APTISI Wilayah Sulawesi Utara Gelar Muswil ke-6, Hasilkan Debby Rende Sebagai Ketua

Written by  Merson Simbolon Feb 16, 2021

Manado, Sulutnews.com - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah Sulawesi Utara menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) VI di Hotel Paninsula Manado, Selasa 16 Februari 2021.

Muswil VI memilih ketua dan pengurus periode 2021-2025 sesuai dengan mandat organisasi terkait berakhirnya tugas kepengurusan lama. Kegiatan ini diikuti 45 dari 46 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Sulawesi Utara, baik Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan Akademi.

Kegiatan yang dibuka Gubernur Sulut, Olly Dondokambey  yang diwakili dr.Jemmy Lampus kepala Bapelitbang Sulut didampingi Ketua APTISI Pusat, Prof Dr. Ir. Budi Djatmiko. Dalam sambutan tertulis, Gubernur Sulut mendukung APTISI Wilayah Sulawesi Utara, pengambangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas utama di Provinsi Sulut.

Ketua Pelaksana, Drs.Teddy Manueke, MM mendampingi Plt Ketua APTISI Wilayah Sulawesi Utara periode 2015-2020, Sahrul Poli, SE mengatakan, kegiatan ini terlambat dilaksanakan berhubung pandemi covid-19 dan penyesuaian waktu Ketua Umum APTISI Pusat, namun walau terlambat diharapkan dapat menjadi momentum PTS dalam menjalankan proses pendidikan yang sehat, dan mandiri untuk mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas, dan berdaya saing.

Setelah pengesahan tata tertip dilanjutkan pemilihan, dimana dalam muswil ini ada 2 calon yang sudah menyatakan siap untuk maju, Apriano Ade Saerang, ST, M.Si dari Universitas Trinita dan Dr.Dra.Debby CH Rende, M.Si dari Universitas Pembagungan Indonesia (UNPI). Pemilihan ketua dilakukan dengan pemungutan suara, setiap PTS memiliki hak suara dipanggil satu persatu sesuai urutan daftar hadir. Awal perhitungan suara masing-masing calon saling susul menyusul yang membuat pendukung masing-masing calon turut bergembira. Pada akhir perhitungan Debby Rende mendapat suara 49 sedangkan Apriano Saerang mendapat 33 suara.

Sambutan Ketua Aptisi Pusat menegaskan tugas Rektor dan tugas ketua APTISI ke depan adalah “merusak sistem yang lama cara-cara lama menuju sistem yang baru, kita harus duluan sampai ke revolusi industry 5.0” tegasnya.

Budi Djatmiko berharap, ketua dan pengurus APTISI periode 2021-2025 yang terpilih dapat bekerja secara amanah dan membawa organisasi tersebut semakin maju, menjalankan fungsi sebagaimana mestinya dalam berkontribusi mencerdaskan anak bangsa.

Menyambut tantangan dan amanah sebagai ketua APTISI Sulawesi Utara, Dr.Dra Debby CH Rende menyatakan siap dan akan melakukan konsolidasi dan bersinergi dengan seluruh PTS di Sulawesi Utara. “Untuk memajukan sebuah daerah diperlukan SDM dan masyarakat yang berkualitas. Karena itu, APTISI Sulut sebagai sektor pendidikan akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan lulusan yang berkompetensi dan berdaya saing” tegasnya.(/Merson)