Dolok Masihul, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memberikan apresiasi atas terlaksananya pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.  Seperti kita ketahui bahwa penyalahgunaan narkoba merupakan suatu kejahatan yang luar biasa. Narkoba merupakan ancaman bagi negara maupun dunia.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya saat menghadiri Pencanangan Desa/Kelurahan Bersinar Kelurahan Pekan Dolok Masihul, di Lapangan Sekolah 11 Maret, Kecamatan Dolok Masihul, Senin (26/9/2022).

Bupati Sergai menegaskan, dibutuhkan peran serta dari semua pihak untuk memerangi penyalahgunaan narkoba. Sinergitas itu dimulai dari pemerintah, instansi terkait, penegak hukum hingga peran masyarakat yang ada di desa.

“Oleh karena itu pencanangan Desa Bersinar merupakan bukti nyata komitmen dari seluruh stakeholder terkait dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, utamanya di Kabupaten Sergai,” ujar Bupati yang dikenal dengan panggilan Bang Wiwik ini, sembari menambahkan jika Desa Bersinar merupakan sebuah langkah yang progresif.

Bupati menerangkan, pembentukan Desa Bersinar ini dilandasi dari Keputusan Bupati tentang Pembentukan Desa/Kelurahan Bersinar No. 403/18.36 di wilayah Kabupaten Sergai yang terdiri dari tiga desa yaitu Desa Sei Bamban, Desa Sei Rampah, dan Kelurahan Pekan Dolok Masihul.

Menurutnya, eksistensi Desa Bersinar menjadi penting sekali khususnya dalam membentuk relawan anti narkoba. Relawan anti narkoba ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang betapa berbahayanya narkoba. Ia juga menyampaikan, langkah ini juga bisa meningkatkan keawasan masyarakat sehingga tak ragu melaporkan segala aktivitas mencurigakan yang diduga tindak penyalahgunaan narkoba ke pihak yang berwajib.

Bang Wiwik menegaskan Pemkab Sergai memberi dukungan penuh terhadap program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan selalu bersinergi dengan lembaga vertikal lainnya, khususnya Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Semoga peresmian ini tidak hanya berakhir menjadi sekadar kegiatan seremonial saja, tetapi lebih dari itu mampu menjadi sebuah contoh positif dan melahirkan prestasi nyata bagi pencegahan narkoba di kelurahan Pekan Dolok Masihul dan dalam lingkup yang lebih luas dapat membantu mewujudkan visi Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Kepala BNNK Sergai Ir. Pinondang Poltak Marganda, M.Si, CRMO, menyampaikan jika salah satu faktor yang menyebabkan seseorang dekat dengan narkoba adalah masalah perekonomian. Maka dari itu dirinya menyebut, salah satu program yang ingin dijalankan lewat Desa Bersinar ini adalah peningkatan ekonomi masyarakat. Misalnya saja dalam sektor pertanian tanpa limbah, pemanfaatan limbah peternakan sebagai pupuk, dan sebagainya.

“Kami juga berencana mendirikan pembangunan panti rehabilitasi di Kecamatan Dolok Masihul ini. Semoga langkah yang kita upayakan bersama ini bisa menjadi momentum untuk menjadikan wilayah ini bebas dari narkoba,” harapnya.

Sementara itu Lurah Pekan Dolok Masihul Husnul Arifin melaporkan dalam kegiatan ini dilantik 20 orang relawan anti narkoba.

“Kegiatan kali ini terlaksana karena wilayah ini merupakan salah satu area rawan penyalahgunaan narkoba. Saya berharap lewat kegiatan ini kesadaran masyarakat terhadap bahaya narkoba bisa makin tinggi dan kita bisa terhindar dari dampak buruknya,” katanya.

Kegiatan pencanangan Desa Bersinar dihadiri antara lain Kepala Kesbangpol M. Kahar Effendi, S.Sos, Camat Dolok Masihul Muryani SE, Kapolsek Dolok Masihul AKP. Khairul Saleh, Danramil Dolok Masihul Kapt.Inf Saidun Gultom, Kepala Desa se-Kecamatan Dolok masihul, para guru, siswa SMA dan relawan.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi DPRD Kabupaten Asahan Terhadap Ranperda Tentang Perubahan APBD Kabupaten Asahan  Tahun 2022 dan Pengambilan Keputusan Serta Penyampaian Kata Sambutan Bupati Asahan.

