Pantai Cermin,Sulutnews.com - Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, hadir dalam Apel Siaga Long Form Sensus Penduduk (LF SPa2020) Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Pantai Cermin Theme Park & Resort Hotel, Pantai Cermin, Sabtu (14/5/2022).

Dalam sambutannya, Wabup Sergai menyampaikan Sensus Penduduk 2020 atau biasa disebut SP2020 secara umum terbagi ke dalam dua tahapan yaitu pendataan penduduk dengan menggunakan kuesioner sederhana (short form) pada tahun 2020 dan kemudian dilanjutkan dengan pendataan menggunakan kuesioner yang lebih rinci (long form) yang dikenal juga dengan istilah SP2020 Lanjutan melalui kegiatan sensus sampel. 

Ia melanjutkan, SP2020 Lanjutan ini merupakan rangkaian kegiatan SP2020 yang seyogyanya dilaksanakan pada tahun 2021 akan tetapi tertunda, dan baru saat ini dapat diselenggarakan.

“SP2020 Lanjutan ini sangat penting dan urgen untuk segera dilaksanakan. BPS membutuhkan data rinci kependudukan sebagai dasar hitung proyeksi penduduk yang lebih baik sebagai data penimbang yang akan digunakan sebagai dasar penghitungan estimasi berbagai survei yang dilaksanakan BPS ke depan. Selain itu, ketersediaan data kependudukan yang lebih rinci terkait indikator fertilitas, indikator mortalitas, indikator migrasi, dan data indikator demografi lainnya sangat penting bagi penyusunan perencanaan dan evaluasi pembangunan khususnya pembangunan yang berdimensi kependudukan,” papar Adlin Tambunan.

Wabup menyebut, hasil pendataan di lapangan nantinya akan digunakan pada berbagai kebijakan pemerintah hingga sepuluh tahun ke depan. Kualitas data yang baik, tuturnya, akan menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran sehingga menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk dapat menghasilkan data kependudukan yang berkualitas dan terpercaya.

Wabup Sergai mengatakan Kegiatan SP2020 Lanjutan ini dibagi ke dalam 2 (dua) tahap, yaitu pemutakhiran dan pencacahan sampel. Pemutakhiran data dilaksanakan pada periode 15-31 Mei 2022 sedangkan Pencacahan sampel dilaksanakan pada 1-30 Juni 2022.

“Tanggal 15 Mei sudah di depan mata, segala persiapan dan pelatihan sudah kita lewati. Tidak ada kata mundur, yang ada hanyalah kata siap, siap dan maju terus,” tegasnya.

Terkait Apel Siaga, dirinya menyebut kesempatan ini adalah momentum penyemangat bagi semua pihak dan sebagai sarana simbolis untuk menyatakan tanda kesiapan menyongsong dimulainya pelaksanaan SP2020 Lanjutan. Selain itu, katanya, Apel Siaga ini juga menandakan dukungan dari Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah, dan semua pihak terkait mendukung sepenuhnya kegiatan ini

“Jadikan momen ini sebagai bagian kebersamaan dan kekompakan kita demi suksesnya pelaksanaan SP2020 Lanjutan. Saya berpesan kepada seluruh petugas Sensus Penduduk 2020 Lanjutan, agar melaksanakan tugas yang diemban dengan penuh dedikasi, semangat dan tanggung jawab, karena apa yang anda kerjakan ini akan sangat berguna bagi bangsa dan negara,” tandasnya.

Sementara itu dalam laporan kegiatan, Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, menerangkan jika Sensus Penduduk 2020 (SP2020) adalah sensus penduduk ketujuh di Indonesia pasca kemerdekaan di tahun 1945.

Ia menyebut, ada 2 tujuan Pelatihan Petugas Long Form Sensus Penduduk 2020 ini. Yang pertama memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh petugas Long Form Sensus Penduduk 2020 terkait konsep definisi, tata cara pengisian kuesioner, dan SOP pelaksanaan lapangan Long Form Sensus Penduduk 2020.

“Sedangkan tujuan kedua adalah tersedianya petugas yang terlatih dan handal dalam pelaksanaan Pendataan Long Form Sensus Penduduk 2020 sehingga nantinya dapat diperoleh data yang berkualitas,” ucap Herman.

