Assesmen Nasional Berbasis Komputer 2022 Jenjang SMP Awal September Kembali Digelar

Written by  Yayuk Wullur Sep 15, 2022

Manado, Sulutnews.com - Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Manado digelar sejak 12 September 2022

Ratusan pelajar kelas 8 SMP menjadi peserta ANBK 2022,  demikian tulis Kepala Bidang Pembinaan SMP Diknas Manado Grace Sondakh, Rabu pagi (14/9) melalui whatshapp.

Sejak tahun pertama peluncuran 2021, ANBK kali kedua ini dilaksanakan dengan melibatkan lembaga pendidikan 92 SMP, kecuali SMPN 16 Manado yang tidak memiliki peserta didik kelas 8 sebagai syarat kesertaan, tambah Kabid Grace Sondakh.

Hasil amatan media di lokasi, Pelaksanaan ANBK 2022 ini ikut dipantau Kepala Dinas Pendidikan Nasional Manado Deisy Lumowa,Spd,Mpd dan para Kepala Sekolah (Kepsek) penyelenggara ANBK.

Ditemui sebelum berlangsungnya ANBK, Kepsek SMPN 7 Manado Senny Waworuntu,Spd,Mpd mengatakan ada 40 lebih siswa kelas 8 yang mengikuti. "Tahun ini ada 40 anak jadi peserta ANBK SMPN 7 Manado," katanya singkat.

Ia berharap tahun depan siswa yang mengikuti ANBK akan lebih siap sebagai peserta didik kelas 9, mahir menggunakan teknologi komputer di Ujian Akhir Sekolah.

Pelaksanaan berlangsung aman dan kondusif. Tidak ada peserta didik yang melanggar protap kesehatan bahkan tak ada yang jatuh sakit. Jumlah peserta bertambah tetapi terjadi penurunan penerapan social distancing (jaga jarak)antar peserta dengan yang lainnya selama pelaksanaan kegiatan ANBK 2022 tersebut. (yuk)