7 Fraksi DPRD Kabupaten Asahan menyetujui Perubahan APBD Kabupaten Asahan Tahun 2022 pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Asahan dalam acara penyempaian Pendapat Akhir Fraksi DPRD Kabupaten Asahan Terhadap Ranperda Tentang Perubahan APBD Kabupaten Asahan  Tahun 2022 dan Pengambilan Keputusan Serta Penyampaian Kata Sambutan Bupati Asahan di Aula Rambate Rata Raya Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan yang di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH, Senin (26/09/2022).

Dikesempatan ini, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada saudara Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Dewan yang terhormat, secara khusus kepada Badan Anggaran yang telah melakukan pembahasan kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah, sehingga hari ini kita telah mendengar pendapat akhir Fraksi-fraksi dengan keputusan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Asahan tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2022 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

"Melalui persetujuan Rancangan Peraturan Daerah tersebut, kami menyadari besarnya dukungan Dewan yang terhormat kepada Pemerintah Kabupaten Asahan untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Asahan. Kami juga mengapresiasi pendapat Dewan yang terhormat yang telah memberikan rekomendasi, pemandangan umum, saran dan solusi atas rencana kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah dalam materi Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2022 agar lebih optimal serta tepat sasaran", ucap Wakil Bupati.

Mengakhiri sambutannya Wakil Bupati Asahan mengatakan, kami akan menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah ini kepada Gubernur Sumatera Utara untuk proses evaluasi dalam rangka menyelaraskan antara Kebijakan Daerah dan Kebijakan Nasional serta untuk meneliti apakah Rancangan Peraturan Daerah ini tidak bertentangan dengan Peraturan yang lebih tinggi dan/atau Peraturan daerah lainnya.

Kegiatan ini dirangkai juga dengan penandatangan berita acara persetujuan bersama antara Bupati Asahan yang diwakili Wakil Bupati Asahan dengan Ketua DPRD Kabupaten Asahan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan disaksikan Para Asisten, OPD, Anggota DPRD Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Anggaran Pendapatan Daerah  Kabupaten Asahan sebelum Perubahan APBD Rp. 1.629.553.867.729 setelah Perubahan menjadi Rp.1.684.299.402.539

Anggaran Belanja Daerah Kabupaten Asahan Sebelum Perubahan APBD Rp. 1.644.553.867.729 setelah Perubahan menjadi Rp.1.771.924.042.028

Anggara Pembiayaan Daerah Kabupaten Asahan sebelum Perubahan APBD Rp. 15.000.000.000 setelah Perubahan Rp.91.390.001.527

Tujuh Anggota Fraksi DPRD Kabupaten Asahan yang menyampaikan Pendapat Akhir Fraksi  Terhadap Ranperda Tentang Perubahan APBD Kabupaten Asahan  Tahun 2022.

Fraksi Gerindra Bambang Rusmanto

Fraksi Golkar Lindung Panjaitan

Fraksi PDI Perjuangan Yenni Manik.

Fraksi Demokrat Rita Marisa Siregar

Fraksi PAN Nurman Abdi Siagian

Fraksi PPP Ali Munjar

Fraksi Nurani Keadilan Muttaqin

(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, Hadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Asahan  Masa Bhakti 2022 - 2027, di Gedung Serba Guna (GOR) Rambate Rata Raya Kisaran,  Senin (26/09/2022).

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua  DPP Bapera Pusat Fadh El Fouza A Rafiq, Ketua DPD Bapera Provinsi Sumatera Utara Abdul Rahman, Sekretaris DPD Bapera Sumut M. Riski Pangeran Siregar  Besrta Pengurus, Plh. Sekdakab Asahan Buwono Prawana, SIP, MSi, OPD, OKP, ORMAS, Perwakilan DPD Bapera Se Sumut dan undangan lainnya.

