Foto :Felly Runtuwene Foto :Felly Runtuwene

Nasdem Perkasa di Pemilu Sulut 2019

Written by  Josh Tinungki May 13, 2019

Manado, Sulutnews.Com - Raihan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada Pemilihan Umum (Pemilu) di Sulawesi Utara sangat spektakuler. Dua kursi di DPR RI, sembilan kursi di DPRD Sulut dan 10 fraksi utuh di DPRD Kabupaten/kota, menjadikan Nasdem yang baru menjadi peserta Pemilu di tahun 2014, dan hanya memiliki dua kursi di Gedung Cengkih, berhasil menempati posisi kedua peraih suara terbesar partai politik di Sulut pada Pemilu 2019  ini.

Capaian perolehan suara Partai Nasdem melampaui tiga parpol besar di Sulut, yakni Partai Golkar yang pernah menjadi parpol terbesar di Sulut (Golkar memiliki 9 kursi di DPRD Sulut), Partai Demokrat (6 kursi) dan Partai Gerindra (5 kursi). Bahkan dalam prosentasi perolehan kursi, Nasdem mengungguli PDIP, meski partai berlambang banteng moncong putih itu meraih kursi maksimal di hamper seluruh daerah pemilihan.

Pasalnya, PDIP telah lebih dulu menjadi partai politik besar ketimbang Nasdem yang baru dua kali mengikuti Pemilu. Khusus di Sulut, pada periode 2014-2019, PDIP meraih dua kursi untuk DPR RI, dan pada periode 2019-2024 meraup tiga kursi. Sedangkan Nasdem pada periode 2014-2019 tidak mempunyai kursi, dan pada periode ini melejit meraih dua kursi. Itu artinya PDIP hanya naik 50 persen, atau hanya bertambah satu kursi saja.

Untuk DPRD Sulut, Nasdem mencatatkan jejak sejarah politik baru. Dari hanya dua kursi dan bernaung dalam fraksi gabungan, partai berjargon restorasi itu sukses menaikan kursinya menjadi 400 persen lebih atau naik menjadi 9 kursi dari suara di enam daerah pemilihan yang ada di Sulut.

Sementara PDIP yang memiliki 13 kursi hanya mampu menambah enam kursi menjadi 19. Sedangkan Partai Golkar yang pada periode 2014-2019 memiliki 9 kursi, turun menjadi enam kursi atau berkurang tiga kursi. Atau Partai Demokrat yang memiliki enam kursi di periode sebelumnya, menjadi lima kursi di periode 2019-2024 ini.

Di kabupaten/kota, Nasdem juga diinformasikan meraih suara signifikan, hingga mampu meraih 10 fraksi utuh. Di antaranya Manado, Minsel, Tomohon, Bitung, Minut dan Talaud.

Atas hasil ini, Komando Pemenangan Wilayah (Kompemwil) Partai Nasdem Sulut, Felly Estelita Runtuwene (FER) menyampaikan terima kasihany kepada seluruh masyarakat Bumi Nyiur Melambai yang telah mempercayakan suara kepada caleg-caleg Partai Nasdem.

“Ini adalah kemenangan kita. Kemenangan masyarakat, kader dan simpatisan Partai Nasdem. Untuk sama-sama memperjuangkan, mengawal dan membangun bangsa. Terima kasih telah mempercayakan suara kepada Partai Nasdem untuk mengabdikan diri kepada daerah dan bangsa,” kata  FER.

Lebih lanjut, FER mengatakan perjuangan Nasdem akan berlanjut hingga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 7 kabupaten/kota serta Pemilihan Gubernur.

“Kami berharap akan lebih baik lagi kedepannya,” tandas politisi perempuan yang kerap mendapat penghargaan sebagai legislator terkritis di DPRD Sulut itu.

FER atas nama Nasdem juga mengapresiasi kerja penyelenggara Pemilu, baik KPU dan Bawaslu, serta aparat keamanan TNI/Polri yang sukses menjaga daerah ini aman dalam melaksanakan pesta demokrasi.

“Dan kepada seluruh petugas PPS dan penyelenggara Pemilu lainnya yang gugur dalam melaksanakan tugasnya, semoga mereka mendapatkan tempat terbaik di surga. Serta kepada seluruh masyarakta, Partai Nasdem menghaturkan banyak terima kasih,” kunci FER. (/Josh Tinungki)