapa Bitung ini sangat penting sekali, salah satunya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan hukum. Ada penyelesaian masalah secara kekeluargaan yaitu win-win solution, tidak ada yang merugikan kedua belah pihak, dengan catatan tidak ada unsur paksaan atau tekanan,” kunci AKBP Alam Kusuma.

Diketahui, acara Bitung Baku Dapa ini merupakan implementasi dari program “Jumat Curhat” yang diinisiasi oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto. Kegiatan serupa juga digelar di seluruh satuan wilayah jajaran Polda Sulut.

(**/ARP)

Bitung, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengatakan Kota Bitung saat ini banyak kemajuan diberbagai bidang.Dan telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Sulut terutama makro ekonomi Sulut.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kedis PUPR Sulut Ir Alex Watimena MT pada HUT Ke- 32 Kota Bitung dalam Sidang Paripurna DPRD Kota Bitung Senin (10/10) di Kantor DPRD Kota Bitung. Sidang Paripurna DPRD dipimpin Ketua DPRD Kota Bitung Aldo Ratungalo didampingi dua Wakil Ketua dihadiri 30 Angota DPRD dan Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM bersama Istri Rita Mantiri- Tangkudung, Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE bersama Istri Honandar- Sondakh, Forkopinda Sulut dan Kota Bitung, Bupati dan Walikota se- Sulut SKPD Kota Bitung dan Camat dan Lurah serta teladan dan ratusan undangan.

Menurut Gubernur kemajuan Kota Bitung saat ini di HUT ke-32 karena kerja keras Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Wakil Walikota Hengky Honandar yang didukung DPRD Forkopinda dan semua elemen masyarakat dan swasta serta Pers. Kota Bitung yang merupakan Kota banyak Industri dan Jasa memang sangat memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi Sulut sehinga makro ekonomi cukup baik Sulut terutama.

" Saya mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Bitung saat ini dan ini harus ditingkatkan terus" kata Gubernur.

Sementara itu Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dalam sambutannya mengatakan kemajuan kota Bitung itu dicapai karena dukungan semua pihak baik DPRD Kota Bitung, Forkopinda dan semua elemen masyarakat termasuk pihak swasta." Jadi kerjasama dan adanya kolaborasi yang baik itu kunci kemajuan kota Bitung" katanya. Walikota Bitung menambahkan sektor pendidkkan kesehatan menjadivperhatian.

Kemudian pariwisata dan perikanan menjadi andalan kita karena itu potensi besar Kota Bitung dalam menunjang ekonomi kedepan .Festival Selat Lembeh menjadi ajang promosi pariwisata yang saat ini sementara berjalan. Walikota optimis akan banyak wisatawan dalam dan luar negeri akan masuk ke Kota Bitung. Acara HUT diawali upacara di Kantor Walikota Bitung dan Peresmian Rumah Sakit Daerah Kota Bitung serta penghargaan Rekor MURI dalam Pemujulan Tetengkoran terpanjang an kegiatan lainnya. (Fanny)

Bitung,Sulutnews com – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Mila Mulyatno dan beberapa Pejabat Utama Polda Sulut, melakukan kunjungan kerja ke Polres Bitung, pada Selasa (4/10/2022) pagi.

Tiba di Mapolres Bitung, Kapolda dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut disambut langsung oleh Kapolres, Ketua Bhayangkari Cabang, Walikota dan Forkopimda Kota Bitung, kemudian menerima pengalungan bunga dari Polisi Cilik.

Selanjutnya, Kapolda Sulut melakukan sejumlah rangkaian kegiatan. Diawali dengan meresmikan gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan peninjauan ruangan yang ada di SPKT.

Kemudian meninjau Taman Bacaan Pelita Bahari Polres Bitung sekaligus berdialog dan memberikan hadiah untuk anak-anak. Rangkaian kunjungan kerja ini diakhiri dengan memberikan arahan kepada Kapolres, Wakapolres, Pejabat Utama, dan Kapolsek jajaran Polres Bitung, di aula Mapolres setempat.

Sementara itu Kapolda Sulut mengatakan, dengan diresmikannya gedung SPKT Polres Bitung ini diharapkan semakin mendekatkan hubungan antara masyarakat dengan pihak kepolisian.

