BOS Meningkatkan Mutu Pendidikan Dan Prestasi Siswa 3.271 Sekolah Tandatangani MOU Sebagai Penerima

Written by  Yayuk Wulur Feb 25, 2019

Manado, Sulutnews.com - Membangun dan meningkatkan pendidikan di Sulut ditempuh pemerintah dengan berbagai kebijakan. Salah satu kebijakan itu adalah Program Biaya Operasional Sekolah atau yang dikenal dengan BOS.

Program BOS di Sulut berjalan sesuai yang diharapkan pemerintah, yaitu membiayai kebutuhan operasional sekolah. Mulai dari pengadaan buku cetak, perpustakaan, dan tersedianya ruang literasi siswa dari tingkatan SD, SMP dan SMA/SMK.

Kepala Bidang Dikmenti DiknasĀ  Sulut Drs Arthur Tumipa, MSi mengatakan, Program dana BOS dicairkan sesuai mekanisme yang ditetapkan pemerinah pusat dengan sasaran peserta didik atau siswa.

"Semua sekolah di Sulut mendapatkan BOS. Sekolah yang belum mendapatkan BOS akan diminta segera melengkapi berkas permohonan dan uang BOS akan dicairkan sesuai sistim tetap penyaluran BOS sebagaimana tahun sebelumnya," kata Arthur Tumipa di Manado.

Sekolah yang letak gedungnya jauh dari ibukota dengan ketiadaan bank penyalur seperti di kepulauan atau wilayah tertinggal maka keterlambatan itu bisa saja terjadi, kata Tumipa. Untuk mencegahnya Pemerintah terus melakukan tindakan pengawasan agar dana yang disediakan terserap dengan baik.

BANK SulutGo Penyalur BOS

Pemerintah menciptakan keharmonisan antar lembaga pendidikan dan perbankan untuk menjadi kekuatan program BOS di Sulut. Bank SulutGo adalah bank yang ditujuk pemerintah menjadi lembaga penyalur dana BOS.

Kepala Cabang Utama Bank SuluGo Manado Else Monginsidi,SE kepada sulutnews.com di kantornya belum lama ini mengatakan, Bank SulutGo ada di tiap-tiap daerah. Untuk kegiatan transaksi, harus ada permintaan dahulu baru dilakukan penyaluran sesuai mekanisme perbankan terkini.

"Dana akan disalurkan ke dalam rekening sekolah apabila sudah ada permintaan membayar yang dibuktikan dengan surat perintah membayar dari tiap-tiap kantor diknas," demikian Else Monginsidi, SE.

Sekolah yang berada di kepulauan jauh dari Kantor Bank SulutGo, maka transaksi bisa dilakukan dengan mendatangi kantor yang terdapat di kota Manado, ujarnya.

Direktur BOS Sulut Teddy Rondonuwu,SE menambahkan, Dana disalurkan Triwulan pertama 20 persen, triwulan kedua 40 persen, triwulan ketiga 20 persen dan triwulan keempat 20 persen. Tahun 2019, penyaluran dana BOS untuk Sulut dilakukan dalam proses Penandatanganan Memorandum Of Standing (MOU) yang berlangsung awal bulan Pebruari ini, katanya.

Berikut jumlah sekolah di Sulut penerima BOS tahun 2018-2019.

  1. SMA 226 sekolah 57.752 siswa.
  2. SMK 189 sekolah 49.406 siswa.
  3. SMP 715 sekolah 118.901 siswa.
  4. SD 2116 sekolah 137.417 siswa.

Sedangkan SLB :

  1. SLB 25 sekolah 1.271 siswa.

(/Yuk).