Dijelaskan oleh Herman, pelatihan akan dilaksanakan sebanyak 2 gelombang di mana nantinya tiap gelombang akan diselenggarakan selama 3 hari efektif secara tatap muka dengan metode fullboard (dengan menginap) di 2 Training Centre (TC) dan dibagi sebanyak 6 (kelas).

Ia juga menginformasikan, jumlah peserta pelatihan seluruhnya sebanyak 143 orang yang terdiri dari 11 orang Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka), 33 orang Koordinator Tim (Kortim) dan 99 orang Petugas Pendata Lapangan (PPL). Untuk PPL seluruhnya berasal dari Mitra BPS Kabupaten Sergai. Pelatihan akan dilaksanakan dalam 2 gelombang, yaitu Gelombang I pada 8 - 11 Mei 2022 dan Gelombang II pada 11 – 14 Mei 2022

“Hasil yang diharapkan dari Pelatihan Petugas Long Form Sensus Penduduk 2020 ini adalah tersedianya Petugas yang terlatih dan handal untuk melaksanakan pendataan Long Form Sensus Penduduk 2020 di wilayah tugasnya masing-masing. Kemudian, kesamaan persepsi mengenai konsep definisi, tatacara pengisian kuesioner, dan SOP Pelaksanaan Long Form Sensus Penduduk 2020 secara keseluruhan,” lapornya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, dan Kabid PIKP Dinas Kominfo Kamaluddin Saragih, S.Pdi, M.Si serta undangan lainnya. (/Daniel)

Semarang,Sulutnews.com - Bupati Asahan  berharap agar RSUD H. Abdul Manan Simatupang (HAMS) bisa menjadi seperti RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Asahan H. Surya, BSc saat melakukan Kunjungan Study Banding ke RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang yang juga turut didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, Sekdakab Asahan Drs. John Hardi Nasution MSi, Asisten Adm Umum Khaidir Afrin, SE, Ka. Bapeda, Kadis Pendidikan, Kadis Kominfo, Dirut RSUD HAMS, Jumat, (13/05/2022) bertempat di Ballroom Paviliun Amarta Lantai III Semarang.

Rombongan Bupati Asahan diterima langsung Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang , dr. Susi Herawati, M.Kes dan Wakil Direktur Umum dan Keuangan, dr. Eko Krisnarto, Sp.KK, Wakil Direktur Pelayanan dr.Lia Sasdesi Mangiri, Sp.Rad  beseta jajaran.

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Asahan H. Surya , BSc  menyampaikan terima kasih karena sudah menerima Rombongan dari Kabupaten  Asahan  dengan baik di RSUD yang dikelola Pemerintah Kota Semarang.

“Tidak salah kami memilih Rumah Sakit Wongsonegoro jadi tempat kami belajar karena sudah terakreditasi B+. Kiranya RSUD HAMS dapat mencontoh dan belajar dari pelayanan dan manajemen di RSUD ini ,” ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati lagi, RSUD Wongsonegoro adalah rumah sakit pemerintah tapi secara fisik megah disertai pelayanan ramah, murah dan cepat. “Kita lihat pelayanan seperti rumah sakit swasta yang mahal, itu yang harus kita lakukan di Kabupaten Asahan,” tandasnya.

Selanjutnya Rombongan Bupati Asahan didampingi Dirut RSUD Wongsonegoro  berkesempatan meninjau setiap Ruangan yang ada di RSUD tersebut.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Tim Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) mengunjungi Korban Kebakaran di Aula Kantor Desa Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara, Kamis (12/05/2022).

Kunjungan tim ini untuk menindaklanjuti kondisi pengungsi korban kebakaran tersebut. Ini disampaikan oleh Koordinator Pemulihan dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial Kemensos RI Charles Purnama Siregar.

Charles juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Asahan dan masyarakat Kabupaten Asahan yang telah melakukan gerak cepat dalam membantu korban kebakaran di Desa Sei Apung Jaya.

Ditempat yang sama Bupati Asahan yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Pembangunan Buwono Prawana, SIP, M. Si mengucapkan selamat datang kepada Tim Kemensos RI yang telah berkunjung ke Kabupaten Asahan untuk menindaklanjuti kondisi pengungsi korban kebakaran di Desa Sei Apung Jaya.

