Asahan

Asahan (146)

Kisaran,Sulutnews.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Asahan melakukan audiensi dengan Bupati Asahan H. Surya, BSc di Ruang Kerja Bupati Asahan, Selasa (21/06/2022).

Pada audiensi ini Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Asahan Rachmad Affandi menyampaikan tujuan dari audiensi ini adalah untuk bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan kepengurusan DPD Partai Nasdem Kabupaten Asahan yang baru.

"Sudah seharusnya kami Pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Asahan yang baru memperkenalkan diri kepada Bupati Asahan selaku Kepala Daerah di Kabupaten Asahan," ucap Rachmad.

Rachmad juga menyampaikan DPD Partai Nasdem Kabupaten Asahan akan mendukung Program dan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Asahan serta siap berkontribusi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam membangun Kabupaten Asahan lebih baik lagi kedepannya.

Menanggapi audiensi ini Bupati Asahan H. Surya, BSc yang didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Asahan, Kabag Protokol Setdakab Asahan dan Kabid Komunikasi Media Cetak dan Elektronik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih kepada DPD Partai Nasdem Kabupaten Asahan yang telah memperkenalkan kepengurasan yang baru kepada saya selaku Bupati Asahan.

"Pemerintah Kabupaten Asahan senantiasa terbuka kepada semua Partai Politik yang ada di Kabupaten Asahan, karena saya yakin semua Partai Politik di Kabupaten Asahan akan membantu Pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter," ungkap Bupati Asahan.

Bupati Asahan juga mengatakan akan mendukung dan mendorong kegiatan yang diajukan oleh Partai Politik selama sesuai dengan aturan yang berlaku dan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Asahan.

Menutup pembicaraannya Bupati Asahan mengatakan, kepada DPD Partai Nasdem Kabupaten Asahan agar terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan, sehingga pembangunan di Kabupaten Asahan dapat kita capai sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dikesempatan ini Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Asahan memberikan cinderamata kepada Bupati Asahan disaksikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Asahan, Kabag Protokol Setdakab Asahan dan Kabid Komunikasi Media Cetak dan Elektronik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan dan Pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Asahan.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan, menyelenggarakan  ujian Dinas Tingkat I dan Tingkat II bagi Aparatur Sipil Negera (ASN) Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (21/06/22).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs.H. John Hardi Nasution,M.Si., Kepala Kantor Regional VI BKN Medan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Renyasari,SH.,M.AP. , Asesor SDM Aparatur Ahli Pertama Marwan Harahap, Analis Kerja Candra Braniko Simbolon,S.E.,M.E.,Prnata Komputer Muda Widi Lesmana,S.Kom, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan Nazaruddin, S.H. beserta rombongan, dan para peserta dinas Tingkat I Dan Tingkat II.

Pada laporan nya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan Nazaruddin, S.H mengatakan dasar penyelengaran ini peraturan pemerintah nomor 11 tahun 20017 tentang manajemen pegawai negri sipil , selanjutnya keputusan kepala badan kepegawaian negara nomor 12 tahun 2002 tentang peraturan nomor 99 tahun 2000 tentang kenaikan pangkat pegawai negri sipil sebagaimana telah di ubah dengan peranturan pemerintah nomor 12 tahun 2022 dan keputusan Bupati Asahan nomor 16-BKD Tahun 2021 tentang perubahan atas keputusan Nomor 168-BKD tahun 2019 tentang pembentukan pelaksana ujian dinas tingkat I dan tingkat II Dilingkungan pemerintah kanupaten asahan.

Selanjutnya Nazaruddin, S.H menjelaskan maksud dan tujuan nya untuk memotivasi Pegawai Negeri Sipil dalam meningkatkan kompetensi dan prestasi kerja serta penghargaan dan pengabdian PNS kepada negara, dan untuk memenuhi salah satu kenaikan pangkat pegawai negri sipil bagi PNS yang telah memiliki pangkat golongan Pengatur TK.I (II/d) Dan yang memiliki pangkat golongan Penata TK.I(III/d).