Seperti diketahui , jajaran Pengurus DPD Bapera Kabupaten Asahan  diketuai  Anda Rambe, SH, Sekretaris Azmi Hardiansyah, M.Kn, dan Bendahara Faisal Riza, STP  beserta seluruh Pengurus secara resmi dilantik oleh Ketua  DPD Bapera Provinsi Sumatera Utara Abdul Rahman sesuai dengan SK DPP Bapera pusat Nomor:KEP-421/DPP/BAPERA/I.O/IX/2022 tentang Pengesahan Komposisi dan Personalia DPD Bapera Kabupaten Asahan Provinsi Sumut Periode 2022-2027.

Ketua DPP Bapera Pusat Fadh El Fouza S Rafiq dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada Ketua DPD Bapera Kabupaten Asahan yang baru di lantik untuk segera mengembangkan Bapera di Kabupaten Asahan sampai ke Tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa.

Beliau juga berpesan kepada Pengurus DPD Bapera Sumatera Utara untuk segera menyelenggarakan Jambore Bapera Tingkat Sumatera Utara.

Ketua DPD Bapera Kabupaten Asahan Anda Rambe, SH dalam sambutannya menyampaikan siap melaksanakan  Program kerja Bapera di Kabupaten Asahan.

“DPD Bapera Kabupaten Asahan harus mampu memberikan manfaat yang baik bagi Kabupaten Asahan” ucap Anda Rambe.

Wakil Bupati berharap kepada seluruh Pemuda dibawah naungan DPD Bapera Kabupaten Asahan yang baru dilantik agar bisa berkontribusi untuk kemajuan daerah dengan cara bermitra dengan Pemerintah.

"Untuk memajukan daerah, harus diiringi dengan sinergitas dan kolaborasi. Oleh karena itu,  Pemerintah Kabupaten Asahan selalu terbuka menerima masukan dan saran dari semua pihak, termasuk Bapera." Tuturnya

Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan , kami mengucapkan  Selamat dan Sukses atas pelantikan Pengurus  DPD Bapera Kabupaten Asahan.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati menyampaikan semoga Semangat Sumpah Pemuda akan selalu hadir didalam jiwa Bapera demi menjaga semangat persatuan Negara Kesatuan  Republik Indonesia.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si didampingi Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Buwono Prawana, SIP, MSi, Kadis Kominfo Syamsuddin, SH, MM Kabupaten Asahan dan Kabag Kesra Setdakab Asahan melepas 55 orang Kafilah Festival Seni Qasidah Tahun 2022 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (26/09/2022).

Pelepesan Ke-55 orang Kafilah ini berdasarkan Surat Tugas Bupati Asahan Nomor : 800/4395/IX/2022 Tanggal 23 April 2021 untuk mengikuti Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan dilaksanakan pada tanggak 26-29 September 2022 di Asrama Pangkalan Masyhur Medan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Kesra Setdakab Asahan H. Ali Mughofar, S. Sos, MAP pada laporannya.

Ali juga melaporkan ke-55 orang kafilah ini mengikuti cabang lomba yakni cabang rebana klasik remaja putra/putri 22 orang, cabang rebana klasik dewasa putra/putri 22 orang dan cabang bintang vokalis dan pop religi putra/putri sebanyak 11 orang.

Menutup laporannya Ali mengatakan kegiatan ini dapat terselenggara atas kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan LSQI Kabupaten Asahan.

Dikesempatan ini juga Bupati Asahan pada bimbingan dan arahannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Asahan mengatakan Festival Seni Qasidah Provinsi Sumatera Utara adalah momen yang tepat bagi kita untuk menunjukkan prestasi dalam membangun budaya, watak atau karakter generasi muda yang tangguh, kuat dan disiplin, membangun keimanan dan ketakwaan serta memupuk rasa kasih sayang, persaudaraan, kerukunan dan kebersamaan diantara kita semua.