"Kedatangan tim ini merupakan wujud kepedulian Kemensos RI kepada masyarakat Kabupaten Asahan," ucap Buwono.

Buwono juga mengatakan, saat ini korban kebakaran mulai membangun secara berlahan rumah mereka.

Menutup pembicaraannya Buwono mengucapkan terima kasih juga kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang telah memberikan bantuannya untuk meringankan beban saudara kita yang terkena musibah.

Turut hadir Kadis Sosial Kabupaten Asahan, Forkopimcam Kecamatan Tanjung Balai, Kepala Desa Sei Apung Jaya dan korban kebakaran Desa Sei Apung Jaya.(/Daniel)

Sei Rampah,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak yang dipusatkan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (12/05/2022).

Bupati Sergai H Darma Wijaya yang didampingi Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, meyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan bebas stunting tentu diperlukan komitmen bersama dalam percepatan penurunan stunting.

“ Stunting merupakan permasalahan yang memiliki dampak kurang baik dalam jangka pendek maupun panjang. Percepatan penurunan stunting merupakan salah satu program nasional yang harus segera diselesaikan dan di sini peran pendamping keluarga yang terdiri dari Bidan Desa, Kader PKK dan Kader KB yang ada di setiap desa harus berkomitmen bersama dalam melakukan upaya percepatan penurunan angka stunting,” kata Bupati Darma Wijaya dihadapan yang hadir antara lain; Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, unsur Forkopimda,  para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, para Tim Pendamping Keluarga serta undangan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa pendampingan terhadap keluarga di masyarakat seperti pada calon pengantin (catin), ibu hamil dan ibu balita yang akan didampingi tidak harus melakukan kunjungan rumah satu per satu, akan tetapi, ujar Bupati lagi, bisa dengan mengisi data secara virtual. Oleh karenanya, kepada seluruh Tim Pendamping Keluarga di fasilitasi paket data setiap bulannya dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A), imbuhnya.

Ia menambahkan, jika di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat telah terbentuk 473 Tim dengan jumlah personil sebanyak 1.419 orang tersebar di seluruh desa/kelurahan yang akan berupaya untuk menurunkan angka stunting menjadi 14%. Sedangkan untuk mendampingi keluarga beresiko stunting seperti remaja putri/catin sebanyak 4.888 catin dengan 2 kali pendampingan, 12. 636 ibu hamil dengan 8 kali pendampingan dan 12. 636 orang ibu pasca bersalin yang akan didampingi sebanyak 2 kali.

“ Melalui kegiatan pendampingan keluarga ini, kami berharap termutakhirnya (terverifikasinya) data sasaran keluarga beresiko stunting, meningkatnya komitmen dan wawasan tim pendamping keluarga dalam pelaksanaan pendampingan catin serta keluarga beresiko stunting. Kemudian, meningkatnya sasaran yang mendapatkan pendampingan, pemeriksaan dan pelayanan kesehatan, pelayanan kontrasepsi dan pelayanan vaksinisasi terhadap sasaran yaitu catin, ibu hamil dan anak usia dibawah dua tahun (baduta),” harap Bupati.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Darma Wijaya meminta kepada seluruh tim yang bertugas dalam penurunan angka stunting, agar benar-benar berkomitmen dan bekerjasama untuk terus melakukan berbagai upaya seperti sosialisasi dan edukasi sehingga angka stunting yang awalnya 36% telah turun menjadi 20% dan target kali ini adalah sebesar 14% angka stunting, pungkasnya.

Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, tepatnya di masing-masing kabupaten/kota yang melaksanakannya.(/Daniel)

Pantai Cermin, Sulutnews.com - Komitmen dalam mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius, terus dilaksanakan. Hal ini terlihat saat Bupati Sergai H. Darma Wijaya didampingi Wabup H. Adlin Tambunan, ST, M.SP menghadiri berbagai kegiatan keagamaan seperti pada hari ini kegiatan Peringatan Paskah ASN Pemkab Sergai di Pantai Pondok Permai, Kacamatan Pantai Cermin, Kamis (12/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Darma Wijaya mengingatkan kepada seluruh umat beragama untuk saling menjaga kekompakan dan toleransi baik antar umat beragama maupun sesama umat beragama demi terciptanya hidup rukun dan harmonis. Bupati juga menyebut, perayaan Paskah ASN Pemkab Sergai ini dilaksanakan setelah umat Islam merayakan Hari Raya Idulfitri sehingga hal ini semakin menunjukkan nilai-nilai kerukunan dan toleransi di Kabupaten Sergai.

