Pencanangan ‘Sekolah Bela Negara’ Di SMAN 1 Manado

Manado, sulutnews.com – Febian Josua Liau, Brenda Mokoagow dan Wulan Runtuwene dikukuhkan sebagai siswa Sekolah Bela Negara SMA Negeri 1 Manado bersama 26 siswa lainnya bertempat di Aula Gedung SMAN 1 Manado, Kamis (3/8).

Pengukuhan tersebut berdasarkan SK Kepala Badan Kesbangpol Sulawesi Utara No.2 Tahun 2017 tentang Pembentukan Bela Negara tingkat Sekolah Menengah Atas se-Sulawesi Utara MasaBakti 2017-2022, dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan disaksikan pejabat Daerah Dinas Pendidikan Nasional Drs.Gemy Kawatu,Msi, Kepala Sekolah SMAN1 Manado Sherly Kalangi,S.pd,Msi serta Kaban KesbangPol Drs. Steven liau,Msi.

Drs.steven Liau menjelaskan pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pembantukan Pengurus inti Bela Negara yang dilakukan Juli 2017 di Hotel Paninsula Manado, yang beranggotakan Ormas, LSM, aparatur sipil, mahasiswa dan warga masyarakat di seluruh wilayah Provinsi  Sulawesi Utara.

‘’Usai dilantik sebagai Bela Negara mereka wajib mentaati peraturan seperti mengikuti Diklat Bela Negara tanggal 10 september 2017, dan yang paling penting wajib mengingatkan siswa lain agar setia mengikuti Upacara Bendera hari Senin, serta berhak membela Negara apabila dalam keadaan darurat,’’ kata Steven Liau.

Sementara itu Kepala sekolah SMA N 1 Manado Sherly Kalangi menegaskan, akan terus memotivasi seluruh siswa yang dikukuhkan hari itu menjadi karakter cinta bangsa dan Negara, pancasilais dan hormat pada orang tua dan guru.

Yang dikukuhkan hari itu merupakan siswa berprestasi, olahragawan dan pengurus OSIS, kata Sherly. (yy/tl/*)