Dirjen PAUD Dikdasmen Jumeri S.TP.,MSi : Perlu Ada Kerjasama Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Written by  Fanny Waworundeng Jun 23, 2022

Manado, Sulutnews.com - Untuk meningkatkan mutu pendidikan kedepan perlu ada kolaborasi dan kerjasama yang baik antara Kementrian Pendidikan Nasional dan Ristek bersama Pemda Provinsi dan semua Kabupaten dan Kota diseluruh Indonesia.

Tanpa adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik maka akan sulit mutu pendidikan itu akan maju untuk bersaing diera digitalisasi yang maju modern dengan kemajuan Iptek yang cukup cepat.

Hal tersebut dikatakan Jumeri S.TP.MSi Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD) dan Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional dan Ristek  Rabu (22/6) di Hotel Swisbel pada acara" Perencanaan Penatausahaan dan Pelaporan Sekolah Mengunakan  Platform SDS, Platform Raport Pendidikan dan Platform Merdeka Belajar".

Hadir dalam pembukaan Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan ( BPMP) Sulut Febrie Dien ST  yang juga pelaksana acara, Kadis Pendidikan  Nasional Sulut dr Greace Punuh SKm dan perwakilan Sekda serta Asisten dari Pemda Kabupaten dan Kota se Sulut serta Kadis Diknas dan Kepala Sekolah serta PGRI Sulut.

Menurut Dirjen PAUD Dikdasmen Jumeri S.TP kondisi mutu pendidikan kita dari data yang ada belum begitu baik. Dan sangat berat untuk bersaing diera saat ini dan kedepan. Ini tantangan kita semua termsuk di Provinsi Sulut.Untuk mengatasi itu perlu kolaborasi dan kerjasama yang baik. Agar mutu pendidikan meningkat. Apa yang dilakukan BPMP Sulut yang merupakan perwakilan Kementrian Pendidikan Nasional Ristek didaerah yang terus melakukan kerja sama yang baik dengan Pemda di Sulut itu baik dan harus terus dilakukan.

Terobosan

Dirjen mengatakan pihaknya sudah melakukan berbagai terobosan untuk  peningkatan mutu pendidikan  dengan perbaikan sarana pendidikan dan peningkatan kualitas guru dan distribusi guru kedaerah daerah baik di Paud dan SD serta SMP. Bahkan kami sudah tawarkan program Merdeka Belajar dan Sekolah Pengerak serta Guru Pengerak. Program ini sudah mulai berjalan.

Untuk sekolah pengerak ini harus didukung semua pihak karena dengan sekolah pengerak diharapkan kedepan akan meningkat mutu pendidikan.

Kepala BPMP Sulut Febri Dien ST dalam laporannya mengatakan pihaknya terus berkolaborasi dan kerjasama dengan Pemda Sulut dan 15 Kabupaten dan Kota di Sulut. Tujuannya agar sektor pendidikan menjadi perhatian semua pihak.BPMP juga melakukan peningkatan mutu guru guru. Dien optimis Sulut akan menibgkat mutu pendidikannya.

Sementara itu Drs Arthur Tumipa Asisten III Kabupaten Minsel dalam testimoni didepan Dirjen dan  peserta mengatakan Pemkab Minsel mendukung 100 persen Program Merdeka belajar dan Sekolah Pengerak.Saat ini ada 36 sekolah yang akan ikut seleksi Sekolah Pengerak.Dukungan yang sama dikatakan Pemkab Bolmut. Boltim dan Kota Mobagu yang disampaikan oleh perwakilan Pemkab dan Kota. (Fanny)