''Kemudian dalam ujian tahun ini mempergunkan Sistem CBT (Computer Baset Test ) Sehingga semua soal dari Kantor  Regional VI BKN Medan. Peserta ujian tingkat I dan tingkat II di ikuti sebanyak 58 Orang yang terdiri dari  ujian tingkat I memiliki pangkat golongan pengatur TK.I (II/d) sebayanyak 37 Orang dan ujian dinas tingkat II memiliki pangkat golongan Penata TK.I (III/d) sebanyak 21 Orang, " tutup Nazaruddin.

Bupati Asahan dalam pidato yang dibacakan oleh Sekrertaris Daerah  Kabupaten Asahan Drs.H. John Hardi Nasution,M.Si mengatakan  Ujian dinas tingkat I untuk memfasilitasi pns yang berpangkat pengatur tingkat I golongsn ruang II/d dan memenuhi syarat yang telah di tentukan (sekurang kurangnya 2 tahun dalam pangakt II/d dan syarat syarat laninya)untuk dapat di naikkan pangkat nya setingkat lebih tinggi pada penata mud agolongan ruang III/a.

Selanjutnya ujian dinas tingkat II untuk memfasilitasi pns yang berpangkat golongan penata TK.I (III/d) dan menduduki jabatan struktural eselon III untuk dapat dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi pada pangakt pembina golongan ruang (IV/a).

Mengakhiri sabutan nya Sekrertaris Daerah  Kabupaten Asahan Drs.H. John Hardi Nasution,M.Si, berdasarkan tahun ini ujian dinas di haruskan memakai CBT (Computer Baset Test) yang tujuannya untuk menghasilkan pns yang betul betul akuntabel dan profesional , untuk itu para peseta harus lebih hati hati dan serius dalam mengisi soal.(/Daniel)

Kisaran, Sulutnews.com - Danrem 022/PT Kolonel Inf. Lukman Arief, SIP membuka turnamen sepak bola Liga Santri Piala KSAD Cup 2022 di Stadion Mutiara Kisaran, Senin (20/06/2022).

Pembukaan turnamen ini dihadiri juga oleh Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Danlanal TBA, Ketua Persit Koorcab Rem 022/PT, Ketua Persit KCK Cab XXXV Dim 0208/Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua KONI Kabupaten Asahan, Ketua PSSI Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada kesempatan ini mengapresiasi atas terselenggaranya Piala KSAD Liga Santri Cup Tahun 2022 sewilayah tugas Kodim 0208/Asahan di Stadion Mutiara Kisaran, dimana event seperti ini dapat diadikan sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi olahraga tingkat daerah maupun nasional terutama sepakbola dimana sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati masyarakat.

Selanjutnya Bupati Asahan berharap Liga Santri ini memberikan pengalaman dan pembelajaran berharga dalam mengembangkan prestasi atlet-atlet muda sepakbola khususnya di kalangan santri Pondok Pesantren.

Selain itu Bupati Asahan berharap kepada semua pihak, untuk senantiasa mengedepankan dan mematuhi Prokes Covid-19 dan menghimbau kepada seluruh pengurus Cabang Olahraga PSSI agar dapat mengamati secara langsung bibit-bibit atlet yang unggul dan memiliki potensi dari tiap-tiap atlet sehingga nantinya dapat terus dibina untuk masuk kedalam susunan Tim Sepak Bola yang akan mewakili Kodim 0208/Asahan dalam setiap event tournament sepak bola baik tingkat Korem 022/PT dan Kodam I/BB maupun tournament perebutan Piala KSAD nantinya.

Lebih lanjut Bupati Asahan menghimbau kepada seluruh element yang terlibat, untuk menjunjung tinggi nilai sportifitas, menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan serta menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan kerusuhan selama turnament berlangsung. kepada para wasit saya meminta untuk menilai dan memimpin jalannya pertandingan secara adil, jujur dan sportif.

“Kepada para peserta turnament saya mengharapkan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, kalah menang dalam setiap pertandingan itu adalah hal yang lumrah, kepada yang menang saya harapkan untuk terus berlatih dan meningkatkan kualitas diri, kepada yang kalah saya harapkan untuk tidak berkecil hati tetap teruslah berlatih untuk prestasi yang lebih baik kedepannya,” ucap Bupati Asahan mengakhiri sambutannya.