“Sehingga semakin bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dengan demikian masyarakat merasa terlayani dengan baik dan tidak ada komplain-komplain lagi,” kata Irjen Pol Mulyatno.

Irjen Pol Mulyatno pun meminta personel Polres Bitung untuk menjaga dan merawat dengan baik gedung SPKT yang baru saja diresmikan ini.

“Dengan adanya aset gedung SPKT ini, tentunya menjadi tanggungjawab kepolisian dalam hal ini Polres Bitung untuk menjaga, merawat, dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin,” pinta Irjen Pol Mulyatno.

Dalam kesempatan ini, Irjen Pol Mulyatno turut mengapresiasi digelarnya lomba Pos Satkamling (satuan keamanan lingkungan) dalam rangka menyambut HUT Kota Bitung tahun 2022.

“Siskamling merupakan basis dari keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Apabila siskamling dilaksanakan dengan baik maka situasi keamanan dan ketertiban akan semakin terjamin, dan hal ini harus terus ditumbuhkembangkan di tengah masyarakat agar masyarakat memiliki ketahanan yang kuat terhadap pengaruh-pengaruh gangguan dari luar,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Selain itu, Irjen Pol Mulyatno juga mengimbau warga masyarakat untuk berperanserta dalam menciptakan sekaligus menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Agar masyarakat melakukan hal-hal terbaik untuk saling menjaga, saling melindungi, dan saling merawat antar sesama sehingga tidak terjadi konflik ataupun permasalahan lainnya. Mari kita tingkatkan jalinan hubungan antara masyarakat dengan pihak kepolisian dan antara kepolisian dengan seluruh stakeholders yang ada untuk sama-sama melayani masyarakat lebih baik lagi,” pungkas Irjen Pol Mulyatno. (**/ARP)

Manado,Sulutnews.com- Polisi akhirnya mengungkap peristiwa kecelakaan lalu lintas di Batas Kota, Kelurahan Sagerat, Kecamatan Matuari, Bitung, yang menyebabkan seorang warga mengalami luka berat hingga akhirnya meninggal dunia, yang terjadi pada hari Minggu (31/7/2022) sekitar pukul 04.00 Wita.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan hal tersebut.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi berhasil mengungkap dan mengamankan terduga pelaku tabrak lari, yaitu seorang pria berinisial SM (51) warga Bitung. Pria yang berprofesi sebagai seorang sopir ini diamankan pada Rabu (10/8/2022) di Kota Bitung," ujarnya.

Terungkapnya kejadian tabrak lari ini berawal dari laporan warga yang kesal, mobil rental yang ia pegang tidak kunjung selesai diperbaiki oleh terduga pelaku.

"Usai kejadian tabrak lari, terduga pelaku membawa mobil rental tersebut ke bengkel. Namun setelah beberapa hari tak selesai diperbaiki, pemegang mobil rental tersebut pun kesal dan akhirnya melaporkan ke polisi bahwa mobil yang diperbaiki terduga pelaku telah mengalami kecelakaan," terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Berbekal informasi tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan dan mencari terduga pelaku.

"Berdasarkan laporan tersebut, polisi segera menjemput terduga pelaku di seputar Kota Bitung. Dari hasil interogasi, awalnya pelaku tidak mengaku perbuatannya, namun setelah dilakukan pemeriksaan intensif, pelaku akhirnya mengaku perbuatannya," lanjutnya.

Peristiwa kecelakaan ini melibatkan 2 kendaraan yaitu sebuah sepeda motor yang ditumpangi korban, dengan sebuah kendaraan roda empat mini bus yang dikendarai terduga pelaku.

"Saat itu mini bus bergerak dari arah Kota Bitung menuju Manado. Mendekati Batas Kota, dari arah berlawanan datang sebuah sepeda motor yang dikendarai oleh Joiner (20) bersama korban Gabriel (20). Saat itu diduga mini bus sempat oleng ke kanan dan menabrak sepeda motor yang mengenai bodi mobil sebelah kanan. Akibatnya sepeda motor terjatuh sedangkan pengendara roda empat langsung kabur ke arah Manado," kata Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Kedua pria yang berada di sepeda motor akhirnya mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bitung.