“Kami menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini dan berharap agar peringatan Paskah bagi umat Kristiani ini berjalan lancar dan sukses. Toleransi baik sesama umat beragama maupun antar umat bergama sudah berjalan dengan sangat baik di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Toleransi dijunjung tinggi sehingga tercipta lingkungan masyarakat yang aman, nyaman dan tentram," harap Bupati. 

Ia menambahkan bahwa nilai-nilai seperti ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan demi terwujudnya Sergai yang mandiri, sejahtera dan memiliki nilai religius yang tinggi. Oleh karenanya, kata Bupati lagi, seluruh elemen  harus bekerjasama dan kompak menjalin komunikasi agar toleransi dapat terbentuk dengan baik, kata Bang Wiwiek sapaan akrab Bupati Sergai. 

Senanda dengan Bupati Darma Wijaya, Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan menambahkan pihaknya juga sangat menyambut baik terlaksananya kegiatan ini. Dirinya bahkan berharap kegiatan paskah ini nantinya bisa dilaksanakan seperti Safari Ramadan di mana diadakan kegiatan Paskah pada masing-masing kecamatan.

“Kami ingin peringatan Paskah umat Kristiani ini tahun depan dapat dilakukan di tiap-tiap kecamatan,” ucapnya yang langsung disambut tepuk tangan para hadirin.

Adlin Tambunan melanjutkan, perayaan ini merupakan bukti keseriusan Pemkab Sergai dalam mengurus pemerintahan dan masyarakat khususnya bagi umat Kristiani. Wakil Bupati juga menyebut terlaksananya kegiatan Paskah ASN ini merupakan salah satu wujud dalam merealisasikan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera dan Religius.

“Mudah-mudahan masyarakat dapat mempertahankan sekaligus menjunjung tinggi nilai toleransi demi terciptanya Sergai yang harmonis,” tandas Wabup Adlin.

 

Sementara itu di kesempatan yang sama Ketua Panitia Paskah ASN Pemkab Sergai Roy Christian Pual Sitorus Pane, AP, M.Si, yang juga Kadis Perindag Sergai, menyampaikan jika kegiatan kali ini mengambil tema “Tak terpisahkan dari kasih Allah (Roma 8: 38-39) dengan sub-tema “Melalui perayaan Paksah kita tingkatkan iman dalam kasih untuk mewujudkan ASN Dambaan yang mandiri dan religius.”

Pada Paskah ASN Pemkab Sergai ini, khotbah dibawakan oleh Pastor Soni Wibisono, O.Carm. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian tali asih berupa beras dan uang kepada warga Kristiani yang membutuhkan.

Hadir di kegiatan ini Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDA dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, Kepala Disnakerkop dan Usaha Mikro Drs. Fajar Simbolon, M.Si, mewakili Dandim 0204/DS, mewakili Kapolres Sergai, Kabagwassidik Ditresnarkoba Polda Sumut AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum, para ASN Pemkab Sergai dan tamu undangan lainnya.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muhilli Lubis mengikuti Zoom Meeting Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga Bergerak Kabupaten Asahan secara virtual (Zoom Meeting) di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Kamis (12/05/2022).

Kegiatan Zoom Meeting ini diikuti juga oleh Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Kapolres Asahan, Mewakili Kajari Asahan, OPD dan Tim Pendamping Keluarga Bergerak Kabupaten Asahan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Drg. Agus Suprapto, M. Kes dalam arahanya mengatakan, untuk menurunkan angka stunting, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan.

Agus juga mengatakan, kita harus mampu menurunkan angka stunting dan ini merupakan tugas kita bersama. Karena menurunkan angka stunting ini merupakan salah satu program prioritas nasional, maka dari itu kita harus dapat memastikan program ini dapat berjalan dengan baik.

"Jadi dari Pemerintah Pusat, Provinsi sampai Daerah harus berkomitmen menyelesaikan masalah stunting ini," ucapnya.

Menutup arahannya Agus meminta kepada Pemerintah Daerah dapat memfasilitasi sarana dan prasarana untuk mengatasi masalah stanting di daerahnya.