Ditempat yang sama Danrem 022/PT Kolonel Inf. Luqman Arief, SIP membacakan pidato tertulis KSAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, SE, MM yang mengatakan kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi para santri seluruh Indonesia yang ada di 34 Provinsi. Pertandingan Piala KSAD Liga Santri PSSI Tahun 2022, akan diawali dari pertandingan di Tingkat Kabupaten/Kota dari tanggal 20 Juni sampai dengan 30 Juli 2022.

“Kemudian pertandingan tingkat Provinsi dari tanggal 7 Agustus sampai dengan 23 September 2022, serta pertandingan tingkat nasional yang menampilkan tim-tim terbaik dari Provinsi akan dilaksanakan dari tanggal 25 September samapi dengan 22 Oktober 2022,” ucapnya.

Danrem 022/PT berharap melalui melalui kompetisi ini, diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius keagamaan.

Selanjutnya Danrem 022/PT menekankan beberapa hal yakni, pemain harus menyadari bahwa kompetisi ini merupakan wahana uji tanding, tunjukkan kemampuan yang kalian miliki seoptimal dan semaksimal mungkin untuk mencapai prestasi yang terbaik, para peserta agar serius dan tetap fokus mengikuti pertandingan dan yang terakhir kepada para wasit, perangkat dan penyelenggara pertandingan, saya mengharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik, obyektif dan menjunjung tinggi fair play.

Danrem 022/PT juga mengatakan Liga Santri Piala KSAD Cup 2022 dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia. Dimana Tim yang menang nantinya akan bertanding ketingkat Provsu mewakili daerahnya.

“Semoga Tim dari Kodim 0208/Asahan dapat menjadi pemenang di tingkat Provsu dan mewakili Provsu untuk bertanding ditingkat nasional,” ucap Danrem 022/PT sekaligus membuka Turnamen Sepak Bola Liga Santri Piala KSAD Cup 2022 yang ditandai dengan penendangan bola oleh Danrem 022/PT Bersama dengan Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran dan Mewakili Danlanal TBA.

Setelah usai membuka Turnamen Sepak Bola Liga Santri Piala KSAD Cup 2022 Danrem bersama dengan Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Danlanal TBA, Ketua Persit Koorcab Rem 022/PT, Ketua Persit KCK Cab XXXV Dim 0208/Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, dan tamu undangan lainnya melanjutkan kegiatan dengan club vespa Kisaran mengelilingi Kota Kisaran menuju Museum Juang 45 Asahan yang terletak di Jalan Cokro Aminoto Kisaran Kecamatan Kota Kisaran Barat untuk menyerahkan bantuan social kepada masyarakat Kabupaten Asahan sekaligus meliihat benda-benda sejarah di museum tersebut.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Polres Asahan menyalurkan 1200 Bantuan Sosial (Bansos) sembako kepada masyarakat Kabupaten Asahan dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022. Penyerahan Bansos ini diserahkan secara serentak di seluruh Indonesia.

Ini disampaikan oleh Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, SIK, MH saat konferensi pers di Lapangan Adhi Pradana Polres Asahan setelah melepas mobil pengangkut semboko bersama dengan Bupati Asahan H. Surya, BSc, Dandim 0208/Asahan, Mewakili Dandim 0208/Asahan dan Ketua Bhayangkari Cabang Asahan. Senin (20/6/2022)

Kapolres juga mengatakan bukan hanya Bansos saja yang kita lakukan dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, tetapi Polres Asahan juga melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) berupa bedah rumah kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang kurang mampu, pembersihan rumah ibadah dan pemberian alat kebersihan kepada rumah ibadah yang di Kabupaten Asahan.

"Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Asahan, dan semakin mendekatkan Polri khususnya Polres Asahan dengan masyarakat, sehingga Polres Asahan semakin jaya dan dicintai masyarakat Kabupaten Asahan," harap Kapolres Asahan.

Menutup konferensi persnya Kapolres Asahan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama bergandengan tangan, saling membantu dan bahu membahu demi membangun Kabupaten Asahan semakin maju dan jaya.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc mengucapkan terima kasih kepada Polri khususnya Polres Asahan yang telah menyalurkan Bansos dan melakukan Baksos kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang membutuhkan.