"Keduanya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bitung. Pengendara sepeda motor mengalami luka ringan sedangkan rekannya yang berboncengan mengalami luka berat dan akhirnya meninggal dunia," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Saat ini terduga pelaku sudah berada di Mako Polres Bitung untuk diperiksa lebih lanjut. (**/ARP)

Bitung, Sulutnews.com – Tim gabungan Polres Bitung bersama Polsek Maesa mengamankan pelaku penikaman berujung tewasnya korban, yang terjadi di Wangurer Barat, Madidir, Bitung, pada Selasa (12/7/2022) dini hari.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, membenarkan hal tersebut.

“Pelakunya tiga orang pria. Masing-masing berinisial SB (19), warga Girian Bawah, Bitung, kemudian AO (17), warga Wangurer Barat, dan AL (24), warga Madidir Ure. Para pelaku diamankan beberapa jam usai kejadian,” ujarnya, Kamis (14/7) sore, di Mapolda Sulut.

Penikaman terjadi di lokasi pesta pernikahan warga Wangurer Barat, sekitar pukul 00:30 WITA. Korbannya seorang pria bernama Anjas Langkau (24), warga Wangurer Barat.

“Awalnya, ketiga pelaku bersama korban dan beberapa orang lainnya minum miras di lokasi pesta sejak Senin (11/7), sekitar pukul 22:00 WITA,” jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Kemudian pada Selasa sekitar pukul 00:30 WITA, karena sudah dalam pengaruh miras, terjadi adu mulut antara AL dengan korban, lalu dilerai oleh teman-temannya.

“Sesaat kemudian korban memukul SB dengan tangan kosong karena dianggap membela AL. Melihat hal tersebut, AO pun mengambil pisau milik AL, lalu menikam pundak kiri korban sebanyak satu kali,” terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Korban lalu meminta pisau badik kepada temannya berinisial AM yang juga berada di TKP. Awalnya AM tidak mau memberikan pisau. Namun karena korban memaksa, AM pun kemudian memberikan pisau badik tersebut.

“Setelah diberikan pisau badik, korban lalu menikam SB di bagian kepala dan jari kelingking sebelah kiri,” kata Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Selanjutnya, SB pun berlari untuk mengambil pisau badik miliknya, yang ia sembunyikan di semak-semak sekitar lokasi pesta.

“SB lalu mendekati korban dan langsung menikam dada kiri korban sebanyak satu kali hingga jatuh tersungkur, kemudian meninggal dunia di lokasi kejadian. Setelah itu ketiga pelaku melarikan diri,” tutur Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Pihak keluarga korban kemudian melaporkan kasus tersebut ke SPKT Polres Bitung, beberapa saat usai kejadian. Laporan direspons cepat tim gabungan dengan melakukan penyelidikan hingga mengetahui keberadaan para pelaku, lalu menangkap mereka tanpa perlawanan di lokasi berbeda, di wilayah Kota Bitung.

“SB ditangkap di rumah kakaknya, di Girian, kemudian AL ditangkap di rumahnya, sedangkan AO menyerahkan diri ke Polres Bitung. Informasi diperoleh, SB dan AL merupakan residivis kasus serupa,” imbuh Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Ketiga pelaku beserta barang bukti dua bilah pisau badik lalu diamankan di Mapolres Bitung untuk diproses lanjut.

“Sedangkan barang bukti pisau badik yang digunakan korban untuk menikam SB, masih dalam pencarian petugas,” tutup Kombes Pol Jules Abraham Abast. (Zulkifli Liputo)

Bitung, Sulutnews.com – Polres Bitung menyumbangkan hewan qurban berupa satu ekor sapi kepada jamaah Masjid Al-Bayan Batuputih Atas, Ranowulu.

qurban tersebut diserahkan langsung oleh Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan kepada Imam Masjid Al-Bayan Alfian Hewan Wangka, Sabtu (9/7/2022) pagi, di Aspol Pinokalan.

“Ini saya menyerahkan sumbangan hewan qurban dari Polres Bitung, ungkap Kapolres.

Semoga membawa berkah bagi kita semua,” tutur Kapolres seraya menyerahkan hewan qurban.

Penyerahan hewan qurban pagi itu dihadiri oleh para Pejabat Utama Polres Bitung beserta personel.

Penulis: ARP

Manado, Sulutnews.com - Tim Resmob Polres Bitung mengamankan pemuda berinsial CG (20) yang diduga melakukan penganiayaan terhadap remaja WK (14), yang terjadi pada hari Sabtu (25/6/2022) di Kelurahan Bitung Barat Dua.