"Saya juga ingatkan kepada para Kafilah bahwa kalian adalah generasi masa depan Kabupaten Asahan. Karena itu, tunjukkanlah sikap dan perilaku yang baik, santun, ramah dan penuh dengan nilai-nilai persaudaraan. Gunakanlah kesempatan ini untuk seluas-luasnya mencari teman dan memperluas silaturrahim, karena hal tersebut akan membuka peluang baik bagi diri anda secara pribadi maupaun bagi masa depan", ucap Wakil Bupati.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya Wakil Bupati Asahan berharap, setelah selesainya Festival Seni Qasidah ini, adik-adik dapat berbuat banyak, bisa mendorong, memberi contoh, mengajak generasi muda untuk terus berkarya dan berprestasi sekaligus mencegah, menyelamatkan generasi muda kita dari kehidupan yang tidak sehat, yang menyimpang dan menghancurkan masa depan mereka.(*/Daniel)

Sei Rampah, Sulutnews.com - Untuk memastikan kondisi wilayah sungai yang sebagian masih dalam tahap normalisasi, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, meninjau pekerjaan normalisasi Sungai Belutu di Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah, Kamis (22/9/2022). 

“Ini merupakan langkah Pemkab Sergai dalam pengentasan banjir dengan melakukan normalisasi sungai Belutu sepanjang 2.000 meter hingga diharapkan terhindar dari dampak banjir,” kata Wabup Adlin di sela-sela peninjauannya.

Adlin Tambunan menjelaskan, normalisasi sungai ini bisa terwujud berkat kerja sama antara Pemkab Sergai dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sumatera Utara. Selain itu pihaknya juga aktif menjalin sinergi dengan pihak swasta lewat Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP).

“Untuk menuntaskan masalah banjir ini, perlu melibatkan banyak pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat, pihak korporasi, maupun stakeholder lainnya,” ujar Adlin.

Dengan dilakukannya normalisasi sungai ini, Kadis PUPR Sergai Johan Sinaga, SE, MAP, yang ikut mendamping Wabup mengajak kepada seluruh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk bersinergi dan bersama-sama menjaga fasilitas yang telah dibangun ini. Semoga pembangunan yang masih terlaksana ini membawa perubahan yang lebih baik untuk kabupaten kita tercinta. 

Di kesempatan itu, Johan Sinaga merinci jika program pekerjaan yang sedang dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II sepanjang 7.320 M dengan rincian masing-masing yaitu, Sungai Belutu dilakukan normalisasi Desa Sei Rampah menuju Desa Pematang Ganjang sepanjang 2.000 M dengan bronjong sepanjang 55 M dan menurunkan 2 alat berat. Pekerjaan proyek ini sudah selesai dilaksanakan, ujar Johan.

Kemudian lanjut Johan lagi, saat ini sedang dilakukan pengerjaan normalisasi Sungai Rambung dari jembatan tol jalan Belidaan sampai muara Sungai Belutu sepanjang 2.000 M dengan menurunkan 1 alat berat Longarm. Selanjutnya proyek yang sedang dikerjakan yaitu Sungai Putih dengan membuat bronjong sepanjang 80 M yang berada di dekat jembatan dan proteksi rumah warga. 

Lebih lanjut Johan merinci, proyek yang sedang dilaksanakan normalisasi adalah di Sungai Bahilang sepanjang 1,500 M dan tembok penahan tanah sepanjang 80 M. Terakhir, Sungai Bamban yang merupakan saluran buang Sei Belutu juga sedang dilaksanakan normalisasi sepanjang 1.500 M dengan tembok penahan tanah sepanjang 160 M tepat diposisi jembatan Sei Bamban, terangnya.

Ia menambahkan jika hingga kini sudah ada sepanjang 7.300 M Sungai Belutu yang telah dilakukan normalisasi dan terbagi ke dalam dua pengerjaan. 

“Pengerjaan pertama dilakukan secara gotong-royong oleh TJSLP Sergai dengan target sepanjang 15.250 M dan terlaksana sepanjang 5.300 M dengan uraian sepanjang 2.700 M normalisasi Sungai Belutu pada Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin. 

“Sepanjang 2.500 M pada Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin. Sepanjang 100 M normalisasi dan perbaikan tanggul jebol pada Desa Silau Merawan Kecamatan Dolok Masihul,” cetusnya sembari memaparkan bahwa ada sepanjang 2000 M normalisasi Sungai Belutu oleh Balai BWS Sumatera II dari Desa Sei Rampah menuju Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah dan pembangunan beronjong sepanjang 75 M. 