"Semoga bantuan yang diberikan oleh Polres Asahan dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Asahan," ucap Bupati Asahan.

Bupati Asahan juga mengatakan selamat Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, semoga Polri semakin kuat dan semakin dicintai oleh masyarakat.

Sebelum menyalurkan Bansos ini, Kapolres Asahan, Bupati Asahan, Dandim 0208/Asahan, Mewakili Danlanal TBA, Ketua Bhayangkari Cabang Asahan, OKP dan tamu undangan lainnya mengikuti video teleconference dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran, dimana pada video teleconference ini Kapolri mengatakan untuk terus menjaga kerukunan umat beragama dan menjaga persatuan dan kesatuan yang menjadi modal kita dalam melakukan langkah-langkah pembangunan dan kegiatan ini juga merupakan bentuk kecintaan Polri kepada masyarakat, agar Polri semakin dekat dengan masyarakat.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, BSc , didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, Sekdakab Asahan Drs John Hardi Nasution, MS, Kakan Kemenag Kab. Asahan H. Saripuddin Daulay, S.Ag, MPd melepas keberangkatan 161 jemaah calon haji Kabupaten Asahan menuju Tanah Suci  Mekkah.

Turut Hadir dalam Acara Formopimda Kab. Asahan, Ketua TP. PKK Kab. Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya, Wkl. Ketua TP. PKK  Ny. Yusnila Indriati Taufik, Ketua Dharma Wanita Persatuan  Ny. Hj. Derlina John Hardi beserta Pengurus, Ketua MUI Kab. Asahan, OPD, Camat se Kabupaten Asahan dan Undangan Lainnya.

"Alhamdulillah hari ini saya bersyukur ada 161 orang jemaah calon haji dari Kabupaten Asahan yang  bisa diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Semoga perjalanan jamaah calon haji kita diberikan keselamatan, dari mereka berangkat sampai kembali," ucap Bupati H. Surya saat melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji Kabupaten  Asahan,  bertempat di Gedung Tahfiz  Mesjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Sabtu (18/06/2022) Dini Hari.

H.Surya mengatakan, selama dua tahun dilanda pandemi COVID- 19, jemaah calon haji di Kabupaten Asahan tidak bisa berangkat ke tanah suci.

"Sudah dua tahun jemaah calon haji kita tidak bisa berangkat karena pandemi COVID-19. Bersyukur tahun ini, masyarakat kita sudah bisa melaksanakan rukun Islam yang ke lima. Mudah-mudahan kesempatan yang diberikan ini bisa digunakan sebaik mungkin," katanya

Lebih lanjut Bupati H. Surya  menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada jemaah Calon Haji Kabupaten Asahan:

  1. Luruskan Niat dalam melaksanakan Ibadah Haji, niatkan ibadah haji ini hanya untuk Allah semata.
  2. Tingkatkan kualitas nilai ibadah jetika berada di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Wukuf di Arafah, Melempar jumrah di mina, pahami makna dan hakekatnya.
  3. Pelihara dan jaga kesehatan fisik karena 90 persen ibadah haji itu mengandalkan fisik. Banyak-banyak membawa bekal sabar karena banyak ujian, kurangi lisan berbicara yang bukan-bukan. Insyaallah ibadah akan khusyuk, dan meraih predikat haji yang mabrur.
  4. Sebagai tamu Allah harus memelihara sikap dan perilaku serta dapat menjadi teladan bagi saudara saudara kita dari daerah maupun Negara lain.

Mengakhiri Sambutannya H. Surya  juga berpesan kepada jemaah calon haji Kabupaten Asahan agar mendoakan Kabupaten Asahan semoga diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam menjawab tantangan sehingga mampu membawa Kabupaten Asahan yang lebih baik lagi demi mewujudkan  Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Sementara itu sebelumnya Kakan Kemenag Kab. Asahan H. Saripuddin Daulay, S.Ag, MPd dalam laporannya menyampaikan jumlah jemaah Calon Haji Kabupaten Asahan yang berangkat Tahun ini sebanyak 161 orang, yang terdiri dari 63 orang Laki laki dan 98 orang Perempuan, dan berada pada gelombang ke 2 Kloter 8 bergabung dengan Kota Sibolga dan Kota Medan, berangkat dari Tanah Air Tanggal 19 Juni 2022 Pukul 00.55 Wib.

