KPUD Sulut Gelar Rakorev Tahapan Pemilu 2019

Written by  Josh Tinungki Aug 27, 2019

Foto : Ketua KPU DR Ardiles Mewoh saat membuka acara Rapat Kerja Evaluasi tahapan Pemilu 2019

Manado, Sulutnews.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Provinsi Sulawesi Utara menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi (Rekorev) tahapan Pemilu 2019. Pada kegiatan yang dibuka pelaksanaanya oleh Ketua KPU Sulut DR Ardiles Mewoh bertempat di Grand Kawanua Convention Center mulai Senin - Rabu (26-28/8/2019) ini sebagai tahap akhir dari pelaksanaan Pemilu legislatif 2019.

Foto :  KPU Kabupaten Kota se Sulut pada acara Rapat Koordinasi evaluasi Pelaksanaan Oemilu 2019

"Pemilu memiliki tahapan  dan evaluasi merupakan akhir dari satu siklus untuk kemudian memulai tahapan baru untuk sebuah oroses pesta demokrasi yang lain," ungkap Mewoh dalam sambutannya pada acara pembukaan. 

Juga dikatakan Ketua KPU, tahapan Pemilu 2019 sudah dimulai sejak 2017, dan semua tahapan telah dilaksanakan sesuai ketentuan oleh semua jajaran penyelenggara.

"Saat ini kita telah menetapkan calon terpilih dan telah mengajukan usulan untuk pelantikan. Jika ada persoalan pasca penetapan calon terpilih dan pengusulan pelantikan maka itu bukan lagi menjadi tanggungjawab KPU lagi," ungkap Mewoh.

Atas sukses pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019, Mewoh mengapresiasi kinerja seluruh divisi KPU karena telah bekerja maksimal termasuk menyiapkan data pemilih, tahapan Pencalonan hingga pemungutan suara dapat terlaksana sesuai tahapan."Partisipasi pemilih se Sulut melampaui target 77.5 % dimana mencapai 83, 4% untuk Pileg dan 84% untuk Pilpres. Logistik di seluruh TPS terlayani dan Sengketa hukum hingga sengketa hasil di MK mampu dituntaskan jajaran KPU."kata Mewoh.

Turut hadir dalam pembukaan,  mewakili Gubernur Sulut Kaban Kesbangpol dan Linmas,  Drs Mecky Onibala,  MSI sekaligus menyampaikan sambutan Gubernur yang memberikan penghargaan kepada jajaran KPU baik Propinsi sampai Kabupaten Kota sebagai penyelenggara yang sukses melaksankan tugas, sehingga Pemilu dapat berjalan dengan aman dan tertib. (/Josh Tinungki)