Menu

Mode Gelap
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu Bagikan Telur Susu Bicuit Di Desa Kolobolon Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolmong Puncak Peringatan HPN 2024 Gubernur Sulut Olly Dondokambey Terima Penghargaan Pena Emas, Disaksikan Presiden Jokowi Tamuntuan Sukses Wujudkan Ekspor Ikan Perdana ke Filipina Walikota Caroll Senduk Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-21 Kota Tomohon

Talaud · 25 Feb 2024 17:36 WIB ·

TMMD Buka Jalan Usaha Tani Terkhusus Pisang Abaka


 TMMD Buka Jalan Usaha Tani Terkhusus Pisang Abaka Perbesar

Talaud,Sulutnews.com – Sepanjang 1,2 Km jalan usaha tani di Desa Essang Kec.Essang dibuka untuk mempermudah akses masyarakat untuk membawa hasil pertaniannya. Pembukaan lahan tersebut dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD)ke 119 Kodim 1312/Talaud.

Jalan usaha tani ini sebelumnya merupakan jalan setapak mengelilingi hutan menuju lahan perkebunan masyarakat. Karena hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki sehingga ketika membawa hasil panen masyarakat harus mengeluarkan biaya angkut cukup tinggi .

Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Sigfried W.Panaha., mengatakan jalan Setapak dan Hutan di buat jalan merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 1312/Talaud. (24/02)

“Banyak pertimbangan yang sudah dilakukan antara TNI dan Pemerintah Kab.Kepl Talaud untuk membangun jalan tersebut,” katanya.

Mengatakan,jalan usaha tani ini merupakan Jalan Untuk Mempermudah Akses Masyarakat dalam memproduksi hasil Tani Terutama Hasil Tani Pisang ABAKA. harapan setelah TMMD selesai produktifitas Pisang ABAKA Yang ada di Talaud Ini Dapat di maksimalkan dan ekonomi masyarakat di dapat meningkat serta tidak lagi menjadi daerah terisolasi karena sebelumnya cuma ada akses jalan setapak untuk menuju kelokasi perkebunan.

 

” Sebenarnya, lokasi itu berpotensi, tetapi masyarakat yang memiliki lahan di lokasi tersebut enggan untuk menggarap akibat belum adanya akses jalan, padahal dilokasi tersebut juga Ada Pisang Abaka Yang dimna pisang Abaka ini adalah salah satu ekosistem endemik yang tumbuh di Kab. Kepl Talaud yang juga sangat pontesial dikembangkan sebagai Usaha Masyarakat,” ujarnya .

Ditambahkannya malalui program TMMD, pemerintah memberikan kepercayaan kepada pihak TNI untuk membangun jalan yang bisa membantu serta mempermudah masyarakat untuk memproduksi hasil Tani

Pembangunan jalan di Lokasi tersebut dinilai menguntungkan masyarakat karena semenjak ada jalan menuju lokasi tersebut nilai jual tanah sudah mulai naik, dan juga terbuka Akses untuk mengelola Lahan Pisang Abaka menjadi lebih Mudah. Selain itu, area yang dahulu lahan tidur sekarang menjadi lahan produktif untuk pertanian.

“Kita berharap kedepannya setelah di bukanya jalan usaha tani ini bisa dilakukan peningkatan oleh pemerintahan negri atau Kabupaten sehingga jalan ini mampu menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat, dan kedepannya potensi Pisang Abaka bisa dikembangkan ,” ujarnya .

Dandim berharap adanya perhatian lebih untuk kawasan ini kedepannya, terutama pengembangan dan Pengelolaan Pisang Abaka perlu peran semua pihak untuk mengembangkannya sehingga kedepannya ada usaha ekonomi masyarakat jika Pisang Abaka ini dikelola secara baik .

Artikel ini telah dibaca 1,514 kali

Baca Lainnya

Satgas TMMD Kodim 1312/Tld Tancap Gas Menyelesaikan Semua Sasaran Program

18 March 2024 - 18:15 WIB

H-3 Jelang Berakhir, Satgas TMMD Terus Kebut Penimbunan Jalan

18 March 2024 - 18:04 WIB

Kodam XIII/Merdeka Selenggarakan Upacara 17-an Pertama di Bulan Ramadan

18 March 2024 - 17:51 WIB

Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Kasrem Santiago Bacakan Amanat Pangdam XIII/Merdeka

18 March 2024 - 13:45 WIB

Cuaca Sangat Mendukung, Tim Satgas Kejar Target Bangun Jalan TMMD

16 March 2024 - 13:44 WIB

Pangdam XIII/Merdeka Resmi Buka Rapim Kodam XIII/Merdeka

15 March 2024 - 14:44 WIB

Trending di Manado