Stefanus Liow : Pemerintah Daerah Diminta Tanggap Bencana

Written by  Josh Tinungki Jan 14, 2019

Manado, SulutNews.Com - Senator DPD-RI asal daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Utara Stefanus BAN Liow meminta pemerintah daerah untuk tanggap bencana, ini harus dilakukan mengingat hingga bulan Januari 2019 curah hujan di wilayah Sulut masih cukup tinggi. Menurutnya langkah antisipasi bencana  dengan menempatkan petugas siaga bencana di lokasi rawan bencana, adalah hal yang harus dilakukan.

"Jangan setelah peristiwa baru ada tindakan, tetapi alangkah bijaksananya jika langkah antisipasi sudah ditetapkan sebelum terjadi bencana," tegas Liow.

Juga kata Liow yang kembali maju dalam pencalonan Anggota DPD-RI Periode 2019-2024 ini menyampaikan, kebijakan tanggap bencana pemerintah melalui badan Penanggulangan Bencana jangan hanya sekedar hadir, tetapi bagaimana melakukan sosialisasi dengan memberikan peringatan dini kepada masyarakat soal kondisi cuaca terkini, agar masyarakat bisa mengetahui dengan cepat, sehingga dapat dilakukan antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan."Mengantisipasi lebih baik dari pada kita hanya diam terpaku tanpa melakukan tindakan, padahal kita berkewajiban melakukannya." kata Liow.

Sebagaimana prakiraan, cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara cuaca hujan disertai angin kencang serta gelombang pasang masih akan terus terjadi di wilayah Sulawesi Utara, sehingga masyarakat diminta berhati - hati.(/Josh Tinungki)