Tuai Apresiasi Masyarakat

Pembangunan normalisasi yang masih berlangsung ini menuai beragam apresiasi dari masyarakat. Rodiah (53) seorang Ibu Rumah Tangga warga Kampung Maulana, Dusun IV Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah yang setiap tahunnya terdampak bencana banjir. 

"Alhamdulillah, saya, keluarga dan bersama masyarakat yang lainnya menyampaikan apresiasi atas kerja keras Pak Bupati Darma Wijaya dan Pak Adlin Tambunan yang telah melakukan pengerukan sungai belutu ini," ungkapnya. 

Dirinya menyakini dengan dilakukannya normalisasi Sungai Belutu, akan memangkas ataupun meminimalisir kemungkinan besar banjir yang kerap terjadi setiap tahunnya saat musim penghujan. "Kami percaya, dengan normalisasi ini, banjir akan teratasi,” ungkapnya sembari menceritakan bahwa Bupati pernah menyampaikan tidak ingin masyarakat terus dilanda banjir, serta tidak hanya sebatas sembako saja yang diberikannya akan tetapi sebuah solusi pengentasan banjir. 

"Ternyata benar yang pernah diucapkan Pak Wiwik, bahwa dia tidak ingin melihat warga terus dihantui rasa was-was saat musim penghujan. Dan nyatanya, sungai sudah di normalisasi, dan InsyaAllah banjir akan teratasi, " pungkasnya. 

Serupa dengan Rodiah, Iriyani warga bantaran Sungai Belutu Kampung Mandailing Desa Sei Rampah mengatakan bahwa dengan selesainya normalisasi ini selain bertujuan pengentasan masalah banjir, juga membentuk wahana baru bagi masyarakat sekitar. 

"Bantaran sungai ini wahana baru bagi kami, setiap sore, sedap sekali duduk di bantaran sungai ini, anginya kencang, pemandangannya indah, terkadang ramai juga dengan masyarakat yang mancing atau menjala ikan," katanya. 

Menyinggung masalah banjir yang pernah terjadi belakangan ini, Iriyani menyebutkan bahwa Bupati Darma Wijaya dan Adlin Tambunan selalu concern terhadap masalah banjir. 

"Sejak dulu saya menetap disini, dan banjir kerap terjadi. Tapi kami selalu dikunjungi oleh Pak Bupati hampir setiap hari, baik pagi, siang ataupun sore datang melihat pengungsi dan selalu membawa buah tangan sebagai bentuk penyemangat," paparnya penuh semangat.

Sementara itu Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Maju Bersama Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, M. Pangaribuan, memuji kinerja baik Bupati dan Wakil Bupati dalam upaya menyelesaikan persoalan banjir yang sudah berlarut.

Ia menyebut, kerja keras tersebut kini telah membuahkan hasil yang sangat positif. Ini dibuktikan dengan ratusan hektar sawah di Desa Pematang Ganjang yang pada tahun ini berhasil panen walau sudah memasuki musim penghujan.

“Padahal tahun lalu, kami berulang kali gagal panen karena sawah dirusak banjir. Sekarang sejak normalisasi dan pengerukan sedimen sungai, kami bisa bercocok tanam dengan perasaan aman. Terakhir ada sekitar 150 hektar sawah yang sukses panen tahun ini,” katanya sumringah.(*/Daniel)Adidas.

Kisaran,Sulutnews.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, sekaligus ikut memelihara dan menjaga kelestarian ekosistem,  Bupati Asahan diwakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Rahmat Hidayat Sirrgar, S.Sos, MSi bersama Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Aziz Muslim, SE, melaksanakan penanaman pohon di Hutan Kota Taufan Gama Simatupang, Jumat (23/09/2022).

Kepela BPJS dalam Sambutannya menyampaikan bahwa penanaman Pohon yang dilaksanakan pada hari ini merupakan program Employee Volunteering yang merupakan kegiatan  rutin dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan kali ini juga merupakan bentuk kegiatan kolaborasi dengan pemerintah Kabupaten asahan dalam melestarikan lingkungan.

Beliau juga menyampaikan semoga  kerjasama yang dilaksanakan pada hari ini dapat berkelanjutan ke depannya.