Setelah usai mengikuti Apel Siaga ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muhilli Lubis mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung program stunting ini yang juga merupakan program prioritas nasional.

"Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung dan memberikan perhatian khusus dan serius pada program penurunan stunting di Kabupaten Asahan," ucap Muhilli.

Selanjutnya Muhilli mengatakan, agar program ini berhasil dengan baik sesuai target, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk saling bersinergi memberikan pemahaman tentang bahaya stunting kepada masyarakat Kabupaten Asahan.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Asahan dr. Elfina Br Taringan, MKT menyerahkan data sasaran keluarga beresiko stunting kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muhilli Lubis dan diserahkan kembali oleh beliau kepada Tim Pendamping Keluarga Bergerak Kabupaten Asahan.(/Daniel)

Sei Rampah, Sulutnews.com - Sebagai upaya dalam mengembangkan dan memperkuat wawasan, pengetahuan serta memantapkan penyelenggaraan pemerintahan desa, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Pembekalan bagi Kepala Desa periode yang baru dilantik pada akhir April lalu, bertempat di  Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (11/5/2022).

Bupati Sergai H Darma Wijaya saat membuka kegiatan menyampaikan jika Kepala Desa merupakan ujung tombak, suksesi penyelenggaraan pemerintahan di desa. Hal ini, lanjut Bupati, karena Kepala Desa berkedudukan sebagai kepala pemerintahan dalam lingkup desa yang memiliki berbagai peran dan tugas untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

" Kepala Desa yang sudah dilantik secara implisit sudah menyandang sebagai pamong yang berarti harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya," katanya dihadapan seluruh yang hadir antara lain; Sekdakab Sergai, H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hj Nina Deliana, S.Sos, M.Si, para Kepala OPD serta para peserta pembekalan.

Bang Wiwiek, demikian akrab disapa,  mewanti-wanti agar para Kepala Desa yang baru dilantik selalu mengikuti aturan yang berlaku dalam proses penggunaan dana desa maupun penyelenggaraan pemerintahan desa. 

" Kalian harus hati-hati dalam menggunakan dana desa, segala yang berkaitan dengan keuangan seperti kewajiban membayar pajak harus segera diselesaikan agar jangan menimbulkan masalah terutama yang berurusan dengan hukum. Tekatkan dalam diri, jangan ada lagi Kepala Desa yang tersandung berbagai masalah, salah satunya menyangkut masalah hukum," tegas Bupati. 

Ia juga menyinggung jika kegiatan yang berlangsung hari ini hendaknya dapat dipahami dan dipelajari dengan baik untuk kemudian diimplementasikan dalam urusan pekerjaannya. 

" Sebaiknya jangan berleha-leha, tetap pokus mengikuti kegiatan. Yang fokus saja terkadang belum bisa memahaminya, apalagi tidak fokus. Jalankan tugas memimpin masyarakat desa dengan baik. Dan yang terpenting adalah selalu menjalankan sikap disiplin, karena dengan menerapkan kedisiplinan kita akan.meraih kesuksesan," pesan Darma Wijaya.

Terkait dengan upaya penanganan pandemi Covid-19, Pemkab Sergai juga sedang gencar menggelar vaksinasi. Saat ini, ungkap Bupati lagi, capaian vaksinasi dosis III (booster) baru mencapai 16%. Oleh karenanya Bupati meminta kepada seluruh Kepala Desa untuk dapat bersinergi meningkatkan capaian vaksinasi booster hingga mencapai 30%.

Sedangkan mengenai pembangunan infrastruktur jalan, diharapkan terus berlanjut dengan tetap mengajak masyarakat untuk merawatnya. Ia juga berpesan agar jangan pernah kendor, harus maju terus, jangan takut dengan orang yang ingin menjatuhkan, tekadkan pembangunan untuk masyarakat maka semua akan berjalan dengan baik. ujarnya sembari menambahkan jika pembangunan yang ada, baik pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten memerlukan perawatan salah satunya yang datang dari masyarakat, sebab bencana akan terhindar atau terminimalisir jika kita semua dapat merawat fasilitas yang ada.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Darma Wijaya berharap hasil dari kegiatan ini akan berdampak positif untuk masyarakat yaitu dengan munculnya pemimpin desa yang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, memahami segala peraturan yang menjadi pedoman dalam menjalankan tugas dan mampu menggerakkan seluruh potensi masyarakat menuju taraf yang lebih baik dan sejahtera, pungkasnya.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber ini berlangsung selama 2 (dua) hari,terhitung mulai hari ini, diikuti para Kepala Desa yang baru dengan sangat antusias.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - DPRD Kabupaten Asahan  kembali menggelar Rapat Paripurna dengan Agenda Laporan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Asahan  terhadap hasil pembahasan Laporan  Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Asahan Tahun Anggaran (TA) 2021.