Dihubungi terpisah Minggu (3/6/2022), Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, penganiayaan disebabkan karena dendam.

"Terduga pelaku marah dan memukul korban ke arah wajah dengan menggunakan tangannya, dikarenakan terduga pelaku menaruh dendam terhadap korban yang pernah mengejarnya dengan menggunakan senjata tajam beberapa waktu lalu," ujarnya.

Tidak terima dengan hal tersebut, korban yang merasa kesakitan segera melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Maesa

"Mata kiri korban mengalami bengkak dan harus mendapat perawatan medis. Berdasarkan laporan korban, polisi segera melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku di sekitar Kecamatan Maesa, pada hari Sabtu (2/6/2022)," terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Saat ini terduga pelaku sudah berada di Mako Polsek Maesa untuk diperiksa lebih lanjut.

Penulis: ARP

BITUNG, Sulutnews.com - Sebanyak 23 personel Polres Bitung mendapat kado spesial Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, berupa kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Upacara laporan kenaikan pangkat anggota Polri periode 1 Juli 2022 dan PNS Polri periode 1 April 2022 tersebut dipimpin Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan, Kamis (30/6) pagi, di lapangan apel Mapolres setempat.

Adapun anggota Polri dan PNS yang naik pangkat terdiri dari, Bripda ke Briptu 3 personel, Briptu ke Brigpol 1 personel, Brigpol ke Bripka 7 personel, Bripka ke Aipda 9 personel, Aipda ke Aiptu 2 personel, dan PNS Pengatur Tk I ke Penda 1 personel.

Kapolres Bitung dalam sambutannya mengatakan, kenaikan pangkat ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi personel dalam meniti karir baik sebagai anggota Polri maupun PNS Polri.

“Kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi ini adalah sebagai salah satu prestasi yang saudara peroleh di tahun ini. Selamat atas kenaikan pangkat tersebut,” ujar AKBP Alam Kusuma.

Dijelaskannya, proses kenaikan pangkat di lingkungan Polri dilaksanakan secara selektif, sesuai dengan persyaratan atau ketentuan yang berlaku.

“Kenaikan pangkat bukanlah hak mutlak yang harus diperoleh setiap anggota dan PNS Polri, melainkan suatu kehormatan dan penghargaan yang diberikan kepada personel yang telah menunjukkan prestasi dan dedikasi dalam melaksanakan tugas,” pungkas AKBP Alam Kusuma.

Turut hadir dalam upacara tersebut yakni, Wakapolres Bitung Kompol Andri Permana bersama pejabat utama, perwira, brigadir, dan PNS jajaran Polres Bitung. (/Zulkifli Liputo)

Bitung, Sulutnews.com - Polres Bitung dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke-76 yang akan diperingati pada 1 Juli 2022 mendatang, ikut melakukan kegiatan

FUN BIKE atau Sepeda ria yang digelar Polisi Republik Indonesia (Polri) serentak diseluruh daerah, dibarengi juga dengan Senam Aerobik. Minggu (19/06/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., dan beberapa Personil TNI lainnya. Seluruh Kasat, serta Kapolsek-kapolsek di lingkup Polres Bitung, dan Ibu-ibu Bhayangkari Kota Bitung.

Dalam memeriahkan acara tersebut,
Kegiatan juga diisi dengan Lomba Makan kerupuk bagi anak-anak, Tarik tambang antara Wartawan VS Polri, juga Polri VS TNI, Lari karung antara Personil jajaran Polres Bitung yang bertempat di Kompleks POLRI Pinokalan (Aspol) dimulai pukul 06:30 Wita.

Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma S. Irawan, SH, SIK, MH mengatakan, akan ada kegiatan lainnya juga dalam menyambut puncak Hari Bhayangkara pada tanggal 1 Juli 2022 nanti.

"Kegiatan memperingati hari Bhayangkara Ke-76 sebelumnya sudah dilakukan yaitu Anjangsana, Bakti kesehatan Donor darah kemudian Sunatan masal dan Vaksinasi. Kami juga bersinergitas dengan unsur-unsur yang ada di Kota Bitung terutama Forkopimda, karena kami Polisi tidak dapat bekerja tanpa bantuan elemen-elemen yang ada di Kota Bitung," kata Kapolres. (Zulkifli Liputo)