Sementara itu Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Kadis Lingkungan Hidup H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, MSi mengatakan bahwa area terbuka di Hutan Kota Taufan Gama Simatupang  masih cukup luas, sehingga butuh banyak tanaman untuk menghijaukannya. "Hutan Kota ini menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Asahan , juga menjadi daerah resapan air. Tidak semua daerah di Sumatera Utara punya hutan kota, hanya ada beberapa daerah termasuk Kabupaten Asahan. Jadi harus dijaga kelestariannya," ujar Rahmat Hidayat.

Kadis LH juga mengatakan kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan BPJS ketenaga Kerjaan Kabupaten Asahan dalam mewujudkan Go Green khususnya di Kabupaten Asahan

“Saya mengucapkan terima kasij kepada BPJS Ketenaga Kerjaan Kabupaten  Asahan yang telah mendukung kegiatan Penanaman Pohon khususnya di lokasi Hutan Kota Taufan Gama Simatupang yang di laksanakan hari ini” pungkas Kadis LH.

Adapun bibit yang di tanam sebanyak 140 pohon, terdiri dari 50 bibit pohon besar dan 90 bibit pohon kecil yang dirdiri dari Bibit Pohon Mangga, Klengkeng, Rambutan dan Jambi.

Juga turut diserahkan Pupuk Tanah Gambus sebanyak 100 goni, Pupuk NPK 20 Kg, Roundop 2 Liter.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Focus Grup Discussion (FGD) penyepakatan hasil verifikasi dan klarifikasi dalam rangka penetapan peta lahan sawah yang di lindungi (LSD) di wilayah provinsi sumatera utara khususnya kabupaten Asahan,berlangsung di  aula kantor badan pertanahan provinsi sumatera utara, Kamis (22/09/2022).

Kepala kantor wilayah pertanahan provinsi sumatera Askani SH MH mengatakan dalam sambutan nya mengucapkan selamat datang kepada dirjen pengendalian penertiban tanah dan ruang berserta rombongan, dan kepada kepala daerah yang berhadir hari ini.

Dr Ir Budi Situmorang MURP dirjen pengendalian penertiban  tanah dan ruang menyampaikan arahan bahwa BA Verifikasi dan Klarifikasi Data Lahan Sawah yang ditandatangani ini akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan yang bersifat strategis nantinya karena Peta Lahan Sawah yang Dilindungi adalah dalam rangka memenuhi dan menjaga ketersediaan Lahan Sawah untuk mendukung kebutuhan Pangan Nasional yang tercantum dalam amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2019 tentang Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah.

Intinya untuk menjamin tidak terjadinya alih fungsi lahan sawah dan sesuai dengan rencana tata ruang wilayah

Di sela sela waktu Wakil Bupati Asahan tentang lahan sawah yang dilindungi mengatakan program ini cukup baik untuk menjaga keutuhan lahan pangan kita di daerah persawahan

Selanjutnya Wakil Bupati Asahan bersama OPD terkait melakukan penandatanganan   berita acara Verifikasi dan Klarifikasi Data Lahan Sawah kemudian di ikuti dengan tanda tangan oleh Dr Ir Budi Situmorang MURP dirjen  pengendalian penertiban  tanah dan ruang.

Turut hadir dalam Acar Asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat provinsi sumatera utara Dr Ir Binsar Situmorang Msi,MAP, Kadis Pertanian Kab. Asahan, Kepala Dinas Perizinan, Kadis Kominfo, Kadis Ketahanan Pangan dan Kadis PU serta undangan lainnya.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Kabupaten Asahan menerima alat musik gamelan dari Pemerintah Kabupaten Asahan yang diserahkan langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc kepada Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto, SH, MAP di Joglo DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan, Kamis (22/09/2022).

Pada penyerahan gamelan ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, M. Pd melaporkan pemesanan set gamelan ini dilakukan sejak bulan Juni 2022 dengan jumlah barang sebanyak 28 item barang.

Supriyanto juga berharap paguyuban Pujakesuma Kabupaten Asahan berkontribusi terhadap pelestarian budaya, karena ini bagian dari upaya untuk mendukung pemajuan, pemeliharaan serta pengembangan kebudayaan yang ada, sesuai dengan amanat undang-undang dan visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan.