Saripuddin Daulay juga menyampaikan jemaah haji termuda tahun ini adalah 20 Tahun atas nama Ghina Kamilah Binti Syafril Bimon dari Kecamatan BP. Mandoge, sedangkan Jemaah Haji Tertua  65 Tahun Atas Nama Nurlela Pasaribu Binti Ahmad Pasaribu dari Kecamatan Rahuning.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Untuk meningkatkan kerjasama kepengurusan TP PKK Kabupaten Asahan, OPD selaku Pembina TP PKK Kabupaten Asahan dan TP PKK Kecamatan serta menciptakan gerakan nasional keluarga pelopor perubahan, melalui bimbingan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, dan penguatan ketahanan keluarga kesehatan keluarga dan lingkungan. TP PKK Kabupaten Asahan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Jum'at (17/06/2022).

Selanjutnya Rakornis ini juga bertujuan untuk terinformasinya kebijakan Pemerintah Kabupaten Asahan di Kecamatan dan Desa dalam hal persamaan persepsi dan keterpaduan pengelolaan gerakan PKK serta terindentifikasinya upaya pemecahan masalah terhadap aspek kelembagaan, program dan administrasi PKK Kabupaten Asahan. Ini disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan Suherman Siregar, SSTP, MM saat menyampaikan laporannya dihadapan Wakil Bupati Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus dan Ketua TP PKK Kecamatan.

Dikesempatan ini juga Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya mengatakan, TP PKK Kabupaten Asahan bersama dengan OPD telah melakukan pembinaan kepada 9 Desa yang mengikuti lomba TP PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) yaitu lomba Tertib Administrasi Desa Air Teluk Kiri Kecamatan Teluk Dalam, UP2K Desa Tanah Rakyat Kecamatan Pulau Bandring, PAAR Desa Ambalutu Kecamatan Buntu Pane, HATINYA PKK Desa Rawang Pasar IV Kecamatan Rawang Panca Arga, IVA Test Kecamatan Simpang Empat, KB Kes Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji, PHBS Desa Sei Kamah I Kecamatan Sei Dadap, LBS Desa Meranti Kecamatan Meranti dan Posyandu Desa Rahuning Kecamatan Rahuning.

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan juga berharap kepada Dinas terkait dapat membantu PKK Desa dalam mengikuti lomba PKK tingkat Provsu dan kepada Desa yang mengikuti lomba agar mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan tentang lomba tersebut.

Menutup sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Asahan mengatakan, kepada Ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK Desa tetap semangat dalam mengikuti lomba ini, karena kami TP PKK Kabupaten Asahan bersama OPD akan ikut membantu dalam lomba tersebut.

Ditempat yang sama Bupati Asahan yang di wakili oleh Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si menyampaikan bimbingan dan arahannya yang mengatakan, Rakornis ini forum yang sangat strategis. Evaluasi dan identifikasi masalah dapat tertuang, sehingga keberadaan TP PKK di tengah masyarakat jelas manfaatnya dan mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi sumber daya yang ada di Kabupaten Asahan.

"Saya berharap melalui Rakornis ini, TP PKK dapat mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memantapkan dan menyempurnakan kebijakan pengelolaan gerakan PKK, serta mampu berkreasi dan inovatif. Kepada segenap jajaran TP PKK Kecamatan diharapkan mampu memberikan bimbingan, motivasi kepada masyarakat," harap Wakil Bupati Asahan.

Wakil Bupati Asahan juga mengucapkan terima kasih kepada OPD yang telah mendukung pelaksanaan program kegiatan TP PKK Kabupaten Asahan dalam mewujudkan 10 program pokok PKK, serta kepada narasumber diharapkan dapat memberikan materi kepada para peserta dengan metode yang praktis.