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH dihadiri Bupati Asahan H. Surya, BSc para Pimpinan dan anggota DPRD, Sekretaris Dewan serta OPD terkait.

Anggota Pansus DPRD Kabupaten Asahan Jansen Hisar Hutasoit, SH  menyampaikan hasil Pansus yang dibahas bersama 16 anggotanya yang diketuai Drs. Syaddad Nasution, SPdi dengan harapan apa yang dihasilkan Pansus bisa bermanfaat untuk perbaikan-perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Asahan di masa mendatang.

Dalam jabarannya, Nota LKPJ Bupati Akhir Tahun Anggaran 2021 bahwasannya LKPJ itu terdiri atas tiga bagian di antaranya: Visi dan Misi, Gambaran Pengelolaan Keuangan Daerah dan Gambaran Capaian Kinerja Program Pembangunan.

Kegiatan itu bisa berhasil atau tidak, tentu sangat membutuhkan sebuah diskusi dan penjelasan-penjelasan, maka dibentuklah Pansus LKPJ.

“Pansus inilah yang kemudian membaca dan meneliti secara internal dan eksternal untuk sampai kepada kesimpulan apakah program atau kegiatan bisa dikatakan berhasil atau tidak,” tandasnya, Rabu (11/05/2022).

Hasil pembahasan Pansus terhadap LKPJ Bupati Asahan tentang Kondisi Ekonomi Makro yang disajikan berdasarkan angka proyeksi  mengalami peningkatan dari tahun 2020 sebesar 3, 51 % yaitu dari 0,21 % menjadi 3, 73 % di tahun 2021,

Demikian pula dengan sejumlah indikator makro lainnya juga mengalami peningkatan seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 70,29 % di tahun 2020 menjadi 70,49 % di tahun 2021, tingkat pengangguran terbuka menunjukkan grafik positif dari 7,24 % di tahun 2020 menjadi 6,39 % di tahun 2021.,

Sementara itu dari struktur anggaran, jelas jansen kendati tidak mencapai target 100 % bagian pendapatan daerah, Pansus  masih memberikan apresiasi atas capaian Pendapatan Daerah secara umum yakni 96, 06 %, terlebih dimasa pandemi covid 19 saat ini.

Jansen juga menyampaikan bahwa segenap kritik, catatan, saran dan rekomendasi terkait LKPJ Bupati Asahan Tahun Anggaran 2021 yang telah disampaikan sesungguhnya merupakan upaya yang dilandasi niat yang tulus agar perbaikan penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam tataran kebijakan maupun teknis operasional meliputi bidang Penyelenggaraan Administrasi Publik, Manajemen Keuangan Daerah, aspek tata kelola pemerintahan yang baik serta peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik agar diakomodir dalam penyusunan RKPD tahun berikutnya.

Sementara itu Bupati Asahan dalam sambutannya menyampaikan atas Nama Pemerintah  Kabupaten Asahan Ucapan terima Kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Asahan, khususnya Pansus LKPJ atas pembahasan yang telah dilakukan terhadap LKPJ Bupati Asahan Tahun 2021, semoga rekomendasi yang dihasilkan dapat dijadikan acuan OPD dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan pembangunan kedepan.

“ Kami menyadari bahwa rekomendasi yang telah di sampaikan DPRD Kabupaten Asahan merupakan masukan  yang berarti bagi Pemerintah Kabupaten Asahan yang selanjutnya akan ditindaklanjuti guna perbaikan kinerja Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang” pungkas Bupati.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana, SIP, M. Si menerima Audiensi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Rabu (11/05/2022)

Audiensi ini bertujuan untuk Menindaklanjuti MoU antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Kemnaker yang dilaksanakan tanggal 17 Mei 2022 terkait kerjasama  pelatihan dalam peningkatan SDM di Kabupaten Asahan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBPVP Medan Huminsa Tambunan, ST, MM saat memulai pembicaraannya.