Ucapan terimakasihpun disampaikan oleh Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto, SH, MAP kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah memberikan alat musik gamelan kepada DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan. Dimana alat musik gamelan ini telah lama ingin kami miliki.

Ketua berharap Pemerintah Kabupaten Asahan dapat terus mendukung program DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan dalam melestarikan seni budaya etnis jawa di Kabupaten Asahan.

"DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan akan selalu berkoordinasi dengan OPD terkait dalam mengembangkan seni budaya etnis jawa di Kabupaten Asahan", ucap Ketua.

Ditempat yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan, melestarikan seni budaya di Kabupaten Asahan merupakan tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Asahan dan masyarakat Kabupaten Asahan.

Dalam melestarikan seni budaya di Kabupaten Asahan, Pemerintah Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Forkala Kabupaten Asahan menggelar PSBD yang diikuti oleh setiap etnis yang ada di Kabupaten Asahan. Dan pada tahun 2023, PSBD rencananya akan dilaksanakan.

"Diharapkan setiap etnis dapat menampilkan seni budaya yang dimiliki pada PSBD nantinya, sehingga dapat dilihat oleh masyarakat Kabupaten Asahan, sehingga seni budaya yang kita miliki tetap terjaga kelestariannya", harap Bupati.

Selanjutnya Bupati berharap Kepada Ketua Forkala Kabupaten Asahan untuk menyampaikan kepada seluruh etnis yang tergabung dalam Forkala dan masyarakat Kabupaten Asahan bahwa tari gubang dan senandung asahan telah resmi menjadi seni budaya milik Kabupaten Asahan.

Mengakhiri pidatonya Bupati meminta kepada setiap etnis yang telah diberikan bantuan dapat menjaga bantuan tersebut dengan sebaik mungkin.

Diakhir kegiatan DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan memberikan kejutan berupa upah-upah kepada Bupati Asahan yang akan menunaikan ibadah umrah dalam waktu dekat ini.

Tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, OPD, beberapa Camat, Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua Forkala Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.(*/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya menjadi narasumber pada acara Talk Show di Lembaga Penyiaraan Publik Lokal (LPPL) Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Asahan, Kamis (22/09/2022).

Acara yang dipandu oleh  Mbak Yone V. Marpaung memberikan beberapa pertanyaan kepada Ketua TP PKK Kabupaten Asahan berkaitan tentang Pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Kabupaten Asahan.

Dimana Ketua TP PKK Kabupaten Asahan menjelaskan, TP PKK Kabupaten Asahan dalam melakukan pembinaan PAAR dibantu dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Asahan dan TP PKK Kecamatan serta TP PKK Desa/Kelurahan.

Ketua TP PKK juga mengatakan, Kabupaten Asahan telah meraih 3 kali juara I tingkat TP PKK Provinsi Sumatera Utara dalam lomba PAAR yakni pada tahun 2018 di Kelurahan Tebing Kisaran Kecamatan Kota Kisaran Barat, 2019 Desa Sei Beluruh Kecamatan Meranti dan 2021 Desa Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu. Ini berkat kerjasama yang solid antara TP PKK Kabupaten Asahaj dengan Pemerintah Kabupaten Asahan.

"Tahun 2022 TP PKK Kabupaten Asahan juga mengikuti lomba PAAR di Desa Ambalutu Kecamatan Buntu Pane dan telah dimonitoring oleh Tim dari Provinsi Sumateta Utara. TP PKK Kabupaten Asahan akan semaksimal mungkin mempertahankan prestasi yang telah diraih dan dapat meningkatkan lagi prestasi tersebut," Ucap Ketua dengan tegas.

Maka dari itu diperlukan kembali kekompakan antara TP PKK Kabupaten Asahan, TP PKK Kecamatan Buntu Pane, TP PKK Desa Ambalutu dan OPD untuk mempertahankan dan meningkatkan presatasi ini.

Ketua mengatakan, dengan berhasilnya kita mempertahankan prestasi ini, maka kita sukses mengajak masyarakat Kabupaten Asahan untuk mengasuh anak dan remaja dengan baik.

