SMA Negeri 1 Manado Peserta Terbanyak UNBK 2019 Dengan Capaian 810 Orang Siswa

Written by  Yayuk Wulur Apr 04, 2019

Manado, Sulutnews.com -SMA Negeri 1 Manado mencetak prestasi sebagai sekolah negeri dengan peserta UNBK terbanyak di Sulut bahkan di Indonesia.

"Jumlah peserta UNBK SMA Negeri 1 Manado pada Tahun ini capai 910 orang siswa jumlah ini terbanyak di Indonesia di daerah lain tidak ada," demikian kata Kepsek Sherly Kalangi menjawab pertanyaan pers di sela-sela pelaksanaan UNBK yang berlangsung di Gedung SMA Negeri 1Manado, Kamis (4/4).

Terbanyak kedua SMA BinsusĀ  NegeriĀ  9 dengan capaian 529 orang siswa ditambah 4 Sekolah bergabung menjadi 729, SMA Negeri 8 dengan capaian peserta 500-an orang siswa, SMA Negeri 7 yang populer sebagai sekolah negeri terfavorit di Indonesia hanya sebanyak 383 orang siswa dengan tambahan 10 dari SMA Karsia Manado. Sedangklan sisanya hanya dibawah dari 200 orang seperti halnya peserta di SMA Negeri 2 Manado atau Smandu dibawah binaan Kepsek Jefrey Ombong,SPd yang hanya 191 orang siswa.

Kepala Sekolah SMA Negeri Binsus 9 Manado Meddy Tungkagi,SPd,MPd mengatakan penyelenggara UNBK berjalan aman dan terkendali. Sebelum mengikuti ujian siswa sudah melewati berbagai tahap pengenalan UNBK seperti sosialisasi, pengenalan ruang ujian, penggunaan alat komputer, apa itu password dan tanda pengenal UNBK, pengenalan token serta internet dan bagaimana mengatasi kesulitan di ujian UNBK.

"Kami sangat serius sebagai penyelenggara UNBK SMA di Manado harus berjalan aman dan terkendali," kata Medy.

Hal senada diungkapkan Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Manado Grace Lowing,SPd sekolah telah melakukan kegiatan pengenalan UNBK kepada siswa dua bulan sebelumnya. Sejak dibuka sampai dengan hari kedua UNBK di SMA 7 berjalan baik dan kondusif. Ia mengakui meski sempat panik karena pada hari kedua ada gangguan listrik nanun hal itu bisa diatasi. "Sepuluh menit listrik padam maka waktu ujianpun kepada siswa akan ditambah sepuluh menit. Jadi siswa tidak akan bisa menyelesaikan soal ujian dengan tenang," katanya.

Sesuai amatan Sulutnews.com banyak dari siswa di sekolah negeri terbaik peserta UNBK itu mengeluh, soal waktu yang disediakan panitia UNBK tidak seimbang dengan banyaknya materi uji yang jumlah soal capai 50-70 pertanyaan. "Dengan jumlah soal yang begitu banyak hanya disediakanĀ  2,5 jam dalam satu kelas sesi, waktu ini sangat kurang," kata Winda Siswa jurusan IPS SMA Negeri 7 Manado.

Winda mengakui pula sikap ramah dari guru pengawas dan guru pembimbing UNBK tidak akan membantu siswa jika waktu yang disediakan tidak seimbang dengan jumlah pertanyaan dan soalnya. (*/Yuk)