Huminsa juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dapat berkaloborasi dengan BBPVP Medan terkait pelatihan nantinya, sehingga apa yang kita harapkan dapat tercapai.

"BBPVP Medan akan memberikan pelatihan secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang mengikuti pelatihan, tetapi kita berharap Pemerintah Kabupaten Asahan dapat membantu mensupport masyarakatnya dengan menempatkan didunia pekerjaan serta memberikan peralatan kepada UMKM, sehinggga dapat mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Asahan," ucap Huminsa menutup pembicaraannya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Asahan yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana, SIP, M. Si mengucapkan terima kasih kepada BBPVP Medan yang telah berkenan datang ke Kabupaten Asahan.

"Pemerintah Kabupaten Asahan siap mendukung dan mensupport BBPVP Medan dalam peningkatan SDM di Kabupaten Asahan," ucap Buwono.

Menutup pembicaraannya Buwono mengatakan, semoga komunikasi yang telah terjalin ini dapat terus berjalan, sehingga dapat mensukseskan program Pemerintah terutama program Pemerintah Kabupaten Asahan.

Turut Hadir Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan, Kepala Disporapar Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, perwakilian OPD dan BBPVP Medan.(/Daniel)

Kisaran,Sulutnews.com - Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama dengan Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Danlanal TBA, Mewakili Danyon 126/KC menerima audiensi Asosiasi Buruh Kabupaten Asahan di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Selasa (10/05/2022).

Asosiasi Buruh Kabupaten Asahan terdiri dari beberapa organisasi buruh yakni DPC KSPSI 1973 Kabupaten Asahan, PC FSPPP-KSPSI 1973 Kabupaten Asahan, PC. FTI-KSPSI 1973 Kabupaten Asahan, DPC KSPSI Kabupaten Asahan, PC SPTI-SPSI Kabupaten Asahan, PC FSPPP-SPSI Kabupaten Asahan, PC RTMM-SPSI Kabupaten Asahan, PC F SBSI Kabupaten Asahan, PC FTNP SBSI Kabupaten Asahan,PC F SBSI HUKATAN Kabupaten Asahan dan PC FTA SBSI Kabupaten Asahan.

Dikesempatan ini Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan dan Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kedatangan organisasi pekerja (organisasi pekerja) Kabupaten Asahan untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda Kabupaten Asahan.

Bupati juga mengatakan melalui silaturahmi ini kita dapat membangun komunikasi yang baik, sehingga  keamanan di Kabupaten Asahan dapat tetap terjaga dengan kondusif. Karena keamanan yang kondusif adalah tanggungjawab kita bersama selaku masyarakat Kabupaten Asahan.

Selain itu Bupati Asahan juga meminta kepada organisasi pekerja dapat membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Menutup pembicaraannya Bupati Asahan mengatakan kami Forkopimda Kabupaten Asahan akan mendukung kegiatan yang dilakukan Asosiasi Buruh Kabupaten Asahan, selama kegiatan tersebut tidak melanggar aturan yang berlaku.

Asosiasi Buruh Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan yang telah memfasilitasi silaturahmi ini, dan ini pertama kali dilakukan di Kabupaten Asahan, semoga silaturahmi ini dapat berlanjut seterusnya.

"Dengan adanya silaturahmi ini kami Asosiasi Buruh dapat saling mengenal satu dengan yang lain, dan dapat menjalin keakraban antar organisasi pekerja serta dapat bekerja sama dalam membangun Kabupaten Asahan, sehingga kondusifitas di Kabupaten Asahan dapat tetap terjaga," ucapnya.

Sementara Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Franki Susanto,S.E, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, SIK, MH, Kajari Asahan Dedyng Wibiyanto Atabay, SH, MH, Ketua PN Kisaran Nelson Angkat, SH, MH, mewakili Danlanal TBA dan mewakili Danyon 126/KC mengatakan dengan melakukan komunikasi yang baik kita dapat memecahkan segala permasalahan yang kita hadapi, sehingga Kabupaten Asahan tetap dalam keadaan tentram dan aman.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, OPD terkait dam pengurus Asosiasi Buruh.(/Daniel)