Selain itu Ketua menghimbau kepada orang tua dapat menerapkan PAAR di setiap rumah tangganya, sehingga terbentuk anak dan remaja yang sehat jasmani dan rohani serta terhindar dari pergaulan bebas dan pengaruh narkoba. Kepada anak remaja, jauhi narkoba dan pergaulan bebas, karena itu dapat merusak masa depan kalian

Menutup talkshownya Ketua mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan dan OPD yang telah mendukung kegiatan TP PKK Kabupaten Asahan terutama pada Lomba PAAR ini, dan kami berharap dukungan tersebut tetap diberikan kepada TP PKK Kabupaten Asahan dalam mengikuti lomba PAAR TP PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara ditahun 2022 ini.

Tampak hadir Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP PKK Kabupaten Asahan (Ketua DWP Kabupaten Asahan), Sekretaris TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Desa Ambalutu dan Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Asahan.(*/Daniel)

Pantai Cermin, Sulutnews.com - Para Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) telah menunjukkan dedikasi, perjuangan, dan kerja ikhlas dalam mendidik generasi muda.

Pujian tersebut mengawali sambutan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, saat menghadiri acara HUT ke-17 Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI). Acara yang dihadiri ratusan Guru PAUD dilaksanakan di Pantai Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (21/9/2022).

“Menjadi doa kita bersama agar para Guru PAUD bisa menjadi pendidik yang profesional. Terus tingkatkan kompetensi supaya bisa memenuhi kualifikasi. Jika kualifikasinya sudah baik, nantinya Guru PAUD bisa menjadi guru formal,” ucap Wabup.

Adlin Tambunan juga menyampaikan harapan agar semangat para Guru PAUD tidak surut. Pasalnya amanah yang dipegang seorang guru yang mendidik anak di usia dini sifatnya jangka panjang.

“Anak-anak yang kalian didik adalah calon generasi bangsa yang di masa depan akan menjadi pemimpin. Sehingga sejak dini, hal-hal penting seperti karakter, mental, dan kepribadian, penting untuk dipersiapkan,” katanya lagi.

Selanjutnya, Wakil Bupati menyebut HIMPAUDI menjadi wadah bagi para Guru PAUD untuk saling berkoordinasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini sesuai dengan konsep dasar pembinaan tumbuh kembang anak. Ia berharap sinergitas dan kekompakan para anggota HIMPAUDI Sergai dapat terus dirawat dan terjaga solid seterusnya.

“Saya dan Pak Bupati Darma Wijaya akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru di Sergai,” pungkasnya. 

Sementara itu Bunda PAUD Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan jika hari ini merupakan kesempatan besar yang harus dimanfaatkan oleh guru-guru PAUD untuk mengekspresikan diri dan kemampuannya sebagai guru atau tenaga kependidikan yang kompeten dan berkualitas.

“Tingkatkan kemampuan untuk memberikan layanan pendidikan dan pengasuhan yang terbaik bagi anak-anak kita. Bersama kita pahami bahwa tanggung jawab guru PAUD merupakan tanggung jawab yang sangat besar untuk melahirkan calon-calon pemimpin bangsa,” tambahnya lagi.

Di balik tugas dan tanggung jawab yang besar tersebut, Bunda PAUD mengatakan, para guru juga mesti menghadapi tugas-tugas harian dalam kehidupan sehari-hari yang tak kalah besar. Karena itu Guru PAUD dituntut untuk tetap sabar dan ikhlas dalam menjalani setiap amanah yang diberikan.

“Jadilah guru yang berlaku seperti pelita yang menerangi gulita. Jadilah seperti air yang mengurangi dahaga. Tetaplah kuat, jadilah Guru-guru PAUD yang hebat,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua HIMPAUDI Sergai Wagiati menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota yang tampak antusias menyambut HUT organisasi. 

“Semoga ini menjadi momentum bagi Guru PAUD Sergai untuk mendapat perhatian lebih sebagai kado terindah bagi mereka,” harapnya. 

Acara HUT HIMPAUDI ini juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada peserta lomba apresiasi guru PAUD tingkat kabupaten.

Hadir juga dalam acara ini Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Para Kepala OPD serta Camat, dan para Guru-guru PAUD se-Kabupaten Sergai.(*/Daniel)