Dikesempatan ini para peserta Rakornis diberikan materi oleh narasumber yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Asahan Drs. Sorimuda Siregar dengan materi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan Duta Sarana Informatika Fatchuri, S. Kom dari Medan dengan materi aplikasi e-PKK.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, MSi  melantik 192 kepala sekolah di lingkungan dinas pendidikan Kabupaten Asahan, pelantikan ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Asahan no. 63-BKD-Tahun 2022 tentang Pemberhentian, Pengangkatan dan Pemindahan PNS sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah  SD Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan.

"Pelantikan merupakan hal yang biasa untuk kebutuhan dan penyegaran organisasi, agar ada inovasi dalam menjalankan keorganisasian," ujar Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Sekdakab Asahan di acara pelantikan 192 kepala sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah SD 168 orang Kepala Sekolah SMP 24 orang di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Jumat (17/06/2022).

John Hardi mengatakan  Sebagai Kepala Sekolah yang baru dilantik, diharapkan dapat meningkatkan SDMnya serta  beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru dan mampu bekerjasama dalam memajukan pendidikan yang berkesinambungan dalam rangka mengimplementasikan kurikulum Merdeka  dan sekolah penggerak sehingga pendidikan di Kabupaten Asahan dapat lebih maju.

Apalagi sumber daya manusia merupakan faktor penting yang menjadi modal pembangunan bagi semua daerah termasuk bagi kabupaten Asahan.

"Karena sesuai visi misi pemerintah kabupaten Asahan  memiliki komitmen yang tinggi terhadap pembangunan SDM, diantaranya mutu pendidikan," ungkapnya.

Menurutnya kepala sekolah mempunyai peran yang sangat strategis di dalam memajukan SDM. Bahwa di bawah kepala sekolah ada banyak anak bangsa yang harus berproduktif dan memiliki daya saing.

"Kepala sekolah merupakan tugas tambahan guru yang strategis dalam penyelenggaraan pendidikan, kualitas dan kemajuan sekolah sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolahnya. Oleh karena itu, kepala sekolah di tuntut harus memfokuskan diri dalam memikirkan upaya untuk mengembangkan sekolah yang dipimpinnya guna meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing," ujar John Hardi.

John Hardi mengingatkan bahwa dalam pelayanan publik dibidang pendidikan, harus mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan profesionalisme. Serta semua kebijakan kegiatan kepala sekolah harus dalam koridor regulasi yang telah ditetapkan.

Sekda juga berpesan kepada kepala dinas pendidikan agar terus membina, mendukung dan memberikan fasilitas kepada kepala sekolah sehingga mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik di bidang pendidikan guna mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Rangkaian Acara pelantikan diakhiri dengan Mendengarkan Ceramah yang di sampaikan Ketua Imtaq Kabupaten Asahan  H. Ahmad Qosim Marpaung, SAg.

Dalam ceramahnya Ustadz H. Ahmad Qosim Marpaung, SAg menyampaikan pentingnya bagi seorang guru untuk menanamkan sifat pemaaf dan Ikhlas pada dirinya.

Turut hadir dalam acara Kepala BKD Nazaruddin, SH, Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Supriyanti, MPd, dan undangan lainnya.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional Bulam Juni 2022, Jum'at (17/06/2022).

Pada upacara ini Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si menyampaikan pidato tertulis Bupati Asahan yang mengatakan, pada Bulan Juli yang akan datang kita memasuki Bulan Dzulhijjah yaitu hari Raya IDUL ADHA 1443 H, dimana kita akan melaksanakan Qurban sebagaimana biasanya. Sementara Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)  yang menyerang hewan ternak terus meluas.

"Maka untuk itu kepada Kepala Dinas Peternakan dan Dinas terkait, untuk dapat mengantisipasi adanya penyakit tersebut, dalam penyembelihan hewan Qurban nantinya," harap Wakil Bupati Asahan.

Menutup pidatonya Wakil Bupati Asahan mengingatkan kepada seluruh ASN di Lingkup Pemerintah Kabupaten Asahan dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat agar memperoleh prestasi terbaik, dan senantiasa mengedepankan integritas dan tanggungjawab serta menjunjung tinggi etika selama menjalankan tugas pekerjaan.

Kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan penali kasih kepada PNS yang pensiun Tahun 2021 dan Tahun 2022 oleh Wakil Bupati Asahan.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati Asahan, OPD dan para ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Dalam kesempatan itu, Kabid PAO HMI Kabupaten Asahan Alwi Tanjung meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Asahan untuk lancarnya pelaksanaan kegiatan Latihan Kader Dua (LK2) HMI atau Intermedia Training nasional yang dilaksanakan di Kabupaten Asahan,   Kegiatan tersebut  rencananya akan di laksanakan   di Aula SKB Dinas Pendidikan  pada tanggal 02 Juli 2022.

Bupati Asahan  mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan sangat  mendukung terselenggaranya LK2 HMI yang dilaksanakan di Kabupaten Asahan tersebut,  Karena itu, ia mendoakan kegiatan tersebut sehingga bisa berjalan lancar dan sukses.

Bupati juga  berpesan agar dalam penyelenggaraan nantinya untuk  selalu menerapkan Prokes COVID-19.

Pemerintah Kabupaten Asahan  siap mendukung,  Semoga kegiatannya   berjalan lancar sesuai yang diharapkan," Ucapnya.

Turut hadir dalam Audiensi Asisten Pemerintahan Buwono Prawana, SIP, MSi, Ketua KAHMI Kab. Asahan Darwis Sianipar, Kakan Kesbang, Kadis Kominfo, Kabag Protokol dan beberapa pengurus HMI Kab. Asahan.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan dalam Hal ini diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Muhilli Lubis  membuka secara resmi Bimbingan Teknis / Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko,  Selasa (14/06/2022).

Hadir dalam acara tersebut Drs Muhili Lubis , Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Asahan Darwin Idris Nasution SSTP, dan para tamu undangan Pelaku Usaha.

Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Asahan H Darwin Idris Nasution SH, M.AP dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha mengenai ketentuan perizinan berusaha sebagai dampak dari di berlakukannyaUndang Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta kerja.

Selanjutnya, untuk meningkatkan capaian realisasi penanaman modal melalui sajian laporan penanaman modal secara online oleh setiap pelaku usaha, Dan meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Sementara itu sambutan Bupati Asahan yang di sampaikan oleh Drs Muhili Lubis mengatakan dalam rangka untuk meningkatkan investasi, kemudahan berusaha dan penyederhanaan proses perizinan serta memberikan perhatian yang lebih besar pada peran usahan mikro dan kecil, pemerintah Indonesia melakukan terobosan dengan mengesahkan Omnibus Law yaitu undang undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja. Dengan tujuan pengesahan undang-undang tersebut salah satu diantaranya adalah untuk  mendorong kemudahan berusaha dengan sistem perijinan yang sederhan.

Dikatakan nya penyelenggaraan perizinan berusaha mengalami perubahan total, penyelenggaraan perizinan berusaha tidak lagi berbasis izin , namun berbasis risiko dan semuanya di proses melalui aplikasi perizinan terintegritas secara elektronik yang kita kenal dengan istilah OSS-RBA ( Online Singel Submission Risk Base Approach) , dalam aplikasi tersebut telah di tanamkan Smart Engine yang akan memetakan jenis Perizinan berdasarkan tingkat risiko dan skala usaha sebagaimana telah di atur dalam peraturan perundang-undangan.

Adapun perizinan berusaha tersebut dapat di kelompokkan, perizinan berusaha dengan risiko rendah cukup hanya memiliki Nomor Induk Berusah ( NIB) sekaligus sebagai Tanda Daftar Perusahan (TDP).Kemudian Perizinan Berusaha dengan risiko menengah rendah yaitu dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Satndart (SS). Perizinan Berusaha dengan risiko menengah tinggi yaitu dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan Sertifikat Satndart Terverifikasi Dan Perizinan Berusaha dengan Risiko Tinggi yaitu dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin.

"Saya berharap para peserta pelaku usaha bimbingan teknis / sosialisasi implementasi perizinan berusaha berbasis risiko dapat memahami mekanisme dan proses perizinan berusaha saat ini", ujar Muhili mengakhiri Sambutannya.(/Daniel)